Pada dua artikel sebelumnya, kamu sudah membaca tentang pengertian globalisasi menurut para ahli dan strategi dalam menghadapi globalisasi kan? Nah, pada Materi Sosiologi Kelas 12 kali ini, Mipi mau mengajak Pahamifren untuk membahas lebih jauh tentang bagaimana proses terjadinya globalisasi. Baca artikel ini sampai habis ya, Pahamifren!  

Bagaimana Proses Terjadinya Globalisasi

Proses terjadinya globalisasi juga membawa pengaruh positif, misalnya dikenalnya produk lokal di dunia internasional.

Banyak sejarawan yang mengatakan kalau fenomena globalisasi terjadi pada abad ke-20. Namun, sebenarnya interaksi antarbangsa di dunia sudah terjadi berabad-abad yang lalu lho, Pahamifren. Proses terjadinya globalisasi ini melalui empat tahap sebagai berikut:  

Tahap Pertama (Perdagangan Bangsa Tiongkok dan Bangsa India)

Kalau ditelusuri, sebenarnya kemunculan awal globalisasi sudah ada saat manusia mulai mengenal perdagangan antarnegara, yaitu sekitar tahun 1000 dan 1500 sebelum masehi. Pada saat itu, para pedagang dari Tiongkok dan India mulai menelusuri negara-negara lain, baik melalui jalur darat maupun jalur laut. 

Dari perdagangan antar negara ini, terciptalah hubungan saling ketergantungan. Hubungan saling ketergantungan inilah yang menjadi penggerak utama perdagangan global yang membawa pengaruh globalisasi hingga saat ini. Tanpa perdagangan internasional, negara-negara di dunia mungkin hanya bisa  bergantung pada sumber daya dan produksi masing-masing yang terbatas.

Tahap Kedua (Perdagangan Pedagang Muslim)

Proses terjadinya globalisasi selanjutnya bermula dari perdagangan yang dilakukan oleh orang-orang muslim ke negara-negara Asia dan Afrika. Para pedagang muslim itu mengunjungi Tiongkok, Jepang, Vietnam, Malaka, India, Persia, Pantai Afrika Timur, Laut Tengah, Venesia, dan Genoa, hingga Indonesia. 

Selain berdagang, orang-orang muslim ini juga menyebarkan berbagai ilmu pengetahuan, termasuk ajaran agama Islam, arsitektur Islam, nilai sosial hingga budaya Arab. Pada masa itu, peradaban muslim jauh lebih maju dan berkembang dibandingkan bangsa Eropa.

Pahami dan  Biologi Kelas XII: Hereditas Pada Manusia

Tahap Ketiga (Perkembangan Industri dan Teknologi)

Namun, ternyata bukan cuma Tiongkok, India, dan orang-orang muslim Arab saja yang berdagang menelusuri negara-negara lain, Pahamifren. Ada juga eksplorasi besar-besaran yang dilakukan oleh orang-orang Eropa, seperti Spanyol, Portugis, Inggris, dan Belanda.

Terjadinya Revolusi Industri

Eksplorasi besar-besaran ini didukung oleh revolusi industri yang membuat negara-negara di dunia jadi saling terhubung, yang ditandai dengan penemuan mesin uap.  

Sebelum ditemukannya mesin uap, transportasi internasional pada masa itu adalah transportasi laut yang masih mengandalkan tenaga angin. Namun, ternyata transportasi laut tersebut tidak bisa sepenuhnya mengandalkan angin karena bisa jadi angin bertiup dari arah yang berlawanan atau bahkan tidak ada angin sama sekali. 

Makanya, semenjak James Watt menemukan mesin uap yang jauh lebih efisien dan murah, kapal laut akhirnya dapat berlayar selama 24 jam penuh tanpa menggunakan tenaga angin lagi. Penemuan mesin uap membuat bangsa Eropa lebih mudah mengirim kapal perang ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang lebih singkat. 

Dimulainya Penjajahan Antarnegara

Penjajahan antarbangsa di dunia membawa pengaruh pada proses terjadinya globalisasi.

Kemudahan transportasi ini membuat negara-negara di Eropa mulai menjajah kerajaan-kerajaan yang ada di Afrika dan Asia, yang pada akhirnya membawa pengaruh besar terhadap penyebaran dan pertukaran buadaya di dunia, tak terkecuali di negara kita.

Contohnya, akibat penjajahan yang dilakukan oleh Belanda dan Jepang di Indonesia, kamu bisa merasakan sistem pendidikan dan tata wilayah hingga sekarang. Belanda memperkenalkan kita pada sistem pendidikan seperti SD, SMP, dan SMA, sementara Jepang memperkenalkan kita pada struktur masyarakat seperti Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). 

Nggak cuma itu Pahamifren, bahasa Indonesia juga banyak menyerap kata-kata dalam bahasa Belanda dan bahasa Jepang. Dari bahasa Belanda, kita mengenal kata revolusi, adopsi, apel, bagasi, baterai, bioskop, dan lain sebagainya. Sementara dari bahasa Jepang, kita mengenal kata emoji, karaoke, samurai, tsunami, dan lain sebagainya.

Pahami dan  Ini Dia 5 Politeknik Terbaik di Indonesia Beserta Jurusannya Yang Bisa Kamu Pilih

Tahap Keempat (Era Pasar Bebas)

Proses terjadinya globalisasi selanjutnya terus berjalan berkat perkembangan teknologi komunikasi. Kemajuan teknologi komputer berkembang luar biasa pesat setelah Perang Dunia II yang selesai pada tahun 1945. Internet yang semula digunakan hanya untuk keperluan militer Amerika Serikat pada tahun 1960-an, akhirnya berkembang pesat.

Kemajuan Di Bidang Teknologi

Buktinya, hingga pada awal tahun 2000-an mulai muncul milyaran situs di internet. Komputer juga semakin lama semakin berkembang sampai ditemukan inovasi baru berupa laptop. Laptop pertama ini ditemukan pada tahun 1975 dan terus berkembang hingga sekarang dapat ditemui berbagai macam laptop yang dijual di pasaran.

Selain itu, teknologi komunikasi berupa telepon dan handphone juga semakin berkembang. Telepon sebenarnya sudah ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876, tapi perkembangannya terus berkembang pesat, hingga akhirnya pada tahun 1965 telepon semakin canggih dengan dilengkapi tombol angka. Hingga akhirnya pada tahun 1973, Martin Cooper menemukan inovasi baru dalam bidang teknologi, yaitu handphone. Tujuan Cooper menciptakan handphone adalah sebagai alat komunikasi yang praktis dan mudah dibawa-bawa atau fleksibel untuk bepergian. 

Kemajuan di Bidang Transportasi

Selain adanya kemajuan di bidang teknologi dan komunikasi, kemajuan di bidang transportasi juga mendorong terjadinya globalisasi yang benar-benar mengubah dunia. Pesawat yang tadinya digunakan hanya untuk kepentingan militer, setelah Perang Dunia II berakhir, pesawat akhirnya digunakan juga untuk kepentingan komersial, untuk orang-orang berpergian ke kota lain atau ke negara lain. 

Nah, itulah ulasan Materi Sosiologi Kelas 12 mengenai proses terjadinya globalisasi. Dari ulasan tadi, apa pengaruh globalisasi yang kamu rasakan saat ini? Coba kamu sebutkan di kolom komentar ya.

Pahami dan  Tips Merencanakan Pendidikan Anak

Kalau kamu ingin mempelajari materi pelajaran SMA lainnya, kamu bisa mendapatkan akses ke berbagai materi pelajaran SMA di platform belajar online Pahamify. Dijamin, deh, proses belajar kamu akan jadi lebih seru dan mudah dipahami. 

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog