Sosiologi Kelas XII: Pengertian Globalisasi Menurut Giddens dan Drucker

Pengertian Globalisasi Menruut Para Ahli

Kamu tentu sering mendengar istilah globalisasi kan? Beberapa di antara kamu mungkin pernah mencari tahu pengertian globalisasi menurut para ahli, atau mencoba menganalisa teori globalisasi yang berkembang di masyarakat. Sebenarnya, apa sih globalisasi itu? Nah, sebelum lebih jauh mari kita bahas analogi globalisasi sebagai berikut.

Di zaman modern ini semua serba mudah dan efisien. Kamu bahkan bisa mengetahui kabar mancanegara hingga berkomunikasi melalui gadget canggih. Nah, perkembangan teknologi yang kamu rasakan saat ini, menjadi salah satu faktor pendorong terjadinya globalisasi lho. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan globalisasi?

Secara umum, globalisasi terjadi akibat meluasnya pengaruh kebudayaan dan ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia. Globalisasi seringkali diidentikkan dengan global village, yaitu kondisi yang membuat batas antara negara menjadi pudar karena teknologi dan informasi.

Sekarang setiap orang lebih mudah berperpergian kemanapun menggunakan transportasi modern. Interaksi lintas negara juga begitu mudah dilakukan hanya dengan  koneksi internet. Nah, sampai di sini sudah paham kan apa itu globalisasi? 

Banyak pengertian globalisasi menurut para ahli yang dapat kamu pelajari.

Faktor Pendorong Globalisasi 

Globalisasi sebenarnya terjadi karena sebuah proses dan tidak muncul begitu saja. Ada beberapa faktor pendorong globalisasi, antara lain:

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Kamu pasti setuju, jika IPTEK membuat segala aspek kehidupan menjadi mudah kan? Contohnya, IPTEK berkontribusi besar pada sistem transportasi yang membuat manusia lebih mudah bergerak ke seluruh penjuru dunia. Akses informasi yang mudah juga seakan menghapus batasan ruang dan waktu.

Keterbukaan Ekonomi (Pasar Bebas)

Pasar bebas membuat perdagangan global semakin mudah terjadi. Negara-negara di dunia semakin terbuka satu sama lain sehingga terjadi pertukaran produk dari satu negara ke negara lain.

Pahami dan  Sosiologi Kelas XII: Strategi Dalam Menghadapi Globalisasi

Selain itu, berkembangnya  pasar bebas membuat transaksi ekonomi lintas negara dapat dilakukan secara online. Inilah mengapa kamu lebih mudah membeli barang dari luar negeri melalui marketplace atau platform jualan digital.

Migrasi Penduduk

Migrasi internasional membuat masyarakat terbiasa dengan budaya baru. Saat ini semakin banyak orang melakukan perpindahan dari satu negara ke negara lain dengan berbagai tujuan misalnya untuk bekerja, kuliah, wisata atau lainnya.

Contoh paling mudah yang sering kita jumpai adalah aktivitas pariwisata. Bisnis pariwisata membuat wisatawan asing sering berkunjung ke sebuah daerah, sehingga lama kelamaan penduduk lokal di destinasi wisata tersebut dengan budaya baru yang dibawa orang dari negara lain.

Dampak Globalisasi

Adapun dampak globalisasi yang paling mudah kita rasakan adalah:

Di Bidang Ekonomi

Dampak globalisasi  yang paling menonjol di bidang ekonomi adalah terciptanya pasar internasional. Transaksi akan lebih mudah dan efisien melalui E-Commerce (perdagangan elektronik). 

Di Bidang  Sosial dan Budaya 

Dalam kaitannya dengan sosial budaya globalisasi akan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat yang cenderung semakin modern. Segala kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dengan mudah melalui teknologi. 

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Banyak para ahli yang memiliki pandangan tersendiri terhadap globalisasi. Kali ini, kita akan membahas pengertian globalisasi menurut dua pakar terkenal, yaitu Anthony Giddens dan Peter Drucker. Apa saja itu?

Menurut Anthony Giddens

Anthony Giddens berpendapat bahwa kebanyakan orang sadar bahwa mereka turut ambil bagian dalam sebuah “dunia yang terus berubah tanpa terkendali”. Globalisasi menurut Giddens adalah suatu proses radikalisasi dan universalisasi nilai-nilai modernitas peradaban Barat ke seluruh penjuru dunia, yang kemudian berkembang menjadi modernitas global. 

Menurut Peter Drucker

Sejalan dengan Giddens, Drucker menyebutkan globalisasi sebagai “zaman transformasi sosial”. Menurut Drucker, globalisasi adalah sebuah istilah menyeluruh untuk berbagai proses yang berada di jantung ekonomi global, yaitu penyebaran komunikasi global secara instan, pertumbuhan perdagangan internasional yang cepat, dan pasar uang global (pasar perusahaan global).

Pahami dan  Sosiologi Kelas XII: Strategi Dalam Menghadapi Globalisasi

Ngomong-ngomong tentang ekonomi global, sebenarnya apa sih ekonomi global itu?

Ekonomi global adalah revolusi yang memungkinkan pengusaha mana pun menanamkan uang sesuai keinginan mereka. Dengan uang tersebut, ditambah kemudahan teknologi, mereka bisa memproduksi barang dan jasa di segala tempat. 

Siapa sih sebenarnya Giddens dan Drucker ini? 

Anthony Giddens adalah seorang sosiolog asal Britania Raya. Ia adalah seorang sosiolog Inggris yang terkenal karena teori strukturasi dan pandangan menyeluruh tentang masyarakat modern, teori-teori lainya yang populer adalah teori analisis agen,dan struktur. 

Sedangkan Peter Drucker adalah seorang penulis, konsultan manajemen, dan ekolog sosial. Ia lahir di Kaasgraben, Vienna, Austria pada 19 November 1909. Drucker sering disebut sebagai bapak ”manajemen modern”. Drucker terkenal dengan teori pekerja pikiran (Knowledge worker). 

Nah itulah pembahasan mengenai globalisasi, bagaimana cukup membantu kan? Yuk simak ulasan menarik tentang pelajaran SMA lainnya di blog Pahamify.

Oh iya, sekadar info, aplikasi belajar online Pahamify juga memberikan kamu promo spesial lho. Kamu bisa mengakses ribuan video pembelajaran SMA jurusan IPA dan IPS, rangkuman materi, kumpulan soal dan pembahasanya, tips belajar cukup dengan mendownload aplikasi Pahamify

Penulis : Alya Rizkia Zahra

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog