Pahamifren masih ingat kan, apa itu pengertian masyarakat? Dalam kehidupan masyarakat telah terbangun tradisi, kebudayaan, sistem, hukum, dan konvensi tertentu yang disepakati bersama. Seiring perkembangan zaman, jati diri masyarakat bisa goyah karena pengaruh globalisasi. Nah, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sih strategi dalam menghadapi globalisasi. Yuk simak ulasannya.

Pada materi sebelumnya, kamu bisa melihat ulasan mengenai pengertian globalisasi menurut para ahli, termasuk mengapa globalisasi bisa terjadi kan?. Dari ulasan tersebut kamu tentu sudah paham bahwa globalisasi telah berlangsung hingga hari ini. 

Intinya, globalisasi membawa banyak pengaruh dari negara-negara asing, yang pada akhirnya mendorong terjadinya berbagai bentuk perubahan sosial pada masyarakat. Entah itu perubahan gaya hidup, perubahan cara pandang dunia, perubahan gaya berpakaian, perubahan kepercayaan, perubahan pola pikir, dan lain sebagainya.

Pengaruh tersebut juga terjadi pada kehidupan masyarakat di Indonesia Pahamifren. Kalau kita tidak mau kehilangan jati diri bangsa, maka kita memerlukan strategi dalam menghadapi globalisasi. Lantas, apa saja sih strategi yang efektif untuk menghadapi dampak globalisasi?

Untuk menghadapi tantangan global, selain menguasai teknologi, kamu juga harus membangun strategi dalam menghadapi globalisasi.

Globalisasi dan Perubahan Sosial

Satu di antara contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari yaitu penggunaan teknologi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini tentu bisa kamu rasakan, misalnya teknologi smartphone yang kamu gunakan, atau sosmed yang kamu mainkan sehari-hari.

Dengan teknologi, kamu jadi bisa berkomunikasi dan mengetahui berbagai informasi dari berbagai negara di luar negeri. Sayangnya kecanggihan teknologi informasi ini juga menimbulkan dampak buruk, misalnya penyebaran hoaks yang semakin mudah.

Sementara di bidang pembangunan, globalisasi juga ikut mendorong terbentuknya kota dan wilayah industri di berbagai negara Pahamifren. Negara-negara di dunia saling bersaing dalam memajukan kota-kota pusat mereka yang menjadi sentral ekonomi negara mereka. Walhasil masyarakat desa pada akhirnya banyak yang bermigrasi ke kota karena mengharapkan kehidupan dan pendapatan yang lebih baik.

Pahami dan  Sosiologi Kelas XII: Pengertian Globalisasi Menurut Giddens dan Drucker

Inilah mengapa globalisasi berdampak buruk dalam bidang budaya bangas. Namun, di balik berbagai dampak buruk yang ditimbulkan, globalisasi juga memiliki dampak positif lho. Contohnya pada pendidikan, dampak positif globalisasi di bidang pendidikan sangat terasa di era sekarang.

Misalnya terjadinya pertukaran pelajar dari Indonesia ke luar negeri untuk memajukan sistem pendidikan di Indonesia. Saat ini banyak pelajar yang mencari beasiswa ke kampus-kampus terbaik di luar negeri, sehingga saat mereka lulus nanti dapat membawa perubahan positif pada negaranya. Kemunculan industri edutech yang menyediakan aplikasi belajar online juga menjadi contoh dampak positif globalisasi di bidang pendidikan.

Mengenal Teori Perubahan Sosial

Berikut ini merupakan beberapa pengertian perubahan sosial menurut para ahli yang bisa kamu jadikan referensi, antara lain:

  • Kingsley Davis berpendapat, perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat.
  • Soerjono Soekanto berpendapat, perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan pada suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok di masyarakat.
  • William Ogburn berpendapat, perubahan sosial merupakan perubahan yang meliputi unsur-unsur kebudayaan, baik unsur material maupun unsur nonmaterial.

Dampak Globalisasi Pada Perubahan Sosial

Setelah mengetahui teori perubahan sosial, selanjutnya kamu juga harus mempelajari bagaimana globalisasi berdampak pada perubahan sosial. Berikut penjelasannya:

Dampak Positif  
  • Mengubah tata nilai dan sikap. Globalisasi mendorong terjadinya perubahan tata nilai dan sikap masyarakat karena pengaruh dari tata nilai dan sikap masyarakat negara lain. Masyarakat yang tadinya irasional dapat berubah jadi rasional karena pengaruh masyarakat negara lain.
  • Meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kehidupan masyarakat jadi lebih mudah dan lebih efisien. 
  • Membentuk masyarakat yang lebih terbuka pada perubahan dan unsur-unsur pembaharuan.
Pahami dan  Sosiologi Kelas XII: Pengertian Globalisasi Menurut Giddens dan Drucker
Dampak Negatif 
  • Mengikis rasa nasionalisme. Dengan masuknya pengaruh budaya asing dan ide-ide yang sebelumnya asing dari luar negeri, banyak masyarakat Indonesia yang terkikis rasa nasionalismenya.
  • Mengakibatkan konsumerisme. Dengan kemudahan bertransaksi melalui e-commerce alias perdagangan elektronik, banyak masyarakat Indonesia yang terjebak pada konsumerisme. 
  • Mengikis tradisi dan kebudayaan lokal. Masuknya budaya-budaya asing, membuat banyak anak muda Indonesia yang gak peduli lagi pada tradisi dan kebudayaan lokal.

Strategi Dalam Menghadapi Globalisasi Yang Bisa Kamu Terapkan

Memiliah informasi berdasarkan fakta dan data yang relevan, menjadi salah satu strategi dalam menghadapi globalisasi.

Dalam menghadapi globalisasi, sebaiknya kamu jangan bersikap antipati. Lebih baik kamu berpikiran terbuka dan melatih diri untuk melihat kesempatan-kesempatan yang dibawa globalisasi. 

Apalagi dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang sudah menjadi bagian dari globalisasi itu sendiri. Makanya kamu mesti membangkitkan sikap kompetitif untuk mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju. Bersiaplah karena berbagai bentuk perubahan sosial bakal terus kamu hadapi kedepannya.

Namun, jangan lupa juga untuk tetap berhati-hati pada berbagai informasi yang kamu terima. Kenalilah informasi tersebut, dan olah kembali sesuai data dan fakta yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, kamu juga harus menjaga sikap nasionalisme dan menjaga adat budaya bangsa Indonesia agar kamu nggak kehilangan jati diri sebagai bagian dari generasi penerus bangsa.

Nah, itulah pembahasan mengenai strategi dalam menghadapi globalisasi, beserta bentuk perubahan sosial dan contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk kamu yang ingin memperdalam materi pelajaran SMA kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify.

Dengan berlangganan paket belajar Pahamify, kamu bisa mengakses berbagai fitur menarik seperti video pembelajaran yang mudah dipahami, contoh soal hingga Try Out persiapan UTBK 2021 dan tes minat bakat gratis lho. Kamu juga bisa mendapatkan promo Pahamify agar belajar online lebih ekonomis dan terjangkau, cek promo nya di sini ya.

Pahami dan  Sosiologi Kelas XII: Pengertian Globalisasi Menurut Giddens dan Drucker

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog