Wajib Dicoba, Cara Mudah Merancang Lingkungan Belajar Online Yang Kondusif di Rumah 

Tips belajar efektif: Indikator linngkungan belajar yang kondusif

Halo, Pahamifren! Pernahkah kalian mendengar istilah lingkungan belajar? Kira-kira sama nggak ya dengan istilah lingkungan dan iklim yang sering kamu dengar pada saat belajar Geografi? Yap, kedua istilah itu memiliki makna yang mirip sekali. Nah, lingkungan belajar ini sangat berpengaruh pada tips belajar efektif yang akan Pahamify Blog bagikan kali ini. Simak artikel ini sampai selesai ya.

Apa Itu Lingkungan Belajar?

Tips belajar efektif kali ini membahas tentang indikator lingkungan belajar, dan bagaimana manciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Lingkungan belajar (learning environment) atau iklim kelas (classroom climate) merupakan istilah yang merujuk pada kondisi fisik, konteks, dan budaya tempat siswa belajar. Lingkungan belajar yang baik tentu dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Lebih jauh lagi, pengertian lingkungan belajar ternyata mencakup banyak hal, lho. Tak melulu tentang susunan bangku dan meja, warna ruangan kelas, ketersediaan tong sampah, dan hal terkait benda fisik lainnya. Indikator lingkungan belajar juga meliputi budaya sekolah, etos dan karakteristik kepala sekolahnya, interaksi antar individu serta bagaimana cara guru melaksanakan kegiatan pembelajarannya. Wah, ternyata istilah ini kompleks juga, ya Pahamifren!

Merancang Lingkungan Belajar Yang Ideal

Pahamifren, sebagian besar dari kamu tentu setuju jika indikator lingkungan belajar yang baik, sangat mempengaruhi hasil belajarmu kan? Banyak penelitian tentang tips belajar efektif yang menyebutkan, jika suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan akan berdampak pada keberhasilan belajar siswa.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Baeten, dkk di tahun 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator lingkungan belajar yang berbeda dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Bahkan, lingkungan belajar dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. 

Indikator Lingkungan Belajar Saat Belajar Online di Rumah

Saat ini pemerintah masih menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sehingga kegiatan belajar mengajar sekolah pun harus dilakukan secara daring alias online. Penerapan PJJ pun menciptakan istilah baru, yaitu lingkungan belajar online. 

Apa Itu Lingkungan Belajar Online

Lingkungan belajar online (online learning environment) adalah lingkungan belajar tanpa lokasi fisik, yang memungkinkan siswa dan guru belajar secara terpisah. Karena tidak membutuhkan ruang kelas, apakah kamu perlu mengatur kondisi fisik lingkungan belajar? 

Pahami dan  Tips Belajar Online: Cara Agar Anak Mudah Belajar di Rumah

Jawabannya adalah tentu saja perlu, Pahamifren! Lingkungan belajar online memang mengurangi pengaruh guru dalam mengatur lingkungan belajar. Inilah mengapa, kamu sebagai siswa tentu harus lebih kreatif dalam menciptakan lingkungan belajarmu sendiri. Tujuannya, tentu saja agar kamu mempunyai suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Jadi, kamu bisa lebih fokus pada tujuan belajarmu, Pahamifren.

Komponen Lingkungan Belajar yang Ideal

Selain indikator lingkungan belajar yang disebutkan tadi, pada tips belajar efektif kali ini, Pahamify Blog juga akan membagikan kriteria apa saja yang harus kamu perhatikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang ideal.

Indikator lingkungan belajar yang nyaman menjadi tips belajar efektif yang bisa kamu gunakan

Mengembangkan lingkungan belajar merupakan tantangan tersendiri bagi para guru. Dibutuhkan kreativitas guru yang tinggi agar mampu menciptakan lingkungan belajar yang ideal. Namun, karena pembelajaran saat ini dilakukan secara online, maka kontrol guru terhadap lingkungan belajar siswa saat ini tampak sulit. 

Para siswa pun saat ini banyak yang mencari alternatif penyedia layanan belajar tambahan, seperti platform belajar online Pahamify. Mengapa Pahamify? 

Sebagai startup pendidikan Indonesia yang fokus menyediakan platform belajar online, Pahamify sangat memperhatikan komponen lingkungan belajar yang ideal untuk Pahamifren semua. Sebagai berikut:

  • Memperhatikan Karakteristik Siswa 

Pahamify memiliki psikolog profesional yang bisa Pahamifren manfaatkan untuk berkonsultasi dan diskusi. Kamu bisa memanfaatkan fitur konsultasi ini saat kamu bingung mau pilih jurusan apa untuk kuliah, membahas persoalan di sekolah, maupun pengembangan diri dan lingkungan. Ulasan lengkapnya sudah pernah dibahas di artikel ini Curhat Langsung di Fitur Konseling Pahamify

Untuk menggunakan fitur ini, Pahamifren tinggal klik saja “Siap Kuliah”. Di sana akan muncul opsi “Konseling”. Lalu, jika Pahamifren ingin tahu informasi tentang kampus dan jurusan, kamu juga bisa klik fitur “Siap Kuliah” dan akan muncul opsi “Info Kuliah”. Sebelumnya, Pahamify Blog juga sudah pernah menjelaskan tentang Fitur Persiapan Kuliah Pahamify.

  • Memiliki Tujuan Pembelajaran 

Sebagai platform belajar online, Pahamify mengembangkan materi pelajarannya sesuai dengan tujuan pembelajaran yang terdapat pada kurikulum yang dibuat oleh pemerintah lho. Saat bergabung dengan Pahamify, kamu bisa mendapatkan berbagai materi yang sesuai dengan kurikulum saat ini.

  • Memiliki Kegiatan Yang Mendukung Pembelajaran 
Pahami dan  Hore, Boleh Sekolah Lagi. Ini Aturan Sekolah Tatap Muka Yang Harus Kamu Ketahui

Agar memudahkan kamu saat beajar online, Pahamify menyediakan video pembelajaran dalam bentuk animasi yang keren lho. Dengan video belajar yang keren ini, kamu akan lebih mudah mengingat konsep penting yang ada dalam suatu materi pelajaran.

  • Strategi Penilaian Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar

Pahamify juga bisa membantu kamu untuk meng-upgrade ilmu dan membantu mengetahui hasil belajar. Kamu bisa mengakses fitur tryout online Pahamify secara berkala. Jadi, Pahamifren bisa terus belajar seru bersama para rockstar teacher sekaligus latihan soal untuk persiapan ujian.

  • Menyediakan Lingkungan Belajar Yang Sesuai Kebutuhan Siswa 

Aplikasi Pahamify dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Selama Pahamifren punya koneksi internet dan kuota tentunya. Dengan semua fitur unggulan yang dimiliki Pahamify, tentu hal tersebut bisa membantu Pahamifren dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan sesuai dengan kebutuhan Pahamifren.

Tips Mengatur Lingkungan Belajar Online di Rumah

Tips belajar efektif ini mencakup tentang komponen fisik dan psikologis. Sehingga Pahamifren bisa menciptakan lingkungan belajar yang ideal sesuai dengan karakteristik kalian masing-masing. Antara lain:

Beritahukan Orangtua dan Keluarga di Rumahmu

Apakah kamu pernah melihat video tentang seorang siswa yang sedang mengikuti pembelajaran online, saat asyik belajar, lalu Ibunya malah memanggil? Atau ketika sedang fokus belajar online, tiba-tiba adiknya masuk ke dalam frame video? Tentu saja hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi belajarmu kan? 

Untuk menghindari gangguan semacam ini, kamu harus memberitahukan jadwal belajar online secara detail, dari kapan dimulai dan kapan berakhirnya kelas online kalian. Kalau perlu, jadwal belajar online kalian ditulis saja lalu ditempelkan di pintu kamar, supaya anggota keluarga tetap update dengan jadwal belajar kalian ya.

Pilihlah Tempat Belajar Yang Tenang

Belajar online sebenarnya lebih berat daripada belajar offline lho. Nggak percaya? Contohnya, saat belajar offline, tentu kalian belajar di dalam kelas. Baik saat berada di sekolah, maupun di tempat les. Lingkungannya pun sudah dikondisikan agar jauh dari keramaian dan kebisingan. 

Lalu bagaimana dengan belajar online? Tentu saja lingkungannya sangat berbeda dengan lingkungan kelas di sekolah maupun di tempat les. Bahkan, beberapa siswa kesulitan mendapatkan lingkungan belajar online yang kondusif. 

Pahami dan  5 Pengaruh Teknologi Terhadap Kebiasaan Belajar Yang Bisa Kamu Rasakan

Oleh sebab itu, kamu harus pintar-pintar menciptakan tempat yang cocok untuk belajar online. Misalnya jika Pahamifren berada di tempat yang padat penduduk atau berisik, Pahamifren bisa menggunakan headset atau headphone yang dapat meredam kebisingan suara.

Cek Kondisi Smartphone, Koneksi internet dan Kuota

Kalau yang ini sih sering banget kejadian ya. Spesifikasi ponsel pintar yang kamu gunakan ternyata berpengaruh pada kelancaran belajar online. Misalnya, ruang penyimpanan atau RAM yang terlalu kecil. Kenapa bisa begitu?

Tips Belajar Online

Perlu Pahamifren ketahui bahwa saat mengikuti belajar online seperti live streaming, aplikasi belajar online akan mengkonsumsi ruang penyimpanan smartphone kalian dalam bentuk cache. Semakin lama kegiatan belajar online yang kalian ikuti, maka semakin besar pula file cache tersebut. 

Tapi tenang, file cache ini hanya ada saat kamu mengikuti pembelajaran online saja. Setelah itu, file tersebut akan terhapus dengan sendirinya, atau kamu dapat menghapusnya menggunakan aplikasi penghapus cache yang tersedia di smartphone kesayanganmu.

Pilihlah Platform Belajar Online Yang Mudah Digunakan 

Belajar jadi seru dan menyenangkan? Memangnya ada platform belajar online seperti itu? 

Ya tentu saja ada. Kamu bisa menggunakan platform belajar online Pahamify! Aplikasi belajar online ini dirancang untuk memudahkan kamu dalam mengikuti materi pembelajaran yang diajarkan.

Dengan berbagai fitur yang menarik, kamu bisa meng-upgrade kemampuan menguasai pelajaran kelas X sampai dengan kelas XII secara lebih mudah dan menyenangkan lho.

Nggak cuma itu, Pahamifren juga bisa mengasah kemampuan lewat fitur tryout online Pahamify secara berkala lho. Lalu, setiap hari Senin sampai Jumat, Pahamifren bisa mengikuti belajar bareng rockstar teacher lewat live streamingnya Pahamify.

Tunggu apa lagi, buruan download platform belajar online Pahamify, sekarang!

Referensi:

https://www.edglossary.org/learning-environment/

https://opentextbc.ca/teachinginadigitalage/chapter/5-2-what-is-a-learning-environment/

Penulis: Cut Intan Evtia Nurina – Content Quality Control Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog