Close

January 20, 2020

Tanya Jawab Seputar SNMPTN 2021

Tanya Jawab Seputar SNMPTN

Halo Pahamifren! Siapa nih yang mau masuk PTN lewat jalur SNMPTN 2021? Kamu harus punya bekal informasi yang cukup supaya lebih siap mengikuti tahapan pendaftaran SNMPTN tahun ini. Untuk membantumu, Mipi telah merangkum beberapa pertanyaan SNMPTN yang kerap Pahamifren tanyakan. Yuk, langsung cek daftar pertanyaan dan jawabannya berikut ini!

Pertanyaan Seputar Jalur SNMPTN 2021

Q1: Jatah 40% terbaik di sekolah akreditasi A itu, terdiri dari 1 angkatan dalam 1 sekolah atau pisah-pisah?

Jangan khawatir. Untuk sekolah akreditasi A boleh mendaftarkan 40% siswa terbaik (siswa eligible) di sekolahnya dari masing-masing jurusan. IPA dan IPS dapat jatah persentase yang sama. Jadi, kalau di sekolah kamu ada 100 siswa IPA dan 200 siswa IPS, yang bisa ikut seleksi SNMPTN itu 40 anak IPA dan 80 anak IPS. 40% dari masing-masing jurusan.

Q2: Bagaimana kalau terjadi salah ketik nilai di PDSS?

Kalau terjadi kesalahan ketik nilai, kamu harus menghubungi dan meminta guru atau pihak sekolah yang masukin nilai ke PDSS untuk memperbaikinya. Jangan diverifikasi dulu ya sebelum nilai itu diperbaiki. Kamu harus cepat menghubungi guru terkait dan jangan sampai terlewat masa verifikasinya!

Q3: Bagaimana sistem penilaian untuk diterima SNMPTN 2021?

Tahapan pendaftaran SNMPTN 2021 yang pertama yaitu penentuan kuota tiap sekolah sesuai akreditasinya. Lalu, sekolah akan mengisi PDSS dan memilih siswa eligible yang bisa mengikuti SNMPTN 2021. Setelah itu, barulah siswa mendaftarkan dirinya pada SNMPTN, termasuk mengisi pilihan jurusan dan PTN yang dituju.

Nah, keputusan akhir diterima atau tidaknya kamu ada dari pihak universitas. Sebagai tambahan, universitas biasanya juga memasukkan rekam jejak sekolah pada pertimbangan penilaian. Biar kamu tahu faktor apa saja yang menentukan lolos SNMPTN, kamu bisa baca di link artikel ini, ya.

Q4: Lulusan tahun berapa saja yang boleh ikut SNMPTN 2021?

Hanya lulusan tahun 2021 yang boleh ikut SNMPTN 2021. Sebagai alternatif, kamu yang lulus tahun 2019 dan 2020 bisa mengikuti UTBK SBMTPN 2021 maupun Ujian Mandiri. Jangan lupa lakukan persiapan UTBK 2021 dari sekarang dengan memanfaatkan fitur TryOut UTBK di aplikasi Pahamify.

TryOut Pahamify dilengkapi ratusan soal HOTS UTBK, penilaiannya pakai sistem IRT sama seperti UTBK, pembahasan lengkap baik teks maupun video, dan ada analisis kekurangan dan kelebihan kamu, lho. Jadi, belajar UTBK 2021 jauh lebih fokus dan terarah, Pahamifren. Kalau mau kepoin seputar try out UTBK 2021, kamu bisa kunjungi blog Pahamify, ya!

Q5: Apakah lulusan pesantren (MA) bisa ikut SNMPTN?

Bisa dong! Asalkan sekolahnya memenuhi syarat ya. Kamu bisa cek langsung dengan guru bimbingan konseling kamu atau dengan panitia LTMPT.

Q3: Aku mau masuk Poltekkes lewat PMDK. Apakah ada perbedaan aturan masuknya dengan SNMPTN universitas?

Secara umum, nilai rapor itu adalah salah satu patokan untuk masuk Poltekkes. Tapi mereka punya aturan tersendiri yang berbeda dan perlu kamu cermati. Ini juga berlaku untuk semua politeknik dan sekolah kedinasan seperti STAN. Semuanya punya aturan masing-masing. Kamu harus rutin cek di website tempat kuliah yang kamu tuju buat mengetahui informasi terbarunya.

Q7: Nilai raporku naik-turun, nih. Apa bisa memengaruhi peluang kita untuk lulus SNMPTN?

Biasanya, nih, konsistensi kenaikan nilai akan dilihat dari semester 3 sampai 5. Bisa naikin nilai itu tanda yang bagus kalau kamu belajar dari kesalahan dan berusaha untuk belajar lebih giat. Tapi, jangan sampai kamu sengaja nurunin nilai kamu di awal-awal sekolah ya, karena kalau kamu bisa mempertahankan nilai yang tinggi dari semester 1 sampai semester 5, itu jauh lebih bagus.

Nilai naik turun, tapi di atas 90 semua oke banget! Tapi, nggak ada patokan yang pasti karena lulus atau nggaknya kamu, itu juga dipengaruhi oleh keketatan persaingan pada jurusan dan PTN yang kamu pilih.

Selain nilai, ada juga faktor rekam jejak sekolah dan kebijakan masing-masing PTN yang bisa menentukan diterima atau tidaknya kamu pada SNMPTN. Kuncinya, tetap berusaha kerasa pada SNMPTN, tapi jangan lupa siapkan plan B lewat SBMPTN atau Ujian mandiri!

Q8: Apa yang dimaksud dengan Lintas Jurusan?

Pada dasarnya, lintas jurusan adalah kondisi saat kamu memilih jurusan kuliah yang berbeda dengan jurusan saat di sekolah. Begini contohnya. Kamu jurusan IPS di sekolah, tapi mau ambil rumpun jurusan IPA seperti Teknik atau MIPA. Atau, kamu jurusan IPA di sekolah tapi mau ambil rumpun jurusan IPS, seperti Ekonomi dan Manajemen.

Lintas jurusan itu biasanya dilakukan lewat jalur SBMPTN. Kalau lewat SNMPTN, sangat tidak dianjurkan karena kebanyakan PTN akan mengedepankan siswa yang daftar sesuai jurusannya. Kamu juga harus pastiin PTN yang kamu tuju itu memperbolehkan siswa untuk daftar lintas jurusan, ya. Biar semakin paham,,cek informasi seputar lintas jurusan SBMPTN 2021 di link ini.

Q9: Apakah siswa mutasi atau pindahan bisa ikut SNMPTN?

Masih bisa kalo siswa mutasi itu masuk dalam pemeringkatan sekolah. Untuk soal teknis lebih jelasnya, berbeda di setiap sekolah, jadi kamu bisa konsultasi sama guru bimbingan konseling yang mengurus masalah PDSS di sekolah kamu.

Q10: Pada pendaftaran akun LTMPT, kenapa aku belum bisa pilih jurusan ya? Jangan-jangan webnya error?

Tenang aja. Perihal memilih jurusan dan PTN, baru bisa kamu lakukan saat pendaftaran SNMPTN 2021, tepatnya setelah kamu dinyatakan sebagai siswa eligible yang berhak mengikuti tahapan seleksi SNMPTN.

Oh iya, kalau kamu masih bingung mau pilih jurusan kuliah, Pahamify punya beberapa fitur yang bisa bantu kamu untuk pilih jurusan yang cocok buat kamu loh. Ada fitur Tes Minat dan Bakat, serta fitur Konseling. Di fitur Konseling, kamu bisa curhat bareng psikolog berpengalaman yang siap merekomendasikan jurusan kuliah yang cocok untukmu. Menarik kan?

Pingin banget masuk UI? Yuk, mulai perbanyak latihan soal UTBK dan soal-soal SIMAK UI agar lancar mengikuti tiap jalur seleksinya.

Q11: Kok susah ya akses akun LTMPT? Keterangannya Error mulu?

Biasanya, hal ini terjadi karena jaringan internet kamu sedang bermasalah atau banyak yang lagi akses, jadi server di LTMPT down. Coba deh akses di jam yang gak terlalu padat seperti pagi atau malam hari.

Terus, kalau bisa daftar SNMPTN 2021 dari jauh-jauh hari, dan jangan mepet batas waktu pendaftaran karena umunya akan banyak siswa yang mepet-mepet daftarnya, dan akhirnya bikin server LTMPT-nya down.

Q12. Sertifikat seperti apa yang bisa nambah poin penilaian di SNMPTN 2021?

Mencantumkan sertifikat bisa menambah poin penilaian kamu untuk SNMPTN, asalkan sertifikat tersebut ada hubungannya dengan jurusan yang kamu pilih. Tapi, yang nentuin sertifikat mana yang berhubungan itu masing-masing jurusan di PTN. Jadi, nggak ada salahnya kamu mengunggah sertifikat atau bukti prestasi terbaik kamu saat SMA.

Q13: Apa benar penilaian terhadap sekolah dan alumninya juga memengaruhi peluang kita buat lulus SNMPTN?

PTN yang kamu tuju biasanya memiliki penilaian indeks sekolah masing-masing. Indeks sekolah tersebut juga mencakup performa alumni, prestasi sekolah, akreditasi, dan sebagainya. Selain nilai rapor, penilaian indeks sekolah juga menjadi pertimbangan khusus dari PTN. Hanya saja, yang tahu detail penilaian ini hanya PTN itu sendiri, ya.

Q14: Peserta SNMPTN bisa menggunakan KIP Kuliah?

Tentu saja bisa! SNMPTN itu seleksi masuk PTN, sedangkan Bidik Misi atau sekarang disebut KIP Kuliah adalah bantuan biaya kuliah dari pemerintah. Untuk tahu detail KIP Kuliah di jalur SNMPTN, kamu bisa cek di website resmi KIP Kuliah Kemendikbud. Selain jalur SNMPTN, KIP Kuliah juga bisa digunakan untuk jalur seleksi, seperti jalur UTBK SBMPTN, SNMPN, SBMPN, serta Seleksi Mandiri.

Q15: Lolos SNMPTN 2021 tidak diambil, apakah sekolah ter-blacklist?

Sekolah atau siswa hanya akan ter-blackist dari SNMPTN kalau terbukti melakukan kecurangan. Apabila siswa dinyatakan lolos SNMPTN 2021 tapi tidak diambil, maka kemungkinan akan berpengaruh pada penilaian indeks sekolah. Selain itu, konsekuensinya siswa tidak bisa mendaftar di UTBK SBMPTN 2021 maupun mengikuti Seleksi Mandiri di PTN yang mensyaratkan nilai UTBK. Kamu bisa baca informasi ini lebih lanjut di artikel ini.


Nah, itu tadi kumpulan pertanyaan-pertanyaan dari teman-teman yang berhubungan dengan SNMPTN 2021. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian, ya! Selain informasi SNMPTN 2021, kamu juga bisa membaca Tanya Jawab Seputar Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di blog Pahamify.

Tetap semangat kalo kalian belum bisa lolos SNMPTN 2021, karena masih banyak jalur lain yang bisa kamu ikuti seperti SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Ada baiknya kamu melakukan persiapan UTBK 2021 sedini mungkin agar peluang lolos SBMPTN 2021 semakin besar.

Pahamify siap membantumu #TaklukkanUTBK lewat fitur Try Out Online UTBK yang diadakan rutin setiap minggunya. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba sebagai persiapan UTBK 2021, lengkap dengan video pembahasan yang menarik. Langsung aja meluncur ke web Try Out Online Pahamify dan download aplikasi Pahamify sekarang dengan klik di sini!

Kalau ada pertanyaan SNMPTN lainnya, silakan tanya di kolom komentar. Tetap semangat, Pahamifren!


105 Comments on “Tanya Jawab Seputar SNMPTN 2021

WAHYUNI
February 6, 2020 at 9:07 am

bagaimana cara mengurutkan prodi pilihan pertama dan kedua SNMPTN?

Reply
widyawati
February 6, 2020 at 9:10 am

apa saja jurusan yang banyak peluangnya tapi sepi peminat?

Reply
Aditya Perdana Putra
February 10, 2020 at 11:45 am

Jurusan yang sepi peminat itu berbeda di setiap unversitasnya seperti Sastra Jawa di UI dan Pendidikan Bahasa Perancis di Unnes. Namun, walaupun peminatnya sedikit, kamu tetap harus bersaing dengan banyak orang. Sistem seleksi SNMPTN ini cukup unik karena ada beberapa faktor yang jadi pertimbangan setiap unversitas dan jurusannya.

Reply
widyawati
February 6, 2020 at 9:17 am

bagaimana cara memilih pilihan 1 dan kedua prodi di snmptn

Reply
Aditya Perdana Putra
February 10, 2020 at 11:01 am

Dari dua pilihan kamu, pilih prodi dengan akreditasi passing grade tertinggi terlebih dahulu. Misalnya kamu mau pilih Akuntansi UI dan Manajemen UNJ. Karena Akuntansi UI akreditasinya lebih tinggi, kamu pilih Akuntansi UI, baru Manajemen UNJ.

Reply
icha
February 10, 2020 at 6:34 am

jika tahun sebelumnya belum ada anak smk yang keterima di jurusan tersebut apakah ada peluang untuk saya menjadi pertama kali anak smk yang bisa keterima dijurusan tersebut lewat jalur sbmptn?

Reply
Aditya Perdana Putra
February 10, 2020 at 10:51 am

Tentu saja ada! Lulus tidaknya kamu lewat jalur SNMPTN bergantung pada pilihan kamu dan pesaing kamu.

Reply
Rachmat Muttaqin
February 13, 2020 at 7:51 am

Kalau anak saya mau masuk PTN lewat jalur SNMPTN, bolehkah pilih satu prodi dari 2 PTN yg berbeda?

Reply
Aditya Perdana Putra
February 13, 2020 at 11:18 am

Bisa. Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN yang berbeda.

Reply
Ainun Rochimah
February 14, 2020 at 2:19 am

jika saya daftar snmptn dan kedinasan, kedua-duanya keterima tapi yang saya ambil kedinasan, bolehkah saya mengundurkan diri dari ptn?

Reply
Chantika Putri Aulia
February 23, 2021 at 2:31 am

Halo kak
Saya ingin bertanya, jika data jumlah tanggungan orang tua salah dalam pengisian, maka apa yang akan terjadi? Apakah kesalahan itu sagat fatal, sehingga sekolah kita dapat di blacklist? Atau dapat di perbaiki saat pendaftaran ulang ketika dinyatakan lolos di PTN tersebut?

Reply
Fitri Dewanty
February 23, 2021 at 10:18 am

Halo Chantika, jika data yang kamu masukkan sudah finalisasi, berarti data tersebut tidak bisa berubah lagi ya. Tapi, secara umum bisa diperbaiki saat pendaftaran ulang apabila lolos, dengan menyertakan surat pernyataan jika terdapat kesalahan data saat input dan membawa bukti data yang sebenarnya.
Umumnya, hal ini tidak memengaruhi blacklist terhadap sekolah. Namun, terkait pengaruh atau tidaknya terhadap hasil SNMPTN itu tergantung kebijakan PTN masing-masing, ya. Semoga jawaban ini bisa membantu.

Reply
M. Zulfikar
February 24, 2020 at 4:01 pm

Kalau mendaftar SNMPTN dan Kedinasan (STAN misalnya) dua2nya diterima. Misalkan lebih memilih mengambil STAN, itu bagaimana agar tidak terkena blacklist?? Apakah harus daftar ulang PTN dlu kemudian mengundurkan diri atau bagaimana?

Reply
Kimberly
March 17, 2020 at 12:19 am

Gimana ni kak kalau mendaftar jurusan akuntansi, tapi aku punya sertifikat waktu ikutan LCC bahasa indonesia tingkat provinsi sebagai finalis. Apakah boleh dicantumkan? Oiya, tapi sertifikatnya itu no name kak apakah bisa untuk daftar snmptn??

Reply
Hesti
March 25, 2020 at 6:06 am

Kak mau tanya nih, kan SNMPTN bisa milih dua jurusan kalo jurusan nya berbeda apakah berpengaruh sama penilaian SNMPTN kita?

Reply
Palupi
March 30, 2020 at 6:08 am

Bagaimana jika ada kesalahan mengisi data pada saat pendaftaran snmptn dan sdh difinalisasi?? Seperti kesalahan pada tanggal lahir

Reply
Ayuni Reka Riyanti
April 2, 2020 at 1:43 am

Kak, saya udah finalisasi pendaftaran SNMPTN, tapi belum cetak kartu. Gimana dong kak?

Reply
Aditya Perdana Putra
April 2, 2020 at 4:54 am

Tidak apa. Kartu peserta ini nantinya akan dijadikan sebagai salah satu syarat daftar ulang di PTN yang sudah menerima kamu. Kamu bisa lakukan login kapan saja di laman resmi SNMPTN yakni web.snmptn.ac.id dan lakukan pengunduhan ulang untuk mencetak kartunya.

Reply
Rudin
May 5, 2020 at 8:39 am

Assalamualaikum, kak kalau sudah ketrima di jalur snmptn bisa tdk daftar stan. Terimakasih

Reply
Nia agustina
May 9, 2020 at 7:14 am

Gimana kalo udh verfikasi berkas dan dinyatakan tidak lolos oleh ptn terkait, apakh bisa ikut sbmptn?

Reply
Aditya Perdana Putra
May 11, 2020 at 2:55 am

Halo Niaa.. Bisa kok. Semangat!

Reply
Devi
June 2, 2020 at 2:57 am

kak sy sudah finalisasi tapi lupa mengunduh kartu pesertanya, apa sy gk bisa ikut utbk??

Reply
Aditya Perdana Putra
June 4, 2020 at 3:29 am

Halo Devi. Masih bisa kok. Coba deh kamu login akun LTPMPT kamu.

Reply
nana
June 3, 2020 at 10:44 am

anak saya lulus snmptn tapi terlambat unduh kartu dari jadwal yang ada. apakah masih ada cara lain untuk mengunduh kartu tersebut?

Reply
Aditya Perdana Putra
June 4, 2020 at 3:27 am

Halo. Pengunduhan kartu masih bisa dilakukan dengan login akun LTMPT terlebih dahulu

Reply
Hernila mustika
June 6, 2020 at 2:14 am

Kak kalo telat daftar ulang gimana?

Reply
anuradel
March 19, 2021 at 10:30 am

kak kalau nggak daftar sn sma sb gak bisa daftar kuliah ???

Reply
Fatikha
July 14, 2020 at 5:12 am

Assalamu’alaikum kak, saya mau tanya, saya dari Jurusan IPA, bisa gak ya kak masuk jurusan PGSD yang termasuk jurusan soshum / IPS melalui jalur SNMPTN ?

Reply
wita
July 30, 2020 at 7:16 am

waalaikumsalam..
izin menjawab kak, setahu saya anak ipa bisa masuk kesaintek maupun kesoshum..
kalau ada kekeliruan mohon koreksi juga dari teman yang lain:)..

Reply
Aditya Perdana Putra
August 12, 2020 at 4:54 am

Waalaikum salaam… Halo Fatikha. Iya, siswa dri IPA bisa lintas jurusan, kok. Cuma kamu perlu pelajarin lagi materi Soshum yang akan jadi bahan ujiannya nanti.

Reply
wita
July 30, 2020 at 7:12 am

asalamualaikum kak..
kak, kalau kita lulus snmptn apakah boleh ikut jalur mandiri tahun itu juga? minta penjelasannya kak..

Reply
Aditya Perdana Putra
August 12, 2020 at 4:52 am

Waalaikumsalaam.. Halo Wita. SNMPTN itu seperti beasiswa. Slot untuk beasiswa ini disediakan secara terbatas dan diberikan kepada siswa dengan kriteria tertentu. Jadi kalau kamu ingin mendaftarkan diri untuk SNMPTN, kamu harus melajutkan pilihan tersebut. Apabila kamu lolos dan tidak mengambil jatah tersebut, kursinya bakalan kosong. Padahal ada beberapa orang yang juge berkeinginan untuk meraih kursi tersebut.

Beberapa kejadian yang terjadi, biasanya pihak universitas akan melakukan blacklist terhadap sekolah yang siswanya lulus snmptn, tapi tidak mengambil kesempatan tersebut.

Reply
Anggita Kamalia NIswara
August 1, 2020 at 5:43 am

kak mau tanya kalau misal kakak kelas kita yang sudah lulus jalur snmptn tahun kemarin tetapi tidak mendaftar ulang ke PTN yang dituju apakah angkatan saya tahun ini jika ikut jalur SNMPTN masih bisa diterima di PTN dan prodi yang sama??? tolong dijawab ya kakkkkk.

Reply
Aditya Perdana Putra
August 12, 2020 at 4:46 am

Halo Anggita. Perihal masalah ini, dari pengalaman yang Mipi dapat, sekolahnya bisa kena blacklist selama beberapa tahun. Tapi ada baiknya kamu bertanya lagi ke sekolah kamu perihal peluang kamu untuk prodi tersebut.

Reply
Teguh
August 5, 2020 at 12:20 pm

Assalamualaikum,
kak saya anak ipa dan rencana mau mengambil fakultas psikologi, namun kebanyakan universitas fakultas psikologi termasuk soshum. jadi adakah kemungkinan saya bisa masuk fakultas psikologi lewat jalur SMNPTN. dan satu lagi, alumni yang lulus PTN mempengaruhi SMNPTN. jadi jika dari sekolah saya tidak ada yang masuk apakah mempengaruhi SMNPTN saya. ? tolong bantu jawab ya kak.

Reply
Aditya Perdana Putra
August 12, 2020 at 4:44 am

Waalaikumsalam. Halo Teguh. Fakultas psikologi biasanya lebih banyak menerima calon mahasiswa jalur PTN dari jurusan IPA. Tapi tidak menutup kemungkinan ada yang diterima dari jalur IPS. Perihal rekam jejak sekolah sebelumnya, belum terbukti kalau sekolah yang sebelumnya jadi langganan masuk suatu jurusan, akan dijamin untuk diterima pada tahun berikutnya. Yang terpenting adalah apakah nilai kamu masuk kriteria dari jurusan yang kamu tuju. Dan di luar semua itu, keputusannya diserahkan ke phak universitas dan jurusan. Terima kasih

Reply
Nur Asniaty Rahman
September 4, 2020 at 12:54 am

Assalamu’alaikum kak, saya ingin mengajukan pertanyaan pertanyaan. Bisakah mencantumkan sertifikat ketika SMP untuk mendaftar SNMPTN? Terimakasih sebelumnya kak.

Reply
Honggie
January 25, 2021 at 6:20 pm

huhuuu mau nanya ini juga, tolong dijawab ya yg tau

Reply
rizaldi abror
February 8, 2021 at 10:22 am

Disarankan mencantumkan sertifikat yang diperoleh saat SMA, karena yang menjadi poin penilaian adalah selama proses belajar di SMA.

Reply
Ayu
September 11, 2020 at 2:02 am

Assalamu’alaikum kak.. Saya mau bertanya, misal tahun ini sudah lolos snmptn tetapi ternyata dia ngerasa salah jurusan jdi gk sesuai yang diharapkan apakah bisa ikut sbmtpn tahun depan dan apa dampaknya buat sekolah yang dulu? Apa tetap kena blacklist kak? Mohon bantuannya kak, terima kasih..

Reply
asep s
September 16, 2020 at 10:04 am

Waalaikum salam. kalo tahun depannya bisa nyoba lagi Ayu. Nah, supaya kita ga mengalami hal tersebut, pilihlah 2 prodi di SNMPTN yg memang kita minati. Karena dikhawatirkan ade2 kelas kita yg menerima dampaknya.

Reply
asep s
September 16, 2020 at 10:02 am

izin menambahkan untuk Teguh. Kalo Teguh dari jurusan IPA bisa daftar ke Psikologi untuk jurusan IPA yg ada di 5 PTN (UNPAD, UNS, UNSRI, UNAND, UNHAS). Psikologinya di bawah fakultas kedokteran, makanya cocok nih buat anak IPA.

Reply
Neristia Viky Marta
September 19, 2020 at 11:44 pm

Kak bagaimana ya caranya memilih jurusan yang sesuai dengan karakteristik nilai dan berpeluang di SNMPTN

Reply
Lia
September 26, 2020 at 1:42 am

Kalo sudah lulus snmptn bisa daftar kedinasan ga?

Reply
Dannn
October 24, 2020 at 4:36 am

Lulusan SMK apa bisa kuliah dengan jurusan pgsd, Ka?

Reply
rizaldi abror
October 28, 2020 at 8:21 am

Halo Dann. Tentu saja bisa. Lulusan SMA dan SMK bisa melanjutkan kuliah di jurusan PGSD.

Reply
Dewi
November 9, 2020 at 4:26 pm

Assalamu’alaikum kak, mau tanya jadi kan saya ini alumni SMA 2020 saat ini saya blm kuliah kak, nah apa saya masih bisa ikutan snmptn maupun sbmptn tahun depan? 2021? Mohon penjelasannya kak:) terima kasih.

Reply
Muchammad Fitroh Alfarizi
November 9, 2020 at 10:34 pm

Kak saya sekolah di SMK lebih tepatnya Teknik Geomatika. Disekolah saya lebih ke pelajaran praktek nya. Dilihat dari syarat masuk PTN(jika ada TKA)itu harus pilih Saintek/Soshum. Tapi disekolah saya Kimia, Fisika hanya diajarkan kelas 10 saja(gk ada mapel biologi). Saya bingung harus gimana soalnya saya pengen masuk Teknik Sipil. Gimana solusinya kak

Reply
carenz
November 10, 2020 at 2:22 am

permisi kakkkk, apakah kalau lulus snmptn tetap bisa ikut ujian mandiri/bagaimana kalau ingin mencoba usm stan? kan pendaftaranya lebih dulu snmptn

Reply
Elsht
November 14, 2020 at 2:09 pm

kak, klo lulus snmptn 2020 tpi pingin ikut sbmptn 2021 bisa ngak kak??

Reply
Neneng nurhayasih
November 26, 2020 at 11:44 pm

ka aku kan murid pindahan dari SMA ke MAN dan dirapor kelas 10 saya tidak ada pelajaran seperti akidah akhlak ,qurdis dan lain lain.itu bagaimana ya ka?dan juga kkm saya waktu di SMA dan di MAN sekrang ini berbeda,nilai kkm saya waktu di SMA jauh lebih keci diabndingkan kkm di MAN jadi saya sehingga rata rata nilai saya jadi kecil walaupun di kelas 11 nilai saya sudah cukup bagus dan selalu naik.apakah saya masih bisa ikutan snmptn ka??dan untuk nilai kelas 10 saya bagaimana ha??apa mengikuti kkm yang ada di MAN??

Reply
rizaldi abror
January 7, 2021 at 8:37 am

Untuk masalah ini, biar nggak salah, lebih baik kamu tanyakan atau konsultasi ke guru BK di sekolah ya. Terimakasih

Reply
Alfiyah
December 1, 2020 at 2:21 pm

Assalamualaikum kak… mau tanyaa.. kalau dri pihak sekolah belum pernah mengadakan siswa utk mengikuti SNMPTN.. apakah siswa masih bisa mengikuti seleksi SNMPTN dgn cara mendaftarkan sendri di kip kuliah..

Reply
rizaldi abror
January 7, 2021 at 8:36 am

Halo Alfiyah. Biar nggak salah, coba kamu tanya atau konsultasi dulu ke guru BK ya.

Reply
Wahyu
December 20, 2020 at 11:44 am

Rata² nilai raport ku grafiknya meningkat kak (83,33 ; 84,16 ; 88,66 ; 90,33 ; 92,33).sekolah saya akreditasi A. rata² SNMPTN Undip 2020 jurusan ilmu gizi minim 83 kak.apakah saya bisa lolos SNMPTN 2021 jurusan tsb? sebelumnya belum ada alumni yang lolos SNMPTN ilmu gizi.bisa ga ya kak

Reply
rizaldi abror
January 7, 2021 at 8:34 am

Halo Wahyu. Wah, kalau masalah ini kami nggak bisa prediksi. Soalnya, kalau SNMPTN itu harus tahu nilai keseluruhan peminatnya buat nentuin peluang lolos atau nggak nya. hehehe

Reply
putri damayanti
January 4, 2021 at 12:13 pm

kalau misalnya ketrima snmptn ,apakah bisa daftar ikatan dinas?

Reply
rizaldi abror
January 7, 2021 at 8:28 am

Halo Putri. Kamu harus dipastiin dulu kedinasannya butuh nilai UTBK atau nggak. Kalo butuh, mendingan nggak usah daftar SNMPTN deh. Soalnya kalo lolos SNMPTN, kamu otomatis nggak bisa ikut UTBK.

Reply
Niko
January 5, 2021 at 5:09 am

Kak klo mau daftar di kedinasan daftar snmptn gak??

Reply
rizaldi abror
January 7, 2021 at 8:25 am

Halo Niko. Harus dipastiin dulu kedinasannya butuh nilai UTBK atau nggak. Kalo butuh, mendingan nggak usah daftar SNMPTN. Karena kalo lolos SNMPTN, otomatis gabisa ikut UTBK lho.

Reply
Titin Pakpahan
January 9, 2021 at 4:14 am

Kalau misalnya siswanya dinyatakan berhak berdasarkan pemeringkatan trs dia nolak apakah itu bisa? Dan kalau bisa siswa yg bersangkutan tetap bisa ikut sbm kan?
Mohon penjelasanya ya

Reply
rizaldi abror
February 5, 2021 at 8:34 am

Bisa menolak tawaran SNMPTN, terutama kalo kamu bertujuan buat ikut tes masuk PTN yang membutuhkan nilai UTBK, salah satunya SBMPTN. Tapi kalau sudah diterima SNMPTN jangan ditolak ya, sayang dong…hehehe

Reply
Syafira
January 10, 2021 at 12:05 pm

Kak kalo tidak lolos SNMPTN apa bs daftar pkn stan??

Reply
rizaldi abror
February 5, 2021 at 8:33 am

Halo Syafira. Kalau tidak lolos SNMPTN masih bisa daftar SBMPTN maupun tes kedinasan lainnya. Tapi kalo lolos SNMPTN tidak bisa ikut SBMPTN lagi maupun tes kedinasan, wajib mengambil yang SNMPTN.

Reply
Yayang
January 12, 2021 at 5:00 am

Assallamualaikum
ka mau tanya dong, misalnya kuota siswa snmptn yg di terima di sklh jurusan akuntansi 70 org, apakah 70 itu sdh termaksud lulus ptn atau msh di seleksi lagi dengan siswa sklh2 lain ka?
Mksh

Reply
rizaldi abror
February 5, 2021 at 8:32 am

Halo Yayang. 70 orang ini akan diseleksi lagi sesuai ketentuan di jurusan & universitas yang dipilih masing-masing siswa.

Reply
Lenni Maryanti
January 13, 2021 at 4:11 am

Hallo ka, aku mau tanya kalo jalur SNMPTN itu ada ga si tes tertulis atau tidak tertulis nya? Trs kalo SNMPTN itu dinyatakan lolos atau tidaknya SNMPTN itu dari mana ya ka?

Reply
rizaldi abror
February 5, 2021 at 8:31 am

Halo Lenni. Ga ada tes tertulis, syaratnya rapor 5 semester terakhir. pengumuman lolos akan diumumkan di web LTMPT. Kelolosan ditentukan terutama dari perkembangan nilai rapor selama di SMA, prestasi akademik/nonakademik, dan IPK/prestasi alumni di PTN tujuan.

Reply
Raisa Almira
January 16, 2021 at 12:27 am

Kak, izin bertanya, di tahun 2021 ini syaratnya sedikit berbeda kak, jadi kak saya mau nanya jika dalam satu PTN saya mengambil 2 jurusan dalam 1 PTN tersebut bagaimana Kak? PTN tersebut seprovinsi dengan saya Kak sebelumnya terimakasih banyak kak

Reply
rizaldi abror
February 5, 2021 at 8:31 am

Halo Raisa. Iya boleh banget 1 provinsi PTN nya dan ngambil 2 jurusan.

Reply
Ismail
January 20, 2021 at 11:15 pm

Ini kan temen saya ada yang mau ngambil jurusan psikologi tpi angkatan sebelumnya ada yg lolos kmarin di jurusan tersebut tpi tidak di ambil, nahh apakah akan berpengaruh atau tidak klau tmen saya ambil jurusan tersebut?
Tolong dibjawab cept yaa

Reply
zulfa
January 25, 2021 at 7:33 am

assalamualaikum kak, mau nanya. kalo misalnya aku sama temenku sama-sama daftar di ptn dan prodi yang sama di pilihan pertama, apa berpengaruh kak?entah diterima salah satu atau langsung ke pilihan kedua, atau engga berpengaruh sama sekali?

Reply
rizaldi abror
February 8, 2021 at 10:20 am

Untuk penilaian lolos atau tidaknya SNMPTN itu diserahkan ke masing-masing universitas, dan mereka seringnya punya pertimbangan sendiri yang tidak dipublikasikan secara resmi. Jadi, kami tidak bisa menyimpulkan/menjamin apakah akan lolos atau tidak, tapi kalau kamu memang berminat masuk di jurusan tersebut silakan dicoba saja ya.

Reply
Sri Rahmawati
January 29, 2021 at 12:21 am

Kak mau tanya.. apa klo belum pernah ada alumni dari sekolah tertentu di suatu PTN otomatis tidak ada siswa yg bisa diterima di kampus tsb melalui SNMPTN?

Reply
rizaldi abror
February 8, 2021 at 10:18 am

Belum tentu demikian. Nilai rapor dan prestasi pendaftar tetep yang paling menentukan. Kalo alumni itu jadi semacam poin tambahan.

Reply
Nisa
February 2, 2021 at 7:24 am

Assalamualaikum kak…
Mau tanya,apakah yang lulus SNMPTN bisa memilih jurusan pendidikan agama Islam?

Reply
aisy aqilah
February 10, 2021 at 1:58 pm

Halo kak, aku mau tanya. Boleh ga sih kak sertifikat peserta lcc dicantumin buat snmptn?

Reply
Nurul K. L
February 10, 2021 at 2:03 pm

kak, mempengaruhi tidak kalo kita asal input sertifikat. misal kalo aku input sertifikat yang cuma tingkat sekolah?

Reply
rizaldi abror
February 17, 2021 at 2:30 am

Mencantumkan sertifikat bakal nambah poin penilaian SNMPTN kamu. Tapi, yang menentukan kriteria penilaian sertifikat dan sertifikat itu ada hubungan sama jurusan yang kamu pilih, itu kebijakan masing-masing PTN maupun penyelenggara ya. Kalau memang sertifikat tingkat sekolah menjadi sertifikat terbaik kamu dan berhubungan sama jurusan yang kamu pilih, coba cantumin saja.

Reply
Aisy Aqilah
February 10, 2021 at 2:04 pm

Halo, kak. Aku mau tanya. Boleh ga sih kak kalo aku nyantumin sertifikat peserta lcc buat snmptn?

Reply
rizaldi abror
February 17, 2021 at 2:30 am

Mencantumkan sertifikat bakal nambah poin penilaian SNMPTN kamu. Tapi, yang menentukan kriteria penilaian sertifikat dan sertifikat itu ada hubungan sama jurusan yang kamu pilih, itu kebijakan masing-masing PTN maupun penyelenggara ya. Kalau memang sertifikat peserta LCC menjadi sertifikat terbaik kamu dan berhubungan sama jurusan yang kamu pilih, coba cantumin saja.

Reply
Jubal
February 10, 2021 at 2:07 pm

Kak, nilai yang diinput buat snmptn itu nilai pdss ya kak? Kemarin aku ngeliat rangking paralel dari sekolah, ada yang namanya nilai rata rata rapot, sama nilai pdss. Nilai pdssku lebih kecil daripada nilai rata rata rapot.

Reply
rizaldi abror
February 17, 2021 at 2:29 am

Nilai PDSS pada dasarnya berasal dari nilai rapor semester 1-5 yang diinput oleh sekolah. Mungkin, bisa dicari tahu terlebih dahulu perhitungan nilai rapor yang diumumkan sekolah kamu seperti apa? Jika kriteria perhitungannya sama dengan nilai pdss, seharusnya hasilnya tidak berbeda.

Reply
Suzan
February 12, 2021 at 11:25 am

Halo kak, aku mah nanya kan aku daftar snmptn sama pmdp poltekkes. Kalau misalnya dua-duanya keterima kan yang harus diambil snmptn, trus nanti pmdpnya gimana ya kak? Terimakasih

Reply
rizaldi abror
February 17, 2021 at 2:32 am

Kalau kamu memilih SNMPTN dan tidak melakukan daftar ulang di PMDP, maka biasanya secara otomatis kamu dianggap mengundurkan diri dari PMDP.

Reply
Putri apriani
February 13, 2021 at 3:01 am

Hallo kak aku mau nanya yang mendaftarkan snmptn pihak sekolah atau siswanya sendiri

Reply
rizaldi abror
February 17, 2021 at 2:33 am

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara mandiri oleh siswa melalui web resmi LTMPT. Sekolah hanya menginput nilai di PDSS dan menentukan siapa siswa eligible untuk SNMPTN.

Reply
Jemima
February 15, 2021 at 3:50 pm

Halo Kak, saya ingin bertanya tentang simulasi peluang SNMPTN, mengapa tidak bisa ketik nilai 100 di sana? Terima kasih.

Reply
Rosie
February 15, 2021 at 4:34 pm

Kak, mau tanya dong. Kan temenku ada yang ga punya sertifikat kak, jadi dia konsul ke guruku, kata gurunya yaudah gpp masukin sertifikat yg tingkat skolah aja. Itu gimana ya kak? Mempengaruhi penilaian ga kak?

Reply
rizaldi abror
February 17, 2021 at 2:41 am

Sertifikat memang bisa dipakai nambah poin penilaian SNMPTN. Tapi, kriteria penilaian dari sertifikat itu ditentukan kebijakan masing-masing PTN/penyelenaggara SNMPTN ya. Kalau sertifikat yang kamu relevan atau ada hubungannya sama jurusan yang kamu pilih, cantumkan saja ya.

Reply
Dwi Putri Yuni Lamart
February 17, 2021 at 12:49 am

Halo kak, saya sekarang masih bingung untuk pilih jurusan untuk SNMPTN, saya sebenarnya mau pilih pend. Geografi dan pend ekonomi tapi lebih saya utamakan pend. Geografi dan ternyata di univ yang saya pilih hanya satu jurusan yg boleh di pilih akan tetapi nilai saya dari semester 1 sampai 5 kalau ekonomi rata-rata di atas 90 dan nilai geografi saya di atas 80. Jadi kak apakah penentuan lolos SNMPTN di lihat dari mata pelajaran? Misalnya saya mau pilih jurusan ekonomi apakah penentuan lolosnya hanya dilihat dari mata pelajaran ekonomi saya di lapor atau di lihat dari semua mata pelajaran untuk lulus di jurusan ekonomi?

Reply
Theresa
February 18, 2021 at 2:53 am

Halo kak, untuk sertifikat nya bisa dari kelas 10 sama 11 gak? Atau harus kelas 12 aja?

Reply
Bening Widyani
February 20, 2021 at 2:17 am

Kak, mau tanya kalau KIP kuliah jurusan kedokteran beasiswa nya penuh sampai lulus kuliah atau hanya beberapa tahun saja

Reply
Fitri Dewanty
February 23, 2021 at 9:56 am

Halo Bening, jangka waktu KIP Kuliah disesuaikan dengan jenjang kuliah yang kamu ambil ya. Untuk jenjang kuliah S1 jangka waktunya hingga 8 semester (4 tahun), D3 6 semester, D2 4 semester, dan D1 2 semester.
Semoga jawabannya bisa membantu. Oh iya, Mipi mau bahas lebih lanjut nih soal KIP ini. Jadi, jangan lupa pantengin blog Pahamify terus ya. Terima kasih.

Reply
NANANG HUSEN
February 28, 2021 at 12:43 pm

Permisi kak, jika hanya satu materai yang di cantumkan pada portofolio snmptn 2021, bagaimana penilaiannya kak…?

Reply
Evan
March 15, 2021 at 5:59 am

kak….jadi salah satu kakak kelasku masuk di salah satu universitas di jalur snmptn
tapi gk diambil.
terus aku sekarang memilih jurusan di universitas yg sama tapi jurusannya berbeda
berpengaruh gk kak sama peluang masuk ku sekarang?

Reply
Reygi
March 22, 2021 at 1:12 pm

Kak saya lolos SNMPTN tapi saya ingin masuk univ lain apakah saya bisa mengikuti sbmptn yang tahun selanjut nya tolong di jawab

Reply
Azmi Aprilia
March 23, 2021 at 1:51 am

Haloo kak….aku mau ikut SNMPTN tapi ga sengaja kepencet fakultas dan trus sudah terkonfirmasi kak…tapi aku ga ada minta di fakultas itu ka….apakah bisa klo aku ga ikut SNMPTN tapi langsung masuk pake jalur mandiri….aku punya KIP kak jdi bisa ga daftar KIP kuliah jalur pribadi dan meninggalkan SNMPTN yang sudah terkonfirmasi itu ka….

Reply
Shofiarachma
April 13, 2021 at 8:51 am

Hallo kak…kan aku diterima nih SNMPTN nya…terus gimana cara membatalkannya ya kak?

Reply
Shofiarachma
April 13, 2021 at 11:26 am

Kak semisal SNMPTN dibatalin, tapi kita nya udah registrasi ulang gimana ya???

Reply
Rahma
December 29, 2021 at 2:55 pm

Kalau nggak masuk daftar siswa eligible, boleh daftar SNMPTN sendiri tanpa ada bimbingan dari guru bisa apa?

Reply
Anita Marbun
January 5, 2022 at 4:22 am

Kalau tidak masuk siswa eligible berarti tidak bisa mendaftar SNMPTN
Karena pendaftaran SNMPTN adalah pendaftaran melalui ijin sekolah
Kalau kita mendaftar tanpa seijin guru (eligible) dan kita di terima di universitas yang kita daftarkan akan menjadi batal karena tidak resmi
Terimakasih

Reply
Abdi pardomuan
January 25, 2022 at 6:08 pm

Saya sudah lulus snmptn tahun lalu diluar provinsi tetapi saya tidak mengambil ap saya bisa ikut sbmptn diprovinsi saya

Reply
risa
February 7, 2022 at 2:01 am

apa perbedaan pendidikan kedokteran gigi dengan kedokteran gigi

Reply
Jesisca Siagian
February 15, 2022 at 5:01 pm

Halo kak. Aku mau nanyak nih, jalur snm kan ada juga pengaruh dr alumni. Misalnya aku ambil teknik pertambangan di univ A , alumni sklh di jurusan itu blm ada. Tapi ada beberapa alumni sklh aku masuk diuniv tersebut dengan jurusan yg berbeda misal: teknik sipil,sains aktuaria. Apakah yang dilihat ada/tdknya alumni yg ada diuniv tsb atau harus di jurusan yg mau kt masuki?

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *