Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, adakah di antara kamu yang ingin lintas jurusan SBMPTN 2021? Misalnya, sekarang kamu memilih jurusan IPA di SMA, ternyata saat kuliah kamu ingin mengambil jurusan Hukum, yang masuk dalam rumpun Soshum. Itu berarti kamu harus lintas jurusan IPA ke IPS saat SBMPTN, ya. Atau sebaliknya, kamu dari jurusan IPS di SMA, ingin mengambil jurusan Perencanaan Wilayah Kota, berarti kamu harus lintas jurusan IPS ke IPA.

Kalau kamu termasuk pejuang PTN yang ingin lintas jurusan, berarti kamu butuh persiapan ekstra, ya. Mengingat, apa yang kamu pelajari saat SMA berbeda dengan jurusan yang akan kamu ambil. Enggak cuma belajar materi soal UTBK, ada banyak hal lain yang harus kamu persiapkan untuk memaksimalkan peluang lolos SBMPTN. 

Nah, khusus buat para pejuang PTN seperti kamu, kali ini Mipi akan mengulas tentang apa saja sih yang harus dipersiapkan ketika kamu memilih lintas jurusan SBMPTN 2021? Simak artikel ini sampai selesai ya, Pahamifren!

Lintas Jurusan SBMPTN 2021

Pada dasarnya, lintas jurusan adalah kondisi saat kamu memilih jurusan kuliah yang berbeda dengan jurusan saat di sekolah. Lintas jurusan merupakan hal yang wajar terjadi, kok.

Siapa yang ingin lintas jurusan SBMPTN 2021? Ada hal penting yang harus kamu persiapkan saat memilih lintas jurusan.

Bisa saja, minat kamu saat awal masuk SMA sudah berubah menjelang pendaftaran masuk kuliah. Tentunya minat tersebut akan berpengaruh terhadap jurusan kuliah yang akan kamu ambil. Tapi, sebenarnya apa alasan seseorang memilih lintas jurusan?

Alasan Lintas Jurusan SBMPTN

Secara umum, beberapa alasan seseorang memutuskan lintas jurusan adalah sebagai berikut:

Tertarik pada Jurusan Lain

Saat SMA, sering kali ketertarikan kamu berubah-ubah terhadap banyak hal. Misalnya, saat kelas 10, kamu tertarik isu kesehatan. Jadi, kamu memutuskan masuk jurusan IPA saat SMA.

Seiring berjalannya waktu, tiba-tiba kamu bimbang pada karir yang akan ditempuh kalau mengambil jurusan kuliah di bidang IPA. Akibatnya, kamu sudah tidak tertarik di jurusan IPA dan mulai berpindah ketertarikan di jurusan IPS.

Perubahan ketertarikan itulah yang membuat kamu akhirnya berpindah minat jurusan kuliah. Satu-satunya cara paling realistis yaitu kuliah di jurusan sesuai dengan keinginanmu saat ini. Tapi perlu diingat, jurusan kuliah yang tidak sama dengan jurusan SMA tentu membutuhkan usaha keras untuk meraihnya.

Prospek Kerja Lebih Menjanjikan

Alasan karir juga sering mendasari keputusan seseorang lintas jurusan SBMPTN, lho! Contohnya, cita-cita kamu sebenarnya menjadi seorang guru sehingga kamu berencana mengambil jurusan kuliah di bidang pendidikan. Tapi, ketika melihat gaji seorang guru tidak cukup besar dan jenjang karirnya kurang menjanjikan, kamu termotivasi pindah jurusan saja.

Dari contoh tersebut, kamu pasti tahu banyak pelajar termotivasi pindah jurusan demi mengejar peluang karir lebih baik. Apakah kamu satu di antara mereka, Pahamifren?

Saran Orang Tua

Apakah orang tuamu menyarankan lintas jurusan SBMPTN 2021? Mungkin itu yang terbaik buat kamu.

Alasan terakhir yang kerap mendasari seseorang lintas jurusan adalah saran orang tua. Sebagai anak berbakti, saran orang tua bisa menjadi motivasi kuat dalam menentukan minat jurusan kuliah. Apalagi, kalau kamu masih bingung menentukan jurusan kuliah. Saran dari orang tua sering menjadi alternatif terakhir memilih jurusan.

Selain itu, beberapa orang tua biasanya memiliki pandangan khusus tentang jurusan kuliah yang akan dipilih oleh anaknya. Contohnya, jika orang tua kamu menjalankan bisnis yang sukses dan berkembang.

Mereka tentu menginginkan kamu mejadi penerus kan? Nah, jika saat ini kamu mengambil jurusan IPA, bisa jadi orang tua kamu meminta kamu memilih kuliah Manajemen Bisnis. Kalau sudah begitu, mau tidak mau kamu harus lintas jurusan.

Yang Harus Dipersiapkan saat Lintas Jurusan

Apa pun alasan kamu memilih lintas jurusan, pastikan keputusan tersebut sudah melalui pertimbangan matang, ya. Selain itu, kamu juga harus melakukan persiapan sedini mungkin agar nantinya tidak menyesal dengan keputusan tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu persiapkan saat lintas jurusan SBMPTN 2021, di antaranya:

Memastikan Jurusan dan PTN yang Dipilih Menerima Pendaftaran Lintas Jurusan

Meski kamu berpeluang lintas jurusan SBMPTN 2021, kamu tetap perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah jurusan yang kamu incar memperbolehkan pendaftaran lintas jurusan. Sebab, ada beberapa jurusan dan PTN yang tidak membuka kesempatan bagi peserta SBMPTN untuk lintas jurusan, baik lintas jurusan IPA ke IPS, atau sebaliknya.

Beberapa daftar universitas yang membolehkan lintas jurusan, antara lain Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB). Universitas-universitas tersebut menerima pendaftaran lintas jurusan sesuai syarat program studi yang dituju. Jadi, tidak semua jurusan di universitas-universitas tersebut menerima peserta lintas jurusan, ya.

Perlu kamu tahu nih, Pahamifren. Peluang lintas jurusan IPA ke IPS jauh lebih banyak daripada IPS ke IPA. Dalam artian, jurusan kuliah yang dipilih anak IPA lebih beragam daripada anak IPS. Bahkan, hampir semua jurusan kuliah Soshum bisa dipilih anak IPA.

Sementara anak IPS yang mau lintas jurusan, hanya bisa mengambil beberapa jurusan Saintek, seperti Perencanaan Wilayah Kota, Statistika, Ilmu dan Teknologi Lingkungan, Matematika, dan Ilmu Aktuaria. Maka dari itu, penting mengecek terlebih dahulu mengenai program studi yang akan diambil.

Belajar Lebih Giat

Mau belajar materi pelajaran di sekolah saja malas, apalagi belajar materi yang belum dikenal sama sekali? Yup! Itulah hal yang sering dikeluhkan pejuang lintas jurusan. Bahkan, tidak jarang mereka hanya mengumpulkan buku materi belajar tetapi ogah-ogahan menyentuhnya.

Kamu harus membuang jauh-jauh perilaku seperti itu ya, Pahamifren. Kalau kamu serius memilih lintas jurusan, teruslah semangat belajar agar nilai UTBK yang kamu peroleh bagus dan peluang lolos SBMPTN 2021 semakin tinggi.

Mulailah memotivasi diri sendiri agar semangat belajar terkumpul. Kamu bisa melihat kembali cita-cita dan alasanmu lintas jurusan sebagai bentuk motivasi diri. Semakin kuat motivasi itu hadir, semakin meningkat pula semangat belajar untuk lolos SBMPTN.

Bersedia Belajar dari Nol

Saat kamu memilih lintas jurusan, itu tandanya kamu sudah siap belajar materi dari nol. Kamu harus belajar materi yang berbeda dengan apa yang sudah kamu pelajari di sekolah. Untuk menerapkan cara belajar SBMPTN efektif, kamu bisa membuat jadwal belajar per minggu.

Misalnya, minggu pertama belajar materi Sejarah, minggu kedua pelajaran Ekonomi, dan seterusnya. Jangan lupa membuat jadwal belajar untuk Tes Potensi Skolastik (TPS), ya. Adanya jadwal belajar ini akan membuatmu lebih fokus dan mudah memahami semua materi pelajaran.

Selain belajar materi, kamu perlu mengerjakan latihan soal UTBK. Lewat latihan soal UTBK, kamu dapat mengukur pemahaman terhadap materi yang sudah kamu pelajari. Semakin sering kamu mengerjakan latihan soal, maka kamu akan semakin terbiasa dengan konsep dan pola soal yang digunakan pada UTBK. Kamu bisa mendapatkan latihan soal UTBK lewat Try Out Online Pahamify, lho.

Tidak Takut Bersaing

Peserta lintas jurusan SBMPTN 2021 memiliki peluang lolos sama dengan peserta lainnya. Jadi, jangan pernah takut menghadapi persaingan SBMPTN 2021 nanti. Memang benar tidak ada yang menjamin bahwa seseorang lintas jurusan akan langsung diterima di PTN idaman. Namun, usaha keras tidak akan mengkhianati hasil kok.

Ikut Bimbel dan Perbanyak Latihan Soal

Kewajiban mempelajari banyak materi dalam waktu terbatas terkadang bisa membuatmu kewalahan. Kalau sudah begitu, enggak ada salahnya kok buat mengikuti bimbel intensif persiapan UTBK. Lewat bimbel UTBK, kamu akan mendapatkan pendampingan belajar intensif dari tutor-tutor berpengalaman. 

Kamu juga akan mendapatkan materi dan latihan soal UTBK yang lengkap, beserta pembahasannya. Jadi, proses belajarmu akan lebih terarah dan enggak perlu bingung lagi mencari materi UTBK di mana. Kuncinya, belajar yang giat dan perbanyak latihan soal agar persiapanmu semakin lancar. 

Buat kamu yang ingin latihan soal UTBK secara intensif, kamu bisa mencoba fitur Try Out Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update, lengkap dengan pembahasannya. Cek informasi lengkapnya di link Pahamify TryOut ini.

Yuk, klik link download Pahamify dan manfaatkan fitur-fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik. Jangan lupa cek promo menarik lainnya di link https://pahamify.com/promo/.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll