Pernahkah kamu merasa deg-degan ketika akan tampil di sebuah pentas seni sekolah? Atau bahkan kamu sampai tidak bisa tidur karena memikirkan penampilanmu di esok hari? Gangguan kecemasan yang melanda membuat kamu gelisah memikirkan apakah semua persiapan kamu akan berbuah manis atau pahit. Ditambah dengan munculnya gejala-gejala kecemasan yang menyerang tubuh kamu menjadi tidak nyaman.

Biasanya sebelum pentas, gejala yang muncul adalah mules-mules, hilang nafsu makan, bahkan yang paling parah adalah mual hingga muntah. Bagi kamu yang mengikuti kegiatan teater di sekolah mungkin pernah merasakan ini. Seakan ada beban untuk tampil maksimal di muka umum sehingga yang muncul perasaan was-was.

Tapi tahukah kamu? Rasa cemas tersebut adalah hal yang wajar. Kamu mungkin pernah merasa gelisah sebelum menghadapi ujian di sekolah, kan? Tenang, bukan kamu saja yang merasakan fenomena ini. Survei menyatakan bahwa 59% pelajar Indonesia merasa cemas dalam menghadapi ujian.

Gangguan kecemasan yang kamu rasakan saat menghadapi ujian bisa disebabkan karena kurangnya persiapan. Bagi kamu penggiat cara belajar yang mendekati deadline alias Sistem Kebut Semalam (SKS), jangan heran kalau kamu malah merasa cemas. 

Keterbatasan waktu yang kamu miliki menyebabkan kamu mengeluarkan energi lebih banyak untuk memahami pelajaran yang akan diuji esok hari. Apalagi ketika kamu melakukannya di malam hari, kamu bisa menyita waktu yang lebih banyak hingga kamu harus begadang. Alhasil, selain mengantuk, saat mengerjakan ujian, kamu malah jadi merasa ragu-ragu untuk menjawab soal.

Selain itu, kegagalan yang pernah terjadi sebelumnya juga bisa menyebabkan gangguan kecemasan. Pengalaman pahit tersebut bisa membuat kamu menjadi tidak percaya diri dengan apa yang kamu persiapkan untuk menghadapi ujian esok hari. Faktor lainnya adalah tekanan dari luar diri yang kamu rasakan, seperti harapan orang tua yang menginginkan anaknya untuk menjadi juara kelas.

Menurut Moshe Zeidner dalam bukunya Test Anxiety: The State of the Art, Test Anxiety atau Kecemasan Saat Ujian merupakan kecemasan berlebih yang dirasakan saat seseorang menghadapi ujian dan merasa takut gagal. Fenomena test anxiety ini dibahas lebih detail di fitur Career Center yang ada di aplikasi belajar Pahamify. Mulai dari penyebab hingga berbagai cara ampuh mengatasi permasalahan ini. Jadi tunggu apa lagi, yuk download Pahamify sekarang juga!


Artikel ini disari dari skrip materi konseling Career Center di aplikasi belajar online Pahamify yang dibuat oleh Riska Dewi. Untuk materi lengkap dapat dipelajari melalui video terkait dengan mendownload aplikasi Pahamify di Google Play dan Apple App Store.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog