Pahamifren, bagi kamu para pejuang UTBK, tentu sering mencari tahu info jurusan kuliah kan? Misalnya, apa saja jurusan favorit yang sesuai dengan minat dan bakatmu, hingga bagaimana rasio persaingannya. Lewat cara ini, kamu tentu bisa memperkirakan berapa besar target skor UTBK yang harus kamu peroleh pada SBMPTN 2021 mendatang.

Nah, kali ini, Mipi mau berbagi info jurusan kuliah nih. Informasi ini sebenarnya Mipi rangkum dari tingkat persaingan di SBMPTN tahun 2020, tapi ulasan ini bisa menjadi referensimu untuk mengetahui persaingan di SBMPTN tahun ini. Yuk, simak pembahasannya sampai selesai ya!

Info Jurusan Kuliah Yang Memiliki Persaingan Tinggi di SBMPTN

Info jurusan kuliah dengan persaingan terketat di SBMPTN ini, dihimpun berdasarkan jumlah peminat, daya tampung, hingga rasio persaingannya. Jadi, semakin jauh angka perbandingan rasio keketatan jurusan di suatu PTN, maka semakin tinggi tingkat persaingannya.

Contohnya, di jurusan Ilmu Komunikasi UI, rasio keketatan persaingan SBMPTN 2020 adalah 1:125, maka peluangnya hanya 1 yang diterima di antara 125 pendaftar. Sementara itu, di jurusan Ilmu Komunikasi UNY rasionya 1:82, maka peluangnya hanya 1 yang diterima di antara 82 pendaftar. Dalam hal ini, tentunya jurusan Ilmu Komunikasi UNY punya keketatan persaingan lebih rendah dibandingkan Ilmu Komunikasi UI.

Ketahui rasio keketatan dan info jurusan kuliah secara lengkap, sebelum mengikuti SBMPTN 2021.

Dari contoh di atas, kamu sudah paham cara membaca rasio keketatan ini, kan? Kalau sudah paham, berikut ini Mipi sajikan info jurusan kuliah Soshum dan Saintek yang punya persaingan terketat di SBMPTN 2020:

Jurusan Soshum

Berikut 10 jurusan kuliah Soshum yang memiliki keketatan persaingan tertinggi di SBMPTN tahun lalu:

Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia

Jurusan ini memiliki jumlah peminat sebanyak 2.988 pada SBMPTN 2020. Daya tampung SBMPTN jurusan ini hanya 24 orang. Rasio keketatan persaingannya yaitu 1:125.

Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia

Jurusan Hubungan Internasional UI memiliki jumlah pendaftar 1.627 pada SBMPTN 2020. Daya tampungnya hanya 18 orang. Rasio keketatan persaingan SBMPTN untuk jurusan ini adalah 1:90.

Keunggulan PTN dan PTS yang perlu kamu ketahui. Ketahui juga info jurusan kuliah yang sesuai kemampuanmu.

Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Ilmu Komunikasi menjadi satu di antara jurusan terfavorit di Unpad. Tidak heran, jumlah pendaftar dari jalur SBMPTN di jurusan ini sangatlah banyak, sebesar 3.134. Sementara, daya tampungnya hanya sebesar 36 orang. Rasio keketatan Ilmu Komunikasi Unpad yaitu 1:87

Manajemen Universitas Padjadjaran

Jurusan Manajemen juga tidak kalah populer di Unpad. Jumlah peminatnya pada SBMPTN 2020 mencapai 2.587 pendaftar. Daya tampung yang diterima hanya 30 orang. Jurusan Manajemen Unpad memiliki rasio 1:86 pada SBMPTN tahun 2020.

Pahami dan  Latihan Soal UTBK Soshum 2021 Sejarah dan Pembahasannya

Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas negeri yang terkenal dengan program studi pendidikannya ini ternyata juga memiliki banyak peminat di jurusan non-pendidikan, seperti jurusan Ilmu Komunikasi. Meski baru berdiri pada tahun 2014, jurusan Ilmu Komunikasi UNY ternyata punya banyak peminat di SBMPTN 2020, sekitar 2.671 pendaftar. Daya tampung pendaftar yang diterima hanya 32 orang. Rasio keketatan jurusan Ilmu Komunikasi UNY secara keseluruhan adalah 1:83.

Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada

Sebagai satu di antara universitas terbaik di Indonesia, UGM memiliki banyak jurusan yang menjadi incaran pelajar. Salah satunya yaitu jurusan Ilmu Komunikasi. Jumlah peminat jurusan Ilmu Komunikasi di UGM pada SBMPTN 2020 sebesar 2.205 pendaftar. Sementara daya tampung yang ditetapkan oleh UGM hanya 27 orang yang akan diterima. Dari data tersebut, Ilmu Komunikasi UGM memiliki rasio keketatan persaingan sebesar 1:82.

Bahasa dan Kebudayaan Korea Universitas Indonesia

Beberapa tahun terakhir, budaya Korea semakin berkembang pesat di Indonesia dan mulai diminati banyak pelajar. Hal ini ternyata berpengaruh dengan jumlah peminat di jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI pada SBMPTN 2020 lalu. Jumlah peserta SBMPTN yang mendaftar di jurusan ini mencapai 872 orang. Daya tampung peserta yang diterima hanya 11 orang. Maka, rasio keketatan persaingan SBMPTN 2020 di jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI sebesar 1:79.

Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta

Jurusan Psikologi di UNY memiliki jumlah peminat sebanyak 2.441 peserta. Sementara itu, daya tampung jurusannya hanyalah 33 orang untuk SBMPTN 2020. Rasio keketatan persaingan di jurusan ini sebesar 1:74 pada SBMPTN 2020.

Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada

Jurusan Hubungan Internasional di UGM juga menjadi satu di antara banyak jurusan yang populer. Hal ini terbukti dengan jumlah peminatnya di SBMPTN 2020, yaitu sebanyak 1.904 peserta. Daya tampung SBMPTN jurusan ini sekitar 28 orang saja. Rasio persaingannya sebanyak 1:68.

Manajemen Universitas Gadjah Mada

Jurusan kuliah Manajemen UGM memiliki jumlah peminat sebanyak 3.119 peserta. Sementara daya tampung peserta yang diterima hanya sekitar 47 orang saja. Dari perbandingan jumlah peminat dan daya tampung tersebut, jurusan Manajemen UGM memiliki rasio persaingan 1:66.

Pahami dan  Pusat UTBK SBMPTN 2021 yang Kamu Pilih Penuh? Ini Dia Solusi yang Ditawarkan LTMPT

Dari info jurusan kuliah Soshum di atas, kita bisa tahu, kalau jurusan Ilmu Komunikasi menjadi jurusan yang paling banyak diminati di berbagai PTN. Buat kamu yang mengincar jurusan ini, kamu harus belajar lebih giat lagi supaya bisa mencapai target skor aman UTBK SBMPTN 2021 mendatang.

Jurusan Saintek

Setelah rumpun Soshum, kini saatnya membahas 10 jurusan kuliah Saintek yang memiliki persaingan terketat di SBMPTN 2020. Berikut daftarnya:

Teknik Informatika Universitas Padjadjaran

Jurusan Teknik Informatika memang banyak diminati pelajar. Salah satu alasannya karena jurusan ini cukup populer dan punya prospek kerja yang menjanjikan. Pada SBMPTN 2020 lalu, jurusan Teknik Informatika Unpad termasuk jurusan yang memiliki persaingan terketat, dengan jumlah peminat 2.465 dan daya tampung hanya 32 orang saja. Rasio keketatan jurusan ini yaitu 1:77.

Kedokteran Gigi Universitas Diponegoro

Jurusan Kedokteran Gigi Undip sebenarnya tidak memiliki jumlah peminat yang cukup banyak, yaitu sekitar 464 pendaftar. Hanya saja, daya tampungnya sangatlah sedikit, sebesar 8 orang. Itulah sebabnya Kedokteran Gigi Undip masuk kategori jurusan yang memiliki persaingan terketat di SBMPTN 2020, dengan rasio persaingan 1:58.

Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Beberapa tahun terakhir, jurusan Kedokteran UGM menjadi jurusan yang paling banyak diincar oleh pelajar. Hal ini terbukti dari jumlah peminat jurusan ini pada SBMPTN 2020, yaitu sebesar 3.565. Namun, daya tampungnya hanya sebanyak 62 orang saja. Rasio keketatan persaingan Kedokteran UGM adalah 1:58.

Pendidikan Dokter Universitas Indonesia

Nggak kalah populer dengan Kedokteran UGM, jurusan Pendidikan Dokter UI juga punya banyak peminat di SBMPTN 2020. Jumlah peminatnya sebesar 3.045 peserta. Sementara daya tampungnya hanya 54 orang saja. Rasio persaingan jurusan ini yaitu 1:56.

Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada

Jurusan kuliah di UGM yang satu ini punya jumlah peminat 1.330 pada SBMPTN 2020. Daya tampungnya sebanyak 36. Rasio persaingan di jurusan ini yaitu 1:51.

Teknik Biomedis Universitas Gadjah Mada

Meski jumlah peminatnya tidak mencapai ribuan, hanya 706 orang saja. Teknik Biomedis UGM punya persaingan yang cukup ketat karena daya tampungnya hanya 14 orang saja. Angka perbandingan persaingannya yaitu 1:50.

Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada

Pada SBMPTN 2020, jurusan Teknik Informasi UGM memiliki jumlah peminat sebanyak 1.760. Daya tampungnya hanya 35 orang saja yang akan diterima. Dari data tersebut, rasio keketatan persaingan Teknologi Informasi UGM yaitu 1:50.

Pahami dan  Apa Kata Pahamifren tentang TryOut Pahamify?

Arsitektur Universitas Indonesia

Rasio keketatan persaingan SBMPTN 2020 di jurusan Arsitektur UI yaitu 1:45. Data tersebut diperoleh dari perhitungan jumlah peminat jurusan Arsitektur sebanyak 806 dan daya tampungnya hanya 18 orang saja.

Farmasi Universitas Indonesia

Angka perbandingan keketatan persaingan jurusan Farmasi UI yaitu 1:44. Jumlah peminat jurusan ini pada SBMPTN 2020 sebanyak 1.059 peserta. Namun, daya tampungnya hanya 24 saja. Jumlah peminat yang banyak dan daya tampung yang sedikit tersebut membuat jurusan kuliah ini punya persaingan yang cukup ketat, Pahamifren.

Arsitektur Universitas Gadjah Mada

Jurusan Saintek terakhir yang masuk dalam 10 jurusan persaingan terketat di SBMPTN 2020 yaitu jurusan Arsitektur UGM. Rasio persaingannya sekitar 1:42, dengan jumlah peminat 1.184 dan daya tampung SBMPTN sebanyak 28 orang.

Sudah tahu info jurusan kuliah yang akan kamu pilih di UTBK SBMPTN 2021 nanti?

Berdasarkan info jurusan kuliah di atas, jurusan Saintek di bidang kesehatan maupun di bidang teknik ternyata sangat populer di kalangan pelajar. Selain itu, jurusan Saintek yang punya persaingan tinggi rata-rata berasal dari universitas favorit di Indonesia, seperti UI dan UGM.

Jadi, buat kamu yang mengincar jurusan populer dan ingin masuk PTN favorit, harus mempersiapkan diri dari sekarang nih, biar bisa bersaing di UTBK SBMPTN 2021 mendatang.

Nah, itulah beberapa info jurusan kuliah yang punya persaingan ketat di SBMPTN 2020. Mudah-mudahan, informasi di atas bisa menjadi bekal persiapan kamu dalam menghadapi UTBK SBMPTN tahun ini ya, Pahamifren.

Buat kamu yang ambisius buat masuk ke PTN favorit, kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba, lengkap beserta video pembahasan yang menarik. Kamu juga bisa mengikuti Kelas Online Gratis dan tantangan 1 Hari 1 Soal, biar makin siap untuk #TaklukkanUTBK. Cek informasi lengkapnya di sini https://tryout.pahamify.com/ ya.

Tunggu apalagi, yuk download aplikasi Pahamify di link ini sekarang! Manfaatkan semua fitur dan layanan seru Pahamify sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaikmu.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version