Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Pernah gak sih kamu ngerasa bosan belajar? Padahal niat belajar lagi gede banget, tapi gak sampe setengah jam kita udah ngerasa bosan. Akhirnya belajar kita gak maksimal, karena bingung gimana biar belajarnya lebih asik dan gak membosankan. Mungkin kita udah bikin jadwal belajar yang sedemikian rupa. Tapi ternyata bosan itu datangnya bukan dari rencana belajar kita.

Di twitter, Kak Fikri pernah ngomongin kenapa kita bisa bosan dan gimana cara ngatasinnya. Ternyata rasa bosan ini ada penjelasan ilmiahnya loh!

Kenapa bisa bosan?

Kalau kata kak Fikri, kita ini pernah jadi “superlearner” alias orang yang gak pernah capek buat belajar. Pada saat itu, otak yang kita punya ini lagi rajin-rajinnya bikin jalur baru di otak. Itu semua terjadi ketika kita masih bayi.

Pas lagi bayi, kita ini adalah orang yang senang mempelajari apa yang kita tangkap di sekitar kita. Makanya banyak anak kecil yang suka ngasih pertanyaan ke orang dewasa kan? Pertanyaan-pertanyaan itu adalah bagian dari proses belajar kita saat kecil dulu.

Kak Fikri bilang kalau semua itu terjadi karena adanya 3 neurotransmitter. Ada dopamine, noradrenaline, sama asetilkolin.

Dopamine itu muncul pas lagi kita ngerasa senang, ketagihan atau lagi melakukan sesuatu yang menurut kita enak. Nikmatin pencapaian yang udah kita dapetin trus dapet reward dari situ juga bakalan muncul tuh si dopamine.

Noradrenaline ini yang bikin kita cepet tanggap kalo kita ngerasa terancam dalam kondisi apapun. Atau bisa dibilang ini identik dengan tantangan. Kamu bakalan lebih fokus ketika merasa tertantang.

Asetilkolin itu yang ngebantu kita buat inget dan paham sama suatu hal. Asetilkolin ngebentuk jalur-jalur di neuron otak kita. Bisa dibilang asetilkolin ini yang ngebentuk memori di otak kita. Nah, ini dia yang pas bayi gampang banget munculnya, tapi semakin bertambah umur asetilkolin ini lebih susah keluarnya.

Tiga neurotransmitter inilah yang bisa bikin performa kita maksimal. Kalo kata kak fikri, kita mesti cari tau cara buat ngaktifin “the DNA of Peak Performance” ini biar belajar kita bisa efektif. Kalau DNA of Peak Performance kamu aktif, biasanya kamu gak akan cepat bosan dan lebih maksimal lagi dalam belajar.

Gimana caranya biar gak bosan?

Ketika kamu ngerasa bosan sebetulnya tuh kenapa sih? Apakah karena apa yang kamu pelajari itu terlalu gampang? Atau justru karena kamu frustasi dengan tingkat kesulitan yang kamu hadapi?

Menurut kak Fikri, ada 2 hal perlu kamu ketahui kalau ngomongin rasa bosan. Pertama adalah kondisi mental kamu ketika belajar. Dibutuhin tingkat stress yang cukup dalam belajar supaya kita merasa punya motivasi dan merasa terdesak. Inget ya, harus cukup.

Misal, kalau jadwal ujian masih lama kita gak ngerasa tertekan jadi nyantai aja gitu karena gak merasa butuh belajar. Trus kalo udah mepet banget kita jadi ngerasa tertekan, panik, gelisah, bingung harus ngapain jadinya gak fokus sama tujuan.

Ternyata rasa bosan ini ada penjelasan ilmiahnya loh!

Nah, makanya kalo bisa tingkat stress lagi di kondisi di tengah-tengah biar the DNA of Peak Performance-nya “ngocor”. Pada saat itulah kita butuh buat bentuk tujuan, motivasi dan rasa ingin tahu. Kalo kata kak Fikri itu semua penting supaya kita tau gunanya kita pelajarin sesuatu tuh apa.

Video-video pembelajaran di Pahamify, sering banget di bagian awalnya tuh dikasih sesuatu yang relate sama kehidupan dan ada pertanyaannya juga. Itu berguna buat otak kamu ngocorin the DNA of Peak Performance. Dengan adanya pertanyaan tadi, otak kamu jadi lebih akti buat mikir dan ngaitin ke kehidupan sehari-hari.

Intinya, kamu harus cari tau cara supaya kamu excited sama apa yang kamu pelajarin. Menurut kak Fikri, Caranya bisa:

  1. Cari sesuatu yang terkait sama pengalaman sehari-hari kamu
  2. Cari pertanyaan atau rasa penasaran terkait materi (niatkan belajar supaya rasa penasaran kamu terobati)
  3. Temukan motivasi kenapa belajar topik tersebut penting buat kamu dan masa depan kamu.

Hal kedua yang perlu kamu ketahui ketika ngomongin rasa bosan adalah tingkat kesulitan dari suatu topik. Kalau kamu suka main game, kamu pasti sering ngalamin momen dimana kamu keasikan main game sampe lupa waktu. Bener ga?

Ternyata kamu bisa larut dalam sebuah game itu karena adanya tugas atau tantangan yang kita hadapi, tingkatnya sedikit melebihi kemampuan kita. Kalo kata kak Fikri, nama teorinya adalah FLOW.

Misal kamu main game yang bercerita, kaya The Last of Us. Di dalam game itu, semakin jauh kamu menempuh jalan cerita dalam game itu, maka tingkat kesulitan akan semakin bertambah. Hal tersebut yang bikin kamu lupa sama waktu, karena makin lama kamu main, tantangannya meningkat dan rasa yang kamu dapet semakin seru.

Kalau kita tarik ke contoh di kehidupan sehari-hari, seperti yang dicontohin kak Fikri, kamu yang sekarang lagi duduk di bangku SMA bakalan bosan kalau kamu balik lagi disuruh belajar pelajaran kelas 6 SD. Beda cerita kalau kamu langsung dikasih pelajaran yang ada di S3, bisa bisa frustasi karena tingkat kesulitannya terlalu jauh.

Menurut kak Fikri, penting buat kamu untuk tau materi apa yang perlu dipelajarin. Kalau kita balik lagi ke kasus game, materi pelajaran juga punya tingkat kesulitannya sendiri. Jadi kamu harus tau dimana level kemampuan kamu sekarang dan mau ke level mana kamu harus melangkah. Supaya kamu bisa belajar dengan lebih terarah dan ngerasain tingkat kesulitan yang pas.

Jadi intinya alasan kamu bisa ngerasa bosan belajar itu bisa karena kamu gak nemuin motivasi yang kuat untuk belajar atau kamu gak nemu kaitannya sama pengetahuan kamu sebelumnya. Selain itu, bisa jadi karena materi yang kamu pelajarin belum tepat, jadi kamu perlu buat ngejar materi lain yang belum kamu tau tapi sebenarnya kamu butuhin.

Kalau kamu belajar di aplikasi Pahamify, kamu bakalan nemuin banyak video pembelajaran yang disampein dengan cara ngehubungin ke kehidupan sehari-hari, jadi bisa relate dengan kamu. Udah gitu, materinya diurutin sesuai dengan tingkat kesulitannya. Trus, kamu bakalan dapet poin kalo udah selesai belajar satu materi, dan poinnya bisa kamu pake buat ngekreasiin avatar kamu sesuai dengan kampus impian kamu!

Keren kan? Makanya download dan langganan Pahamify sekarang juga supaya kamu bisa nikmatin fiturnya secara lengkap! Apalagi Pahamify lagi ngasih diskon paket berlangganan sampe 90%! Jadi, buruan manfaatin kesempatannya sebelum masa promonya habis.

Penulis: Afif Rizki


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog