Halo Pahamifren, pernah nggak sih kamu merasa kekurangan waktu saat mengerjakan ujian? Misalnya, saat mengikuti try out UTBK. Ketika latihan soal UTBK yang bukan try out waktu pengerjaan kamu cukup. Eh, begitu mengikuti try out, ternyata kok ngerjainnya lama banget. Timbul rasa nggak percaya diri dan takut salah menjawab. Akibatnya, nggak terasa waktu ujian habis sebelum menjawab semua soal. Sayang banget deh!

Kamu pasti nggak mau situasi tersebut terjadi juga saat mengerjakan soal UTBK SBMPTN 2021 nanti, kan? Maka dari itu, kamu butuh tips strategi manajemen waktu yang baik sebagai solusinya. Berdasarkan cuitan Twitter Kak Fikri, pada 22 Juni 2021, sebenarnya ada 3 konsep yang harus kamu pahami untuk mendapatkan prinsip manajemen waktu yang optimal saat pengerjaan soal ujian. Mau tahu apa saja konsep strategi manajemen waktu tersebut? Yuk, simak pembahasan berikut ini sampai selesai, ya!

Konsep Strategi Manajemen Waktu saat Ujian

Strategi manajemen waktu yang tepat saat ujian harus mempertimbangkan tiga konsep, antara lain manajemen stres, menerapkan thinking framework, serta memahami dua cara berpikir manusia. Adapun penjelasan secara lengkapnya adalah sebagai berikut:

Tingkat Stres Optimal

Menurut Kak Fikri, setiap orang memiliki tingkat stres yang optimal. Ketika kamu berada di stres yang optimal ini, performa kamu dalam mengerjakan soal akan meningkat sehingga waktu pengerjaan pun bisa lebih efektif. Cara mengoptimalkan tingkat stres tersebut bisa dilakukan dengan mengerjakan latihan soal sesuai kemampuanmu.

Sebenarnya, saat mengerjakan soal try out UTBK, kamu bukan hanya mengasah kemampuan pemahaman materi kamu, melainkan juga mengolah tingkat stres ini agar tetap optimal. Rasa deg-degan, takut salah jawab, penasaran dengan soal, dan sebagainya itu termasuk proses dari manajemen stres ini.

Pahami dan  Mau Punya Teman Ambis Masuk PTN 2021? Yuk, Gabung Geng Ambis Pahamify

Perlu kamu ketahui, soal-soal yang sulit akan menghabiskan energi kita lebih banyak, sedangkan energi kita terbatas. Kalau kamu mengerjakan soal UTBK yang sulit terus menerus, energi kamu akan habis. Alternatifnya, untuk menjaga energi ini selama mengerjakan tes UTBK 2021 mendatang, kamu bisa mengerjakan dari soal yang mudah terlebih dahulu.

Mengerjakan soal dari yang termudah akan menjaga tingkat stres optimal kamu. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan small win, yang bisa membuat kamu semangat karena berhasil mengerjakan soal. Tidak hanya saat ujian, konsep manajemen stres ini juga perlu kamu pahami saat merancang cara mengatur waktu belajar yang efektif, ya.

strategi manajemen waktu persiapan utbk

Thinking Framework saat Pengerjaan Soal

Pada konsep sebelumnya telah dibahas kalau kamu sebaiknya mengerjakan soal UTBK dari yang termudah. Lantas, tahu soal itu mudah atau susah, bagaimana caranya? Dari cuitan Twitternya, Kak Fikri menyebutkan 3 hal yang bisa kamu lakukan untuk menganalisis soal. Tiga hal ini disebut sebagai thinking framework. Berikut rinciannya:

Identifikasi Soal

Langkah pertama untuk menganalisis soal yaitu dengan mengidentifikasinya. Cari tahu apa jawaban yang dimau dari soal tersebut. Temukan informasi yang diketahui dari soal, lalu apa yang ditanyakan. Cara ini bisa membuatmu lebih mudah menemukan cara menjawabnya.

Pemodelan

Langkah kedua yaitu pemodelan. Setelah tahu informasi yang diberikan dan apa yang ditanyakan, kamu harus tahu model menjawabnya seperti apa. Contohnya, kalau soal logika matematika, harus pakai eliminasi atau subtitusi, lalu soal bahasa harus mencari simpulan, gagasan, atau hal lainnya. Kuncinya, pada pemodelan ini kamu berusaha untuk mencari senjata dalam menemukan jawaban yang benar.

Eksekusi

Kalau sudah menerapkan dua langkah sebelumnya, kini saatnya mencari jawabannya. Misalnya, pada soal simpulan teks bacaan, ya temukan kesimpulannya. Untuk soal Matematika, mulai lakukan perhitungan. Pada tahap eksekusi inilah yang menentukan kamu menjawab benar atau salah.

Pahami dan  Terlengkap! Daftar Jurusan Baru yang Bisa Kamu Pilih di Pendaftaran SBMPTN 2021

Nah, setelah melakukan thinking framework tersebut, kamu bisa menemukan gambaran mana soal yang susah dan mana yang mudah buat kamu. Kalau kamu sering latihan soal, kamu bisa hafal nih kriteria soal-soal yang bisa kamu kerjakan.

Penjelasan sederhananya, semakin kamu punya gambaran tentang soal itu, berarti soal itu mudah. Tapi, apabila ada soal yang kamu sendiri bingung identifikasi dan pemodelannya seperti apa, bisa jadi soal tersebut sangat sulit buat kamu. Untuk soal yang terlalu sulit, lebih baik dikerjakan terakhir.

Kalau tetap tidak bisa, jangan terlalu memforsir diri, yang ada bisa membuat kamu stres dan kehabisan waktu ujian. Nggak ada salahnya untuk meninggalkan soal yang terlalu sulit saat tes UTBK nanti, kok.

strategi manajemen waktu persiapan utbk

Two Modes of Thinking

Pahamifren pasti pernah menjumpai soal yang kamu merasa mengerti, tapi lupa rumusnya, kan? Ketika menemui soal yang tahu konsepnya tapi lupa rumusnya seperti itu, berarti kamu masih berpeluang untuk bisa menjawabnya. Satu di antara cara agar bisa menjawabnya yaitu recall memory.

Kata Kak Fikri dalam cuitannya, otak kita punya 2 mode berpikir, yaitu focused thinking dan diffuse thinking. Saat kamu sudah paham konsep dan hafal rumus soal, kamu bisa langsung fokus tuh buat mengerjakan soal tersebut, karena otak sedang dalam mode focused thinking.

Sebaliknya, kamu bisa menggunakan mode diffuse thinking untuk memikirkan soal yang kamu lupa rumusnya apa. Pada mode diffuse thinking ini, meski otak kita tidak fokus, kamu masih bisa memikirkan soal-soal yang kamu bingung. Mode diffuse thinking ini juga sering disebut proses berpikir kreatif.

cara fokus belajar persiapan utbk sbmptn menggunakan deep work dan two modes of thinking

Makanya, dalam strategi manajemen waktu, ada baiknya kamu tanamkan dahulu soal yang nggak kamu hafal rumusnya ini di otak kamu. Cermati soalnya, lalu lewati saja terlebih dahulu. Nanti bakal ingat sendiri, karena diffuse thinking kamu sedang aktif.

Pahami dan  Latihan Soal UTBK Saintek Kimia 2021 dan Pembahasannya

Fokus untuk mengerjakan yang kamu yakin kamu bisa. Barulah setelah itu kamu kembali ke soal yang masih bingung ini. Cara ini bertujuan untuk mengurangi tingkat stres kamu saat menghadapi tes UTBK mendatang, sekaligus membuat strategi manajemen waktu ujian jauh lebih optimal.

Sudah siap menerapkan strategi manajemen waktu pengerjaan soal UTBK dengan mempertimbangkan 3 konsep di atas? Mudah-mudahan, ulasan ini bisa melancarkan pengerjaan soal UTBK SBMPTN 2021 mendatang, ya.

Buat kamu yang ingin mencoba latihan soal UTBK untuk mengukur kemampuan memanajemen waktu, kamu bisa mencobanya di fitur TryOut Pahamify. Lewat latihan soal UTBK ter-update di TryOut Pahamify, kamu bisa mendapatkan bayangan soal mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu agar waktu ujian semakin efisien saat UTBK 2021 nanti. Jadi, kamu bisa lebih siap buat #TaklukkanUTBK deh!

Kamu juga bisa mengikuti Kelas Online Gratis dan tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify biar persiapan UTBK kamu semakin matang. Ada hadiah menarik yang bisa kamu dapat kalau berhasil mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal ini, lho.

Buruan, download aplikasi belajar online Pahamify di link ini sekarang! Langsung cobain semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version