Pahamifren, kamu pasti sudah tahu istilah gap year, kan? Atau, kamu termasuk orang yang mengambil gap year? Pada artikel ini, Mipi akan membahas tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan peluang lolos SBMPTN setelah gap year. Sebelum masuk ke pembahasannya kita pahami dulu yuk apa itu gap year.

Gap year adalah keadaan ketika seseorang memutuskan untuk tidak kuliah di tahun pertama setelah lulus dari SMA/SMK. Ada banyak kemungkinan mengapa seseorang memilih SBMPTN gap year, seperti ingin bekerja dulu, belum siap kuliah, belum menemukan jurusan kuliah yang cocok, atau karena belum lolos berbagai tes seleksi masuk PTN.

Lantas, apakah gap year bisa ikut SBMPTN tahun ini? Jawabannya bisa, Pahamifren. SBMPTN 2021 bisa diikuti oleh siswa yang lulus tahun 2019, 2020, dan siswa kelas 12 tahun 2021. Jadi, kalau kamu mengambil SBMPTN gap year karena belum lolos seleksi masuk PTN, jangan minder dulu, ya. Kamu masih memiliki peluang lolos SBMPTN 2021 kok.

Tips Memaksimalkan Peluang Lolos SBMPTN setelah Gap Year

Buat kamu yang berencana mengikuti SBMPTN 2021, kamu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK ya. Karena, nilai UTBK lah yang akan dipakai untuk menentukan peluang lolos SBMPTN nanti. Biar nilai UTBK semakin maksimal, kamu bisa menerapkan beberapa tips belajar SBMPTN gap year berikut ini:

Latihan soal UTBK dapat menjadi persiapan terbaik untuk memaksimalkan peluang lolos SBMPTN 2021.

Membuat Target

Selama gap year, ada baiknya kamu membuat target-target untuk kuliah, baik itu target jurusan, kampus, atau target nilai yang ingin kamu capai. Dari target yang kamu buat tersebut, kamu bisa mengetahui strategi belajar mana yang paling tepat untuk kamu lakukan. Tapi ingat, sebelum membuat target, pastikan kamu sudah memiliki motivasi belajar yang kuat, ya. Sebab, motivasi belajar itulah yang akan menentukan usaha kamu dalam mewujudkan target tersebut.

Pahami dan  Paket TryOut UTBK & Combo Belajar

Atur Jadwal Belajar

Mengatur jadwal belajar menjadi komponen terpenting untuk memaksimalkan peluang lolos SBMPTN setelah gap year. Kamu pasti tahu, kalau gap year tidak memiliki kewajiban belajar di sekolah kan? Artinya, jika kamu memutuskan gap year, kamu harus mencari materi dan latihan soal UTBK sendiri lho.

Maka dari itu, kamu harus mulai terbiasa mengatur jadwal belajar yang efektif. Jika tidak disiplin dalam menerapkan jadwal belajar, bisa-bisa kamu hanya menghabiskan waktu gap year untuk rebahan seharian.

Untuk mengatur jadwal belajar, kamu bisa mulai membuat jadwal belajar sedini mungkin. Pilih jadwal belajar pada waktu-waktu di mana kamu merasa paling produktif, bisa pagi atau malam hari. Kamu bisa menggunakan metode Seinfeld X untuk melaksanakan jadwal belajar yang kamu buat.

Mengatur jadwal belajar yang efektif, dapat memperbesar peluang lolos SBMPTN 2021.

Metode Seinfeld X hanya mengharuskan kamu membuat jadwal belajar, lalu memberikan tanda silang di jadwal tersebut apabila sudah dikerjakan. Misalnya, kamu sudah menyelesaikan belajar hari Senin pukul 8 malam sampai 9 malam, maka kamu tinggal memberikan tanda silang di jadwal tersebut. Lewat metode ini, kamu akan termotivasi untuk memberikan tanda silang pada semua jadwal belajar sehingga dapat membangun kebiasaan belajar yang rutin.

Gunakan Support System yang Tepat

Apa sih support system itu? Support system merupakan kondisi lingkungan yang mendukung dan dapat memotivasi kamu belajar untuk masuk PTN impian. Support system ini sangat penting untuk memaksimalkan peluang lolos SBMPTN, Pahamifren. Kalau kondisi lingkungan kamu bisa meningkatkan semangat belajarmu, kan kamu jadi lebih mudah memahami materi UTBK-SBMPTN.

Selain support system, kamu juga perlu mencari buddy system. Buddy system merupakan teman yang bisa mendukung kamu dalam proses belajar. Ada baiknya, buddy system tersebut adalah seseorang yang juga memutuskan gap year. Jadi, kamu bisa belajar bareng untuk bisa masuk PTN yang kalian mau.

Pahami dan  Latihan Soal TPS UTBK Penalaran Umum 2021 dan Pembahasannya

Ikuti Kelas Online Khusus UTBK

Kesulitan belajar yang biasanya dialami seorang gap year yaitu kebingungan menguasai semua materi dan bingung harus belajar materi UTBK mulai dari mana. Daripada kebingungan tersebut akhirnya membuat kamu malas belajar, lebih baik kamu mengikuti kelas khusus persiapan UTBK-SBMPTN saja.

Lewat kelas khusus UTBK tersebut, kamu bisa mendapatkan pendampingan belajar intensif dari tutor yang berpengalaman. Materi UTBK yang diberikan juga pasti lengkap. Apalagi, melihat jadwal UTBK yang tinggal beberapa lagi, mengikuti kelas khusus UTBK tentunya menjadi solusi tepat untuk menguasai semua materi UTBK dalam waktu yang singkat, lho!

Mengikuti kelas online yang fokus pada UTBK SBMPTN, juga menjadi pilihan terbaik untuk memaksimalkan peluang lolos SBMPTN 2021.

Buat kamu yang berencana mengambil jurusan Saintek, kamu bisa mengikuti program kelas khusus persiapan UTBK-SBMPTN dari Pahamify, yaitu Pahamify Accelerator Program (PAP). Ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh saat mengikuti program ini, seperti pendampingan belajar intensif, konsultasi belajar dan jurusan, serta full access video pembelajaran, try out, serta materi di aplikasi Pahamify. Menarik banget, kan?

Untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang Pahamify Accelerator Program (PAP), kamu bisa cek di sini.

Perbanyak Latihan Soal UTBK

Tips memaksimalkan peluang lolos SBMPTN setelah gap year yang terakhir yaitu memperbanyak latihan soal UTBK. Semakin sering kamu mencoba latihan soal UTBK, maka kamu akan terbiasa menghadapi soal-soal UTBK.

Kamu dapat lebih mudah mengetahui konsep dan bentuk soal yang biasanya diujikan dalam UTBK-SBMPTN. Selain itu, latihan soal UTBK juga bisa menjadi sarana untuk mengukur sejauh apa pemahaman kamu terhadap materi UTBK yang telah kamu pelajari.

Itu dia beberapa tips memaksimalkan peluang lolos SBMPTN setelah gap year. Perlu kamu ingat, kesuksesan SBMPTN sangat dipengaruhi oleh nilai UTBK. Maka dari itu, pastikan kamu menerapkan beberapa tips di atas untuk persiapan UTBK dan SBMPTN kamu, ya.

Pahami dan  Latihan Soal UTBK Soshum Geografi 2021 dan Pembahasannya

Buat kamu yang mau memperbanyak latihan soal UTBK, kamu bisa memanfaatkan Try Out Online Gratis dari Pahamify. Ada ratusan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba. Kamu bisa cek informasinya di link Pahamify TryOut ini.

Tunggu apalagi, segera download aplikasi Pahamify di link ini, dan manfaatkan fitur-fitur try out online Pahamify sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik! Jangan lupa, cek promo belajar online menarik lainnya di sini ya!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version