Pahamifen, kamu pernah merasa bosan belajar gara-gara catatan materi pelajaran yang nggak rapi? Kalau sudah begini, cara mencatat kreatif dan efektif untuk memetakan pikiran adalah metode yang wajib kamu coba. Metode pemetaan pikiran ini disebut mind mapping. Nah, kali ini Mipi mau mengajak kamu untuk membahas lebih jauh tentang manfaat mind mapping sekaligus cara membuat mind mapping, Pahamifren. Baca artikel ini sampai selesai ya!

Apa Itu Mind Mapping?

Secara umum, mind mapping adalah metode belajar yang dirancang dengan memetakan informasi dalam bentuk grafis. Contoh mind mapping yang paling sering digunakan yaitu membuat garis percabangan, gambar, maupun kata kunci yang berkaitan dengan konsep atau ide utama. Pemetaan tersebut harus berkaitan satu sama lain, tidak boleh dibuat acak atau tidak sesuai dengan ide utama. 

Cara mencatat kreatif efektif untuk memetakan pikiran, adalah salah satu manfaat mind mapping yang bisa kamu dapatkan.

Sebenarnya, kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk membuat mind mapping. Namun, sebelum menggunakannya, kamu juga harus paham tentang cara membuat mind mapping secara manual. Jadi, kamu bisa lebih mudah memahami dan mengingat pokok pemikiran, ide, atau kata kunci dari sebuah informasi yang kamu petakan.

Manfaat Mind Mapping

Metode mind mapping bisa membuat proses belajar kamu lebih cermat dan efektif. Beberapa manfaat mind mapping yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

Cermat Melihat Gambaran Besar Suatu Ide

Menggunakan cara mencatat yang kreatif dan efektif dalam memetakan pikiran, adalah solusi terbaik bagi kamu yang ingin menyusun sejumlah informasi agar lebih mudah dipahami. Manfaat mind mapping yang bisa kamu dapatkan adalah, kamu akan terbiasa mencatat dan menyusun sejumlah informasi penting dari suatu konsep atau ide utama dari materi pelajaran yang sedang kamu pelajari. 

Pahami dan  5 Pengaruh Teknologi Terhadap Kebiasaan Belajar Yang Bisa Kamu Rasakan

Mind mapping juga mempermudah kamu menyajikan dan mengkomunikasikan informasi, baik untuk diri sendiri maupun orang lain, karena kamu sudah terbiasa memahami poin-poin penting dari suatu konsep atau ide utama yang kamu pelajari. Bila sudah terbiasa melihat gambaran besar dari suatu konsep atau ide utama, kamu juga akan terlatih memecahkan suatu masalah yang kompleks.

Melatih Diri Memahami Informasi-Informasi Penting

Manfaat mind mapping dalam proses belajar selanjutnya adalah, kamu akan terbiasa mengorganisasikan dan mengelompokkan informasi-informasi penting dari konsep atau ide utama materi pelajaran. Bila kamu terbiasa menyusun informasi-informasi penting seperti ini, kejelian dan konsentrasi kamu dalam belajar pun akan semakin meningkat. 

Selain itu, informasi-informasi penting yang dipetakan menggunakan mind mapping memudahkan kamu untuk membuat rencana, hingga membangun kerangka kerja lebih cepat dan efektif. 

Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Pelajaran

Karena dirancang dalam bentuk visual dan grafis tertentu, mind mapping juga bermanfaat untuk meningkatkan kerja fungsi otakmu lho. Jika terbiasa membuat mind map, kamu akan lebih cepat memproses atau memahami materi yang kamu pelajari. Penggunaan kata kunci pada contoh mind mapping simple yang kamu gunakan, juga membantu kamu mengingat materi-materi penting yang berkaitan dengan ide utama.

Meningkatkan Kreativitas

Setiap membuat mind mapping, maka kamu sedang mendorong dirimu menjadi lebih kreatif. Kamu bisa merancang mind map yang kreatif dalam menyajikan dan mengolah informasi-informasi penting dari suatu konsep. Misalnya menggunakan bentuk grafis yang berisi gambar, kata kunci, dan frasa penting.

Meningkatkan Produktivitas

Meningkatkan produktivitas juga menjadi satu di antara manfaat mind mapping yang bisa kamu dapatkan. Saat kamu membuat mind map, kamu perlu menentukan model percabangan, memilih warna, menentukan kata kunci, dan memilih kalimat penting. Proses tersebut bisa menjadi motivasi kamu untuk lebih produktif dan membuat aktivitas belajarmu tidak lagi membosankan.

Pahami dan  Tips Jago Matematika, Cara Belajar Matematika Yang Anti Gagal Paham

Cara Membuat Mind Mapping

Nah,itulah beberapa manfaat mind mapping yang bisa kamu dapatkan. Lantas, bagaimana cara membuatnya? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan kertas atau buku dan alat tulis berwarna (minimal 3 warna).
  • Di bagian tengah kertas, dengan posisi horizontal, mulailah menuliskan atau menggambar tema utama dengan alat tulis berwarna agar mind map lebih menarik.
  • Buat cabang-cabang utama berbentuk melengkung dari tulisan atau gambar tema utama yang berada di tengah tadi. Cabang berbentuk melengkung ini berfungsi agar otak kamu tidak mudah bosan bila kamu membuat cabang dengan bentuk lurus.
  • Gunakan kata kunci atau frasa penting untuk setiap cabang agar kamu dapat mengingat informasi yang berkaitan dengan tema utama dengan mudah.
  • Buat cabang-cabang lanjutan yang memancar dari setiap cabang utama kata kunci yang kamu buat.
  • Pada cabang-cabang lanjutan, masukkan kata kunci lain yang berkaitan dengan kata kucing pada cabang utama.
  • Setelah semua kata kunci termuat, kreasikan mind mapping dengan menambahkan gambar atau hiasan warna-warni agar lebih menarik saat dibaca. Kamu bisa menambahkan gambar yang masih berkaitan dengan kata kunci atau kalimat penting yang ada pada mind mapping tersebut.
Manfaat mind mapping memudahkan kamu untuk merancang strategi efektif dalam belajar.

Buat kamu yang ingin membuat mind mapping secara mudah, sekarang kamu bisa menemukan begitu banyak aplikasi untuk membuat mind mapping.

Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Xmind, MindMeister, Ayoa, Simplemind dan Coogle untuk membuat mind mapping. Namun, sebelum menggunakan aplikasi tersebut, ada baiknya kamu merancang cara mencatat kreatif efektif dalam memetakan pikiran menggunakan ide yang kamu kembangkan sendiri ya, Pahamifren. 

Nah, itulah ulasan mengenai manfaat mind mapping dan cara membuatnya yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, sudah siap membuat mind map sendiri? 

Pahami dan  Belajar 5 Menit Ngantuk Tapi Betah Main Medsos Berlama-Lama? Begini 3 Cara Mengatasinya

Buat kamu yang ingin mendapatkan akses materi belajar online yang mudah dipahami, kamu bisa mengunduh aplikasi belajar online Pahamify. Ada ratusan materi belajar berkonsep gamifikasi yang membuat proses belajar lebih seru dan tidak membosankan lho. Yuk berlangganan Pahamify sekarang!

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version