Siapa nih di antara Pahamifren yang selalu merasa uang jajannya kurang? Saat kamu minta tambahan sama orangtua, kok masih kurang banyak ya? Sepertinya ada saja kebutuhan yang belum terpenuhi dengan jatah uang jajan bulanan kamu. Kenapa sih contoh masalah ekonomi semacam ini selalu terjadi? 

Sebenarnya, masalah ekonomi yang kamu hadapi juga dirasakan oleh banyak orang lho. Nggak cuma kamu, ayah dan ibumu di rumah pasti merasakan hal yang sama. Nah, dalam materi Ekonomi kelas 10 ini, kita akan membahas tentang masalah ekonomi dalam sistem ekonomi di Indonesia., beserta contoh masalah ekonomi dan penjelasannya secara lebih detail. Perhatikan artikel ini baik-baik ya Pahamifren.

Banyak contoh masalah ekonomi yang bisa kita temui pada kehidupan sehari-hari.

Pengertian Masalah Ekonomi

Masalah ekonomi adalah masalah yang timbul saat keinginan dan kebutuhan bertemu dengan sumber daya yang terbatas. Masalah ekonomi ini pasti akan selalu muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Intinya sih karena keinginan dan kebutuhan manusia itu banyak banget dan nggak terbatas. Sementara ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan belum bisa memenuhi keinginan tersebut. Inilah masalah pokok ekonomi klasik yang sering banget kita alami.

Contoh Masalah Ekonomi

Seperti yang dijelaskan di awal, uang jajan bulanan yang selalu kurang juga termasuk contoh masalah ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh lainnya adalah terbatasnya sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kamu pasti pernah mendengar atau melihat berita tentang kelangkaan beras di Indonesia misalnya. Beras kan jadi kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, jika kebutuhan pokoknya langka, kira-kira apa yang terjadi Pahamifren? 

Nah, kebutuhan masyarakat akan beras yang nggak seimbang dengan sumber daya yang dimiliki ini tentu menimbulkan masalah ekonomi kan?

Teori Ekonomi

Sampai di sini sudah Paham kan apa itu masalah ekonomi Pahamifren? Biar makin paham, selanjutnya Mipi akan mengajak kamu mengenal klasifikasi masalah ekonomi beserta teorinya. Sebagai berikut:

Pahami dan  Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Pengganti UN 2021

Teori Ekonomi Klasik

Dalam teori ekonomi ini, masalah pokok ekonomi klasik dibedakan menjadi tiga yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Berikut penjelasannya:

Produksi

Produksi adalah proses mengubah bahan baku menjadi barang jadi atau menambah nilai suatu produk berupa barang maupun jasa. Agar dapat memenuhi kebutuhan manusia, barang dan jasa ini harus selalu tersedia kan?

Walhasil untuk memenuhi kebutuhan yang begitu besar, produsen harus mengetahui jenis barang dan jasa apa saja yang dibutuhkan oleh konsumennya. 

Distribusi

Distribusi adalah kegiatan menyalurkan produk barang atau jasa, dari produsen ke konsumen, agar produk tersebut tersebar luas. Intinya, distribusi dilakukan agar produk dari produsen bisa tersebar lebih luas dan sampai ke tangan konsumen. Setelah produk tersedia, baru produk tersebut bisa dikonsumsi.

Konsumsi

Sementara konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Tapi ada masalah yang terkadang timbul saat proses konsumsi ini. Barang yang diterima konsumen bisa langsung dikonsumsi habis, tidak terpakai atau justru terbuang sia-sia. Alasannya karena harga produknya yang nggak terjangkau konsumen atau kualitas produknya yang nggak bagus. 

Dua contoh masalah ekonomi tersebut jadi permasalahan lain yang harus dipertimbangkan oleh produsen ketika membuat produk. Di sisi lain, konsumen juga diminta untuk meningkatkan daya belinya agar bisa menyerap setiap produk yang dihasilkan produsen.

Teori Ekonomi Modern

Teori ini menyebutkan masalah ekonomi modern sebagai masalah ekonomi mikro. Dalam ekonomi mikro, terdapat teori yang mempelajari perilaku konsumen secara lebih detail, hingga faktor pendorong penentuan harga pasar.

Teori ekonomi modern jauh lebih kompleks dari teori klasik. Maka dari itu, teori ini membahas tiga masalah pokok ekonomi yang dibagi berdasarkan unsurnya, antara lain:

Pahami dan  Materi Biologi Kelas 12: Pola-Pola Hereditas
What?

Unsur What berkaitan dengan produk apa yang akan diproduksi. Jadi, unsur ini membahas tentang bagaimana produsen bisa menentukan produk barang atau jasa yang akan diproduksi. Setelah menentukan produk yang akan diproduksi, produsen juga diminta menentukan berapa jumlah produk diproduksi. 

Hal ini penting dipertimbangkan oleh produsen karena sangat menentukan performa produk yang diproduksi. Salah menentukan jumlah produk dapat berakibat fatal, produsen tentu akan rugi bahkan bangkrut jika produksinya berlebihan.

How?

Setelah produk ditentukan jenis dan jumlahnya, masalah yang harus dihadapi produsen adalah bagaimana cara terbaik untuk memproduksi barang dan jasa. Dengan sumber daya yang ada, produsen harus mampu menentukan teknik produksi yang paling efisien. 

Selain itu, produsen juga harus bisa menentukan sistem produksi yang tepat. Misalnya menggunakan tenaga manusia atau dengan bantuan mesin. Jika produsen memilih menggunakan tenaga manusia, maka ia harus memikirkan upah tenaga yang digunakan. Namun jika menggunakan bantuan mesin, maka harus mengeluarkan investasi lebih untuk membeli mesin dan merawatnya.

Whom?

Unsur terakhir yang harus dipikirkan oleh produsen adalah siapa yang membutuhkan produk mereka, dan siapa saja yang akan menikmati hasilnya. Pada dasarnya, keuntungan dari barang dan jasa yang diproduksi, bukan cuma untuk konsumen saja Pahamifren. Ada pihak-pihak lain yang juga menikmati keuntungan.

Misalnya para karyawan akan menerima gaji, pemilik bahan baku yang produknya dibeli produsen, hingga pemilik modal atau investor yang menerima pendapatan dari investasinya, dan tentu saja si produsen sendiri. 

Contoh masalah ekonomi yang paling sering terjadi adalah, tidak seimbangnya produksi dengan permintaan.

Nah, itu dia ulasan materi Ekonomi kelas 10 tentang pengertian masalah ekonomi, contoh masalah ekonomi, beserta teorinya. Buat kamu ingin mendalami materi pelajaran SMA dengan cara yang mudah, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi Pahamify.

Pahami dan  Belajar Lebih Fokus Dengan Teknik Belajar Pomodoro

Ada ratusan video pembelajaran menarik yang membuat kamu makin paham dan tidak membosankan ketika diikuti. Kamu juga berkesempatan mendapatkan promo Pahamify yang lebih murah dari aplikasi pembelajaran SMA lainnya. Yuk, download Pahamifi sekarang!

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog