Close

January 8, 2021

Latihan Soal UTBK? Sepenting Apa Sih? Ini Manfaat Try Out UTBK Yang Harus Kamu Ketahui

Try out UTBK gratis Pahamify

Halo Pahamifren, siapa yang lagi ngambis masuk ke PTN favorit? Sudah siap mengikuti UTBK? Di antara kamu tentu ada yang sudah pernah mengikuti try out UTBK online kan?

Bicara tentang UTBK, Mipi mau mengajak kamu membahas tentang pengaruh try out pada kesiapan UTBK. Beberapa dari kamu pasti pernah bertanya, sepenting apa sih latihan soal UTBK? Perlukah mengikuti try out?

Mengikuti try out UTBK online, menjadi salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan UTBK SBMPTN 2021.

Terlepas dari itu, sebenarnya mengikuti try out UTBK online bisa menjadi satu di antara cara merancang strategi menghadapi SBMPTN. Anggaplah, dari latihan soal UTBK yang kamu ikuti, kamu bisa merasakan simulasi “medan perang” lebih awal. Jadi, kamu lebih siap menghadapi berbagai soal yang disajikan pada saat UTBK SBMPTN nanti.

Sampai di sini, kamu sudah paham kan? Seberapa penting try out pada kesiapan UTBK? Lantas, apa saja manfaat try out UTBK online yang bisa kamu dapatkan? Yuk kita bahas satu persatu.

Manfaat Try Out UTBK

Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari try out UTBK. Mipi akan membahas 5 manfaat try out UTBK yang paling utama, di antaranya:

Mengetahui Kelemahan

Lewat try out UTBK, kamu bisa mengetahui letak kelemahanmu. Jadi, kalau nilai try out kamu jelek, kamu enggak perlu malu sama temen-temen kamu, ya. Justru nilai tersebut bisa menjadi evaluasi untuk mendapatkan nilai yang lebih baik di try out berikutnya, atau bahkan di UTBK nanti.

Try out bisa membantumu mendapatkan gambaran materi pelajaran mana yang menjadi kelemahan kamu. Setelah itu, coba perbanyak latihan soal UTBK dan pelajari materi yang menjadi kelemahanmu itu dari sekarang. Jadi, pada saat UTBK kamu sudah menguasai materi tersebut dan mengerjakan soal-soal yang ada dengan lancar.

Waktu Ujian Lebih Efektif

Semakin sering kamu mengikuti try out UTBK, maka kamu semakin bisa memanfaatkan waktu ujian seoptimal mungkin. Kamu jadi lebih tahu soal mana yang bisa dikerjakan dengan cepat dan soal mana yang pengerjaannya membutuhkan waktu lama. 

Misalnya, pada soal TPS Pemahaman Bacaan dan Menulis, kamu butuh waktu lebih dari 20 menit untuk menyelesaikan soal. Sementara pada soal Penalaran Umum, kamu hanya butuh waktu kurang dari 20 menit untuk menyelesaikan 20 soal.

Persiapkan dirimu menghadapi UTBK SBMPTN 2021 dengan latihan soal UTBK. Ada banyak penyedia try out UTBK online yang bisa kamu pilih.

Kalau kamu tidak pernah mengikuti try out UTBK, bisa-bisa kamu kesulitan mengatur waktu ujian yang sangat terbatas. Kesalahan yang paling sering terjadi, kamu terlalu asik mengerjakan satu materi di soal TPS, eh, enggak terasa waktu sudah mau habis. Akhirnya, kamu ngebut menjawab soal lainnya, atau pasrah pada jawaban yang asal-asalan.

Pastinya kamu enggak mau hal seperti itu terjadi kan? Nah, untuk menghindarinya, kamu bisa mengikuti latihan soal try out UTBK secara online. Sekarang, banyak penyedia try out gratis yang bisa kamu ikuti, seperti Pahamify. Jadi, semakin sering mengikuti try out, maka kemampuan menjawab soal UTBK pun semakin terasah.

Melatih Fokus dan Konsentrasi

Seperti yang kamu ketahui, waktu untuk mengerjakan soal-soal UTBK terbilang lama, yaitu 1-2 jam. Selama mengerjakan soal tersebut, kamu tentu harus tetap fokus dan konsentrasi agar bisa menemukan jawaban yang benar.

Kalau kamu sering mengikuti latihan soal UTBK, otak kamu akan semakin terlatih untuk fokus dan konsentrasi dalam waktu yang lama. Enggak cuma itu, kamu pun tidak akan kaget dengan tingkat kepadatan waktu dan jumlah soal yang banyak banget saat UTBK.

Menentukan Jurusan Kuliah yang Realistis

Manfaat try out UTBK yang jarang diketahui orang yaitu sebagai alat untuk menentukan jurusan kuliah yang realistis. Adakah Pahamifren yang ingin masuk jurusan-jurusan yang tingkat persaingannya tinggi? 

Nah, Pahamifren bisa mengukur kemampuan bersaing Pahamifren lewat hasil try out UTBK ini. Apakah dari hasil tersebut Pahamifren masih berpeluang untuk masuk jurusan impian? Atau, harus memilih jurusan lainnya agar peluang lolos SBMPTN semakin besar?

Namun, perlu kamu ingat, hasil try out bukan menjadi patokan untuk menentukan jurusan kuliah, ya. Jadi, jangan langsung menyerah atau pindah pilihan jurusan begitu saja hanya karena nilai try out yang masih jauh dari target. Sebaliknya, kamu harus berjuang lebih keras lagi mendapatkan skor yang lebih baik saat UTBK agar bisa bersaing di jurusan impianmu.

Persiapan Mental sebelum UTBK

Tak hanya persiapan akademis dan fisik, persiapan mental pun perlu kamu perhatikan sebelum UTBK. Biasanya, peserta UTBK akan mengalami kepanikan dan stres saat menghadapi UTBK.

Kepanikan dan stres tersebut bisa muncul karena rasa takut gagal, kurangnya menguasai materi, ketatnya persaingan, atau hal-hal lain yang mungkin terjadi. Kalau kamu rajin memperbanyak latihan soal UTBK dan mengikuti try out, kamu pasti bisa mengelola stres dengan baik.

Try out membuatmu terbiasa dengan bentuk soal-soal yang ada sehingga rasa panik dan takut tidak bisa mengerjakan pun akan berkurang. Enggak cuma itu, karena banyak melakukan evaluasi dan belajar dari kesalahan selama try out, penguasaan materi yang kamu miliki pasti tidak perlu diragukan lagi.

Semakin sering mengikuti try out, maka tubuh, otak, dan mental kamu pun semakin terbiasa dan bisa beradaptasi dengan situasi yang sama. Jadi, kamu pasti jauh lebih rileks karena sudah mengalami hal yang sama berulang kali. Ingat, practice makes perfect, Pahamifren!

Selain try out, lakukan beberapa hal, seperti menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, istirahat yang cukup, serta meminta dukungan keluarga agar persiapan mental sebelum UTBK semakin matang.

Itu dia manfaat try out UTBK yang perlu kamu ketahui. Biar makin siap menghadapi UTBK, kamu bisa menggunakan fitur Try Out Online dari Pahamify. Ada ratusan soal try out UTBK ter-update yang bisa kamu coba.

Enggak cuma itu, kamu juga berkesempatan mendapatkan hadiah Kuliah Starter Pack (Tablet & Merchandise Exclusive Pahamify) jika mengikuti event Try Out Battle dan School Wars dari Pahamify. Cek informasinya di link Pahamify Try Out ini.

Tunggu apalagi, yuk download aplikasi Pahamify dan daftar try out sekarang!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *