Close

February 21, 2021

Ini Dia, 5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Dengan Prospek Bagus Yang Bisa Kamu Pilih

Jurusan kuliah sepi peminat tapi gaji tinggi, dengan prospek kerja menjanjikan yang bisa kamu pilih

Pahamifren, membahas jurusan kuliah memang tidak ada habisnya, ya. Menjelang pendaftaran seleksi masuk PTN, mungkin banyak di antara kalian masih bingung menentukan pilihan jurusan kuliah. Ada enggak sih jurusan kuliah sepi peminat tapi gaji tinggi, dan punya prospek yang cerah? 

Jika pertanyaan itu terlintas di kepalamu, maka jawabannya ada, Pahamifren. Faktanya, ada beberapa jurusan kuliah sepi peminat tapi peluang kerja besar dan gajinya pun tinggi.

Mungkin kurangnya sosialisasi membuat jurusan tersebut kurang diketahui calon maba. Daripada penasaran, yuk kita bahas daftar jurusan kuliah sepi peminat tapi gaji dan peluang kerjanyanya besar. Simak artikel ini sampai selesai.

Daftar Jurusan Kuliah Sepi Peminat Dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Ternyata, prospek kerja menjanjikan bukan hanya dari jurusan kuliah yang peminatnya banyak saja. Beberapa jurusan kuliah yang kurang diminati di bawah ini pun enggak kalah keren. Bahkan, prospek kerjanya juga bisa menghasilkan gaji yang tinggi. Ada jurusan apa saja?

Jurusan Arkeologi

Apabila kamu mencari jurusan kuliah untuk anak IPS yang sepi peminat, jawabannya adalah jurusan Arkeologi. Jurusan ini akan mempelajari benda-benda bersejarah. Kalau kamu tidak terlalu suka materi Sejarah, mungkin akan menganggap jurusan ini tidaklah penting. Padahal, semua jurusan pasti memberikan kontribusinya masing-masing, termasuk jurusan Arkeologi ini, Pahamifren.

Perlu kamu tahu, masih banyak catatan dan bukti-bukti sejarah yang belum ditelaah lebih lanjut. Jadi, ke depannya, pasti banyak lulusan dari jurusan Arkeologi yang dicari untuk meneliti lebih lanjut mengenai peninggalan-peninggalan sejarah ini.

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi seorang arkeolog, peneliti, sejarawan, dan masih banyak lagi. Profesi-profesi lulusan Arkeologi ini terkenal dapat menghasilkan gaji yang sangat tinggi, lho.

Contohnya, gaji rata-rata seorang arkeolog mulai dari Rp4 juta sampai dengan Rp7 juta per bulan. Arkeolog yang sudah ahli bisa mendapatkan gaji sampai Rp800 juta. Gaji yang fantastis kan? Itulah sebabnya jurusan ini masuk daftar jurusan kuliah sepi peminat tapi gaji tinggi.

Sebagai tambahan, jurusan Arkeolog di Indonesia hanya ada di 6 universitas, antara lain Universitas Jambi, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Halu Oleo, Universitas Udayana, dan Universitas Indonesia. Tak heran, lulusan Arkeologi dari 6 universitas tersebut sangat dicari.

Jurusan Oseanografi

Oseanografi merupakan sebuah ilmu mempelajari tentang fenomena laut. Ilmu tersebut dapat diterapkan ke banyak bidang, seperti rekayasa lingkungan, bencana laut, perikanan, atau bahkan mitigasi bencana.

Jurusan kuliah oseanografi termasuk dalam jurusan Saintek. Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang gelombang laut, penyebab tenggelamnya pulau-pulau kecil, badai, tsunami, dan masih banyak lagi.

Faktanya, meskipun Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia masih kekurangan tenaga ahli di bidang Oseanografi ini, lho. Maka dari itu, lulusan jurusan Oseanografi ini sangat dibutuhkan oleh banyak industri, terutama industri yang berkaitan dengan laut. Bahkan, beberapa industri tak segan memberikan gaji besar untuk lulusan Oseanografi. Rata-rata gaji fresh graduate Oseanografi sekitar Rp10 juta per bulan.

Memangnya, apa saja peluang kerja lulusan Oseanografi? Lulusan Oseanografi bisa bekerja sebagai coastal modeler, oceanographic surveyor, metocean engineer, hydrographic surveyor, oceanographer, marine seismic navigator (offshore navigator), marine environmental scientist, peneliti, dan tenaga pendidik.

Kalau kamu tertarik kuliah di jurusan keren sepi peminat ini, kamu bisa memilih beberapa PTN, seperti Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, dan Institut Teknologi Bandung.

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Siapa bilang jurusan Ilmu Perpustakaan hanya belajar materi tentang buku-buku saja? Di jurusan ini, kamu dapat belajar banyak hal, seperti Matematika, Hukum, Sosiologi, Filsafat, Komputer, dan masih banyak lagi. Lewat jurusan Ilmu Perpustakaan, kamu akan mendalami pengelolaan perpustakaan, kearsipan, teknisi perpustakaan, manajemennya, hingga teknologi informasi untuk memudahkan kegiatan di perpustakaan. Lengkap banget deh materinya.

Nah, prospek kerja lulusan Ilmu Perpustakaan dapat menjadi pustakawan, document controller, sekretaris, indexer, administrasi arsip, hingga pemilik percetakan dan penerbitan buku. Kalau kamu menjadi pustakawan, kamu bisa menghasilkan gaji senilai UMR, sekitar Rp4 juta sampai Rp5 juta per bulan.

Meski jurusan keren ini termasuk sepi peminat, tapi jurusan Ilmu Perpustakaan telah ada di banyak universitas, seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Sumatera Utara, Universitas Airlangga, dan sebagainya.

Sayangnya, kebanyakan program kuliah yang ditawarkan adalah D3 atau Diploma. Baru beberapa universitas saja yang membuka program kuliah S1 untuk Ilmu Perpustakaan. Tapi, jurusan ini tetap layak dipertimbangkan, ya!

Jurusan Astronomi

Jurusan kuliah sepi peminat tapi gaji tinggi yang memiliki prospek kerja menjanjikan berikutnya adalah jurusan Astronomi. Jurusan kuliah ini cocok untuk kamu yang suka mengamati benda-benda langit. Sebab, di jurusan ini kamu akan mendalami ilmu tentang planet, bintang, nebula, komet, galaksi, dan sebagainya. Tapi jangan keliru, jurusan Astronomi tidak mempelajari ilmu perbintangan atau ramalan bintang, Pahamifren.

Menariknya, jurusan Astronomi baru ada di Institut Teknologi Bandung (ITB) saja, lho. Jurusan Astronomi ITB masuk dalam jurusan Saintek. Tepatnya, di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Terkait peluang kerjanya, lulusan Astronomi bisa memiliki profesi sebagai ahli astronom, peneliti, dosen, hingga pegawai pemerintahan, seperti pegawai Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Sebagai seorang ahli astronom, kisaran gaji yang bisa kamu peroleh sekitar Rp4 juta sampai dengan Rp33 juta per bulan. Menarik banget kan?

Jurusan Filsafat

Filsafat merupakan bidang ilmu mempelajari cara berpikir. Jadi, di jurusan ini kamu akan dilatih mempertanyakan suatu keadaan dan memformulasikan pandangan terhadap keadaan tersebut menggunakan akal, pikiran, eksistensi, dan bahasa. Kamu juga akan diajak mengenal jenis-jenis kesesatan berpikir, karakteristik ilmu pengetahuan, mengkaji tindakan baik dan buruk, dan masih banyak lagi.

Banyak yang berpikir belajar Filsafat itu berat dan membuat stres. Padahal, lewat belajar Filsafat, kamu dapat lebih kritis dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi. Kajian utama di jurusan Filsafat yaitu tujuan kehidupan, esensi manusia, hati nurani, serta moralitas.

Jurusan Filsafat, termasuk sebagai jurusan sepi peminat tapi gaji tinggi yang bisa kamu jadikan referensi.

Selain itu, Filsafat juga merupakan ibu dari ilmu pengetahuan (mother of science). Jadi, lewat jurusan Filsafat kamu bisa mendalami berbagai ilmu pengetahuan, sekaligus penerapannya dalam kehidupan. Asyik banget pastinya!

Selain itu, peluang kerja lulusan Filsafat juga sangat luas, Pahamifren. Hal ini dikarenakan lulusan Filsafat telah mempelajari banyak ilmu pengetahuan yang dapat diterapkan di berbagai sektor. Beberapa prospek kerja Filsafat, antara lain pegawai SDM, konsultan rekrutmen, psikoterapis, eksekutif pemasaran, penulis, jurnalis, pengamat politik, ahli filsuf, dan sebagainya. Rata-rata gaji seorang lulusan Filsafat mencapai Rp10 juta per bulan. Jurusan kuliah sepi peminat tapi gaji tinggi yang satu ini layak kamu pertimbangkan!

Nah, itulah 5 jurusan kuliah sepi peminat yang memiliki prospek kerja menjanjikan. Semoga daftar jurusan di atas dapat menjadi referensi dalam menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat kamu, ya.

Kalau kamu masih bingung cara memilih jurusan kuliah sesuai minat dan bakat, kamu bisa menggunakan fitur Minat dan Bakat, sekaligus fitur Konseling dari Pahamify untuk menemukan solusinya.

Buat kamu yang ingin masuk jurusan kuliah di PTN favorit lewat jalur SBMPTN, kamu harus mulai mempersiapkan diri dengan latihan soal UTBK. Kamu bisa mendapatkan latihan soal UTBK lewat fitur Try Out Online UTBK Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK lengkap dengan pembahasannya yang bebas kamu manfaatkan sebagai persiapan UTBK. Cek informasinya di link Pahamify Try Out ini ya.

Yuk, download aplikasi Pahamify di link ini sekarang, manfaatkan fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik. Jangan lupa, cek promo menarik lainnya di link https://pahamify.com/promo ini.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *