Close

April 10, 2022

Ini Dia 5 Jurusan Terfavorit di Unpad

Pada SBMPTN tahun lalu, Universitas Padjadjaran atau yang biasa disingkat Unpad menduduki peringkat ketiga universitas dengan peminat terbanyak. Tercatat ada 56.466 peminat yang mendaftarkan diri ke universitas yang berdiri di Jawa Barat ini.

Nah, bagi kamu yang ngambis pingin kuliah di Unpad, kamu perlu tahu info jurusan terfavorit di Unpad pada SBMPTN lalu, nih. Apa saja jurusan terfavorit tersebut? Yuk langsung kita bahas aja satu per satu!

Ilmu Hukum

Peminat SBMPTN 20213.408
Daya tampung SBMPTN 2022180

Jurusan kuliah pertama yang menjadi jurusan terfavorit di Universitas Padjadjaran adalah jurusan Ilmu Hukum. Jurusan dengan akreditasi A dari BAN-PT ini menjadi rujukan pendidikan hukum di seluruh Fakultas Hukum di Indonesia karena Pola Ilmiah Pokok (PIP) Unpad sudah diaktualisasikan dalam pengembangan di bidang hukum internasional dan hukum lingkungan. Jadi buat kamu yang ingin mengambil Ilmu Hukum, kamu jangan ragu buat masuk ke Jurusan Ilmu Hukum Unpad, ya. 

Jurusan Ilmu Hukum Unpad menerapkan beberapa metode perkuliahan, yaitu ceramah, forum group discussion (FGD), praktik, atau mengunjungi pengadilan. Metode ceramah serupa dengan perkuliahan pada umumnya, yaitu mahasiswa mendengarkan ceramah dosen mengenai teori yang sedang diajarkan.

Sementara metode FGD diterapkan saat para mahasiswa Ilmu Hukum Unpad mendiskusikan suatu kasus pengadilan. Dalam metode FGD ini, para mahasiswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan menggali kasus atau teori di ranah hukum. Jadi, metode FGD ini sifatnya student based learning, ya, Pahamifren. 

Nah, kalau metode praktik diterapkan agar para mahasiswa Ilmu Hukum Unpad dapat mempraktikkan secara langsung ilmu yang sudah mereka pelajari melalui peradilan semu. Jadi, para mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran ini akan bersandiwara sesuai peran masing-masing di kelompoknya, seperti ada yang menjadi hakim, jaksa, dan pengacara.

Metode praktik ini biasanya digunakan dalam mata kuliah Kemahiran Pidana atau mata kuliah Kemahiran Perdata. Selain itu, para mahasiswa Ilmu Hukum Unpad juga akan pergi ke Pengadilan Negeri untuk melihat langsung proses pengadilan. Seru banget, ya, Pahamifren!

Beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan kalau kamu masuk jurusan Ilmu Hukum Unpad adalah Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Lingkungan, Hukum Internasional, Hukum Tata Negara, Politik Hukum, Psikologi Hukum, Ilmu Perundang-undangan, Filsafat Hukum, Bahasa Belanda, dan lain sebagainya.

Jurusan Ilmu Hukum Unpad memiliki 9 peminatan, yaitu Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi, Hukum Internasional, Hukum Lingkungan, Hukum Ekonomi, Hukum Teknologi Informasi dan Kekayaan Intelektual (TIKI), dan Hukum Internasional.

Prospek kerja lulusan Ilmu Hukum Unpad sangat beragam. Lulusan Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran biasanya bekerja sebagai hakim, jaksa, pengacara, notaris, konsultan hukum, legal staff di perusahaan-perusahaan, praktisi pemerintahan, pegawai negeri sipil, dosen, dan lain sebagainya.

Psikologi

Peminat SBMPTN 20213.189
Daya tampung SBMPTN 202284

Jurusan kedua terfavorit di Unpad pada SBMPTN 2021 adalah jurusan Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran yang didirikan pada tanggal 2 September 1961 ini merupakan fakultas psikologi pertama di Indonesia, loh, Pahamifren. Para pendiri Fakultas Psikologi Unpad juga merupakan para tokoh psikolog terkemuka di Indonesia. Jadi, buat kamu yang memang kepingin jadi psikolog, jangan ragu, deh, masuk jurusan Psikologi Unpad, ya! 

Selain terkenal sebagai fakultas Psikologi pertama di Indonesia, Fakultas Psikologi Unpad juga terkenal sebagai pelopor psikologi eksperimen yang ditunjukkan dengan pengembangan laboratoriumnya. Jurusan kuliah yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT ini senantiasa mengembangkan kemampuan berpikir diagnostik atau psikodiagnostik, yang kemudian menjadi ciri khasnya.

Kalau kamu berhasil masuk jurusan Psikologi Unpad, kamu harus menempuh 149 SKS selama 8 semester. Kurikulum yang digunakan Psikologi Unpad adalah Outcome-Based Education (OBE) yang sudah diatur melalui desain capstone project, sehingga pencapaian kompetensi lulusan jurusan Psikologi Unpad dapat diukur. Beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan di jurusan Psikologi Universitas Padjadjaran adalah Biopsikologi, Psikologi Kognitif, Pengantar Metode Penelitian dan Eksperimental, Psikometrika, Asesmen Psikologi I: Wawancara, Asesmen Psikologi II: Observasi, dan lain sebagainya.

Prospek kerja lulusan jurusan Psikologi Unpad meliputi konselor, manajer HRD di berbagai perusahaan besar, content creator. startup researcher, pengembang alat ukur, sport psychology, peneliti psikologi, konsultan psikologi, digital psychology entrepreneurship, dan masih banyak lagi.

Pendidikan Dokter

Peminat SBMPTN 20213.088
Daya tampung SBMPTN 202278

Jurusan kuliah berikutnya yang menjadi favorit di SBMPTN 2021 adalah jurusan Pendidikan Dokter. Kalau kamu masuk jurusan yang satu ini, kamu akan menjalani masa kuliah selama 5 tahun. Pada 7 semester pertama, kamu akan menjalani masa kuliah untuk menjadi sarjana kedokteran, sementara 1,5 tahun berikutnya kamu akan menjalani masa program profesi atau koas. 

Pembagian masa kuliah dan masa program profesi tersebut juga dibagi menjadi dua lokasi, loh, Pahamifren. Pada 3 tahun pertama, mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter Unpad akan menghabiskan masa kuliah mereka di Jatinangor, Sumedang. Setelah itu, mereka akan melanjutkan pendidikan mereka di Bandung. Selama masa transisi menuju fase klinis, yaitu pada semester 7, para mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter Universitas Padjadjaran akan berkeliling ke puskesmas-puskesmas. 

Setelah masa transisi tersebut, barulah mereka menjalani fase klinis atau koas di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Di fase klinis ini, para dokter muda akan menjalani 17 stase atau departemen yang ada di Rumah Sakit Hasan Sadikin. Beberapa mata kuliah jurusan Pendidikan Dokter Unpad adalah Anatomi, Biologi Seluler, Metabolisme dan Energi, Genetika, Ilmu Penyakit Dalam, dan Ilmu Bedah.

Prospek karir jurusan Pendidikan Dokter Unpad meliputi dosen, tenaga peneliti, dokter praktik layanan primer baik di instansi pemerintah atau swasta atau secara pribadi, bekerja di industri farmasi, bekerja di bidang manajerial, bekerja di LSM kesehatan nasional dan internasional, penulis atau editor buku-buku teks kedokteran, dan lain sebagainya.

Manajemen

Peminat SBMPTN 20212.804
Daya tampung SBMPTN 202250

Jurusan keempat Unpad yang menjadi favorit pada SBMPTN 2021 adalah jurusan Manajemen. Jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad, senantiasa melakukan pengembangan yang bersifat akademik melalui perkuliahan. Selain itu, jurusan Manajemen Universitas Padjadjaran juga berkomitmen dalam mengembangkan soft skill para mahasiswanya, yang dibuktikan dengan pengembangan program The Champion.

Program The Champion tersebut dimaksudkan untuk mengedukasi dan mengembangkan kemampuan para mahasiswa jurusan Manajemen Unpad agar dapat bersaing di berbagai kompetisi, baik pada tingkat nasional maupun internasional.  Beberapa mata kuliah jurusan Manajemen Unpad adalah Perencanaan Karir dan Peraihan Prestasi, Bisnis, Manajemen, Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro, Perilaku Keorganisasian, Pengantar Ilmu Ekonomi Makro, Manajemen Operasi, dan lain sebagainya. 

Di jurusan Manajemen Unpad, pada semester 5, kamu diharuskan memilih satu dari lima peminatan, yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Mutu dan Produktivitas, Manajemen Keuangan, Manajemen Kuantitatif, dan Etika Bisnis. Prospek kerja lulusan jurusan Manajemen Unpad meliputi dosen, HRD, penasihat keuangan, analis bisnis, konsultan bisnis, recruiter, analis perbankan, analis kredit, analis investasi, dan lain sebagainya.

Ilmu Komunikasi

Peminat SBMPTN 20212.652
Daya tampung SBMPTN 202230

Urutan kelima jurusan favorit di Universitas Padjadjaran adalah jurusan Ilmu Komunikasi. Fakultas yang berdiri pada tanggal 18 September 1960 ini merupakan Fakultas Ilmu Komunikasi pertama di Indonesia. Makanya nggak heran kalau jurusan Ilmu Komunikasi Unpad selalu berakreditasi A.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan kalau kamu masuk jurusan Ilmu Komunikasi Unpad adalah Pengantar Ilmu Komunikasi, Dasar Logika, Penulisan Kreatif, Public Speaking, Komunikasi Politik, Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Massa, Literasi Media, Media Criticism, Komunikasi Lintas Budaya, dan lain sebagainya. Kalau kamu mengambil peminatan Jurnalistik, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah seperti Desain Komunikasi, Produksi TV, Produksi Radio, Produksi Media Cetak, dan lain sebagainya.

Prospek kerja lulusan jurusan Ilmu Komunikasi Unpad mencakup berbagai profesi di industri media, industri komunikasi strategis, industri kreatif, bidang pendidikan, dan industri riset komunikasi.

Itulah lima jurusan terfavorit di Universitas Padjadjaran pada SBMPTN 2021 lalu. Gimana? Apakah jurusan impian kamu termasuk di antara 5 jurusan terfavorit di Unpad yang sudah Mipi bahas di atas? Kalau ada, yuk, semangat persiapkan diri kamu menghadapi UTBK nanti bersama Pegasus dari Pahamify. Dijamin persiapan UTBK kamu akan efektif dan seru! 

Penulis: Salman Hakim Darwadi


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *