Close

May 23, 2022

UM UGM 2022: Informasi Lengkap 

UM UGM

Pasti banyak Pahamifren yang ngambis masuk UGM, deh. Nah, biar kamu ngga ketinggalan informasi mengenai seleksi jalur mandiriUGM, kamu mesti banget baca artikel ini sampai selesai. Soalnya Mipi mau kupas tuntas CBT-UM UGM 2022. Yuk, langsung aja kita bahas!

Apa itu CBT-UM UGM 2022?

CBT-UM UGM merupakan jalur mandiri Universitas Gadjah Mada yang diperuntukkan bagi para calon mahasiswa yang ingin berkuliah di UGM. Seleksi jalur mandiri UGM ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Computer Based Test (CBT). Penilaian seleksi jalur mandiri UGM 2022 dilakukan dengan mengkombinasikan nilai UTBK SBMPTN dan nilai hasil CBT.

Jalur seleksi UGM 2022 ini terbuka bagi lulusan SMA/SMK/MA/Paket C atau sederajat, yang lulus pada tahun 2022, 2021, dan 2020. Para pendaftar dapat memilih dua program pendidikan pada Program Sarjana (S1) dan/atau Program Sarjana Terapan (D4 atau D3).

Jalur masuk ini dibagi menjadi tiga kelompok ujian, yaitu Kelompok Ujian Saintek, Kelompok Ujian Soshum, dan Kelompok Ujian Campuran.

Apa Bedanya dengan UTUL UGM?

Sebenarnya ngga ada perbedaan antara CBT-UM UGM 2022 dengan UTUL UGM, karena  Universitas Gadjah Mada hanya mengganti nama UTUL UGM menjadi CBT-UM UGM pada tahun 2022 ini.

Tata cara pelaksanaan dan penilaian seleksi masuk jalur mandiri UGM 2022 juga sebenarnya sama saja dengan UTUL yang biasa diadakan di tahun-tahun sebelumnya.

Jumlah Pilihan Program Studi

Kamu hanya dapat memilih 2 program studi pada Program Sarjana (S1) dan/atau Sarjana Terapan (D4). Hal yang perlu kamu ingat saat memilih program studi di pendaftaran CBT-UM UGM 2022 adalah urutan program studi yang kamu pilih menentukan prioritas kamu.

Jadi, pastikan program studi impian kamu, kamu taruh di urutan pertama, ya, Pahamifren!

Cara Daftar

Gimana? Makin minat buat ikutan UM UGM? Nah, berikut adalah tahapan yang harus kamu lakukan jika ingin mendaftarkan diri:

  1. Masuk ke laman pendaftaran UM UGM 2022,
  2. Buat akun pendaftaran,
  3. Login ke laman pendaftaran,
  4. Isi formulir pendaftaran,
  5. Isi data diri kamu,
  6. Unggah semua dokumen yang menjadi persyaratan pendaftaran,
  7. Periksa kembali data diri kamu dan dokumen yang sudah kamu unggah,
  8. Kunci data untuk mendapatkan kode pembayaran,
  9. Pilih lokasi sesuai pilihan yang tersedia, 
  10. Bayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk pembayaran dan dengan menggunakan kode pembayaran yang sudah kamu dapatkan sebelumnya,
  11. Pilih sesi CBT-UGM 2022,
  12. Cetak Bukti Peserta CBT-UGM 2022,
  13. Cetak Kartu Ujian CBT-UGM 2022.

Bagaimana Pahamify Bisa Bantu Kamu Lolos CBT-UM UGM 2022?

Kamu dapat memperbesar peluang lolos UM UGM 2022 dengan ikutan belajar di Live Class SKS Ujian Mandiri di aplikasi belajar online Pahamify lho. 

Di Live Class SKS Ujian Mandiri, kamu bisa belajar langsung secara interaktif bersama para Rockstar Teacher Pahamify yang memiliki background yang keren serta pengalaman mengajar yang berkualitas. Dijamin persiapan belajar kamu akan jadi super seru dan terarah! 

Tunggu apa lagi? Ayo buruan unduh aplikasi Pahamify dan perbesar peluang kamu lolos UGM 2022 bersama Pahamify! 

Penulis: Salman Hakim Darwadi
Editor: Adenia Nadira Tuzenitha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *