Close

October 21, 2020

Tren Pekerjaan di Masa Depan, 5 Profesi Yang Banyak Dicari Tahun 2022

Tren Pekerjaan di Masa Depan

Kamu pasti sudah nggak asing dengan istilah revolusi industri 4.0 kan? Memasuki era industri 4.0, pemerintah meluncurkan peta Making Indonesia 4.0, pada 4 April 2018 lalu. Ini artinya banyak tren pekerjaan di masa depan yang bakal berubah menyambut revolusi industri 4.0. Tren ini pun berpengaruh pada pekerjaan yang banyak dicari tahun 2022 mendatang lho. Apa saja itu, yuk kita bahas lebih jauh di artikel ini.

Nah, sebelumnya kamu sudah tahu dong apa itu era digital? Seperti namanya, era digital adalah zaman di mana kehidupan manusia sangat bergantung pada teknologi. Kemunculan era digital ini sudah dimulai sejak lama lho, awalnya teknologi digital ditandai dengan kemunculan internet yang membuat kehidupan manusia semakin mudah. 

Berbagai kemudahan ini dapat semakin kamu rasakan setiap harinya. Misalnya, saat kamu kelaparan atau hendak mengirim barang ke teman kamu, tapi kamu malas gerak (mager), kamu bisa menggunakan jasa pesan antar untuk mengirim barang ke teman kamu. Dari ilustrasi ini saja sudah terjadi perubahan besar pada tren pekerjaan di masa depan kan? Dengan sentuhan teknologi, profesi tukang ojek menjadi naik kelas dan sangat dibutuhkan masyarakat.

Kira-kira, tren ini bakal berpengaruh nggak ya sama pekerjaan yang banyak dicari tahun 2022 mendatang? Kita lihat saja nanti ya. Namun, seiring perkembangannya, banyak pakar yang memprediksikan era digital atau revolusi industri 4.0 ini membawa keuntungan sekaligus ancaman bagi manusia di kemudian hari.

Penggunaan teknologi otomatisasi dan teknologi sibernetika di bidang industri, diprediksi bakal membuat beberapa profesi menjadi tidak dibutuhkan lagi di masa depan. Kelak pabrik-pabrik lebih mengandalkan teknologi komputerisasi, dan tenaga kerja manusia akan digantikan oleh mesin atau robot. Makanya, dari sekarang kamu harus mempersiapkan diri agar skill kamu sesuai dengan tren pekerjaan di masa depan ya Pahamifren.

Tren pekerjaan di masa depan lebih berhubungan dengan digital. Tren ini berpengaruh pada pekerjaan yang paling banyak dicari tahun 2022 mendatang.

Tren Pekerjaan Yang Banyak Dicari Tahun 2022

Nggak usah panik, masih banyak cara dan kesempatan untuk mempersiapkan diri kok. Nah, kali ini Mipi mau bahas profesi paling menjanjikan di masa depan dan apa saja yang harus kamu lakukan untuk menghadapinya. Kamu simak artikel ini baik-baik ya, Pahamifren.

Web Developer

Profesi yang satu ini bakal banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Web developer atau pengembang web merupakan profesi yang bertugas untuk membuat sekaligus memelihara website. Tak bisa dipungkiri seiring perkembangannya, dunia bisnis juga mengalami perubahan besar di ranah digital.

Para pebisnis mengandalkan web sebagai sarana untuk memperluas pasar dan promosi yang lebih efektif. Website ibarat kantor atau etalase yang mencerminkan kredibilitas sebuah usaha. Maka nggak heran jika web developer termasuk dalam kategori profesi paling menjanjikan di masa depan. 

Buat kamu yang tertarik menjadi web developer, ada spesifikasi khusus yang umumnya dikuasai para webmaster, antara lain frontend web developer, backend developer, dan full stack developer. Frontend web developer bertugas untuk mendesain dan membangun antarmuka (interface) halaman web atau aplikasi dan bertanggung jawab membangun bagian interface dari sisi pengguna. 

Nah, kalau backend developer bertugas mengelola bagian dalam halaman web, seperti aplikasi, server, dan database. Sementara fullstack developer memiliki tugas membuat sisi luar dan dalam halaman web. Full stack developer juga bertanggung jawab atas semua pengalaman pengguna halaman web dan aplikasi atas tampilan halaman web dan aplikasi sampai dengan waktu muat (loading) halaman web.

Cyber Security

Kejahatan yang terjadi di dunia masa (cybercrime) membuat profesi cyber security menjadi salah satu profesi paling menjanjikan di masa depan. Profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjaga keamanan informasi. Selain itu, praktisi cyber security juga bertugas untuk menjaga keamanan jaringan, hingga perencanaan pemulihan akibat bencana demi bisnis perusahaan. 

Inilah mengapa profesi cyber security termasuk sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Dilihat dari kerumitan kerjanya, tak heran jika seorang praktisi cyber security digaji cukup besar oleh perusahaan. Profesi ini diprediksi bakal menjadi salah satu tren pekerjaan yang paling dicari di tahun 2022 lho.

Content Creator

Siapa yang nggak kenal dengan profesi yang satu ini. Buat kamu yang sering bermain media sosial (medsos), tentu sudah faham betapa menjanjikannya profesi content creator. Saat ini, konten dianggap sebagai salah satu kunci untuk mendatangkan konsumen potensial bagi perusahaan.

Konten yang menarik dan membuat audiens tergugah dapat menjadi senjata yang powerfull dalam strategi branding sebuah bisnis. Jika kamu berminat menjadi seorang content creator, maka kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi. Karena kamu akan bertanggung jawab untuk menghasilkan materi konten menarik, meriset konten kompetitor, dan membuatnya menjadi strategi branding yang sesuai dengan citra perusahaan tempat kamu bekerja. 

Bagi kamu yang ingin menjadi content creator, kamu wajib mengasah keterampilan dalam memproduksi konten, seperti menulis, fotografi, videografi, dan berbagai media visual lainnya.  

Social Media Specialist

Penggunaan media sosial yang semakin tinggi membuat profesi ini menjadi tren pekerjaan di masa depan. Di era ini, pelaku bisnis gemar memanfaatkan akun social media sebagai alat mempromosikan barang atau jasa mereka. 

Karena dibutuhkan waktu dan spesialisasi khusus, banyak perusahaan yang rela membayar seorang social media specialist, yang bertanggung jawab mengatur konten medsos perusahaan. Seorang social media specialist juga wajib mengetahui cara untuk menganalisa konten kompetitor, mengatur strategi kampanye di media sosial, sekaligus menganalisa target audience.

Saat kamu menjadi social media specialist, kamu juga berperan dalam menjaga kepercayaan publik terhadap perusahaan, Pahamifren. Makanya, praktisi social media specialist selalu cepat tanggap melayani setiap pertanyaan dan keluhan audiens demi mendapatkan engagement rate terbaik. Semakin tinggi engagement rate nya maka semakin baik pula reputasi perusahaan tersebut.

SEO Specialist

Perubahan perilaku konsumen membuat para pebisnis berlomba-lomba untuk memenangkan persaingan di ranah digital. Saat ini, konsumen cenderung melakukan riset terhadap sebuah produk sebelum memutuskan membelinya. Jadi, sebuah produk yang mudah ditemukan di pencarian online akan mendapatkan peluang lebih besar untuk diakses oleh konsumen potensial.

Inilah mengapa Search Engine Optimization (SEO) specialist sangat dibutuhkan di era ini. Profesi SEO specialist juga digadang-gadang bakal menjadi tren pekerjaan yang banyak dicari tahun 2022. 

Jika kamu ingin menjadi seorang spesialis SEO, kamu akan berhadapan dengan teknik optimasi halaman website. Kamu harus mengamati setiap perubahan pada algoritma mesin pencari agar konten perusahaanmu dapat muncul di urutan teratas atau halaman pertama.

Konten atau halaman website yang masuk halaman pertama di pencarian internet, berpotensi lebih besar untuk mendatangkan konsumen potensial yang nantinya berdampak pada penjualan produk. Maka nggak heran kalau spesialis SEO menjadi salah satu tren pekerjaan di masa depan yang banyak dicari.

Dari pekerjaan yang paling banyak dicari tahun 2022, ditemukan tren pekerjaan di masa depan. Sebagian besar memanfaatkan bidang teknologi informasi.

Apa yang Harus Kamu Lakukan untuk Menghadapi 4.0?

Nah itulah beberapa tren pekerjaan di masa depan yang bisa kamu jadikan referensi. Semakin banyak skill yang kamu kuasai sesuai bidang yang kamu senangi, tentu akan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan terbaik. Berikut ini merupakan keterampilan penting yang harus kamu miliki di era 4.0, antara lain:

Critical Thinking

Keterampilan berpikir kritis sangatlah penting untuk kamu miliki di era digital yang arus informasinya berlangsung dengan cepat. Keterampilan berpikir kritis memungkinkan kamu membedakan informasi mana saja yang termasuk kebenaran atau kebohongan, fiksi dan nonfiksi, fakta atau opini. 

Dengan berfikir kritis, kamu bisa terhindar dari informasi-informasi palsu dan menyesatkan alias hoaks. Selain itu, keterampilan berpikir kritis membuat kamu dapat memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara tepat terhadap permasalahan-permasalahan yang kamu hadapi.

Communication

Kamu perlu mengasah keterampilan komunikasi agar lebih mudah mengutarakan pemikiran, pengetahuan, dan informasi yang kamu miliki kepada orang lain. Keterampilan komunikasi yang mumpuni juga akan membuka kesempatan kerja di kemudian hari lho.

Skill komunikasi yang efektif menjadi salah satu alat yang akan membantu kamu menjalin relasi dengan banyak perusahaan dan organisasi, serta membuat kamu dikenal luas dalam industri yang kamu geluti nanti. 

Creativity

Kreativitas menjadi salah satu skill yang tidak bisa ditawar dalam menghadapi pekerjaan di masa depan. Dengan kreativitas, kamu dapat menciptakan ide dan inovasi yang dibutuhkan banyak orang.

Dengan keterampilan berpikir kreatif, kamu juga jadi akan terbiasa melihat suatu masalah berbagai perspektif, sehingga kamu dapat memberikan solusi yang tepat dari masalah tersebut dengan cara yang out of the box. 

Collaboration

Di era new normal sekarang ini, kita sama-sama merasakan betapa kolaborasi menjadi salah satu syarat untuk dapat bertahan. Kolaborasi merupakan keterampilan yang harus kamu kuasai untuk menghadapi pekerjaan di masa depan Pahamifren.

Dengan mengasah keterampilan kolaborasi, kamu akan jadi pribadi yang mudah bekerja sama dengan berbagai organisasi, baik tim mu sendiri atau tim dari divisi lain saat kamu kerja nanti. Keterampilan kolaborasi ini juga akan membiasakan kamu beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggung jawab, serta mampu menghormati perbedaan yang ada di dalam tim kerja kamu nanti.

Itu dia beberapa profesi yang menjanjikan di masa depan, beserta keterampilan apa saja yang harus kamu asah untuk menghadapi era digital. Gimana? sudah menentukan profesi yang sesuai dengan keterampilanmu?

Atau kamu masih bingung dengan minat dan bakat kamu? Nggak usah bingung, sekarang kamu bisa menggunakan fitur Minat dan Bakat dari Pahamify. Fitur ini dirancang agar kamu dapat mengembangkan diri sesuai minat dan bakat sejak dini Pahamifren.

Selain itu, kamu juga bisa berlangganan paket belajar Pahamify yang fitur-fitur metode pembelajarannya dirancang untuk membantu kamu mengembangkan keterampilan 4C kamu. Jadi, tunggu apalagi? Buruan unduh aplikasi belajar online Pahamify sekarang!

Penulis: Salman Hakim Darwadi

2 Comments on “Tren Pekerjaan di Masa Depan, 5 Profesi Yang Banyak Dicari Tahun 2022

Darmansyah
January 19, 2021 at 4:28 pm

Apakah kampus juga menentukan juga kk?
Dengan peluang kerja

Reply
rahmisulastri
April 16, 2022 at 5:52 pm

Selain SEO specialist ada juga social media & SEM specialist yang juga sama sama banyak dicari oleh perusahaan di tahun 2022. Terlebih, dengan demand yang tinggi dan supply yang kurang sehingga membuat profesi ini semakin bergairah

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *