Close

May 28, 2020

Fitur TryOut Pahamify. Fiturnya Para Juara

Kenali Fitur Pahamify: TryOut

Kali ini kita mau ngenalin salah satu fitur di aplikasi Pahamify yang namanya TryOut. Ya, seperti namanya, pasti kamu udah gak asing kan sama TryOut?

Kalo menurut wikipedia sih, “Try Out” dalam lingkup pendidikan di Indonesia adalah suatu uji coba yang biasanya dilaksanakan sebelum ujian utama, atau di kalangan pelajar merujuk kepada uji coba sebelum menghadapi Ujian Nasional (UN).

Nah, Tryout di aplikasi Pahamify gak cuma untuk persiapan Ujian Nasional aja, loh! Tapi yang paling utama adalah tryout untuk persiapan ujian masuk universitas impian. Contohnya adalah UTBK, dan Ujian mandiri kayak UTUL, SIMAK dan USM.

Fitur ini pas banget buat kamu yang pengen menguji kemampuan diri dalam berbagai bentuk ujian. Bentuk ujiannya juga selalu diperbarui, mengikuti aturan dari si pembuat ujian. Jadi fitur ini bisa dibilang merupakan simulasi ujian yang sesungguhnya.

Gak cuma bentuk ujiannya yang menyerupai aslinya, soal-soal yang disajikan pun punya kualitas yang setara dengan soal ujian aslinya. Dipadukan dengan soal-soal ujian di tahun-tahun sebelumnya, soalnya akan dirancang sehingga menjadi soal HOTS (Higher Order Thinking Skills), karena rockstar teacher yang membuat soal ini pun sudah mendapatkan pelatihan pembuatan soal HOTS dari para ahli.

Nah, Tryout ini dapat diakses langsung di aplikasinya atau bisa melalui website tryout.pahamify.com.

A. Kategori Tryout dalam fitur TryOut Pahamify

Fitur Tryout di aplikasi Pahamify dibagi menjadi 3 kategori.

1. Simulasi Ujian Sekolah

Berupa kumpulan ujian sekolah seperti UNBK, PTS, PAS untuk SMA jurusan IPA dan IPS.

2. Try Out

Berupa kumpulan ujian masuk universitas seperti Try Out UTBK, Ujian Mandiri, UTUL, SIMAK UI, USM dan masih banyak lagi. Pada tahun ajaran 2019-2020 ini, Pahamify mengadakan TryOut Online UTBK sebanyak 19 kali. Dan untuk kamu yang sudah mengikuti tryout lebih dari 1 kali akan melihat grafik progres nilai kamu, apakah nilainya naik atau malah turun.

3. Try Out Khusus

Mau bikin dan ngadain Try Out online mandiri secara khusus di sekolah atau komunitas kamu? Pahamify membuka kesempatan bagi pihak sekolah, komunitas dan bimbel offline untuk membuat tryout secara personal dan eksklusif. Untuk Try Out khusus ini, kamu bisa menghubungi call center Pahamify secara langsung.

B. Keunggulan Try Out UTBK Pahamify

Nah, di paragraf atas, kita udah kasih sedikit bocoran mengenai keunggulan fitur TryOut Pahamify ini. Tapi bukan cuma itu loh keunggulannya!

1. Paket Soal Akurat dan Pembahasan Lengkap

Soal-soalnya dibuat dengan standar UTBK, disusun oleh Rockstar Teachers Pahamify dan evaluasi pembahasan soal ga cuma dibuat secara tertulis, tapi dibuat dalam bentuk video juga! Wah makin detail deh pembahasannya!

2. Penilaian dengan Sistem IRT​

Penilaiannya menggunakan sistem IRT (Item Response Theory), mengikuti sistem penilaian dari LTMPT dengan bobot nilai yang berbeda pada masing-masing soal. Jadi hasil TryOut kamu lebih akurat dan bisa jadi gambaran buat UTBK nanti.

3. Peringkat Nasional

Kamu bisa membandingkan nilai tryout kamu dengan peserta lain di seluruh Indonesia yang juga mengikuti tryout Pahamify. Kamu juga bisa melihat peringkatmu di tiap mata pelajaran lho!

4. Analisis Secara Mendalam

Ketahui soal-soal mana saja yang sulit untuk kamu, dan konsep apa saja yang ada di dalam soal-soal tersebut, sehingga persiapan UTBK kamu bisa lebih terarah karena kamu bisa mengetahui kelemahan kamu. Tryout pahamify juga ngasih seberapa cepat kamu dalam menjawab setiap soal. Ada juga waktu rata-rata dalam menjawab soal, soal mana yang paling cepat kamu jawab hingga soal mana aja yang butuh waktu lama untuk kamu jawab. Di setiap soalnya juga dikasih tau tingkat kesulitan soalnya lho! 3 bintang itu sulit, artinya cuma dikit yang berhasil jawab dengan benar. 2 bintang artinya sedang, 1 bintang artinya mudah karena banyak yang bisa jawab dengan benar.

Nah dari sini kamu jadi tau, soal yang kamu salah jawab itu termasuk susah atau mudah. Kalo termasuk mudah, berarti kamu harus makin giat belajarnya, karena pesaing2 kamu bisa jawab dengan benar dan udah selangkah lebih maju dari kamu!

5. Grafik Progress Nilai UTBK

Cek langsung perkembangan nilai setiap Tryout UTBK yang kamu ikuti di Pahamify, nilai kamu keliatan turun? Pacu terus dirimu sampai menjadi yang terbaik di UTBK yang sesungguhnya.

6. Rasionalisasi Nilai TryOut

Kamu bisa ganti kampus dan jurusan nya di tombol edit kampus untuk liat peringkat kamu di kampus dan jurusan lain. Rasionalisasi tryout pahamify juga memberikan persentase lolos berdasarkan daya tampung jurusan dan jumlah peserta. Kamu jadi punya gambaran apakah kamu bisa diterima di kampus impian kamu atau nggak. Tapi inget, ini cuma prediksi yaa, meskipun kamu sudah dinyatakan lolos, kamu tetep harus terus belajar supaya nilai kamu semakin meningkat dan posisi kamu semakin aman.

C. Cara daftar Try Out Premium

Nah, untuk bisa dapet keunggulan di fitur Try Out tadi, kamu perlu daftar Try Out premium yang bisa kamu bayar sejumlah 4 diamond atau Rp. 20.000*.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Pahamify. Silakan masuk ke fitur dan kategori “TryOut.”

Setelah masuk ke pilihan Try Out, kamu bisa lanjut klik “Daftar” dan akan muncul info mengenai try out yang akan kamu kerjakan seperti Info jumlah soal, total waktu pengerjaan dan kapan try out bisa dikerjakan.

Selanjutnya, kamu perlu mengisi Rasionalisasi Kampus Impian, dimana kamu bisa memilih Universitas dan Jurusannya. Setelah itu kamu bisa klik “Daftar Sekarang.”

Lanjut ke proses pembayarannya. Untuk bisa ikut TryOut Pahamify, kamu bisa melakukan pembayaran dengan 4 diamond. Kalau kamu belum punya diamond, kamu harus melakukan pembelian diamond terlebih dahulu sejumlah Rp. 20.000*.

Setelah itu, kamu bisa klik “Pilih Metode Pembayaran” untuk melanjutkan proses pembayaran.

Saat ini metode pembayarannya bisa melalui LinkAja, GO-PAY, Alfamart, Indomaret, BCA Virtual Account, Mandiri Virtual Account, BNI Virtual Account, Permata Virtual Account dan pembayaran bank lain (ATM Bersama & Prima).  Setelah itu, kamu bisa mengikuti instruksi sesuai dengan metode pembayaran yang sudah dipilih.

Setelah pembayaran sudah dilakukan, kamu bisa kembali ke laman berikut ini dan klik “Diamond” dan kamu sudah resmi terdaftar sebagai peserta Try Out Premium. Cermati jadwal pengerjaannya, ya!

Nah, TryOut pahamify pun bisa kamu akses secara gratis, loh! Kamu bisa mantengin instagram Try Out Pahamify supaya kamu bisa tau kapan pendaftaran gratisnya dibuka. Xxx Pahamify juga sering memberikan diskon promo yang infonya bisa kamu pantau di media sosial Pahamify (Instagram, Twitter dan Line)

Jadi, tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi pahamify

*harga dapat berubah sewaktu-waktu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *