Setiap harinya, kamu pasti membutuhkan energi untuk menjalankan aktivitas. Keberadaan energi dalam hidup kita memang begitu penting. Kalau energi gak ada, semua urusan kamu akan kesulitan untuk bisa berjalan dengan lancar. 

Handphone yang kamu pakai tentunya gak bisa nyala kalau gak ada energi. Berkat energi, handphone yang kamu gunakan bisa nerima dan ngasih sinyal, jadinya kamu bisa ngehubungin orang dari jarak jauh. 

Trus, Ketika kamu lagi pergi jalan-jalan naik motor bersama sang kekasih, kalau tiba-tiba kehabisan energi di tengah jalan, motor kamu bisa mogok dan kencan kamu bisa berantakan. Sedih ya?

Apa sih sebenarnya energi itu? Darimana asalnya sumber energi?

Sederhananya, energi adalah kemampuan untuk melakukan sebuah usaha. Contohnya, kamu membutuhkan beberapa energi untuk menjalankan usaha kamu bangkit dari tempat tidur dan menyalakan saklar lampu. Ketika berpindah dari kasur menuju saklar kamu membutuhkan energi kinetik untuk bisa berjalan sampai tujuan. Saat menekan tombol saklar, ada energi listrik yang teralirkan sehingga lampu kamar kamu bisa menyala.

Setiap jenis energi itu bisa berubah bentuk menjadi energi lainnya. Inilah yang dinamakan konversi energi. Energi listrik di rumah kamu yang teralirkan bisa membuat lampu menyala. Dari situ energi listrik berubah menjadi energi radiasi yang akhirnya menerangi seluruh penjuru rumah.

Nah, energi yang ada di kehidupan sehari-hari ini memiliki sumber. Dilihat dari asalnya, energi dibagi menjadi dua: primer dan sekunder. Energi primer adalah energi yang bersumber dari alam, seperti angin, air, matahari, kayu, batu bara, minyak dan nuklir. Sedangkan energi sekunder adalah energi yang dihasilkan dari olahan energi primer. Contohnya listrik dan gas.

Jika dilihat dari ketersediaannya di alam, energi dibagi menjadi dua yaitu Energi Terbarukan dan Energi Tak Terbarukan. Energi terbarukan adalah energi yang sumbernya bisa cepet pulih dan prosesnya berkelanjutan. Sumber energi ini gak akan habis, contohnya adalah energi yang berasal dari panas bumi, matahari, angin, air, ombak laut dan biomassa.

Energi tak terbarukan adalah energi yang asalnya dari sumber-sumber dengan jumlah terbatas di bumi ini. Sehingga, akan ada masanya sumber energi ini habis. Contohnya adalah energi yang berasal dari tumbuhan yang sudah mati berabad-abad lalu atau disebut dengan bahan bakar fosil. Tapi kenapa ya sumber energi ini malah terbatas?

Pengen tau jawabannya? Di aplikasi Pahamify, kamu bisa akses materi lebih mengenai Sumber Energi di mata pelajaran Fisika kelas XII IPA. Di sana dibahas lebih jauh lagi tentang energi terbarukan dan tak terbarukan. Yuk download Pahamify di Google Play dan Apple App Store. sekarang juga!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog