Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Fitur Materi UTBK Pahamify adalah salah fitur yang bakal berguna saat kamu sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK. Fitur ini secara umum berisi pembahasan tentang materi-materi UTBK. Mulai dari tipe-tipe soal TPS sampai TKA, semua bisa kamu nikmatin secara lengkap lewat fitur Materi UTBK. Dan seperti halnya fitur Belajar, di Materi UTBK juga kamu bisa belajar lewat kumpulan video yang dibawakan oleh Rockstar Teacher yang siap bikin pemahaman kamu lebih matang lagi.

Nah, di dalam fitur Materi UTBK ini terdapat 3 poin utama yang diantaranya adalah:

1. Tren persentase materi pelajaran yang muncul dari tahun ke tahun

Bagaimana pembuat soal menentukan soal untuk UTBK setiap tahunnya? Lalu bagaimana pembuat soal tersebut menentukan seberapa banyak materi pelajaran kelas 10, 11 dan 12 untuk dimasukkan ke dalam soal? Pahamify akan “membocorkan” persentase materi yang di setiap kelasnya dalam 3 tahun terakhir. Apakah materi kelas 10 lebih banyak muncul daripada materi dari kelas 11? Nah, alokasi materinya akan dijelaskan di fitur ini.

2. Persebaran materi di setiap pelajaran

Pahamify pun akan memberikan gambaran komposisi soal UTBK dari mata pelajaran apa saja yang akan muncul. Sebagai contoh, dalam TPS Kemampuan Kuantitatif, akan muncul soal tentang logika, barisan dan deret, himpunan, perbandingan, statistika dasar dan masih banyak lagi sehingga fitur ini akan membuat prose belajar kamu lebih fokus dan terarah.

3. Contoh soal dan Pembahasan

Setelah kamu tahu persentase materi yang muncul dan materi apa saja yang bakal muncul, kamu dapat menonton video yang berisi contoh soal dan juga pembahasannya. 

Komponen mata pelajaran yang akan dijelaskan pun bisa kamu pilih dan ada beraneka ragam. Diantaranya adalah.

1. MATERI TPS UTBK

Pahami dan  Fitur Belajar: Fitur Andalan di Aplikasi Pahamify

a. Penalaran umum

Secara umum, kamu bakalan nemuin soal dengan awalan informasi berupa teks/paragraf dan tabel/grafik/kurva. Kamu tidak hanya harus membaca, tapi juga harus memahami informasi tersebut. Kamu juga bakalan ketemu materi kuantitatif seperti deret aritmatika, persamaan linear, pola bilangan, pecahan dan perbandingan.

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Penalaran Umum

b. Pemahaman bacaan dan menulis

Menyambung jenis soal pada nomor 1, dalam setiap soal yang terdapat informasi berupa teks atau paragraf, kamu juga perlu memahami inti paragraf, kesimpulan dan pesan tersiratnya.

c. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Kalo kamu suka sama pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, bakalan pas banget karena di UTBK 2020, Soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris bakal sering keluar. Kamu perlu menyempatkan diri untuk membaca buku atau koran untuk memperluas wawasan kamu karena akan muncul soal seperti sinonim, antonim, idiom, dan penggunaan EYD secara tepat.

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum

d. Pengetahuan Kuantitatif

Nah, kamu tetap bakalan ketemu sama soal matematika seperti geometri, statistika, peluang, logika dan aljabar.

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Pengetahuan Kuantitatif

2. MATERI SAINTEK

Terdiri dari Matematika Saintek, Fisika, Kimia, Biologi.

3. MATERI SOSHUM

Terdiri dari Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi

Nah, Fitur materi UTBK ini akan memberikanmu bekal yang tepat dan proporsional untuk “perjalanan” kamu menuju UTBK tahun ini. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi pahamify!


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog