Close

June 14, 2019

Asyik! NASA Buka Stasiun Luar Angkasa Internasional Untuk Umum

Pernahkah kalian membayangkan bagaimana serunya jalan-jalan ke luar angkasa? Wisata ke luar angkasa akan segera menjadi kenyataan dalam waktu dekat. NASA telah membuka Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) untuk kegiatan komersial.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh NASA pada awal Juni 2019, NASA mengatakan ISS dibuka untuk kepentingan komersial dan bisnis. Artinya, kini bukan cuma astronaut yang terlatih saja yang bisa ke luar angkasa, tapi juga masyarakat umum.

NASA akan mengizinkan perusahaan yang ingin menggunakan ISS untuk kegiatan komersial maupun marketing dengan syarat perusahaan tersebut bisa menjelaskan kenapa mereka membutuhkan ISS untuk melakukan kegiatan mereka.

Ilustrasi Astronaut di Luar Angkasa (foto: PIRO4D via Pixabay)

Meski akan dibuka untuk umum, kegiatan penelitian NASA di ISS tetap akan berjalan. Salah satu penelitian yamg sedang dilakukan NASA bertujuan untuk kembali membawa astronaut untuk menginjakkan kaki di Bulan pada 2024.

Kira-kira berapa yah harga ‘tiket’ kalau mau jalan-jalan ke luar angkasa?

International Space Station (Foto: NASA)

Menurut berita The New York Times, baik kalian yang berminat untuk mengunjungi ISS, maka kalian harus membayar sebesar 35.000 USD atau sekitar Rp 499 juta per malam. Dengan biaya tersebut, kalian bisa menginap di ISS dan mendapatkan fasilitas berupa air, udara selama di luar angksa, internet, dan toilet.

Dan perlu diingat, biaya tersebut belum termasuk biaya roket untuk pulang-pergi ke ISS. Transportasi untuk menuju ISS rencananya akan disediakan oleh perusahaan swasta seperti SpaceX milik Elon Musk. Diperkirakan, butuh biaya 52 juta USD atau sekitar Rp 741 miliar untuk biaya roket pulang-pergi ke dan dari ISS.

Gimana, kalian berminat untuk berkunjung ke luar angkasa?


Download Aplikasi belajar Pahamify di Google Play dan Apple App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *