Close

February 18, 2021

Ingin Kuliah D4? Ini Daftar Politeknik Negeri yang Bisa Kamu Pilih di SNMPTN dan SBMPTN 2021

Daftar politeknik negeri yang bisa kamu pilih di SNMPTN dan SBMPTN 2021

Pahamifren, sudah tahu belum? Terdapat kebijakan baru dalam seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN 2021, lho. Kalau pada tahun-tahun sebelumnya, peserta hanya bisa daftar politeknik negeri lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), kini kamu dapat memilih politeknik di pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2021.

Jadi, buat kamu yang mau masuk D4 di politeknik, atau kamu masih bingung memilih politeknik atau perguruan tinggi sebagai tempat kuliah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini, Pahamifren.

Kali ini, Mipi mau membagikan daftar politeknik negeri yang masuk dalam SNMPTN dan SBMPTN 2021, sekaligus ketentuan dalam pemilihannya. Biar makin paham, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Daftar Politeknik Negeri yang Tersedia di SNMPTN dan SBMPTN 2021

Ada 40 daftar politeknik negeri yang tersedia di SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2021. Politeknik yang dapat kamu pilih lewat SNMPTN dan UTBK SBMPTN ini hanya menerima program D4 atau Sarjana Terapan saja, ya. Berikut daftarnya:

Sudah membuat daftar politeknik negeri yang bisa kamu pilih di SNMPTN dan SBMPTN 2021?

Politeknik Negeri Wilayah Pulau Jawa

  1. Politeknik Negeri Jakarta
  2. Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta
  3. Politeknik Negeri Bandung
  4. Politeknik Manufaktur Bandung
  5. Politeknik Negeri Indramayu
  6. Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Semarang
  7. Politeknik Negeri Semarang
  8. Politeknik Negeri Cilacap
  9. Politeknik Negeri Banyuwangi
  10. Politeknik Negeri Jember
  11. Politeknik Negeri Madiun
  12. Politeknik Negeri Malang
  13. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  14. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Politeknik Negeri Wilayah Pulau Sumatera

  1. Politeknik Negeri Lhokseumawe, Aceh
  2. Politeknik Negeri Medan
  3. Politeknik Negeri Batam
  4. Politeknik Negeri Bengkalis, Riau
  5. Politeknik Negeri Padang
  6. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  7. Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang
  8. Politeknik Negeri Manufaktur Bangka Belitung
  9. Politeknik Negeri Lampung

Politeknik Negeri Wilayah Pulau Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua

  1. Politeknik Negeri Bali
  2. Politeknik Negeri Kupang
  3. Politeknik Negeri Ambon
  4. Politeknik Negeri Fakfak
  5. Politeknik Perikanan Negeri Tual
  6. Politeknik Pertanian Negeri Kupang

Politeknik Negeri Wilayah Kalimantan dan Sulawesi

  1. Politeknik Negeri Pontianak
  2. Politeknik Negeri Ketapang
  3. Politeknik Negeri Sambas
  4. Politeknik Negeri Manado
  5. Politeknik Negeri Banjarmasin
  6. Politeknik Negeri Tanah Laut
  7. Politeknik Negeri Balikpapan
  8. Politeknik Negeri Ujung Pandang
  9. Politeknik Negeri Pertanian Pangkajene, Makassar
  10. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  11. Politeknik Negeri Samarinda

Ketentuan Memilih Politeknik di SNMPTN dan SBMPTN 2021

Berikut adalah beberapa ketentuan saat mendaftar politeknik negeri lewat jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2021:

Peserta Boleh Menggabungkan PTN dan Politeknik

Pada pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2021, kamu bisa memilih dua program studi yang menggabungkan S1 di PTN maupun D4 di politeknik negeri. Misalnya, pilihan pertama kamu memilih Teknik Informatika jenjang S1 di ITS, kemudian pilihan keduanya mengambil Teknik Informatika jenjang D4 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Ada beberapa daftar politeknik negeri yang bisa kamu pilih di SNMPTN 2021.

Lewat kesempatan ini, kamu enggak perlu bingung lagi memilih kuliah di universitas atau di politeknik. Coba saja semuanya! Namun perlu diingat, kamu tetap perlu mempertimbangkan daya tampung dan passing grade di tempat yang kamu tuju agar peluang lolos SNMPTN maupun SBMPTN 2021 semakin besar.

Khusus pendaftaran SNMPTN 2021, kamu harus memilih satu program studi, baik universitas maupun politeknik, yang berlokasi sesuai domisili sekolahmu, ya. Sementara pada pendaftaran UTBK SBMPTN 2021, kamu bebas memilih tempat kuliah di mana pun.

Siswa SMK Mendapatkan Bobot Penilaian Lebih

Secara umum, jenjang D4 di politeknik negeri lebih fokus pada praktik. Itulah sebabnya siswa SMK yang memilih D4 politeknik saat pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN akan mendapatkan bobot lebih di indeks sekolahnya.

Tentu ini menjadi peluang yang menguntungkan buat siswa SMK. Lewat hal ini, kesempatan siswa SMK masuk politeknik negeri menjadi lebih besar dibandingkan pada program akademik lain.

Bobot penilaian ini utamanya diberikan untuk lulusan SMK yang memilih program D4 sesuai jurusan saat SMK. Misalnya, saat SMK kamu mengambil jurusan Bisnis Manajemen, saat kuliah kamu memilih D4 Bisnis Manajemen di Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, maka otomatis kamu akan mendapatkan bobot indeks penilaian yang lebih besar.

Terdapat Rumpun Saintek dan Soshum

Sama halnya dengan program studi di PTN, program studi di politeknik juga terdapat rumpun Saintek dan Soshum. Jadi, kalau mau daftar politeknik lewat SBMPTN 2021, kamu harus memilih kelompok ujian yang sesuai dengan jurusan yang kamu incar, ya.

Beberapa contoh jurusan Saintek di politeknik negeri, seperti Manufaktur, Teknik Elektronika, Teknik Multimedia dan Jaringan, Teknik Informatika, dan masih banyak lagi. Sementara jurusan Soshum, seperti Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Administrasi Bisnis, Logistik Perdagangan Internasional, dan sebagainya.

Kuota D4 Politeknik dan PTN Sama

Kuota penerimaan mahasiswa baru pada program D4 politeknik sama dengan aturan yang ditetapkan LTMPT untuk jenjang S1 di PTN. Rinciannya, SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN minimal 40 persen, dan Seleksi Mandiri maksimal 30 persen.

Kecuali, untuk PTN Berbadan Hukum (PTN-BH) seperti UGM dan UPI, kuota SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN minimal 30 persen, dan Seleksi Mandiri maksimal 50 persen.

Selain itu, kriteria penilaian setiap jalur juga sama dengan S1 di PTN, yaitu SNMPTN menggunakan nilai rapor, SBMPTN menggunakan nilai UTBK, Seleksi Mandiri bisa menggunakan nilai UTBK atau tes lainnya sesuai kebijakan politeknik atau universitas masing-masing.

Itu dia daftar politeknik negeri yang bisa dipilih di SNMPTN dan SBMPTN 2021, sekaligus ketentuan pemilihannya. Semoga ulasan di atas menjadi bekal informasi yang cukup menghadapi SNMPTN dan SBMPTN 2021 nanti, ya.

Buat kamu yang mau masuk politeknik negeri lewat SBMPTN 2021, berarti kamu harus mulai belajar materi UTBK dan mencoba banyak latihan soal sebagai persiapan menghadapi UTBK SBMPTN 2021. Persiapkan dirimu dari sekarang!

Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal ter-update, lengkap beserta pembahasannya. Cek informasi di link Pahamify Tryout ini, ya!

Biar lebih siap #TaklukkanUTBK, kamu juga dapat mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify. Ada hadiah menarik yang bisa kamu peroleh kalau berhasil melakukan tantangannya, lho.

Yuk, klik link download Pahamify sekarang dan manfaatkan fitur-fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

One Comment on “Ingin Kuliah D4? Ini Daftar Politeknik Negeri yang Bisa Kamu Pilih di SNMPTN dan SBMPTN 2021

AnAr
February 20, 2021 at 2:14 am

Suka banget mampir ke pahamify ni, aku rasa cocok banget gitu/ PAS banget sama yg lagi aku pengen tau

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *