Close

March 26, 2021

Resah Menghadapi UTBK? Hadapi dengan Cara Mudah Ini

Pelaksanaan UTBK 2021 tinggal menghitung hari. Bisa lolos enggak ya? Soal-soal yang dipelajari sudah sesuai belum? Siapa nih di antara kamu yang merasa resah menjelang UTBK? Tenang, rasa resah yang timbul menjelang ujian merupakan hal wajar kok.

Sebagian besar dari kamu, pasti pernah merasa takut gagal atau tidak percaya diri saat akan menghadapi ujian semacam UTBK kan? Biasanya, perasaan ini muncul akibat overthinking memikirkan hal yang penting, Pahamifren. Walaupun hal ini wajar, bukan berarti kamu tidak mencari cara mengatasinya.

Jika dibiarkan lama, perasaan resah akibat overthinking ini dapat membuat kamu sulit mengendalikan diri. Semua persiapan yang kamu lakukan menghadapi SBMPTN 2021, seperti latihan soal UTBK atau mengikuti try out online jadi sia-sia. Bisa jadi, semua materi pelajaran yang sudah kamu kuasai buyar begitu saja akibat terlalu resah menghadapi ujian.

Jenis Keresahan Menjelang Pelaksanaan UTBK 2021

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, kamu tentu harus mencari cara mengatasi keresahan yang kamu alami. Santai sejenak dan tarik nafas panjang, karena kali ini Mipi mau mengajak kamu membahas cara yang ampuh mengatasi keresahan menjelang pelaksanaan UTBK 2021.

Tapi, sebelum lebih jauh, ada baiknya jika kamu mengetahui apa saja keresahan yang dirasakan para pejuang PTN menjelang UTBK sebagai berikut:

Pelaksanaan UTBK 2021 sudah makin dekat. Sejauh mana persiapanmu?

Bingung Menentukan PTN dan Jurusan

Keresahan yang paling sering dialami siswa yaitu bingung menentukan PTN dan jurusan kuliah yang akan dituju. Alasannya bermacam-macam, ada yang masih belum tahu mau terjun ke bidang apa. Ada juga yang masih bimbang dengan dua pilihan jurusan. Bahkan, ada yang sama sekali tidak memiliki gambaran tujuan kuliahnya mau seperti apa.

Untuk mengantisipasi kebingungan ini, tentunya kamu harus mulai menata tujuan kuliah kamu. Pilihlah jurusan kuliah yang memang sesuai dengan cita-cita, minat, dan potensi diri. Saat menentukan PTN dan jurusan, jangan bertanya “PTN dan jurusan kuliah apa yang harus kupilih?”, melainkan bertanyalah “PTN dan jurusan apa yang tepat untukku?”

Dengan pertanyaan seperti itu, kamu secara otomatis mulai menggali informasi tentang bidang studi yang pas untukmu. Kuncinya, fokuslah memilih jurusan sesuai dengan potensi diri dan minat kamu. Kalau kamu masih bingung cara memilih jurusan kuliah sesuai minat dan bakat, kamu bisa menggunakan fitur Minat dan Bakat, sekaligus fitur Konseling dari Pahamify untuk menemukan solusinya.

Minder Melihat Teman yang Terlalu Antusias

Beberapa di antara kamu tentu punya teman yang terlalu ngambis masuk PTN kan? Biasanya mereka akan menunjukkan sikap antusias terhadap segala jenis latihan soal UTBK, aktif di segala forum SBMPTN, hingga mencari cara merancang strategi terbaik menghadapi ujian.

Walaupun positif, terkadang melihat teman yang terlalu bersemangat melakukan persiapan UTBK dapat membuat kamu resah kan? Apalagi jika mereka memilih jurusan kuliah dan kampus sama dengan yang kamu pilih. Melihat semangat dan antusias mereka tentu membuat kamu merasa berkecil hati.

Maksimalkan peluang lolos SBMPTN jurusan seni dan olaharga dengan mempersiapkan portofolio SBMPTN terbaikmu!

Nah, mulai sekarang, kamu harus membuang jauh-jauh pemikiran itu ya, Pahamifren. Jangan mau kalah sebelum berjuang, pemikiran seperti itu bakal membuat kamu stres. Bisa jadi, karena merasa minder, semua materi UTBK yang sudah kamu kuasai akan sia-sia. Anggap saja temanmu sebagai rival atau saingan yang harus kamu kalahkan secara sportif.

Selain itu, kamu justru bisa mengajak mereka belajar bersama. Dari cara ini, kamu tentu akan lebih mudah menentukan strategi tepat menghadapi UTBK 2021. Secara tidak langsung, belajar bareng teman yang lebih ngambis bisa menjadi cara belajar UTBK efektif, lho. Sebab, motivasi belajar kamu akan meningkat dan kamu punya peluang berdiskusi lebih banyak mengenai UTBK SBMPTN dengannya.

Jurusan Impian Terhalang Restu Orang Tua

Adakah di antara kamu yang sedang mengalami masalah ini? Kamu mungkin sudah tahu cita-cita dan minat kamu. Bahkan, kamu pun sudah berencana matang masuk jurusan sesuai dengan cita-cita tersebut.

Namun, saat menjelang pelaksanaan UTBK 2021 seperti ini, tiba-tiba orang tua kamu tidak setuju dengan rencana yang kamu pilih. Akibatnya, kamu jadi dihadapkan dilema yang sangat besar antara memilih jurusan yang kamu mau atau jurusan yang orang tua kamu inginkan.

Dalam situasi seperti ini, kunci mengatasinya yaitu dengan komunikasi. Saat kamu berhasil berkomunikasi dengan baik untuk meyakinkan orang tua kamu, maka orang tua kamu tidak akan menentang jurusan yang kamu pilih lagi.

Carilah waktu tepat untuk mengobrol masalah jurusan ini bersama orang tuamu. Tapi ingat, sebelum mengobrol, kamu harus riset sebaik mungkin mengenai jurusan impianmu itu. Jadi, kamu punya data akurat untuk meyakinkan mereka. Setelah orang tua kamu akhirnya mulai setuju, kamu harus mampu membuktikan bahwa kamu bisa bertanggung jawab dengan apa yang kamu pilih.

Sudah memilih jurusan impian, tapi tidak direstui orang tua? Apalagi pelaksanaan UTBK 2021 makin dekat. Bagaimana solusinya?

Impian dan cita-cita itu harus diperjuangkan. Selagi masih ada waktu untuk membicarakan solusinya bersama orang tua, maka enggak ada salahnya tetap berusaha, biar semua rencanamu tidak hanya berakhir sebagai wacana, Pahamifren.

Cara Mengendalikan Diri saat Mengalami Keresahan Menjelang UTBK 2021

Dari pembahasan sebelumnya, kamu pasti sudah tahu cara mengatasi setiap keresahan yang kamu alami menjelang pelaksanaan UTBK 2021. Pada poin ini, Mipi mau berbagi cara mengendalikan diri saat mengalami keresahan tersebut.

Cara terpenting yaitu tidak memedulikan hal-hal lain selain persiapan UTBK dan mulai fokus pada diri sendiri. Kalau sedang mengalami overthinking UTBK SBMPTN, bersikaplah secara positif dan segera temukan solusinya.

Mulai hiraukan hal-hal yang menguras energi kamu, apalagi hal-hal yang bisa membuat kamu stres. Sebaliknya, fokuslah pada diri sendiri. Pikirkan tujuan kuliah kamu mau seperti apa? Target belajar apa yang ingin kamu raih? Sudah sejauh apa persiapan kamu meraih terget tersebut? Apabila kamu sudah fokus dengan diri sendiri, persiapan UTBK yang kamu lakukan pun akan berprogres secara signifikan dan semakin matang.

Itu dia beberapa keresahan yang biasa dialami siswa menjelang UTBK dan cara mengatasinya. Mudah-mudahan, ulasan di atas bisa bermanfaat untuk persiapan UTBK kamu, ya.

Buat kamu yang ingin mematangkan persiapan UTBK, kamu bisa mencoba latihan soal lewat fitur Try Out UTBK Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK yang bisa kamu coba, lengkap dengan video pembahasan menarik. Cek informasi lengkapnya di link Pahamify Try Out ini.

Tunggu apalagi, persiapkan dirimu untuk #TaklukkanUTBK dari sekarang bersama Pahamify! Download aplikasi Pahamify di link ini dan gunakan semua fiturnya sebagai #TemanPersiapaUTBK terbaik.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *