pfy-burger-btn Menu

Bedah Jurusan Ekonomi Islam – Lebih Ke Sistem Bagi Hasil?

Ekonomi Islam

Mengikuti perkembangan zaman, sistem perbankan, wisata, e-commerce, bahkan industri saat ini sudah menggunakan sistem islam atau syariah untuk transaki sehari-hari. Apalagi dengan penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, ini menjadi salah satu faktor adanya sisi baru dalam ranah tersebut.

Nah ketentuan islam terutama dalam bidang perbankan itu tidak sembarangan, banyak hal yang harus dipertimbangan serta dampak yang akan diterima masyarakat. Bank Indonesia beserta jajarannya mencoba untuk lebih mendalami lagi, apakah cocok jika diterapkan di Indonesia atau tidak. Sampai akhirnya presiden & wakil  memutuskan untuk merealisasikan-nya, karena melihat prospek yang bagus dari sisi keuangan, social fund, serta produk yang dihasilkan.  

Maka dari itu, agar sistem islam ini berjalan lancar, dibuatlah jurusan Ekonomi Islam di UTBK. So, buat kamu yang ingin jadi salah satu bagiannya, yuk intip lebih dalam!

Mengenal Lebih Dalam Jurusan Ekonomi Islam

Seperti yang kita ketahui, al-quran adalah pedoman umat manusia muslim, dan didalamnya semua telah diatur sedemikian rupa. Dari mulai utang, pituang, simpan, pinjam, jual, beli, bagi hasil, serta hal yang menyangkut hukum dan nilai ekonomi.

Terkait subjeknya kurang lebih sama dengan ekonomi pada umumnya, kamu akan belajar ilmu teori, pengelolaan sumber daya, kajian prinsip ekonomi baik makro atau mikro, perdagangan internasional, dll. Yang membedakan hanya dari prinsipnya saja, kamu akan lebih mengkaji lagi apakah sudah sesuai dengan al-quran, hadist, atau kaidah keislaman lainnya.

Eitsss tapi ngga usah khawatir, kamu juga akan mendapatkan ilmu tentang ekonomi konvensional kok. Jadi wawasan serta sudut pandang akan lebih luas lagi. Asyik bukan?

Mata Kuliah Jurusan Ekonomi Islam

Beberapa matkul di jurusan ini beragam lho, ada yang memang spesifik tentang syariah ada juga general. Untuk syariah misalnya akuntansi syariah, prinsip dasar hukum islam, ekonomi syariah makro & mikro, infaq, sadaqoh & wakaf, ushul fiqh, fiqh muamalah, filosofi ekonomi syariah, sejarah ekonomi islam, ekonomi moneter islam, ekonomi zakat, serta ekonomi pembangunan islam. Sedangkan general misalnya ada metode statistika, ekonometrika terapan, dll.

For your information, jurusan Ekonomi Islam akan terbagi lagi menjadi beberapa konsentrasi, tergantung passion dan cita-cita kamu. Yaitu ada manajeman keuangan islam, akuntansi syariah, ilmu ekonomi islam, kewirausahaan islam, serta perbankan syariah kebijakan makro islam.

Sebenarnya apa sih yang diharapkan setelah lulus nanti? Tentunya ketika memilih menjadi bagian dari jurusan ini, maka kampus mengharapkan kamu dapat memiliki pengetahuan dan keahlian tentang analisis, komunikasi, meneliti, deskripsi, logika, matematika dasar, serta berpikir logis & terstruktur. Intinya kamu harus melek tentang kebijakan ekonomi, serta mampu mengorek fenomena yang terjadi di kehidupan masyarakat sesuai hukum & moral islam.

Gelar yang dapat kamu sematkan ketika lulus adalah S.E atau Sarjana Ekonomi seperti pada umumnya. Namun ternyata di beberapa kampus ada sedikit perbedaan, yaitu S.E.I. (Sarjana Ekonomi Islam) atau S.E.Sy. (Sarjana Ekonomi Syariah). Hmm kira-kira lebih keren yang mana nih, Pahamifren?

Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Islam

Memilih berkarir dalam ranah ekonomi tentu tidak perlu khawatir tentang pekerjaan, yappp peluangnya akan sangat luas. Kalaupun ini lebih spesifik karena ada unsur keislaman, tetap banyak pilihan yang dapat kamu ambil kok. Mungkin dulu iya susah, tapi semakin berkembangnya zaman ternyata semakin menjamur juga di Indonesia. Mulai dari industri bisnis islam, lembaga keuangan, layanan masyarakat, dll. Berikut beberapa contohnya:

Pegawai Bank (Account Officer)

Menjadi pegawai bank adalah salah satu karir yang dapat dipilih. Apalagi kamu dibekali ilmu tentang keuangan, tentu hal ini akan memudahkan pekerjaan nantinya. Sebagai pegawai bank, kamu harus paham mengenai investasi keuangan dan juga cara penukaran uang untuk transfer dan wesel.

Selain itu, tanggung jawab kamu adalah memastikan dana yang disimpan dan disalurkan kembali pada masyarakat aman dan sesuai kebutuhannya. Kalau kamu berpikir hanya bisa bekerja di bank syariah seperti mandiri syariah ataupun bni syariah itu salah yaa, kamu juga dapat mengejar karir di bank umum lainnya.

Ekonom

Jika di bidang seni ada Seniman, maka bidang keuangan pun ada Ekonom. Yaitu seorang ahli professional dalam bidang ekonomi. Di Indonesia misalnya ada Mubyarto seorang pakar Ekonomi Kerakyatan dengan konsep Ekonomi Pancasila, lalu ada Soemitro Djokohadikusomo yang menelaah tentang Ekonomi Politik. Walaupun memiliki ranah tertentu, tapi tetap tujuannya untuk menyeselaikan suatu permasalahan dalam bidang ekonomi.

Melakukan kritik pada kebijakan ekonomi yang ditetapkan pemerintah juga adalah tanggung jawab karir ini, apakah sudah cukup baik untuk sudut pandang masyarakat atau belum. Yang otomatis kamu juga harus paham konsep sserta mampu mengembangkannya dengan penelitian

Pegawai Bagian Finance

Di perusahaan baik pemerintah ataupun swasta membutuhkan pegawai finance untuk mengatur semua keuangannya. Tim yang tergabung di dalamnya akan memiliki peran penting masing-masing. Misalnya dari mulai pencatatan transaksi yang dilakukan perusahaan, melalukan pengelolaan alur kas masuk dan keluar, serta sistem akuntansi selamat satu periode. Disini tanggung jawab kamu cukup besar, apalagi menyangkut keuangan yang memang ranahnya sangat sensitif. So, ketelitian kamu akan sangat dibutuhkan dalam karir ini ya, Pahamifren. 

Sales

Bagian penting dalam perusahaan lainnya yaitu ada Sales atau tim penjualan. Coba bayangkan di perusahaan tidak ada tim tersebut, maka produk yang ditawarkan tidak akan laku di masyarakat. Profesi ini mengharuskan kamu untuk bertemu dengan calon pembeli, maka kemampuan public speaking diusahakan aktif yaa.  

Contoh di lembaga keuangan, produk yang dapat kamu pasarkan adalah deposito, kartu kredit, tabungan jangka panjang, dll. Selain itu kemampuan analisis juga diperlukan, sebab kamu akan bertanggung jawab memastikan si pembeli atau nasabah tersebut dapat dipercaya.

Yang jadi pertanyaan, apakah jurusan Ekonomi Islam mahasiswa/i harus beragama islam juga? Hmmm kata siapa deh? Sampai saat ini belum ada syarat dan ketuntuan prihal agama kok. Jadi kalau kamu non-muslim, masih ada kesempatan untuk tetap bisa belajar di jurusan ini ya, Pahamifren.

Semakin mendekati UTBK pasti semakin degdegan dong? Kadang bahkan ada yang semangatnya turun saking gugupnya, hmm padahal sekarang adalah waktu –waktu strategis kamu untuk memanfaatkan peluang belajar nih. Jadi ayoo inget lagi apa motivasi kamu kedepan yaa. Semoga artikel ini membantu.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll