pfy-burger-btn Menu

Kenali Jurusan Perencanaan Wilayah Kota ?

Perencanaan Wilayah Kota

Salah satu hal yang bikin pusing waktu pilih jurusan UTBK adalah menyesuaikan dengan jurusan SMA. Yappp, kalau kamu menghabiskan 3 tahun di IPA atau IPS, pasti saat kuliah diharapkan memilih jurusan yang sama juga. Alasannya satu, karena pelajaran yang di tes-kan akan cukup familiar, jadi akan memudahkan nantinya.

Tapi, banyak juga yang memilih linjur atau lintas jurusan lho. Waktu SMA-nya IPS eh pengen ngambil jurusan kuliah ranah IPA, otomatis kamu perlu belajar lebih ekstra nih. Dan terpenting, jurusan yang membuka jalur linjur itu hanya beberapa dan tidak semua kampus. Nah contoh jurusan yang tersedia untuk itu adalah Perencanaan Wilayah Kota, hmm terdengarnya mungkin asing yaa? Tapi jangan salah, jurusan ini ternyata cukup menjanjikan lho.

Fyi, jurusan ini adalah ranah IPA, tapi sekarang IPS juga bisa langsung gas ngengggg. Biar lebih jelas, langsung aja yuk kepoin!

Tentang Jurusan Perencanaan Wilayah Kota dan Kehidupan Akademiknya

Perencanaan Wilayah Kota atau anak kampus sering bilang PWK  adalah salah satu jurusan yang masuk fakultas teknik lho. Yappp, dulunya jurusan ini dinamakan Teknik Planologi. Makanya ngga heran deh kalau masih ada yang nyebut dengan embel-embel teknik. Seiring berkembangnya zaman, maka terjadi pula perubahan nama.

Intinya masih sama kok, yaitu ilmu yang mempelajari detail tentang wilayah kota, mencakup unsur yang ada di dalamnya juga. Selain itu, kamu juga akan dibekali ilmu untuk menyusun rencana tata ruang & wilayah, menyusun rencana yang dibuat dari kebijakan, serta cara evaluasi yang baik.

Yang harus kamu ketahui, semua hal yang ada kaitannya dengan Perencanaan Wilayah Kota ternyata harus dipertimbangkan sedetail mungkin. Dengan mengacu pada aspek politik, ekonomi, sosial, lingkungan, serta tata kelola berkelanjutan. Maka dari itu, PWK disebut ilmu kompleks, karena akan banyak bersinggungan dengan ilmu lainnya.

Kalau kamu heran kenapa bisa se-kompleks itu, Mipi terangin deh. Jadi misal ada perencanaan untuk sebuah kota yang wilayahnya cukup tertata, seperti kemacetan stabil dan juga banyak persawahan. Sedangkan di kota lain memiliki kemacetan tinggi dengan tingkat penduduk yang padat. Nah dari kedua contoh tersebut saja dapat terlihat bahwa setiap wilayah memiliki aspek yang berbeda, dan untuk pengembangannya-pun harus beriringan dengan aspek tersebut. Ya walaupun terlihatnya rumit, kalau kamu pelajari sepenuh hati ini bakal jadi hal yang seru kok.

Seperti yang Mipi jelaskan di atas, jurusan PWK ini bisa linjur dari IPS ke IPA. Walaupun begitu, kamu ngga bakal kaya ngeraba banget. Karena bakal ada beberapa matkul juga yang sudah dipelajari di ranah IPS. Dijamin kamu ngga bakal ngang ngong ngang ngong banget deh hehehe.

Ngomog-ngomong soal matkul, Mipi kasih contoh beberapa biar kamu ada gambaran. Diantaranya ada:

–          Pengantar Ekonomi Perencanaan,

–          Pembiayaan Pembangunan,

–          Ekonomika Wilayah dan Kota,

–          Prasarana Wilayah dan Kota,

–          Pengembangan Komunitas,

–          Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota,

–          Komputasi Perencanaan,

–          Proses Perencenaan,

–          Morfologi Kota,

–          Teknik Analisa Perencanaan,

–          Pengantar Data Spasial,

–          Pola Lokasi dan Struktur Ruang,

–          Tata Guna Lahan,

–          Aspek Kependudukan dalam Perencanaan,

–          Hukum Perencanaan,

–          Manajeman dan Administrasi Pembangunan,

–          Perancangan Kota,

–          Sistem Perumahan, dan

–          Perencanaan Wilayah

Nah, matkul-matkul di atas dapat membuka lebih luas lagi sudut pandang kamu tentang jurusan ini. Dimana perencanaan wilayah dan kota ngga cuma ngurusin satu wilayah saja, banyak hal yang ternyata berkesinambungan. So, cukup menarik bukan?

Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah Kota

Salah satu alasan kenapa jurusan Perencanaan Wilayah Kota cukup di rekomendasikan, itu karena prospek karir yang menjanjikan. Di zaman sekarang dengan teknologi yang sudah canggih, memiliki ilmu di bidang tersebut akan sangat dicari oleh banyak perusahaan, baik pemerintah ataupun swasta. Kamu juga pasti akan ditempatkan pada posisi yang penting, otomatis mempengaruhi gaji juga lho. Nah, buat yang bingung lulus dari jurusan ini mau ngapain, simak beberapa karir berikut yuk!

Ahli Perencanaan Wilayah Kota

Biasanya profesi ini menjadi karir utama para lulusan PWK, karena peluangnya yang cukup besar. Kamu bisa menemukan karir ini di kantor pemerintah ataupun swasta yang bergerak dalam bidang pembangunan. Tugas utamanya tentu melakukan perencanaan untuk sebuah wilayah/kota dengan mengedepankan analisis detail hingga pengaruhnya pada masyarakat. Asal kamu rajin saat perkuliahan, pasti bakal enjoy banget ngejalaninnya deh.

Konsultan Bangunan dan Proyek

Namanya proses pembangunan, pasti tidak sembarangan. Ada struktur yang harus diurus agar tidak terjadi kecelakaan kerja ataupun kegagalan. Walupun misal ada klien yang akan melakukan pembangunan di wilayah legal, tentu itu bukan jadi tolak ukur apakah pembangunan tersebut akan berhasil. Nah tugas kamu disini yaitu turut andil untuk menjalankan prosesnya agar aman dan lancar untuk semua pihak yang terlibat.

Surveyor Pembangunan

Surveyor disini dalam arti sekelas manajer yaa. Tugas manajer pada umumnya adalah memberikan izin instruksi kepada bawahan untuk melakukan sesuatu. Nah dalam bidang inipun sama, kamu akan memvalidasi apakah suatu proyek pembangunan bisa dilanjutkan atau tidak. Karir ini tentu tidak bisa didapat dengan mudah, kamu harus menjadi junior terlebih dahulu hingga layak dititik tersebut. Ssssssst gajinya lumayan gede lho.

Ahli Pembuatan Peta Wilayah

Membangun wilayah tentu tidak bisa asal, harus ada analisis secara seksama termasuk pembuatan peta. Semua itu bertujuan untuk membantu transporatsi ataupun pemetaan bencana agar lebih mudah.

Hmm karir ini biasanya di sepelekan oleh beberapa orang, tapi tahukah kamu kalau tidak ada ilmu di bidang ini maka tidak ada juga maps di dunia. Hmm bayangin seberapa bingungnya kalau mau ke daerah yang tidak dikenal. So, ini bisa jadi salah satu pilihan karir yang goks banget deh.

For your information, tidak semua kampus membuka jurusan PWK yaa. Tapi jika tertarik, kamu bisa menemukannya di ITB, Brawijaya, Diponegoro, Gadjah Mada, ITS, Sebelas Maret, Hasanuddin, Sam Ratulangi, serta UIN Alauddin.

Kalau uda yakin dan mantep, saatnya belajar yang rajin okeyyy. Ayo semangatnya diasah lagi, Pahamifren. Mipi tau pasti kamu udah cape banget kan? Istirahat boleh, tapi jangan nyerah yaa. Ayo tunjukin ke dunia kalau kamu bisa taklukan UTBK 2022. Semoga artikel ini membantu.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll