Close

March 17, 2022

Jurusan Perpajakan – Kaki Tangan Menkeu?!

Jurusan Perpajakan

Siapa disini yang memiliki impian untuk kuliah Jurusan Perpajakan? Jika kamu salah satunya, tentu ini pilihan tepat. Mipi bisikan yaa, ternyata jurusan Perpajakan masuk ke dalam jurusan yang diminati saat UTBK lho. Hmm kok bisa???

Sebenarnya eksistensi jurusan Pepajakan sudah tidak diragukan lagi. Kayanya semua orang pengen banget deh masuk jurusan ini. Alasannya beragam, misalnya karir yang menjanjikan, gajinya besar, kuliahnya tidak terlalu rumit, dll. Walaupun pada dasarnya asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah juga.

Dengan adanya tax amnesty dan ditentukannya pajak pribadi oleh kementrian keuangan, ternyata membuat Perpajakan semakin dikenal luas oleh lapisan masyarakat.

Tentu tidak hanya itu saja, banyak hal yang harus kamu pikirkan jika ingin masuk jurusan Perpajakan. Ingat yaa tidak boleh asal memilih hanya karena alasan karir, kamu juga harus punya setidaknya skill yang dapat menunjang. Nah, di bawah ini Mipi jelaskan seluk beluk jurusan Perpajakan yang harus kamu ketahui, So, let’s start it!

Kehidupan Akademik dan Seluk Beluk Jurusan Perpajakan

Perpajakan atau Administrasi fiskal masuk ke dalam rumpun soshum saat UTBK. So, kamu yang di jurusan IPS mungkin akan cukup familiar dengan kehidupan akademik atau pelajaran-nya. Yang mengira Perpajakan hitung-hitungannya sedikit siapa??? Huhu maaf banget harus Mipi patahin karena ternyata kamu akan menemukan banyak angka disini. Tapi tenang, ngga akan sesusah dan semenakutkan itu kok. Kamu hanya perlu lebih mendalami dan belajar sungguh-sungguh.

Ternyata akan ada banyak aspek tentang Perpajakan yang nantinya ditemukan, seperti dari sisi ekonomi, akuntansi, serta hukum-nya. Hmm cukup menarik!

Eitsss sebelum lebih jauh, kamu juga harus hapal diluar kepala mengenai pengertian pajak. Pajak adalah kontribusi wajib kepada Negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan UU, digunakan untuk kepentingan dan kemakmuran rakyat.

Nah, kehidupan akademik sehari-harinya seperti apasih??? Pahamifren yang memilih jurusan Perpajakan pastinya mempelajari wajib pajak orang pribadi serta wajib pajak badan baik pusat maupun daerah. Mulai dari pajak bumi & bangunan, pajak pertambahan nilai, pajak hotel & restoran, pajak kendaraan, bea materai, sampai pajak hiburan akan kamu pelajari satu persatu.

Selain itu, kamu juga akan dibekali untuk melakuan pemeriksaan pajak dan juga kemampuan dalam mengelola pajak. Yang tujuannya untuk menggali lebih dalam potensi perpajakan, sehingga cakupannya akan lebih luas lagi dari konsentrasi Perpajakan di jurusan lain.

Teruntuk mata kuliah semester awal, kamu akan berhadapan dengan pengantar perpajakan dari semua pajak yang Mipi jelaskan di atas. Masuk ke semester lanjut kamu akan disuguhkan dengan praktek di lab perpajakan. Nah, jika semester awal mungkin masih dasar dan teori, disini kamu akan bener-bener menghitung pajak detail. 

Seperti yang sudah Mipi bilang, Perpajakan ini akan berhubungan dengan beberapa aspek. Maka dari itu di semester lanjut kamu juga pasti bertemu dengan mata kuliah akuntansi, manajeman kewirausahan, serta hukum perpajakan. Baru deh di semester akhir kamu akan mendapatkan mata kuliah Tax Plan. Yaitu mempelajari bagaimana cara yang harus dilakukan dalam menghadapi suatu kasus dalam Perpajakan.

Jenjang Karir Jurusan Perpajakan

Statement jika lulusan Perpajakan memiliki karir menjanjikan itu sebenarnya benar lho, Pahamifren. Pada faktanya, lulusan ini akan sangat dibutuhkan baik di pemerintahan maupun perusahaan swasta. Pada pemerintahan kamu akan diberi tanggung jawab untuk menghitung potensi penerimaan Negara dan cara mengelolanya. Dan di perusahaan swasta tentunya kamu akan ditugaskan untuk menghitung pajak yang harus dibayarkan pada Pemerintah setiap tahun. Nah, di bawah ini ada beberapa pilihan karir yang dapat kamu geluti, yuk disimak!

Staff Kementrian Keuangan

So, buat kamu yang cita-citanya kepengen banget kerja di Kementrian, akan sangat ada peluang apabila kamu lulusan Perpajakan. Tugasnya adalah mengelola keuangan, dan pastinya background jurusan ini cukup tepat. Tinggal dipilih saja posisi yang sesuai dengan yang kamu pelajari saat dibangku kuliah. Terkait gaji kayanya gaperlu diraguin lagi deh, sssst pastinya akan banyak tunjangan lho jika memilih karir ini.

Staff/Pegawai Pajak

Nah biasanya karir sebagai pegawai pajak juga banyak di incar oleh lulusan Perpajakan. Jika saat kuliah belajarnya dengan sungguh-sungguh, tentu peluangnya akan cukup besar. Kamu nanti bisa bekerja di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) daerah setempat. Biasanya staff pajak akan membantu customer untuk melaporkan SPT wajib pribadi atau badan. Maka dari itu, kamu harus paham detail caranya ya.

Tapi tentu tidak hanya itu saja, seorang pegawai pajak akan melakukan strategi pajak dengan mencatat, analisa, dan kalkulasi yang tepat. Teruntuk gaji, pokonya maknyus deh!

Pegawai Bank

Kata siapa pegawai bank hanya untuk lulusan perbankan saja? Eitsss jangan salah, kamu juga berpeluang untuk meniti karir di profesi ini. Tanggung jawabnya cukup besar, kamu harus mengelola dana dari masyarakat dan menyalurkan lagi dana tersebut kepada masyarakat yang sekiranya membutuhkan. Dalam arti membutuhkan disini adalah sudah sesuai dengan SOP yang berlaku sebagai kreditor.

Yang harus kamu ketahui, kerja di bank ternyata memberi banyak keuntungan lho, Pahamifren. Selain menawarkan gaji yang relatif tinggi, kamu juga bisa memperluas jaringan bisnis. Maka dari itu soft skill public speaking harus kamu kuasai secara baik. 

Konsultan Pajak

Karir ini mungkin cukup asing ditelinga sebagian orang, tapi jangan salah lho ternyata karir ini masuk kedalam salah satu yang menjanjikan. Sebagai seorang konsultan, kamu akan diberi tanggung jawab untuk menawarkan jasa konsultasi bidang perpajakan, dimana tujuannya untuk membantu wajib pajak pribadi maupun badan dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

Pada dasarnya kamu akan membantu mengurus tetek bengek Perpajakan. Mulai dari menghitung, membayar, hingga melaporkannya. Selain itu, kamu juga akan memberikan strategi pada klien tentang perencanaan pajak kedepannya agar lebih optimal. Menarik banget bukan??

Bagaimana? kehidupan akademik jurusan Perpajakan dan karir-nya cukup menarik dan menjanjikan bukan? Tentu memilih jurusan UTBK tidak mudah, perlu pertimbangan yang matang dari beberapa aspek. Disini Mipi hanya membantu agar kamu tahu gambarannya saja, tentu semua pilihan ada pada kamu sendiri, Pahamifren.

UTBK tinggal beberapa bulan lagi, sudah sejauh mana nih persiapan kamu? Mipi yakin banget pasti kamu sudah berusaha semaksimal mungkin. Nah dibalik usaha tersebut jangan lupa berdoa juga yaa. Semoga hasil yang akan kamu dapatkan nanti sesuai dengan harapan. Fighting! Semoga artikel ini cukup bermanfaat.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *