pfy-burger-btn Menu

Jurusan Seni Rupa Perlu Kreativitas Tinggi? Yuk Cek Kehidupannya!

Seni Rupa

Cung yang suka gambar atau hal berbau seni? Gotchaa!! Bakalan tepat banget kalau pilih jurusan Seni Rupa nih. Fyi, jurusan Seni Rupa asyik banget lho, kamu pasti sering lihat anak jurusan seni kaya beda gitu sama anak yang lain, entah lebih nyentrik atau lebih enjoy-able. So, buat kamu yang ada ketertarikan dalam bidang ini, yuk cek lebih detail kehidupannya!

Tentang Jurusan Seni Rupa

Jurusan Seni Rupa mungkin masih banyak di sepelekan di luar sana, dan biasanya oleh orang awam yang tidak mengetahui seluk beluknya. Menurut mereka, anak yang sukses adalah anak yang memillih jurusan hukum, ekonomi, hubungan internasional, dll. “Kuliah kok ngegambar, mau jadi apasih setelah lulus?” Persepsi tersebut kayanya udah makanan sehari-hari deh. Sehingga orang-orang yang memilihi jurusan ini, terkadang sering ditentang oleh keluarganya.

Hmm padahal seni adalah sebuah keindahan yang tidak ada tandingannya lho. Apalagi kamu yang sudah punya bakat, itu adalah anugerah yang tidak semua orang punya. Dan di jurusan inilah kamu ada wadah untuk mengasahnya menjadi lebih baik.

Semakin berkembangnya zaman, seni akan mengalami modernisasi. Dalam arti ia tetap bisa dinikmati di zaman sekarang, tapi nilai lokal dan globalnya juga tidak tertinggal. Seni Rupa ini banyak jenisnya, dari mulai menuangkan ide dan kreativitas melalui lukisan, seni grafis, kerajinan, bahkan seni pahat.

Maka dari itu, kamu akan banyak bersinggunakan dengan desain juga. Misal desain interior, desain komunikasi visual, desain tekstil, dll. Jadi buat kamu yang mengira seni itu sempit dan cuma gambar doang, hmm kayanya harus buang jauh-jauh deh pikiran tersebut.

Kuliah seni itu nyantai…

Kelihatannya sih iyaa, tapi ya namanya juga tak kenal maka tak sayang, kamu pasti cuma nilai dari sisi luarnya. Yang harus kamu tahu, jurusan ini memang sering belajar mandiri. Dalam arti dosen hanya mengarahkan, tapi kreativitas yang kamu punya silakan untuk diasah secara individu.

Juga kelasnya asyik lho, kamu ngga akan bosen deh. Ya gimana mau bosen, kadang kelasnya mengunjungi museum atau galeri arts. Selain itu, pasti ada sisi beratnya juga. Kamu akan dituntut untuk membuat karya seni dan laporan makalah dengan deadline yang mepet.

Belajar selama 8 semester atau 4 tahun pasti familiar untuk bereksperimen dalam seni. Berbekal keterampilan artistik, praktik seni, hingga ekspresi proses kreaktif, membuat kamu dapat mengembangkan ciri khas yang cocok. Keren banget bukan?

Mata Kuliah Seni Rupa dan Peminatannya

Di setiap universitas, Seni Rupa ini di bagi-bagi lagi untuk peminatannya sesuai dengan hal yang kamu sukai. Contoh di ITB, program Seni Rupa ada 4 bidang turunannya. Ada Seni Lukis, Seni Grafis, Seni Patung, dan Seni Keramik. Kamu tertarik bidang yang mana nih, Pahamifren?

Di Seni Lukis kamu akan belajar dasar lukis dan gayanya. Di Seni Pahat, dibekali ilmu untuk memahat patung dan juga hal berbau bahan baku dan bentuk 3 dimensi. Dan untuk yang tertarik dalam fotografi dan hal bebau percetakan, itu masuk kedalam Seni Grafis. Sedangkan Seni Keramik, kamu akan belajar bagaimana teknik pembuatan, pewarnaan, hingga pembakaran.

Yang tak kalah menariknya, kamu akan diberikan kesempatan mengambil mata kuliah minor.. Sehingga bisa belajar seni lain untuk nenambah kreativitas.

Sama seperti jurusan lainnya, Seni Rupa juga bukan ilmu yang dapat berdiri sendiri. Kamu akan tetap bertemu manajeman, filsafat, sejarah, psikologi, dll. Walaupun dari luar ngga nyambung, ilmu tersebut sangat amat berguna juga untuk penerapan seni lho. Misal manajeman, nah kamu dapat mengaplikasikannya dengan cara me-manage pameran seni dengan baik

Prospek Kerja

Keuntungan yang dapat di ambil dari lulusan Seni Rupa itu banyak banget, apalagi dalam ranah karir. Berikut beberapa pilihannya:

Ilustrator

Kemampuan gambar di jurusan ini tentu menjadi hal utama. Nah kamu yang menguasai skill tersebut, bisa ambil pilihan karir sebagai illustrator di perusahaan. Apalagi sekarang teknologi semakin canggih, kamu akan ditugaskan menggambar ilustrasi yang bersangkutpaut dengan produk, atau menguasai konsep abstrak yang diinginkan klien. Biasanya karir ini akan sangat dibutuhkan dalam ranah industri kreatif dan media.

Seniman

Menjadi seniman tentu karir yang didambakan oleh semua orang lulusan seni. Siapa sih yang ngga mau karya mereka dikenal luas? Pasti ada kebanggaan dalam diri yang tak ternilai. Gelar seniman juga tidak bisa sembarangan. Ketika seorang seniman menciptakan sebuah karya, maka akan ada proses ide yang panjang dan nilai-nilai estetik yang harus dikembangkan. Selain iu, kamu juga harus punya ciri khas. Contoh seniman lukis terkenal di Indonesia salah satunya adalah Affandi.

Fotografer

Seperti yang Mipi jelaskan di atas, Seni Rupa ITB memiliki turunannya lagi yaitu Seni Grafis. Nah yang termasuk di dalamnya adalah fotografi.

Moto ngga cuma asal jepret, kamu harus mempelajari seninya yang tidak sederhana. Misal dari mulai pengambilan cahaya, bentuk foto, dll. Di zaman sekarang, karir ini ternyata sangat dibutuhkan. Entah untuk acara wedding, kebutuan perusaahan seperti iklan & media, atau kebutuhan pameran.

Content Creator

D zaman millenial ini, Content Creator menjadi karir yang buanyak banget peminatnya. Seorang Content Creator adalah orang yang melahirkan karya melalui tulisan, video, suara, dll. Dimana karya tersebut nantinya bisa di ekspose di platform youtube, blog, tiktok, dan sosmed lainnya. Kekuatan sosial media sekarang benar-benar memilik impact yang sangat besar. Jadi jangan heran kalau semua bisnis pasti membutuhkan karir ini untuk membantu memasarkan produknya.

Itulah beberapa uaraian singkat mengenai jurusan Seni Rupa. Mipi ingatkan UTBK 2022 sebentar lagi nih, siapa yang udah yakin banget bakal milih jurusan tersebut? Atau bahkan ada yang masih ragu-ragu? Hmm yang masih ragu-ragu kayanya harus gercep, karena penutupan pendaftaran kurang lebih tanggal 15 April menurut LTMPT. So, semoga artikel Mipi di atas sedikit banyak membantu kamu yaaa.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll