pfy-burger-btn Menu

Lulusan Teknik Kimia – Kerja Apa???

Teknik Kimia

Mendengar jurusan Teknik Kimia apa yang ada di pikiran kamu? Pasti bingung deh ini masuknya jurusan Teknik atau Kimia? Hmm for your information, jurusan Teknik Kimia dengan Kimia murni itu beda pilihan ya di UTBK. Teknik Kimia lebih kearah teknisnya, sedangkan Kimia murni lebih kearah eksperimen dll, nanti Mipi jelasin lebih lanjut di bawah deh.

Saat ini kebutuhan industri di dunia sudah menjadi hal penting, akan terus meningkat juga seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, sangat membutuhkan lulusan Teknik Kimia untuk membantu proses industrial agar berjalan dengan lancar. Pokoknya yang anak IPA benget dan suka dengan pelajaran kimia, jurusan ini bakalan jadi batu loncatan kamu untuk sukses berkarir di masa depan.

Lebih detailnya, simak ulasan berikut yuk!

Tentang Jurusan Teknik Kimia dan Kehidupan Akademiknya

Teknik Kimia itu apa sih? Okey, jadi Teknik Kimia adalah program studi yang mempelajari teknologi perancangan pabrik atapun memperbaiki yang sudah ada. Pokoknya proses yang terjadi di pabrik biasanya memang dirancang oleh sarjana Teknik Kimia. Rancangan yang dimaksud salah satunya pemeliharaan proses kimiawi, teknik-teknik untuk pengelolaan barang mentah hingga barang jadi, proses reaksi untuk menghasilkan produk, sistem penggunaan sumber daya pabrik, dll.

Di jurusan ini juga akan banyak mecampurkan ilmu lain. Misal dengan fisika, biologi, matematika, ekonomi, bahkan sampai ke desain. Yapp jadi jangan kaget kalau bersangkutpaut dengan pelajaran lainnya yaa, karena memang bertanggung jawab untuk memastikan proses kimia ataupun biologis yang terjadi di internal maupunn eksternal pabrik menjadi tepat sasaran dan efektif seperti yang diharapkan.

Nah sebagai gambaran, yang berkaitan dengan ekonomi yaitu menentukan kapasitas produksi pabrik. Seperti bahan baku hingga jumlah yang dihasilkan sudah sesuai atau belum, lebih mahal atau lebih murah dll. Atau keterkaitan dengan desain megharuskan kamu merancang bio-reactor dan sistem perpipaan agar tidak terjadi kecelakaan pabrik.

Jika dengan biologi, biasanya kamu harus punya wawasan untuk sistem pengelolaan limbah agar tidak mencemari lingkungan sekitarnya. Selain itu, kamu juga punya wewenang untuk meningkatkan kapasitas produksi lho. Intinya di jurusan ini kamu ngga akan haus ilmu, buanyak banget hal yang dapat kamu kulik dan pelajari. Keren banget bukan?

Mata Kuliah Jurusan Teknik Kimia

Fakta yang harus kamu ketahui, ternyata saat ini Teknik Kimia membuka cabang baru atau studi baru, yaitu TKU (Teknologi Kimia Umum), TP (Teknologi Pangan), dan juga BP (Bioproses).  Ini mungkin akan lebih memudahkan kamu untuk berkecimpung dalam satu bidang saja. Eitss tapi jangan khawatir, jurusan Teknik Kimia juga tetap ada kok.

Teknik Kimia memiliki mata kuliah wajib berupa teori dan praktik pada umumnya. Seperti yang Mipi bilang di atas, Teknik Kimia ini adalah ilmu multidisplin, dalam arti banyak keterkaitan dengan pelajaran lain juga. Jadi ngga cuma belajar Teknik atau Kimia aja yaa.

Berikut Mipi berikan gambarannya deh.

Di semester 1 & 2 kamu akan berhadapan dengan pengantar teknik kimia, kimia organik, fisika dasar, kalkulus, kimia dasar, dan praktikum dasar teknik kimia.

Semester 3 & 4 ada matematika teknik kimia, termodinamika, dasar-dsasar bioproses, rekayasa lingkungan, pengelolaan limbah industri, proses mekanik, mikrobiologi industri, serta teknik kimia reaksi.

Semester 5 & 6 akan bertemu perpindahan kalor, metodologi penelitian, mekanika fluida, pemodelan & pengendalian proses, manajeman industri kimia, perancangan produk & proses kimia, serta praktikum teknik kimia.

Nah di semester 7 & 8 kamu akan lebih struggle lagi, namanya juga semester akhir pasti maktulnya-pun lebih berat. Diantaranya ada ekonomi teknik kimia, perancangan alat proses, manajeman proyek & industri, perancangan dan keselamatan pabrik kimia, industri kimia berkelanjutan, teknologi produk, dan terakhir tugas perancangan pabrik kimia.

Yang harus di garis bawahi, disetip univ mungkin tidak terlalu sama percis yaa matkulnya. Tapi secara general seperti itu. Bagaimana, cukup tertantang kan, Pahamifren?

Prospek Kerja

Teknik Kimia itu cakupanya luas dan juga akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan industri. Maka dari itu, prospek karirnya pun pasti banyak banget pilihan. Ngga harus kerja dalam ranah pabrik ya, banyak juga profesi yang berkaitan. Berikut Mipi rangkum beberapa:

Peneliti dan Teknisi Kimia

Biasanya kamu akan menjumpai karir ini di perusahaan swasta. Misalnya di pabrik kimia, farmasi, perminyakan dan pertambangan, dll. Sebagai peneliti, tentunya kamu harus ahli dalam penelitian. Misalnya dalam penemuan reagen pada produk kimia dan bahan lainnya, kemudian dicari solusi terbaik dari masalah tersebut. Selain itu, mengembangkan produk sesuai SOP perusahaan adalah tanggung jawab dari profesi ini yaa.

Teknisi dan Operator Pabrik

Kerja di pabrik merupakan hal yang lumrah dijumpai oleh lulusan Teknik Kimia. Apalagi berkarir di bidang teknisi dan operator pabrik, kamu sangat berperan penting dalam kelangsungan pabrik tersebut.

Tugas kamu mulai dari merancang hingga memastikan operasi pabrik dalam keadaan baik hingga masa yang akan datang. Di zaman modern ini, pabrik mulai menjadi perhatian khusus. Maka dari itu, sebagai teknisi kamu harus menciptakan teknologi ramah lingkungan. Sedangkan operator pabrik intinya memastikan semua mesin dalam keadaan aman dan bisa digunakan.  

Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC)

Di setiap pabrik pasti memiliki standar untuk setiap produk yang dihasilkan. Maka dari itu, terciptalah kedua karir tersebut. Namun tentu keduanya memiliki tanggung jawab yang berbeda yaa. Untuk QA lebih kearah memastikan kualitas produk, jadi memastikan dulu sebelum diedarkan ke pasaran, apakah sudah memenuhi standar yang diinginkan atau belum. Sedangkan QC sebagai pengendali kualitasnya, dalam arti memeriksa kembali produk sebelum mendapat standar kualitas yang diinginkan..

Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan

Sebagai seorang pengendali mutu produk dan kesehatan, kamu ditugaskan untuk memastikan semua proses produksi sampai barang di terima konsumen dalam keadaan baik, aman, dan lancar. Misal dari kualitas bahan yang dipilih-pun harus sesuai dengan standar perusahan, lalu ketersedian bahan baku apakah mencukupi atau tidak, dll. Nantinya kamu akan lebih sering untuk berdiskusi dengan divisi logistik. So buat kamu yang tertarik dengan karir ini, kemampuan kerja sama dalam tim dan komunikasi yang baik harus dikuasai ya, Pahamifren.

Intinya buat kamu yang nanti bakal pilih jurusan ini pas UTBK, ngga perlu khawatir soal karir atau kerjaan deh. Dijamin banget ngga akan pengangguran, asalkan kamu juga mau giat berusaha ya!! Apalagi kampus di Indonesia ngga semuanya membuka jurusan Teknik Kimia, otomatis peluang akan semakin besar juga. Semoga artikel ini membantu kamu ya, Pahamifren.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll