Close

April 18, 2022

Kuliah Jurusan Ilmu Komputer – Harus Pinter Matematika???

Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer ternyata diminati banyak orang saat UTBK lho, apalagi di zaman sekarang teknologi semakin canggih, yang otomatis berpengaruh terhadap prospek karir kedepannya juga.

Eiittts tapi jangan langsung ciut dulu dong, kalau kamu yakin dan bersungguh – sungguh, jurusan tersebut bisa kamu gapai kok. Semua kerja keras kamu pokoknya bakal seimbang banget deh.

Nah yang jadi pertanyaan harus pinter matematika ngga sih? Hmm sebenarnya pinter sih ngga, tapi paling tidak kamu paham dan mau belajar, karena mau tidak mau akan menghabiskan banyak waktu juga untuk pelajaran tersebut.  

So, biar kamu ngga hah hoh hah hoh langsung aja deh simak ulasan berikat untuk lebih detailnya!

Tentang Jurusan & Kehidupan Akademiknya

Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang perangkat komputer, sistem komputasi, dan tentunya komputer programming. Dari 3 hal tersebut kamu akan coba mengoperasikan bagaimana caranya agar komputer mampu untuk melakukan hal yang diinginkan pengguna. Apalagi di era digital ini, komputer merupakan komponen utama yang sangat berpengaruh.

Selain banyak menghabiskan waktu dengan matematika, kamu juga akan sering bertemu permainan logika, algoritma, hingga bahasa pemograman. Dan dari hal tersbut-lah nanti akan  muncul topik topik konkret maupun abstrak yang harus dipelajari.

Stereotype di luar sana banyak yang bilang kalau anak Ilmu Komputer itu detail, tekun, dan kreatif,  Itu 100% benar yaa. Karena selama perkuliahan kamu akan selalu dituntut untuk riset dan analisis. Otomatis kamu akan terbiasa untuk selalu berpikir logis, sitematis, sampai problem soving oriented. Keren banget bukan?

Yang jadi pertanyaan lagi, kenapa anak Ilkom ada julukan kreatif juga? Ini kan ilmu pasti??? Oke menarik! Yang harus kamu ketahui, namanya kreatif ngga cuma ada di  jurusan seni dll, Ilkom juga ada hal yang mengharuskan kamu untuk berfikir kreatif. Seimplenya gini, komputer itu pada awalnya hanya alat kosong yang tidak bisa digunakan sama sekali, harus ada kecerdasarn manusia untuk mengoperasikannya. Nah agar komputer tersebut bisa untuk melakukan banyak hal, maka ada langkah – langkah terstruktur yang harus diterapkan, langkah tersebut dinamakan algoritma.

Tapi komputer dengan manusia berbeda dalam segi bahasa. Jadi supaya algoritma berjalan dengan lancar, kamu harus belajar bahasa pemograman, agar alat tersebut dapat dengan mudah mengerti apa yang ingin kamu lakukan. Dari hal itulah kerativitas dan ketekunan kamu akan berpengaruh. Sehingga komputer bisa berjalan semestinya untuk digunakan orang banyak.

Fyi, yang menyangkut Ilmu Komputer itu ada beberapa bidang, misalnya Teknik Informatika, Kemanan Siber, Sistem Informasi, Teknik Komputer, dan   Sistem Operasi. Jadi jangan heran kalau misalnya ada kesamaan dari jurusan-jurusan tersebut yaa.

Selain itu, yang memilih jurusan Ilmu Komputer sebagai jurusan utama, kamu akan menjumpai beberapa matkul berikut:

–          Matematika Komputasi,

–          Analisis Perancangan Sistem,

–          Data Science and Analytics,

–          Mobile Programming

–          Metode Numerik,

–          Aljabar Linear Matriks,

–          Sistem Cerdas,

–          Teori dan Bahasa Automata,

–          Desain & Analisis Algorimta,

–          Analisis Perancangan Sistem, dan

–          Pemorograman Sistem.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komputer

Teknologi di zaman serba canggih ini sudah menjadi sebuah kebutuhan, apalagi dengan bisnis yang mulai berkembang ke ranah online. Tentu jurusan yang bersangkut paut dengan komputer akan sangat dibutuhkan. Jadi kalau kamu salah satu bagiannya, ngga perlu khawatir lagi soal karir deh, karena pasti semua industri membutuhkan lulusan ini untuk membantu perusahaannya. Agar ada sedikit gambaran apa aja karirnya, check this out:

Web Designer

Web Designer atau yang biasa disebut perancang web ini bisa menjadi salah satu pilihan karir kamu setelah lulus nanti. Pada dasarnya kamu akan dituntut untuk membuat sebuah website se-kreatif mungkin, yang dapat dinikmati oleh banyak orang. Dan web tersebut-pun harus dibuat se-simple mungkin. Dalam arti bisa dibuka di desktop, hp , tablet, dll, sehingga penggunanya akan lebih dipermudah. Tidak hanya memikirkan tampilan saja, memilih informasi yan ditampilkan dan juga menentukan posisi yang baik untuk tombol navigator adalah salah satu tanggung jawabnya.

Application Engineer

Walaupun terdengarnya asing, karir ini benar-benar menggiurkan lho. Tugas utamanya adalah pengoperasian aplikasi perangkat lunak/software. Dari mulai perencanaan, merancang, mengembangkan, hingga pengujian, yang pasti memastikan aplikasi tersebut dalam keadaan aman ketika digunakan oleh banyak orang. Seorang insinyur aplikasi ini tentu tidak bekerja sendiri, ada tim yang akan membantu. Jadi buat kamu yang tertarik di profesi ini, kemampuan bekerja sama dalam tim sangat diperlukan.

Konsultan IT

Semakin kuatnya pengaruh teknologi informasi, ternyata mempengaruhi bidang lainnya. Maka dari itu seorang kunsultan it tidak hanya berpacu pada teknis, tapi juga perlu paham penggunaan teknologi yang menyangkut ranah lain. Tugasnya adalah sebagai perantara. Begini, perusahaan pasti kan membutuhkan strategi dalam bisnisnya betul? Nah nanti dari staff tersebut akan berbicara kepada tim teknis apa yang diinginkan. Dan perwakilan dari tim teknis yang mendengarkan dan juga berkomentar adalah konsultan it. Baru setelah deal dilanjutkan ke tim untuk proses selanjutnya.

Programmer

Dilihat dari nama karirnya pasti banyak yang mengira programmer berarti membuat program. Hmm secara garis besar betul, tapi faktanya tidak sesederhana itu. Balik lagi, manusia dan komputer tentu berbeda, maka dari itu ketika membuat program kamu harus paham bahasa computer terlebih dahulu. Dalam arti berupa kode-kode terjemahan, sehingga dari kode tersebut dapat membuat sebuah perintah pada komputer untuk melalkukan tugas terkait.

Banyak testimoni yang bilang kalau belajar Ilmu Komputer itu seru lho, Pahamifren. Karena ilmu ini akan sangat cepat berkembang kian harinya, otomatis akan banyak tantangan juga dalam proses perkuliahan.

Selain itu, kamu bisa cek deh gaji orang – orang yang bekerja di bidang komputer, gede-gede banget! Tapi tentu disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki yaa, semakin ahli kamu makan gaji akan mengikuti.

So, yang minat atau fix banget bakal pilih jurusan Ilmu Komputer, please belajarnya di kebut lagiiii. Takdir kedepannya tidak tahu seperti apa, yang penting berusaha dulu okeyyyyy? Cayooo UTBK 2022. Doa Mipi menyertai kalian semua. Semoga artikel ini membantu.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *