Close

May 23, 2022

SIMAK UI: Informasi Lengkap

UM UGM

Siapa, nih, di antara Pahamifren yang ngambis masuk Universitas Indonesia? Selain melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, kamu masih punya jalur lain untuk bisa kuliah di UI, lho. Yaitu melalui jalur mandiri UI yang biasa dikenal dengan SIMAK UI.

Nah, biar kamu gak ketinggalan informasi mengenai SIMAK UI 2022, simak artikel ini sampai selesai, ya, Pahamifren!

Apa itu SIMAK UI?

Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) merupakan jalur seleksi mandiri untuk masuk ke Universitas Indonesia (UI) yang dilaksanakan dalam bentuk ujian seleksi terpadu. SIMAK UI memiliki beberapa program pendidikan, yaitu Vokasi (D3 dan D4), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Ekstensi/Paralel bagi lulusan D3, Sarjana Kelas Internasional, Profesi, Spesialis, Magister, hingga program Doktor.

Nah, biasanya, pelaksanaan ujian untuk Sarjana Kelas Internasional dilaksanakan pada waktu yang berbeda dengan Vokasi, Sarjana Reguler, dan Sarjana Kelas Paralel, Pahamifren.

Jadwal Penting SIMAK UI 2022

Bagi kamu yang berminat untuk mengikuti SIMAK UI 2022, jangan lupa catat tanggal-tanggal penting di bawah ini, ya!

Berikut adalah jadwal penting untuk Program Pendidikan Vokasi (D3 dan D4), Program Pendidikan Sarjana Reguler, dan Program Pendidikan Sarjana Paralel: 

Pendaftaran : 24 Mei – 27 Juni 2022

Ujian : 2 Juli – 4 Juli 2022 (metode daring)

Pengumuman : 14 Juli 2022

Sementara jadwal penting SIMAK UI Program Pendidikan Kelas Internasional adalah sebagai berikut:

Pendaftaran : 24 Mei – 27 Juni 2022

Ujian : 30 Juni 2022 (metode daring)

Pengumuman : 14 Juli 2022

Jumlah Pilihan Program Studi

Pahamifren harus paham dulu, nih. Bahwa pada S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi (D3 dan D4), pilihan program studi disebut sebagai pilihan pertama karena program studi yang kamu pilih tersebut adalah program studi yang  dapat kamu pilih sesuai dengan biaya.

Nah, sebenarnya dalam SIMAK UI 2022, kamu dapat memilih maksimal 6 program studi, ya, Pahamifren. Akan tetapi, setiap kamu menambahkan 1 program studi (di luar pilihan pertama) dalam pendaftaran, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp100.000,00.

Ketentuan pemilihan 6 program studi dalam SIMAK UI 2022 adalah S1 Reguler maksimal 3 program studi, S1 Paralel maksimal 3 program studi, Vokasi D3 maksimal 2 program studi, dan Vokasi D4 maksimal 2 program studi. Jadi, dalam satu formulir pendaftaran, kamu dapat memilih beberapa program studi dari program pendidikan yang berbeda sekaligus.

Program studi yang dapat kamu pilih dapat berupa kelompok IPA seluruhnya, atau program studi kelompok IPS seluruhnya, atau campuran dari program studi kelompok IPA dan program studi kelompok IPS (atau yang biasa disebut kelompok IPC). Sebagai contoh, kalau kamu mengambil kelompok ujian IPS, kamu dapat memilih 3 program studi S1 Reguler, 2 program studi S1 Paralel, dan 1 program studi Vokasi D3.

Jumlah pilihan pertama program studi SIMAK UI 2022 yang dapat kamu pilih sebagai pilihan pertama untuk S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi (D3 dan D4) untuk Kelompok Ujian IPA dan Kelompok Ujian IPS adalah 2 program studi. Sedangkan kalau kamu mengambil Kelompok Ujian IPC (campuran), kamu dapat memilih 3 program studi sebagai pilihan pertama kamu.

Sementara kalau kamu mengambil S1 Kelas Internasional, kamu hanya dapat memilih 1 program studi.

Eits, kalau kamu berniat untuk mendaftarkan diri sekaligus ke S1 Kelas Internasional, kamu harus membuat 2 pendaftaran, ya, Pahamifren. Jadi nanti kamu akan memiliki 2 pendaftaran dan 2 nomor pendaftaran dalam 1 akun.

Cara Daftar SIMAK UI 2022

Untuk mendaftar SIMAK UI 2022, berikut adalah tahapan yang harus kamu lakukan:

  1. Buat akun di situs Penerimaan UI,
  2. Unggah pasfoto berwarna berukuran 4×6 CM,
  3. Buat pendaftaran,
  4. Lakukan verifikasi pendaftaran, 
  5. Unggah berkas persyaratan pendaftaran,
  6. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran,
  7. Unduh kartu ujian masuk,
  8. Ikuti ujian sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan,
  9. Lihat hasil pengumuman.

Biaya Pendaftaran

  • Biaya SIMAK UI untuk S1 Reguler/S1 Paralel/Vokasi untuk 2 pilihan pertama kelompok ujian IPA saja atau IPS saja adalah Rp500.000,00. Kalau kamu hanya memilih 1 Prodi, kamu akan tetap dikenakan biaya Rp500.000,00.
  • Biaya SIMAK UI untuk S1 Reguler/S1 Paralel/Vokasi untuk 3 pilihan pertama kelompok ujian IPA dan IPS sekaligus (IPC) adalah Rp600.000,00. Namun, bila kamu hanya memilih 2 program studi, kamu tetap hanya membayar Rp500.000,00.
  • Kalau kamu menambah pilihan program studi dalam SIMAK UI, per program studi selanjutnya kamu akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp100.000,00. Seperti yang sudah Mipi jelaskan sebelumnya, kamu dapat mengambil maksimal 6 program studi dari program pendidikan yang berbeda, ya, Pahamifren.
  • Biaya SIMAK UI Kelas Internasional untuk 1 pilihan program studi adalah Rp1.500.000,00.
  • Kalau kamu mendaftar S1 Reguler, S1 Paralel, Vokasi (D3 dan D4), sekaligus S1 Kelas Internasional, maka dalam account kamu, kamu harus membuat 2 pendaftaran dan mendapatkan 2 nomor pendaftaran. Biaya pendaftaran didaftarkan ke masing-masing nomor pendaftaran (sistem host to host).

Cara Bayar Pendaftaran

Sebelum melakukan pembayaran biaya pendaftaran, kamu harus melakukan unggah foto terlebih dahulu, ya, Pahamifren.

Nah, karena biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan, jangan sampai salah pilih jurusan dan menyesal ketika gagal lolos karena minim persiapan SIMAK UI, ya!

Psst, Rockstar Teacher bakal bagi tips dan trik untuk belajar agar persiapan makin matang di Live Class SKS Ujian Mandiri, lho. 

Pembayaran biaya pendaftaran SIMAK UI 2022 dilakukan melalui sistem host to host Universitas Indonesia yang dapat kamu lakukan melalui ATM/Teller/Internet Banking di beberapa bank. Pilihan cara pembayaran ada beberapa jenis, yaitu:

  1. Melalui ATM: BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank CIMB Niaga, dan Bank Bukopin. 
  2. Internet/Mobile Banking: BNI, BTN, BRI, Bank Mandiri, dan Bank CIMB Niaga.
  3. Teller: BNI, BTN, BRI, Bank Mandiri, dan Bank CIMB Niaga.
  4. Self Service Terminal (SST): Bank CIMB Niaga.

Pahamify Bisa Bantu Kamu Lolos SIMAK UI 2022, Lho!

Kamu dapat memperbesar peluang lolos SIMAK UI 2022 dengan ikutan belajar di Live Class SKS Ujian Mandiri di aplikasi belajar online Pahamify lho. 

Di Live Class SKS Ujian Mandiri, kamu bisa belajar langsung secara interaktif bersama para Rockstar Teacher Pahamify yang memiliki background yang keren serta pengalaman mengajar yang berkualitas. Dijamin persiapan belajar kamu dalam menghadapi ujian akan jadi super seru dan terarah! 

Tunggu apa lagi? Ayo buruan unduh aplikasi Pahamify dan perbesar peluang kamu lolos UI 2022 bersama Pahamify! 

Penulis: Salman Hakim Darwadi
Editor: Adenia Nadira Tuzenitha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *