pfy-burger-btn Menu

Yuk Kenalan Dengan Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan yang lumayan sering dibicarakan oleh anak-anak SMA di luar sana. Banyak persepsi yang bermunculan. Such as anak teknik ganteng-ganteng lah, karirnya paling jadi tukang bangunan lah, bahkan sampai ada yang menyamakan jurusan ini dengan jurusan Arsitektur. Hmmm dari semua asumsi tersebut kamu kemakan yang mana nih, Pahamifren??

For your information, semua persepsi itu salah bangetttt. Eittss mungkin satu yang benar, anak teknik ganteng-ganteng. Ini mungkin muncul karena kebanyakan mahasiswa-nya adalah laki-laki. Tapi ga menutup kemungkinin ada wanita juga lho, semua memiliki kesempatan yang sama kok.

Jika kamu tertarik mengambil jurusan Teknik Sipil saat SBMPTN nanti, maka kamu akan mempelajari hampir seluruh bidang keteknikan. Sehingga tidak salah jika jurusan ini masuk ke dalam rumpun Saintek. So, buat kamu yang lebih suka berhitung daripada menghapal, serta lebih senang bermain logika, gotchaaa! Jurusan Teknik Sipil cukup tepat buat kamu.

So, buat kamu yang masih bingung terkait jurusan Teknik Sipil, bisa yuk cek penjelasan Mipi di bawah!

Apa Sih Jurusan Teknik Sipil Itu?

Okeyyy, sebelum lebih mendalam kamu harus paham terlebih dahulu pengertian Teknik Sipil. Teknik Sipil merupakan cabang ilmu teknik yang mempelajari proses sebuh infrastruktur. Mulai dari rancangan dasar/awal, kemudian merealisasikan rancangan tersebut dengan cara membangun, dan yang terakhir merenovasi apabila ada perubahan.

Perlu di garis bawahi insfrastruktur disini ngga cuma terkait gedung-gedung mewah, tetapi mencakup pelabuhan, jalanan, jembatan, bendungan, stasiun, komplek perumahan, dll. Dimana tujuan dari hal tersebut adalah untuk mendukung sebuah perkotaan atau pedesaan.

Pada intinya, lulusan ini dituntut untuk menguasai desain (agar mempermudah rancangan), kontruksi (untuk mempermudah pembangunan), dan yang terakhir pemeliharaan (agar lebih jeli pada dampak pembangunan).

Nah, setelah mengetahui pengertian Teknik Sipil, pasti yang ada di benak kamu “Apa bedanya sih dengan Arsitektur”? Eitsss tentu beda dongggg. Pada intinya Arsitektur lebih mengedapankan seni/desain bangunan, sedangakan Sipil bersifat fundamental.

Misalnya begini, di sebuh komplek perumahan kamu sering melihat bangunan yang desainnya unik kan? Nah pasti rumah tersebut di desain oleh seorang Arsitek, ia akan merancang bangunan melihat dari segi warna, motif, bentuk. Dimana tujuannya membuat rumah cantik, estetik, namun juga tidak meninggalkan fungsi utamanya.

Tapi seorang Arsitek hanya mendesain saja, sosok di balik layar yang mewujudkannya adalah seorang Teknik Sipil. Tugasnya membantu agar struktur bangunan tersebut dapat berdiri dengan kuat.

Sampai sini paham kan, Pahamifren? Jadi jangan heran deh kalau anak Sipil selalu dihubung-hubungkan dengan anak Arsi.

Kehidupan Akademik Jurusan Teknik Sipil

Setelah mengetahui pengertiannya secara benar, kalian pasti penasaran kehidupan akademik anak jurusan Teknik Sipil. Kaya kok bisa sih mereka menghitung jembatan yang panjang banget, belum lagi beban yang ditanggung-nya tidak main-main.

Nah, maka dari itu kamu harus menguasai konsep dasar matematika dan juga fisika. Atau sebagai gambaran selama 8 semester nanti kamu akan bertemu dengan mata kuliah kalkulus, manajeman kontruksi, ilmu ukur tanah, dinamika struktur, mekanika teknik (statika, analisis sturuktur, dll), kontruksi baja, beton, kayu, teknik pondasi, perkerasan jalan, hidrolika, hidrologi, dsb.

Bagaimana, udah mual belum???

Tapi tenang Pahamifren, semua juga berawal dari dasar okeey. Jika kamu belajar dengan rajin pasti akan mudah dilalui kok. Selain mata kuliah di atas, nanti saat semester lanjut kamu akan dihadapkan untuk memilih penjurusan. Atau biasa disebut konsentrasi/peminatan. Dimana diberikan kebebasan untuk fokus pada satu ilmu. Di jurusan Teknik Sipil kurang lebih ada 5, yaitu: struktur & struktural, geoteknik, manajaeman konstruksi, hidrologi, dan transportasi.

Tidak sampai disitu saja, jurusan Teknik Sipil pasti akan berhubungan dengan pemograman komputer ataupun program lainnya seperti ETABS, GRASP, dll. Bagaimana menarik bukan?

Jadi jika ada persepsi di luar sana yang mengatakan anak Sipil kuliahnya hampir hitungan semua, itu amat sangat benar yaa. Bahkan untuk praktikumnya-pun kamu akan membuat laporan perhitungan secara rinci. Hmmmm siap-siap begadang pulang malem deh pokonya!

Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

Setelah mengetahui seluk beluk jurusan Teknil Sipil, mungkin bagi sebagain orang akan berat. Tapi sekali lagi tenang ya Pahamifren, semua yang akan kamu lalui nanti akan sepadan kok dengan karir cemerlang yang menunggu di luar sana. Hmm karir-nya apa aja sih? Cek di bawah yuk!

Project Manager

Jurusan Teknik Sipil karir-nya uda pasti ga kaleng-kaleng deh. Contonya Project Manager. Profesi ini ternyata cukup diminati oleh sebagaian anak Sipil lho. Inti tugasnya adalah memimpin project pembangunan. Tapi bukan hanya memimpin saja, semua anggaran dan penyelesaian harus tepat waktu adalah tanggung jawab penuh seorang PM. 

Konsultan Perencana

Ketika memilih karir sebagai seorang Konsultan Perencana, tugas kamu akan lebih banyak di lapangan. Yaitu berinteraksi dengan kontraktor untuk mendiskusikan project bangunan, mulai dari perhitungan dll. Jadi misal ada klien yang membutuhkan bantuan kamu, klien hanya mendetailkan ingin bangunan yang seperti apa. Nanti kamu yang akan lebih banyak bergerak untuk merencanakan strategi.

Manajer Konstruksi

Cita-cita menjadi manajer kayanya impian semua orang, apalagi ini sesuai dengan lulusan kamu nanti. Yang pasti sebelum memilih karir sebagai Manajer Konstruksi, kamu harus punya skill yang cukup. Karena seorang MK bertanggung jawab untuk memimpin dan memberi arahan saat proses konstruksi. Otomatis kamu harus lebih paham dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Surveyor

Mungkin orang awam belum banyak tahu bahwa ada karir sebagai Surveyor di luar sana. Tapi jangan salah, karir ini salah satu yang menjanjikan lho. Seperti yang kita tahu, ketika ingin membuat sebuah konstruksi bangunan pasti membutuhkan izin hukum dll. Nah, disinilah tugas Surveyor dibutuhkan. Kamu harus memastikan dari awal sampai akhir proses pembangaunan tidak melanggar hukum sama sekali.

So, itulah sekilas tentang jurusan Teknil Sipil yang harus kamu ketahui. Balik lagi, jika ingin memiliki karir yang cemerlang tentu kamu harus bersusah payah terlebih dahulu. Mungkin kelihatannya berat, tapi jika kamu ikhlas dan terus berusaha semua akan indah pada waktunya kok.

Nah, sebelum bergelut di dunia perkuliahan, saat ini kamu harus berjuang terlebih dahulu untuk UTBK. Ujian tulis tersebut tentu tidak mudah, namun bukan berarti tidak ada kesempatan. Selain berdoa kamu harus bekerja keras untuk mempersiapkannya. Semangatttttt, semoga artikel ini sedikit banyak membantu kamu ya!

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll