Close

January 24, 2021

Persiapan UTBK 2022: Hal yang Harus Kamu Siapkan Mulai Sekarang

Pahamifren, seberapa greget kamu merancang persiapan UTBK SBMPTN 2022? Sudah mulai belajar lebih giat kan? Ingat, jadwal pelaksanaan UTBK tinggal beberapa bulan lagi, lho! Jadi, kencangkan sabuk pengamanmu dan mulai mempersiapkan diri dari sekarang.

Biar persiapan UTBK kamu semakin matang, Mipi mau membahas mengenai hal-hal yang perlu kamu persiapkan mulai dari sekarang. Yuk langsung simak pembahasannya.

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan sebagai Persiapan UTBK SBMPTN

Melakukan persiapan sedini mungkin dapat memperbesar peluang untuk lolos SBMPTN 2022. Langkah awal yang bisa kamu lakukan yaitu memperbanyak info UTBK dan SBMPTN 2022. Kalau kamu sudah memahami informasinya, kamu tidak akan kebingungan lagi untuk menghadapi UTBK nanti.

Enggak cuma itu, ada beberapa persiapan lain yang mesti kamu lakukan dari sekarang. Beberapa persiapan UTBK tersebut, antara lain:

Tentukan Jurusan yang Dituju

Sebelum menghadapi UTBK 2022, pastikan kamu sudah tahu jurusan apa yang akan kamu tuju. Tentukan pilihan jurusan kuliah tersebut sejak jauh-jauh hari agar kamu bisa tahu masuk kelompok ujian mana saat UTBK. Setiap kelompok ujian punya materi soal yang berbeda.

Kalau kamu sudah tahu jurusan kuliahmu, kamu jadi lebih bisa fokus mempelajari materi dan latihan soal UTBK sesuai kelompok ujian yang kamu pilih.

Ingat, Pahamifren! Salah satu tips sukses menghadapi UTBK adalah fokus. Kalau kamu fokus pada tujuan kuliahmu, kesempatan bisa mewujudkan tujuan tersebut semakin besar.

Latihan Soal UTBK Menggunakan Komputer

Kamu tentu sudah tahu, pelaksanaan UTBK menuntut kemampuanmu dalam menggunakan komputer. Semua soal dan pilihan jawaban akan disajikan di layar komputer.

Maka dari itu, sebaiknya kamu memulai latihan mengerjakan soal UTBK menggunakan komputer dari sekarang. Latihan ini berguna untuk mengurangi terjadinya kesalahan teknis saat UTBK nanti.

Kesalahan teknis yang terjadi saat UTBK bisa bermacam-macam ya, Pahamifren. Misalnya, komputer tidak terhubung ke listrik, koneksi internet putus, lupa username dan password, website error, dan sebagainya.

Kalau kamu sudah terbiasa mengerjakan latihan soal UTBK lewat komputer atau laptop, kamu pasti lebih bisa mengatasi masalah tersebut tanpa panik atau grogi. Selain itu, kamu pun menjadi terbiasa mengerjakan soal di depan layar komputer dalam waktu yang lama.

Sering Mengerjakan Soal HOTS

Soal UTBK 2022 termasuk tipe soal HOTS (High Order Thinking Skill). Berbeda dengan soal biasa, soal tipe HOTS dinilai memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi karena membutuhkan penalaran dan logika yang lebih dalam.

Latihan soal UTBK dan mengikuti try out online, dapat menjadi satu di antara cara efektif persiapan UTBK SBMPTN 2021.

Biar kamu terbiasa dengan soal HOTS, tentu kamu harus lebih rajin mengerjakan soal bertipe ini. Setidaknya, kamu mengerjakan 1 soal HOTS setiap harinya.

Nah, kamu bisa mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify untuk melatih kemampuanmu dalam mengerjakan soal HOTS. Tantangan 1 Hari 1 Soal Pahamify bisa menjadi persiapan ringan untuk hadapi UTBK 2022. Ada hadiah menarik juga kalau kamu berhasil melakukan tantangannya, Pahamifren.

Menjawab Soal Cepat dan Tepat

Persiapan UTBK yang satu ini masih berkaitan dengan soal HOTS, Pahamifren. Apabila kamu sering mengerjakan soal-soal HOTS, kamu akan semakin terlatih menjawab soal dengan cepat dan tepat.

Saat pelaksanaan UTBK 2022, kamu harus bisa menyelesaikan banyak soal dengan waktu ujian yang terbatas. Maka dari itu, melatih kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal menjadi poin penting bagi kamu pejuang UTBK 2022.

Selain rajin mengerjakan soal HOTS UTBK, kamu bisa melatih kemampuan menjawab soal secara cepat dan tepat dengan menerapkan 7 Tips Mudah Mengerjakan Soal UTBK yang sudah pernah Mipi bahas. Kalau belum membaca tips-tips tersebut, kamu bisa baca dulu, ya.

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri menjadi salah satu kunci sukses menghadapi UTBK. Ibarat mau perang, kalau kamu enggak percaya diri, bisa-bisa nyali kamu ciut pas ketemu lawan di medan tempur.

Prinsip tersebut berlaku juga buat kamu yang bersiap tempur bersama soal-soal UTBK. Persiapkan mental, fisik, dan informasi sebanyak mungkin seputar UTBK untuk meningkatkan kepercayaan dirimu.

Enggak cuma itu, kamu juga perlu menguasai materi ujian agar kamu tidak grogi dan panik saat mengerjakan soal UTBK nanti. Siapkan kepercayaan dirimu dari sekarang. Percaya saja dengan kemampuanmu dan lakukan yang terbaik.

Menggunakan Fitur Khusus Persiapan UTBK

Kalau kamu merasa tidak bisa belajar UTBK degan efektif, ngga ada salahnya buat nyoba fitur khusus persiapan UTBK. Kebetulan, Pahamify sekarang punya fitur Pegasus- Persiapan Gapai Sukses UTBK. Ini adalah fitur lengkap yang bakal bantu persiapan UTBK kamu.

Kamu bakal dibimbing dalam menentukan jurusan kuliah nanti sesuai dengan minat dan bakat kamu. Terus, kamu juga akan mendapatkan rekomendasi materi dan soal latihan HOTS UTBK sesuai dengan kemampuan dan level pemahaman materi kamu. Egga perlu takut lagi, deh ketinggalan materi UTBK!

Bahkan, pembahasan soal UTBK di Pegasus mendalam dan menyenangkan, lho! Karena setiap soal akan dilengkapi video konsep langsung dari Rockstar Teacher Pahamify. Seru banget kan?

Mengikuti Try Out Online UTBK

Selain mengikuti kelas khusus persiapan UTBK SBMPTN 2022, pastikan kamu rajin mengikuti try out online UTBK, ya. Sudah belajar mati-matian, tentunya kamu perlu tahu sudah sampai mana kemampuanmu dalam persiapan UTBK kan? Lewat try out UTBK, kamu bisa mengukur kemampuan tersebut.

Tak hanya itu, kamu pun jadi lebih tahu kelemahanmu dalam mengerjakan soal, dan bisa segera memperbaikinya. Sederhananya, try out ini berguna sebagai simulasi ujian. Kamu bisa memperkirakan situasi saat UTBK lebih awal sehingga persiapanmu dalam menghadapi ujian akan jauh lebih matang.

Nah, Pahamify punya program Try Out Online Gratis yang bisa kamu coba, lho! Try Out Gratis Pahamify dilengkapi dengan latihan soal HOTS dan pembahasan yang akurat. Sistem penilaiannya juga sama dengan sistem penilaian UTBK oleh LTMPT.

Pahamify bisa jadi #TemanPersiapanUTBK yang pas buat kamu! Tunggu apalagi, buruan unduh aplikasi Pahamify, dan coba try out online gratis sekarang.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

One Comment on “Persiapan UTBK 2022: Hal yang Harus Kamu Siapkan Mulai Sekarang

atina wakla
March 14, 2021 at 12:33 pm

Bagimana yang sudah milik kartu kip kuliah

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *