Pahamifren, seberapa greget nih kamu merancang persiapan UTBK SBMPTN 2021? Sudah mulai belajar lebih  giat, kan? Ingat, jadwal pelaksanaan UTBK tinggal beberapa bulan lagi, lho! Jadi, kencangkan sabuk pengamanmu dan mulai mempersiapkan diri dari sekarang, ya.

Biar persiapan UTBK kamu semakin matang, Mipi mau membahas mengenai hal-hal yang perlu kamu persiapkan mulai dari sekarang. Yuk langsung simak pembahasannya.

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Sebagai Persiapan UTBK SBMPTN 21

UTBK SBMPTN 2021 makin dekat nih, sudah sejuah mana persiapan UTBK SBMPTN yang kamu rancang?

Melakukan persiapan sedini mungkin dapat memperbesar peluang untuk lolos SBMPTN 2021. Langkah awal yang bisa kamu lakukan yaitu memperbanyak info UTBK dan SBMPTN 2021. Kalau kamu sudah memahami informasinya, kamu tidak akan kebingungan lagi untuk menghadapi UTBK nanti.

Nggak cuma itu, ada beberapa persiapan lain yang mesti kamu lakukan dari sekarang. Beberapa persiapan UTBK tersebut, antara lain:

Tentukan Jurusan yang Dituju

Sebelum menghadapi UTBK 2021, pastikan kamu sudah tahu jurusan apa yang akan kamu tuju. Tentukan pilihan jurusan kuliah tersebut sejak jauh-jauh hari agar kamu bisa tahu masuk kelompok ujian yang mana saat UTBK. Setiap kelompok ujian punya materi soal yang berbeda.

Kalau kamu sudah tahu jurusan kuliahmu, kamu jadi lebih bisa fokus mempelajari materi dan latihan soal UTBK sesuai kelompok ujian yang kamu pilih.

Ingat, Pahamifren! Salah satu tips sukses menghadapi UTBK adalah fokus. Kalau kamu fokus pada tujuan kuliahmu, kesempatan untuk bisa mewujudkan tujuan tersebut pun semakin besar.

Latihan Soal UTBK Menggunakan Komputer

Kamu tentu sudah tahu, pelaksanaan UTBK  menuntut kemampuanmu dalam menggunakan komputer. Semua soal dan pilihan jawaban akan disajikan di layar komputer.

Maka dari itu, sebaiknya kamu memulai latihan mengerjakan soal UTBK menggunakan komputer dari sekarang. Latihan ini berguna untuk mengurangi terjadinya kesalahan teknis saat UTBK nanti.

Pahami dan  Jangan Kasih Kendor, Kembalikan Semangat Belajar Setelah Liburan Lewat 5 Cara Ini

Kesalahan teknis yang terjadi saat UTBK bisa bermacam-macam ya, Pahamifren. Misalnya, komputer tidak terhubung ke listrik, koneksi internet putus, lupa username dan password, website error, dan sebagainya.

Kalau kamu sudah terbiasa mengerjakan latihan soal UTBK lewat komputer atau laptop, kamu pasti lebih bisa mengatasi masalah tersebut tanpa panik atau grogi. Selain itu, kamu pun menjadi terbiasa mengerjakan soal di depan layar komputer dalam waktu yang lama.

Sering Mengerjakan Soal HOTS

Soal UTBK 2021 termasuk tipe soal HOTS (High Order Thinking Skill). Berbeda dengan soal biasa, soal tipe HOTS dinilai memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi karena membutuhkan penalaran dan logika yang lebih dalam.

Latihan soal UTBK dan mengikuti try out online, dapat menjadi satu di antara cara efektif persiapan UTBK SBMPTN 2021.

Biar kamu terbiasa dengan soal HOTS, tentu kamu harus lebih rajin mengerjakan soal bertipe ini. Setidaknya, kamu mengerjakan 1 soal HOTS setiap harinya.

Nah, kamu bisa lho mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify untuk melatih kemampuanmu dalam mengerjakan soal HOTS. Tantangan 1 Hari 1 Soal Pahamify bisa menjadi persiapan ringan untuk hadapi UTBK 2021, lho! Ada hadiah menarik juga kalau kamu berhasil melakukan tantangannya, Pahamifren.

Menjawab Soal secara Cepat dan Tepat

Persiapan UTBK yang satu ini masih berkaitan dengan soal HOTS, Pahamifren. Apabila kamu sering mengerjakan soal-soal HOTS, kamu akan semakin terlatih menjawab soal dengan cepat dan tepat.

Saat pelaksanaan UTBK 2021, kamu harus bisa menyelesaikan banyak soal dengan waktu ujian yang terbatas. Maka dari itu, melatih kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal menjadi poin penting bagi kamu pejuang UTBK 2021.

Selain rajin mengerjakan soal HOTS UTBK, kamu bisa melatih kemampuan menjawab soal secara cepat dan tepat dengan menerapkan 7 Tips Mudah Mengerjakan Soal UTBK yang sudah pernah Mipi bahas. Kalau belum membaca tips-tips tersebut, kamu bisa baca dulu ya, Pahamifren.

Pahami dan  Pahamify Try Out Challenge: Tunjukkan Kompetensimu, Dapatkan Kuliah Starterpack Senilai Puluhan Juta Rupiah

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri menjadi salah satu kunci sukses menghadapi UTBK. Ibarat mau perang, kalau kamu nggak percaya diri, bisa-bisa nyali kamu ciut pas ketemu lawan di medan tempur.

Prinsip tersebut berlaku juga buat kamu yang bersiap tempur bersama soal-soal UTBK. Persiapkan mental, fisik, dan informasi sebanyak mungkin seputar UTBK untuk meningkatkan kepercayaan dirimu.

Nggak cuma itu, kamu juga perlu menguasai materi ujian agar kamu tidak grogi dan panik saat mengerjakan soal UTBK nanti. Siapkan kepercayaan dirimu dari sekarang ya, Pahamifren. Percaya saja dengan kemampuanmu, dan lakukan yang terbaik.

Mengikuti Kelas Khusus UTBK

Kalau kamu merasa tidak bisa belajar UTBK secara mandiri, nggak ada salahnya kok buat ikut kelas khusus persiapan UTBK SBMPTN. Buat kamu yang akan mengambil kelompok ujian UTBK Saintek, kamu bisa lho mengikuti kelas khusus persiapan UTBK yang disediakan Pahamify, yaitu Pahamify Accelerator Program (PAP).

Kamu bakal mendapatkan pendampingan belajar intensif dari Rockstar Teacher Pahamify. Selain itu, kamu juga nggak perlu repot-repot mencari materi UTBK di internet deh, karena semua materi UTBK bisa kamu dapatkan melalui program PAP Pahamify.

Bahkan, buat kamu yang masih bingung memilih jurusan kuliah, kamu juga bisa berkonsultasi dengan Rockstar Teacher Pahamify. Seru banget, kan?

Mengikuti Try Out Online UTBK

Selain mengikuti kelas khusus persiapan UTBK SBMPTN 2021, pastikan kamu rajin mengikuti try out online UTBK, ya. Sudah belajar mati-matian, tentunya kamu perlu tahu sudah sampai mana kemampuanmu dalam persiapan UTBK, kan? Lewat tryout UTBK, kamu bisa mengukur kemampuan tersebut.

Tak hanya itu, kamu pun jadi lebih tahu kelemahanmu dalam mengerjakan soal, dan bisa segera memperbaikinya. Sederhananya, tryout ini berguna sebagai simulasi ujian. Kamu bisa memperkirakan situasi saat UTBK lebih awal sehingga persiapanmu dalam menghadapi ujian akan jauh lebih matang.

Pahami dan  Pejuang PTN Wajib Tahu, Begini Urutan Jadwal Belajar UTBK SBMPTN 2021 yang Efektif

Nah, Pahamify punya program Try Out Online Gratis yang bisa kamu coba, lho! Tryout Gratis Pahamify dilengkapi dengan latihan soal HOTS dan pembahasan yang akurat. Sistem penilaiannya juga sama dengan sistem penilaian UTBK oleh LTMPT.

Pahamify bisa jadi #TemanPersiapanUTBK yang pas buat kamu! Tunggu apalagi, buruan unduh aplikasi Pahamify, dan coba try out online gratis sekarang.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version