Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, siapa di antara kamu yang sudah pernah ikutan Tryout UTBK? Bagaimana hasilnya? Apakah kamu berhasil meraih nilai yang memuaskan? Kalau belum, jangan berkecil hati, Mipi punya tips mudah menjawab soal tryout utbk yang bisa kamu coba. 

Mudah-mudahan, lewat tips-tips ini, kamu berpeluang memperoleh nilai try out yang lebih bagus dan berpeluang lulus UTBK SBMPTN 2021 ya, Pahamifren. Yuk simak ulasan ini sampai selesai.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk latihan soal tryout UTBK yang mudah.

Tips Menjawab Soal Tryout UTBK

Menjawab soal tryout UTBK tidak bisa dilakukan asal-asalan, lho! Anggaplah try out yang sedang kamu ikuti menjadi simulasi UTBK masuk kampus yang sesungguhnya. Maka dari itu, kamu perlu menemukan tips-tips yang berguna agar bisa mengerjakan soal UTBK secara baik dan benar. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

Buat Target

Sebelum menghadapi tryout UTBK 2021, ada baiknya kamu membuat target agar kamu bisa mengetahui perkembangan kemampuanmu dalam menjawab soal-soal UTBK. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membuat target tersebut. 

Pertama, cari tahu berapa nilai yang dibutuhkan untuk masuk program studi di universitas yang kamu incar. Kedua, buat target materi-materi pelajaran yang harus kamu kuasai. Ketiga, setelah kamu mengikuti try out, buat target baru mengenai materi pelajaran apa saja yang belum kamu kuasai. Hal ini bisa kamu lihat dari nilai try out yang sudah kamu ikuti.

Perbanyak Latihan Soal

Memperbanyak latihan soal UTBK bisa membuatmu lebih memahami variasi soal yang biasanya muncul dalam try out SBMPTN. Selain itu, kamu juga dapat melihat sejauh mana perkembangan kemampuan kamu dalam mengerjakan soal.

Apabila ada materi yang belum kamu kuasai saat latihan soal, kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu, hingga akhirnya kamu bisa menguasai materi tersebut saat menghadapi UTBK SBMPTN 2021.

Belajar Manajemen Waktu

Nggak cuma memperbanyak latihan soal UTBK, kamu juga harus belajar mengatur waktu selamat belajar. Manajemen waktu yang baik bisa membantumu mengerjakan soal try out secara efisien. 

Lewat cara ini, kamu jadi lebih mudah memilah mana soal yang bisa kamu kerjakan cepat, soal yang membutuhkan ketelitian, serta soal apa saja yang membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama. 

Untuk melatih manajemen waktu, kamu bisa menggunakan stopwatch atau timer saat mengerjakan latihan soal UTBK. Misalnya, pasang timer 120 menit untuk mengerjakan 80 soal, atau kamu bisa mengukur lama waktu pengerjaan untuk satu soal menggunakan stopwatch.

Dahulukan Soal yang Mudah

Jangan menghabiskan waktu saat memikirkan jawaban yang sulit. Maka dari itu, saat mengikuti try out online, kamu bisa mengukur sejauh mana pemahaman terhadap soal UTBK yang disajikan.

Mendahulukan soal yang mudah menjadi strategi dalam menjawab latihan soal tryout UTBK.

Agar tidak kehabisan waktu, ada baiknya kamu mendahulukan soal tryout UTBK yang kamu anggap mudah. Tips ini bisa membantumu mengalokasikan waktu ujian untuk soal-soal yang lebih sulit. Setelah semua soal yang menurutmu mudah sudah selesai kamu kerjakan, baru kamu kembali ke soal-soal sulit yang belum kamu kerjakan.

Jangan Terlalu Lama Mengerjakan Soal

Ada kalanya kamu terlalu asyik mengerjakan satu soal karena kamu penasaran dengan jawabannya. Biasanya ini terjadi saat kamu mengerjakan soal yang butuh ketelitian menghitung, seperti matematika, fisika, kimia, dan akuntansi. 

Sebaiknya, kamu tinggalkan dulu soal yang membuat kamu penasaran ini karena kamu bisa kehilangan waktu untuk mengerjakan soal-soal lainnya. Kamu bisa kembali mengerjakan soal yang menghabiskan banyak waktumu ini setelah kamu mengerjakan semua soal yang lebih mudah.

Periksa Kembali Jawabanmu

Apabila masih ada sisa waktu ujian, jangan lupa untuk kembali memeriksa jawabanmu. Kalau ada jawaban yang membuatmu ragu, kamu bisa menggantinya, atau bahkan mengosongkannya. 

Perlu kamu ingat, jawaban yang salah bisa mengurangi skor kamu. Sistem penilaian UTBK SBMPTN merancang skor +4 untuk setiap jawaban yang benar, skor -1 untuk setiap jawaban yang salah, dan skor 0 untuk jawaban kosong. Jadi, lebih baik kamu fokus pada soal yang kamu yakin jawabannya sudah benar saja, dan mengosongi jawaban yang memang terlalu sulit buatmu.

Tapi, jangan terlalu banyak mengosongi jawaban, ya! Ada baiknya kamu menguasai materi UTBK dan memperbanyak latihan soal terlebih dahulu agar bisa menjawab semua soal dengan benar sehingga skor yang kamu peroleh pun semakin tinggi.

Evaluasi Hasil Belajar

Satu di antara tujuan mengikuti try out online yaitu untuk mengukur kemampuan, kan? Maka dari itu, setelah hasil nilai try out keluar, selalu evaluasi lagi hasil belajarmu.

Walaupun bersifat simulasi, mengikuti latihan soal UTBK di penyedia try out online dapat menjadi solusi terbaik untuk mengasah kemampuanmu lho.

Tryout UTBK Pahamify

Ingat, pada UTBK SBMPTN nanti, kamu akan bersaing dengan ribuan bahkan jutaan peserta lain dari seluruh Indonesia. Agar lebih mudah mengevaluasi hasil latihan soal UTBK, kamu bisa memanfaatkan fitur Smart Analysis dari Tryout UTBK Pahamify lho.

Fitur Tryout Pahamify

Pada fitur ini, kamu dapat melihat berbagai data tentang hasil tryout UTBK hingga evaluasi perkembangan nilaimu di Grafik Progress Nilai. Selain itu, kamu bisa mengetahui posisi nilai di antara peserta try out lainnya lewat fitur Pemeringkatan Nasional.

Nggak cuma itu, buat kamu yang masih ragu dalam memilih jurusan kuliah, kamu bisa menggunakan fitur tryout UTBK Pahamify untuk melihat rasionalisasi jurusan kuliah. Di fitur ini, kamu akan mendapatkan rekomendasi jurusan yang tepat berdasarkan hasil yang kamu peroleh.

Tunggu apalagi, download aplikasi belajar online Pahamify sekarang, dan ikuti latihan soal UTBK pada Try Out Online #7 mulai 8 Januari hingga 11 Januari 2021 mendatang. 

Penulis: Salman Hakim Darwadi

Komentar

2 Comments on “Boleh Dicoba, 7 Tips Mudah Menjawab Soal Tryout UTBK

Jack
January 4, 2021 at 1:13 am

Alhamdulillah.. terimakasih pahamfy
InsyaAllah saya akan mendownload app pahamfy sekarang juga.

Reply
rizaldi abror
January 7, 2021 at 8:29 am

Sama-sama. Sukses selalu ya.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll