Pahamifren, di tengah pandemi COVID-19 yang belum berakhir, sebagian besar sekolah masih menerapkan proses pembelajaran daring guna mencegah penyebaran virus COVID-19. Tidak hanya materi belajarnya, ada kemungkinan Penilaian Akhir Semester (PAS) 2021 juga dilaksanakan secara online. Nah, untuk mengoordinasikan pelaksanaan PAS sebagai syarat kenaikan kelas, Kemendikbud telah mengeluarkan beberapa aturan baru pelaksanaan PAS selama pandemi. Yuk, pahami aturan baru tersebut agar pelaksanaan PAS berjalan lancar!

Syarat Kenaikan Kelas bagi Siswa SMA

Sebelum membahas aturan baru penilaian akhir semester genap sebagai syarat kenaikan kelas, kamu harus tahu terlebih dahulu faktor apa saja yang bisa menjadi penentu siswa naik kelas atau lulus sekolah. Secara umum, ada 3 faktor utama penentu kenaikan kelas dan kelulusan sekolah bagi siswa SMA, yaitu:

Menyelesaikan Program Pembelajaran

Kamu harus mengikuti dan menyelesaikan program pembelajaran yang diterapkan selama pandemi pada tahun 2021 untuk bisa naik kelas. Hal ini dibuktikan melalui nilai rapor dan absensi kamu pada semester genap. Khusus kelas 12, nilai rapor yang digunakan untuk menentukan kelulusan yaitu nilai rapor tiap semester.

Kelulusan siswa kelas 12 SMA ditentukan berdasarkan nilai rapor lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas 12 atau nilai semester 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan. Kelulusan juga bisa ditentukan melalui nilai Ujian Sekolah.

Nilai Sikap/Perilaku Minimal Baik

Sikap dan perilaku selama menjalani proses pembelajaran, baik secara online maupun offline bisa menentukan kenaikan kelas atau kelulusan kamu, lho. Kalau kamu patuh terhadap guru, selalu mengerjakan tugas tepat waktu, dan tidak pernah absen mengikuti pelajarannya, kamu bisa mendapatkan nilai sikap sangat baik dalam mata pelajaran tersebut. Meski tidak menjadi siswa yang rajin, setidaknya kamu berusaha mendapatkan nilai sikap minimal baik sebagai syarat kenaikan kelas.

Proses belajar bisa semakin maksimal kalau ditemani oleh mentor.

Mengikuti Ujian yang Diselenggarakan Sekolah

Berbagai ujian yang diselenggarakan sekolah biasanya menjadi penentu utama kenaikan kelas. Mulai dari ulangan harian, PTS, PAS, hingga Ujian Sekolah dilaksanakan untuk mendorong aktivitas belajar dan mengukur capaian hasil belajar kamu. Kamu wajib mengikuti ujian-ujian ini agar pihak sekolah bisa menetapkan hasil kenaikan kelas dan mengetahui capaian belajar kamu selama ini.

Pahami dan  Pejuang PTN, Ini Jadwal SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2021

Aturan Baru Ujian Kenaikan Kelas selama Pandemi

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2021 ujian kenaikan kelas yang dilakukan melalui Penilaian Akhir Semester (PAS) harus merujuk pada Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021, yang diterbitkan pada 1 Februari 2021. Aturan baru tersebut mengatur mekanisme pelaksanaan PAS sebagai syarat kenaikan kelas selama masa darurat penyebaran COVID-19. Berikut isi ketentuannya:

  • Penilaian Akhir Semester sebagai syarat kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna. Ujian akhir semester ini tidak perlu mengukur capaian kurikulum secara menyeluruh.
  • Ujian akhir semester dilakukan dalam bentuk portofolio. Contoh portofolio siswa berupa nilai rapor, prestasi, nilai sikap, atau hasil praktik/karya siswa.
  • Penilaian dapat berupa penugasan. Pihak sekolah atau para guru memberikan tugas sekolah kepada siswa sesuai materi yang telah dipelajari.
  • Ujian akhir semester dapat dilakukan dengan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. Contohnya, ujian lisan, penilaian praktik, penugasan daring, dan sebagainya.
  • Penilaian akhir semester bisa dilakukan melalui tes secara daring maupun luring.

Aturan Ujian Sekolah Siswa SMA

Selain ujian kenaikan kelas, Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 juga mengatur pelaksanaan Ujian Sekolah bagi siswa SMA. Adapun aturannya adalah sebagai berikut:

  • Ujian Sekolah untuk kelulusan siswa dalam bentuk tes yang mengumpulkan banyak siswa, seperti di sekolah tidak boleh dilakukan. Kecuali, Ujian Sekolah telah berlangsung sebelum Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 diterbitkan.
  • Penilaian Ujian Sekolah dapat berupa portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh siswa.
  • Penilaian Ujian Sekolah juga bisa berupa penugasan, tes daring, atau asesmen jarak jauh lainnya.
  • Ujian sekolah dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna tanpa perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.
  • Sekolah yang telah melaksanakan Ujian Sekolah dapat menggunakan nilai ujian tersebut untuk menentukan kelulusan siswa.
Pahami dan  Merancang Persiapan Kuliah bagi Siswa Kelas 10 & 11, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Aturan ujian yang ditetapkan di atas bisa menjadi pedoman bagi siswa maupun pihak sekolah dalam pelaksanaan PAS maupun Ujian Sekolah tahun 2021 selama pandemi COVID-19. Bagi kamu yang ingin membaca aturan Kemendikbud tersebut secara lengkap, kamu bisa unduh di link ini.

Demikian ulasan seputar aturan baru Penilaian Akhir Semester sebagai syarat kenaikan kelas selama pandemi pada tahun 2021. Mudah-mudahan, ulasan ini bisa menambah bekal informasi kamu untuk persiapan PAS 2021 mendatang, ya.

Supaya persiapan PAS makin maksimal, jangan lupa download aplikasi Pahamify di sini. Dilengkapi video materi SMA berkonsep gamifikasi, bank soal, serta fitur Try Out PAS, proses belajar untuk #TaklukkanPAS bersama Pahamify dijamin lebih menyenangkan.

Buat kamu yang kesulitan mengerjakan soal Matematika, Kimia, dan Fisika saat belajar PAS, kamu bisa mencari penyelesaiannya lebih cepat dan mudah lewat fitur Tanya Mipi. Cukup foto soalnya, langsung temukan jawaban dan konsep materinya. Tanya Mipi menjadi teman terbaik untuk latihan soal dan paham konsep!

Yuk, berlangganan aplikasi belajar online Pahamify sekarang! Cek promo spesial Pahamify di link https://pahamify.com/promo/.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version