Untuk Orang Tua Untuk Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Pahamifren, bagaimana persiapan UTBK kamu sejauh ini? Sudah mulai menguasai semua materi UTBK 2021, kan? Atau, ada di antara kamu yang masih bingung bagaimana cara belajar yang ampuh buat menguasai materi UTBK secara optimal? Kalau kamu masih bingung, kamu membaca artikel yang tepat nih!

Kali ini, Mipi bakal bahas cara ampuh menguasai materi UTBK 2021, yaitu lewat belajar aktif secara mental dan mematangkan pengerjaan latihan soal. Cara ini dikutip dari cuitan Twitter Kak Fikri pada 19 November 2020 lalu. Dalam cuitannya, Kak Fikri bilang kalau cara belajar yang efektif dan efisien itu mentalnya harus aktif selama proses belajar.

Nah, untuk mengaktifkan mental salah satu caranya lewat latihan soal. Jadi, belajar aktif secara mental dan perbanyak latihan soal ini menjadi dua cara yang saling berkaitan, ya. Yuk, kita bahas satu per satu dua cara tersebut.

Belajar Aktif secara Mental untuk Menguasai Materi UTBK 2021

Belajar aktif secara mental itu seperti apa sih? Penjelasan sederhananya, proses belajar yang kamu lalui itu bukan hanya buat kamu hafal saja, tapi juga mampu mengerti, memahami tiap detail materi, hingga akhirnya kamu bisa menerapkan atau mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam artian, kamu mempraktikkan kemampuan High Order Thinking Skill (HOTS) saat belajar.

Apa itu soal HOTS? Apa sih karakteristik soal HOTS yang keluar pada UTBK SBMPTN 2021.

Kalau kata Kak Fikri, saat kamu membaca dan merangkum materi UTBK 2021 dengan fokus pun termasuk cara belajar aktif secara mental, lho. Masalahnya, untuk aktif secara mental ini susah-susah gampang. Enggak semua orang begitu baca atau merangkum materi, langsung bisa mengolah informasi tersebut di pikirannya, lalu menanyakan materi tersebut ke diri sendiri.

Maka dari itu, untuk mengaktifkan mental kamu dalam belajar materi UTBK 2021, kamu perlu sering-sering membaca materi dan memperbanyak latihan soal. Misalnya, saat merangkum materi, coba tanyakan lagi ke diri sendiri.

Rangkuman tersebut sudah menjawab konsep seputar materi UTBK 2021 yang penting belum? Kalau suatu saat kamu lupa konsep materi UTBK, bisakah rangkuman itu membantu kamu? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu bisa mengaktifkan mental belajar kamu. Kalau sudah terbiasa aktif, kamu akhirnya bisa menemukan rangkuman materi sesuai kompetensi dasar yang dibutuhkan.

Kuncinya, untuk menjaga mental kamu aktif saat belajar, kamu harus benar-benar paham materinya, enggak cuma menghafal saja, serta kamu tahu cara mengaitkan materi tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari. Kalau sudah menerapkan cara ini, kamu bakal lebih mudah menguasai materi UTBK 2021.

belajar aktif secara mental untuk menguasai materi utbk 2021, bagaimana caranya?

Memperbanyak Pengerjaan Latihan Soal UTBK

Pada tes UTBK SBMPTN 2021 nanti, yang diuji adalah kemampuan memori kamu. Tapi, bukan hanya sekadar memori tentang definisi suatu konsep saja, namun juga cara menerapkan konsep tersebut. Maka dari itu, biar mental dan pikiran kamu lebih mudah menguasai materinya, kamu perlu sering-sering latihan soal.

Kak Fikri menyarankan pengerjaan latihan soalnya tanpa lihat dulu pembahasannya, ya. Tujuannya, biar kamu tahu, kira-kira jaringan syaraf kamu sudah saling terhubung belum? Tanpa melihat pembahasannya, kamu bisa mengasah cara berpikir untuk menghubungkan ide-ide dalam menemukan jawaban yang benar.

Kalau kamu salah menjawab soal latihan, tidak apa-apa. Justru dari kesalahan biasanya kamu jadi lebih mudah belajar. Kamu bukan hanya tahu benarnya saja, tapi juga pernah merasakan tersesat atau salahnya. Jadi, saat tes UTBK yang sesungguhnya, kamu nggak akan mengulangi kesalahan itu lagi deh.

Taklukkan UTBK SBMPTN 2021, dengan panduan belajar UTBK yang efektif dari Pahamify.

Dalam cuitannya, Kak Fikri bilang kalau ujian itu ada 2 jenis, formatif dan sumatif. Sumatif itu ujian yang sebenarnya, seperti PTS, PAS, Asesmen Nasional, UTBK, dan sebagainya. Ujian sumatif ini nilainya berdampak signifikan.

Sedangkan, ujian yang bersifat formatif itu fungsinya lebih seperti diagnostik. Contoh ujiannya, seperti latihan soal atau saat kamu mengikuti try out UTBK. Bukan fokus nilai bagus atau tidak, ujian formatif ini lebih menjadi kesempatan kamu untuk mendiagnosis. Kamu sudah bagus di materi mana dan kurang di mana? Salahnya di materi apa saja?

Sering-sering latihan soal atau mengikuti ujian formatif ini bisa membuat jaringan di otak kamu lebih kuat sehingga bisa lebih lancar dalam mengerjakan soal nantinya. Kamu pun dapat menguasai materi UTBK 2021 dengan lebih optimal. Kalau kata Kak Fikri, kamu menguasai materinya bukan karena hafalan kaku dari buku materi, melainkan kamu menguasainya karena konsepnya memang sering kamu temui saat latihan soal.

Tips Latihan Soal UTBK yang Efektif

Di akhir cuitan Twitternya, Kak Fikri juga menyampaikan tips latihan soal UTBK yang efektif, biar pemahaman materi yang kamu dapat semakin maksimal. Ada 4 langkah utama yang harus dilakukan saat mengerjakan latihan soal UTBK.

Langkah pertama Do, kerjakan terlebih dahulu soal-soalnya. Kedua adalah Review, cocokkan jawaban dengan pembahasan latihan soal, apakah sudah benar atau belum? Langkah ketiga Learn, yaitu pelajari dan evaluasi soal-soal yang masih salah, lalu baca lagi materi yang kamu kuasai. Langkah keempat Apply, yaitu menerapkan hasil evaluasi yang diperoleh dari langkah ketiga, kemudian ulangi latihan soal UTBK dari langkah pertama.

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara belajar yang bisa kamu gunakan untuk cepat menguasai materi UTBK 2021. Mudah-mudahan, artikel ini bisa membantu persiapan UTBK yang kamu lakukan, ya.

Buat kamu yang ingin mencoba latihan soal sebagai persiapan UTBK, kamu bisa mencobanya di fitur TryOut Pahamify. Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba, lengkap beserta pembahasannya. Ikuti juga Kelas Online Gratis persiapan UTBK dan tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify, biar kamu semakin mantap untuk #TaklukkanUTBK.Tunggu apalagi, download aplikasi Pahamify sekarang di link ini. Gunakan semua fitur dan layanannya sebagai #TemanPersiapaUTBK terbaik!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!
Mipi Ulang Tahun! Kirim Ucapanmu disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll