Close

March 9, 2022

Panduan Terlengkap UTBK SBMPTN 2022 Ada Di Sini!

Halo, Pahamifren! Setelah lulus sekolah pastinya kamu pengen melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, kan? Bagi kamu yang mengincar Perguruan Tinggi Negeri (PTN), kamu harus paham tentang jalur UTBK SBMPTN! 

Jadwal pendaftaran, cara mendaftar, sampai biaya pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 bisa kamu lihat di sini, ya! Jadi jbaca baik-baik dulu 😉

Apa Itu UTBK?

Apa bedanya UTBK dengan SBMPTN? Bagaimana cara mendaftar UTBK SBMPTN? Ini mungkin pertanyaan yang paling Pahamifren cari jawabannya saat ini. Terutama yang sedang berada di kelas 12 SMA/MA/SMK/sederajat dan juga yang sedang menempuh Gap Year.

Mipi kasih tau, ya. Ujian Tulis Berbasis Komputer atau singkatnya disebut dengan UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Ini merupakan ujian tertulis yang diselenggarakan untuk menguji kemampuan kamu selama sekolah dan ujiannya dilakukan menggunakan komputer.

Untuk kamu yang tidak memiliki perangkat komputer dan internet di rumah, jangan khawatir!

Ketika mendaftar UTBK nanti kamu dapat memilih lokasi dan waktu pengerjaan ujian sesuai dengan domisili dan program studi. Di lokasi tersebut panitia udah menyiapkan perangkat komputer untuk kamu kerjakan UTBK.

Karena hasil tes UTBK dinilai kredibel dan terstandar secara nasional, keikutsertaan kamu dalam UTBK merupakan syarat utama untuk ikut SBMPTN, loh, Pahamifren. Selain itu, hasil tes UTBK juga dijadikan salah satu syarat mendaftar jalur mandiri di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta, lho. Jadi, jangan sampai ketinggalan UTBK, ya!

Apa Itu SBMPTN?

Sebelumnya, kita udah bahas tentang tesnya, sekarang kita bakal bahas mengenai seleksi masuk kampusnya.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN merupakan seleksi calon mahasiswa baru yang mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Pada tahun 2022, siswa diperbolehkan untuk memilih dua program studi, boleh dari PTN yang sama ataupun berbeda.

Dalam SBMPTN, yang menentukan kelulusanmu di sebuah PTN adalah perguruan tinggi yang bersangkutan, bukan LTMPT. Jadi kalau kamu mendaftar di Universitas Indonesia (UI), maka yang akan menentukan apakah kamu lolos SBMPTN di UI adalah UI itu sendiri.

Nah, ada yang harus kamu ingat-ingat, nih, Pahamifren. Yaitu tentang perbedaan UTBK dan SBMPTN.

Singkatnya, UTBK adalah kegiatan tes atau ujian yang harus kamu lalui untuk mendapatkan sertifikat yang berisi nilai. Sedangkan SBMPTN adalah kegiatan seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri yang akan menentukan apakah kamu lolos atau tidak ke kampus yang kamu daftar.

Misalnya, kalau pada contoh sebelumnya kamu memilih UI, maka pihak UI akan menentukan apakah kamu layak menjadi mahasiswa di kampus kuning tersebut. Salah satu kriteria wajib yang dilihat UI untuk menentukan kelulusanmu di SBMPTN adalah nilai UTBK kamu. Proses ini tidak hanya dilakukan oleh UI, tapi juga PTN lain seperti UGM, ITB, ITS, UNAND, USU, UNHAS, UNCEN, dan PTN peserta SBMPTN lainnya.

Karena proses seleksi masuk PTN ini terjadi berurutan dan terintegrasi sekaligus, maka proses seleksi ke PTN otomatis mengikuti keduanya, yakni UTBK dan SBMPTN. Jadi kamu ikut ujiannya di UTBK, lalu hasil ujian itu diseleksi untuk masuk PTN di SBMPTN. Udah paham, kan?

Jadwal UTBK SBMPTN 2022

Jadwal UTBK SBMPTN

Nah, di bawah ini merupakan jadwal penting UTBK SBMPTN 2022 yang perlu kamu ingat:

  • Registrasi Akun LTMPT : 14 Februari – 17 Maret 2022
  • Pendaftaran UTBK SBMPTN : 23 Maret–15 April 2022
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 17–23 Mei 2022
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 28 Mei–03 Juni 2022
  • Pengumuman Hasil SBMPTN : 23 Juni 2022
  • Download Sertifikat UTBK : 25 Juni–31 Juli 2022

Setiap kegiatan pada tanggal di atas diakhiri pada pukul 15.00 WIB, ya, Pahamifren! Jangan lupa juga untuk cek berkala laman maupun media sosial Pahamify dan LTMPT untuk mendapatkan info tervalid mengenai teknis dan jadwal UTBK SBMPTN 2022. 

Cara Daftar UTBK SBMPTN 2022

Untuk mendaftarkan diri ke UTBK-SBMPTN, Pahamifren bisa simak langkah-langkah di bawah ini:

  1. Registrasi Akun LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir di laman LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id. Jangan lupa pastikan akun LTMPT kamu udah permanen, ya!
  2. Login ke akun LTMPT kamu melalui https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Isi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodatamu. Pastikan tidak ada data yang salah dan jangan coba-coba upload pas foto pake foto idola kamu, ya!
  4. Pilih program studi/jurusan dan kampus impianmu.
  5. Upload portofolio (khusus program studi seni dan olahraga).
  6. Pilih lokasi pusat UTBK PTN yang terdekat dengan kamu! Lokasi yang kamu pilih adalah tempat yang harus kamu datangi untuk mengikuti tes UTBK nanti.
  7. Dapetin slip pembayaran.
  8. Slip pembayaran ini hanya berlaku 1×24 jam, lho! Pastiin kamu udah siap buat bayar tagihannya di bank mitra (Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI).
  9. Setelah pembayaran di salah satu bank tersebut kamu udah bilan log in ke akun LTMPT kamu dan download kartu peserta UTBK SBMPTN 2022, YEAY!

Biaya Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022

  • Biaya pendaftaran UTBK Saintek: Rp200.000,-
  • Biaya pendaftaran UTBK Soshum: Rp200.000,-
  • Biaya pendaftaran UTBK Campuran: Rp300.000,-
  • Siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) tidak dipungut biaya pendaftaran

Setelah bayar biaya pendaftaran di bank bank mitra (Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI), kamu bisa login lagi ke akun LTMPT kamu dan download kartu peserta UTBK SBMPTN 2022. (Cek cara membayar UTBK SBMPTN 2022 di sini)

Gampang, kan? Kalau udah daftar dan cetak kartu peserta, kamu tinggal tunggu jadwal ujian kamu sambil mempelajari materi-materi yang akan diujikan di UTBK SBMPTN nih, Pahamifren!

Siapa Yang Bisa Daftar UTBK SBMPTN 2022?

  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2022 dan siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020 dan 2021
  • Peserta didik Paket C tahun 2022 dan lulusan Paket C tahun 2020 dan 2021dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022)
  • Peserta yang tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun 2020, 2021, dan 2022.
  • Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.

Ini artinya, Pahamifren yang udah lulus SNMPTN di tahun 2022 atau tahun-tahun sebelumnya TIDAK BISA IKUT SERTA di UTBK SBMPTN 2022.

Nah, bagi Pahamifren yang sekarang merupakan siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2022, Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 kalian harus dilengkapi dengan pas foto berwarna terbaru, cap sekolah, dan tanda tangan kepala sekolah, ya!

Pahamifren bisa hubungi pihak sekolah masing-masing untuk mendapatkan surat ini. Sedangkan bagi Pahamifren yang udah lulus, kalian bisa mempersiapkan dokumen berupa ijazah.

Jenis Tes Yang Diujikan Saat UTBK SBMPTN

Jenis tes yang diujikan saat UTBK SBMPTN

Pahamifren tentunya udah tau, dong, perbedaan antara Saintek dan Soshum? Nah, Pahamifren juga wajib paham nih tentang materi-materi yang akan diujikan ketika UTBK. Simak baik-baik, ya!


SaintekSoshumCampuran
TPS
Bahasa Inggris
TKA Saintek
TKA Soshum

Tips Siap UTBK SBMPTN

Pahamifren udah tau belum kalau di tahun 2022 ini peserta hanya diberi satu kali kesempatan untuk mengikuti ujian? Artinya, kamu harus 100% siap untuk mengikuti UTBK SBMPTN.

Tenang! Mipi punya tips yang bisa kamu ikuti biar kamu siap menghadapi UTBK SBMPTN 2022. Ssstt, ini rahasia khusus buat kamu, loh…

Jaga kesehatan tubuh!

Kesehatan adalah faktor utama yang mempengaruhi kesiapan kamu untuk UTBK. Kondisi badan yang sehat dan bugar pastinya akan nyaman digunakan untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK SBMPTN. Sebaliknya, jika kamu sakit, maka persiapan kamu juga akan terhambat!

Oleh karena itu, Pahamifren jangan lupa untuk makan makanan bergizi seimbang dengan teratur, olahraga, dan menjaga protokol kesehatan jika Pahamifren sedang berada di luar rumah, ya!

Mulai persiapan sekarang juga!

Pahamifren jangan menunda segala persiapan yang dibutuhkan buat pendaftaran seperti menyiapkan dokumen dan berkas-berkas, merancang portofolio, dan tentunya belajar materi-materi yang akan diujikan di UTBK nanti, ya!

Selain itu, kamu juga udah harus tau program studi atau jurusan mana yang akan kamu daftarkan di UTBK SBMPTN nanti. Kamu bisa gunakan fitur Minat Bakat yang ada di aplikasi Pahamify. Kamu juga bisa cari artikel tentang beragam jurusan di perguruan tinggi di blog Pahamify.

Perbesar peluang kamu sukses UTBK dengan belajar bareng Mipi, yuk! Di aplikasi Pahamify, kamu bisa ikut Live Class, cobain latihan soal UTBK terbaik, di TryOut Pahamify, belajar konsep materi pake video animasi yang seru, dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung mulai persiapkan diri kamu untuk #TaklukkanUTBK bareng Pahamify. Download aplikasinya sekarang!

Penulis: Adenia Nadira Tuzenitha


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *