Close

March 9, 2022

Lolos SNMPTN Ga Bisa Daftar SBMPTN: Hoax Atau Fakta?

SNMPTN SBMPTN

Kalau udah lolos SNMPTN, masa ga bisa SBMPTN? Nah, Pahamifren pasti udah ga sabar banget nunggu pengumuman SNMPTN, ya. Sambil nunggu kepastian-uhuk kepastian, mending cari tau tentang hoax dan fakta serba-serbi lolos SNMPTN dan SBMPTN bareng Mipi, yuk! Simak artikel ini sampai selesai, ya.

Lolos SNMPTN = Kuliah Gratis

Peserta SNMPTN hanya digratiskan untuk seleksi masuk saja. Setelah dinyatakan lolos SNMPTN, Pahamifren yang tidak terdaftar sebagai pemegang KIP/KIP-K harus membayarkan uang kuliah tunggal (UKT) tiap semester dengan nominal yang telah ditetapkan oleh kampus.

Kamu tidak perlu khawatir, karena hampir di semua kampus besaran UKT akan disesuaikan dengan kemampuan finansial keluarga. Besaran UKT akan ditentukan setelah kamu mengurus berkas daftar ulang.

Pertimbangan yang umum digunakan dalam penentuan besaran UKT antara lain:

  1. Besar pendapatan atau gaji orang tua
  2. Profesi orang tua
  3. Aset yang dimiliki oleh keluarga
  4. Jumlah saudara

Kebijakan masing-masing PTN dalam penentuan besaran UKT untuk mahasiswa bisa saja berbeda-beda, ya, Pahamifren. Besar kecilnya UKT juga bisa berbeda dikarenakan perbedaan program studi juga, lho.

Contohnya, UKT mahasiswa program studi Kedokteran pasti lebih besar jika dibandingkan dengan UKT mahasiswa program studi Manajemen. Hal ini dikarenakan kuliah di program studi Kedokteran memerlukan banyak praktik dan menggunakan alat-alat lab yang tidak murah harganya.

Nah, bagi Pahamifren pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) maupun Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) memang tidak perlu membayarkan UKT sepeserpun alias gratis karena mendapat subsidi dari pemerintah (sesuai dengan ketentuan yang berlaku).

So, bisa dipastikan kabar ini HOAX, ya, Pahamifren!

Melepas SNMPTN = Sekolah Kena Blacklist

Pernyataan ini pasti sering kamu dengar, kan? Mari kita cek faktanya!

Blacklist terhadap sekolah hanya terjadi ketika penyelenggara maupun PTN yang bersangkutan mengetahui bahwa sekolahmu melakukan kecurangan, seperti memanipulasi nilai-nilai siswa.

Sedangkan, jika terdapat siswa yang tidak melakukan daftar ulang setelah dinyatakan lolos SNMPTN, hal ini akan berpengaruh terhadap indeks sekolah, yang merupakan salah satu poin pertimbangan kelulusan SNMPTN bagi seluruh siswa di sekolah tersebut.

Eits, kalau kamu cemas indeks sekolahmu menurun tajam karena ada alumni yang tidak daftar ulang, tenang aja! Indeks sekolah sendiri tersusun dari banyak aspek, ya, Pahamifren.

Selain rekam jejak SNMPTN, indeks sekolah juga mempertimbangkan akreditasi, jenis kelas, prestasi alumni di PTN yang dituju, prestasi sekolah di kejuaraan tingkat daerah/nasional/internasional, dan masih banyak lagi.

Nah, ada yang perlu kamu ketahui tentang indeks sekolah, nih, Pahamifren. Karena beragamnya aspek penilaian seperti yang telah Mipi sebutkan di atas, angka indeks sekolah di masing-masing PTN bisa berbeda.

Indeks sekolah sendiri juga merupakan kebijakan privasi masing-masing PTN dan penyelenggara penerimaan calon mahasiswa baru.

Meskipun demikian, Mipi sangat tidak menyarankan kamu untuk melepas SNMPTN, Pahamifren. Penurunan indeks sekolah bisa membuat adik kelasmu akan semakin sulit diterima di PTN yang dituju, lho! 

So, bisa dibilang info ini adalah HOAX!

Lolos SNMPTN = Langsung Jadi Mahasiswa

Hmm… Kalau ini sudah pasti HOAX. Meskipun sudah dinyatakan lolos seleksi, hal ini tidak membuat kamu langsung menjadi mahasiswa, lho!

Setelah melewati proses seleksi dan dinyatakan lolos, Pahamifren harus melengkapi dokumen-dokumen yang diminta oleh pihak kampus sebagai berkas daftar ulang. Melalui proses daftar ulang inilah Pahamifren baru akan tercatat sebagai mahasiswa di kampus impian!

Biar tidak ketinggalan info, Mipi sarankan kamu segera cek akun media sosial maupun website resmi kampus, fakultas, dan jurusan kalian untuk menerima informasi lengkap tentang daftar ulang, ya!

Biasanya, akun media sosial milik Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) baik tingkat universitas maupun fakultas maupun media sosial milik Himpunan Mahasiswa jurusan masing-masing akan memberi update mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mahasiswa baru juga, lho!

Jangan sampai ketinggalan informasi, ya! Bisa-bisa kamu gagal jadi mahasiswa di kampus impian hanya gara-gara telat daftar ulang, hiks…

Lolos SNMPTN = Tidak Bisa Ikut SBMPTN

Bagi Pahamifren yang dinyatakan lolos seleksi melalui jalur SNMPTN, akun LTMPT kalian akan diatur secara otomatis oleh sistem agar tidak dapat mendaftarkan diri ke jalur SBMPTN. Hal inilah yang menyebabkan kamu tidak bisa ikut SBMPTN, bahkan di tahun-tahun berikutnya juga.

“Kalau aku ga cocok sama jurusannya dimana, dong?”

Dengan berat hati, Mipi harus bilang kalau itu adalah konsekuensi dari pilihan kamu di SNMPTN, Pahamifren. 

Meskipun kamu tidak daftar ulang, sistem telah mencatat bahwa kamu lolos SNMPTN dan akses untuk mendaftar SBMPTN diblokir oleh sistem.

Kalau kamu berencana untuk melarikan diri dengan cara tidak daftar ulang, resikonya sangat besar! Semoga Pahamifren tidak ada yang salah pilih jurusan, ya.

So, bisa dipastikan kalau yang satu ini FAKTA!

Nah, meskipun fakta ini menyakitkan, jangan lupa juga bahwa tidak semua pendaftar SNMPTN akan lolos dan diterima di PTN impiannya. Oleh karena itu, Pahamifren gaboleh lengah! Jangan sampai kamu hanya menunggu pengumuman SNMPTN sambil leha-leha, ya!

Meskipun siswa yang dinyatakan lolos SNMPTN tidak bisa mengikuti SBMPTN, tidak ada salahnya, kan, kalau kamu juga mempersiapkan diri. Nah, sambil menunggu pengumuman SNMPTN, yuk belajar buat UTBK 2022 bareng Mipi!

Di aplikasi Pahamify, kamu bisa ikut Live Class, cobain latihan soal UTBK terbaik, belajar konsep materi pake video animasi yang seru, dan masih banyak lagi. Pokoknya seru, deh!

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung mulai persiapkan diri kamu untuk #TaklukkanUTBK bareng Pahamify dan download aplikasinya sekarang!

Oiya, biar makin paham, kamu bisa cek panduan terlengkap UTBK SBMPTN 2022 di sini!

Penulis: Adenia Nadira Tuzenitha


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan UTBK SBMPTN dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify buat persiapan UTBK SBMPTN:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa taklukkan UTBK SBMPTN. 
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap Taklukkan UTBK SBMPTN. 
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi taklukkan UTBK.
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu taklukkan UTBK.
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *