Close

March 10, 2022

Jurusan Kimia Ngga Cuma “Eksperimen”

Siapa di sini yang baru denger jurusan Kimia aja uda tremor?? Yap, jurusan ini cukup punya kesan yang menakutkan bagi sebagian orang. Karena yang Mipi temuin banyak guru Kimia baik itu SMA/SMK pasti killer-killer, betul apa betul nih?

Buat kamu yang baca artikel ini, Mipi acungi jempol dulu deh, soalnya pasti ada ketertarikan buat milih jurusan Kimia di UTBK SBMPTN nanti.

For your Information, jurusan Kimia di UTBK masuk ke dalam rumpun Saintek. So, kalau kamu sekarang ada di jurusan IPA, akan jauh lebih mudah buat kamu menghadapi UTBK SBMPTN dari pada kamu yang jurusan IPS.

Eitsss tapi tenang dulu, semua itu tidak diukur dari jurusan kamu sekarang kok. Balik lagi, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Banyak juga orang yang beranggapan bahwa karir dalam bidang Kimia ini ngga secerah bidang lain.

“Kimia entar kerjanya apasi? “

So, please, buang jauh-jauh fikiran tersebut yaaa. Buat kamu yang tertarik memilih jurusan ini di UTBK SBMPTN, tentu harus paham sampai ke akarnya sebelum membuat keputusan.

Belajar apa saja di jurusan Kimia, bahkan karir kedepannya? Eitss jangan khawatir, kamu ada di lapak yang tepat. Simak ulasan di bawah ini yuk untuk lebih jelasnya!

Sekilas Tentang Jurusan Kimia

Sebelum lebih jauh masuk ke kehidupan akademiknya, kamu harus tahu terlebih dahulu tentang jurusan Kimia.

Di jurusan Kimia, mahasiswa akan mempelajari ilmu tentang struktur, komposisi, dan sifat zat dari skala terkecil atom hingga bertranformasi menjadi molekul. Dan dari transformasi itulah akan mengubah sifat materi tersebut. Misalnya nih adanya perubahan bentuk dari benda padat ke benda cair yang biasa kita sebut “Mencair”.

Sebagian orang sering salah arti terhadap jurusan Teknik Kimia dengan Kimia Murni. Bahkan sering disamakan karena sama-sama ada kata “Kimia”. Padahal, secara pembelajaran kedua jurusan tersebut sangatlah berbeda.

Kimia Murni lebih fokus untuk menemukan teknik pemrosesan baru atau sebuah molekul baru. Mulai dari memastikan kualitas bahan baku, melakukan uji coba, sampai merumuskan reaksi yang terjadi.

Sedangkan Teknik Kimia lebih ke memanfaatkan material baru tersebut agar lebih efisien, dimana lebih menitikberatkan pada proses kimiawi. So, udah kebayang bedanya kan???

Nah, maka dari itu Kimia Murni sangat erat kaitannya dengan Ilmu Kimia. Ada beberapa mata kuliah yang harus kamu ketahui sebelum terjun langsung ke lapangan.

Seperti struktur dan ikatan kimia, bahan kimia berbahaya, praktik kimia dasar, elektroanalisis & dasar-dasar pemisahan, struktur reaktivitas kimia, dll. Semua mata kuliah tersebut tidak hanya teori saja, kamu harus melakukan praktikum di laboratorium. Kamu bakal pake jas lab lho, keren banget bukan? 

Kamu juga harus tahu, kalau di Kimia ini tidak hanya fokus pelajaran Kimia saja. Di semester awal nanti akan bertemu dengan fisika (mempelajari termodinamika kimia, kinetika kimia, dll), matematika (mempelajari matmatika dasar)  hingga biologi (mempelajari struktur dan senyawa makhluk hidup).

So, semua itu akan menjadi penunjang yang harus kamu kuasai. Eitssss masih ada lho ternyata. Di semester lanjut kamu juga akan dikenalkan dengan mata kuliah Biokimia. Di mana campuran biologi kimia yang mempelajari struktur dan juga fungsi komponen molekular. Mungkin terdengarnya rumit, tapi tenang Pahamifren! Semuanya hanya perlu dipelajari dengan baik saja kok.

Satu hal lagi. jika kamu fix memilih jurusan ini saat UTBK SBMPTN nanti, maka harus benar-benar tidak buta warna. Karena otomatis bakal sering bertemu dengan bahan-bahan kimia yang memiliki warna beda-beda. Jika salah sedikit saja mencampurkan bahan, tentu bisa fatal.

Jadi, persiapkan diri dengan baik ya!

Prospek Kerja Jurusan Kimia

Setelah sekilas mengetahui tentang kehidupan akademik  jurusan Kimia,  kamu juga harus tahu karir apa saja yang bisa kamu raih setelah lulus.

Lulusan jurusan Kimia memiliki cakupan yang sangat luas lho, dalam arti memiliki peluang pekerjaan yang besar. Lebih detailnya cek di bawah ini!

Quality Control

Seorang QC sangat dibutuhkan di hampir semua perusahaan. Seperti tekstil, farmasi, makanan & minuman, kosmetik, dll. Karir dalam bidang ini-pun cukup menjanjikan, dimana pasti tidak akan redup walaupun perkembangan zaman sudah modern. Tanggung jawabnya adalah mengecek kualitas produk sebelum diluncurkan, sehingga memastikan konsumen aman dalam menggunakan produk tersebut adalah kewajibannya.  

Quality Assurance

Profesi QA mungkin asing di sebagian orang, tapi jangan salah lho karir ini termasuk karir yang cukup cemerlang di perusahaan. Posisi QA setingkat lebih tinggi dibanding QC. Jika QC tanggung jawabnya adalah mengecek kualitas produk saja, maka QA selain mengecek juga ia harus mengawasi seluruh proses produksi yang terjadi.

Analisis Laboratorium

Yap, semua orang mengira lulusan jurusan Kimia pasti akan menjadi analisis lab. Hmm tentu itu adalah pernyataan yang tidak salah. Jika memang kamu tertarik meneliti di lab berjam-jam, karir ini akan sangat cocok. Intensitas bertemu orang-pun sedikit, jadi buat kamu yang introvert bakalan betah banget. Satu hal lagi, gajinya gede lho.

Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan

Ketika perusahaan mengeluarkan produk yang berkaitan dengan kesehatan, tentunya harus ada elemen tersendiri untuk memantau produk tersebut. Maka dari itu, seorang pengendali mutu produk harus memastikan proses dari awal memilih bahan hingga fisihing semua dalam kondisi aman.

Namun tentu bagian ini tidak berdiri sendiri, harus ada kerja sama dengan divisi lain misalnya logistik untuk pemilihan bahan baku tersebut. Bagaimana, karir ini cukup menarik bukan?

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai jurusan Kimia serta karir-nya.

Buat kamu Pahamifren yang masih bingung mau memilih jurusan apa saat UTBK SBMPTN, jangan lupa untuk di cari seluk beluknya ya. Jadi kamu ada sedikit gambaran  akan seperti apa di perkuliahan nanti.

Jangan sampai saat Tuhan kabulin doa kamu untuk terpilih di jurusan tersebut, kamu malah bingung harus ngapain. Jadi mumpung masih ada waktu, gunakan waktu tersebut sebaik-baikya yaa.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan UTBK SBMPTN dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify buat persiapan UTBK SBMPTN:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa taklukkan UTBK SBMPTN. 
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap Taklukkan UTBK SBMPTN. 
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi taklukkan UTBK.
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu taklukkan UTBK.
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *