pfy-burger-btn Menu

Jurusan Matematika Kerjaannya Cuma Ngitung?

Matematika

Masalah yang sedang dihadapi anak SMA sekarang adalah keputusan memilih jurusan saat UTBK nanti. Hmm pasti sulit banget, karena membutuhkan banyak pertimbangan salah satunya karir. Eitss tapi jangan khawatir, disini Mipi coba bantu membuka pikiran kamu deh. Eh maksudnya bukan hipnotis yaa, Mipi cuma mau membedah salah satu jurusan yang cukup terkenal di kalangan masyarakat luas. Yap, jurusan Matematika.

Kalau kamu ada ketertarikan di jurusan tersebut, gotchaaaa! Artikel ini buat kamu. Yuk intip lebih jelasnya di bawah ini!

Tentang Jurusan Matematika

Siapa sih yang ngga tahu jurusan Matematika? Kayanya semua orang pasti tau deh jurusan ini. Jurusan yang terkenal karena “keganasannya” bikin semua orang takut, maka dari itu banyak yang sengaja menghindar. Tapi jika kamu salah satu yang tertarik, Mipi appreciate banget. Kamu termasuk orang-orang pilihan. Dari SD – SMA kebanyakan orang ngga suka hitung-hitungan, rumit lah bikin puyeng lah. Tapi sebenarnya jika di asah, itu bakalan asyik banget lho, Pahamifren.

Okeyyy sebelum membedah lebih dalam, sebenarnya apa sih Matematika itu? Apa benar hitung-hitungan semua? Hmmm big no, stereotip ini kayanya harus diluruskan.

So, Matematika adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang menyangkut di dalamnya. Misalnya kalkulus, aljabar, statistika, geometri, komputasi, dll. Intinya kamu akan berfikir secara logika juga tentang teori-teori yang sudah ada. Jadi ngga cuma ngitung, logika juga dibutuhkan dalam jurusan ini.

Nah, bedanya apa sih dengan jurusan Pendidikan Matematika???

Sederhananya gini, jika di jurusan Pendidikan Matematika kamu belajar lebih mendalam lagi tentang teori-teori. Serta dibekali ilmu bagaimana teori tersebut kamu sampaikan lagi kepada murid-murid agar lebih mudah dimengerti. Intinya kamu akan dipersipkan untuk menjadi guru Matematika, baik itu di sekolah ataupun privat. Sampai sini paham, kan??

Mata Kuliah dan Kehidupan Akademik Jurusan Matematika

Setelah mengetahui deskripsi jurusan Matematika, pasti kepo banget kira-kira kehidupan akademik atau mata kuliah sehari-harinya seperti apa.

Ketika kamu masuk semester pertama, maka akan disuguhkan dengan dasar-dasar Matematika. Mipi berikan gambaran semester awal di Universitas Indonesia. Mungkin di setiap kampus berbeda, tapi tentu tidak akan ada perubahan banyak. Diantaranya:

  • MPKT Sains,
  • MPK Bahasa Inggris,
  • MPK Olahraga/Seni,
  • Matematika Dasar 1,
  • Metode Statistika,
  • Kimia Dasar 1, dan
  • Logika & Himpunan

MPKT adalah Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi. Nah untuk yang sains, nanti kamu akan belajar pengetahuan alam, misalnya siklus hidrologi, mutasi, dll.

Namanya awal, tentu tidak terlalu berat. Ketika sudah semester lanjut, maka akan lebih banyak dan lebih dalam lagi. Misalnya di semester 4, nanti kamu akan bertemu mata kuliah berikut:

  • Fisika,
  • Analisis 1,
  • Pengantar Teori Probabilitas,
  • Pemograman Matematika,
  • Statistika Matematika, dan
  • Matematika Diskrit.

Pokoknya jangan heran kalau misalnya kamu bertemu mata kuliah yang ada seasonnya (persis kaya film dehhh). Contohnya kalkulus, maka akan ada kalkulus integral, kalkulus peubah banyak, kalkulus diferensial, dll.

Melanjutkan stereotip, jurusan Matematika itu ngga cuma hitungan bener benget ya, Pahamifren. Kaya matkul di atas, itu ada analisis, geometri, dan juga pemograman. Dimana semua itu ngga semuanya tentang hitungan. Clear ya sampai sini???

For your information, semester 5 keatas kamu harus memilih konsentrasi atau peminatan. Jadi nanti kamu hanya fokus pada satu cabang ilmu saja. Di jurusan Matematika kurang lebih ada 5, yaitu:

  • Matematika Murni,
  • Komputasi/Ilmu Komputer,
  • Riset Operasi,
  • Aktuaria, dan
  • Statistika.

Prospek Kerja Jurusan Matematika

Pada hakikatnya ilmu Matematika itu sangat luas atau aplikatif, sehingga pasti banyak peluang karir yang dapat kamu pilih. Misalnya dalam sektor keuangan, perbankan, bisnis, teknologi informasi, dll. Jadi kamu patut bangga karena ilmu ini memiliki nilai jual tinggi lho. Kira-kira apa aja ya karir-nya, langsung cek yuk!

Market Researcher

Hmm dari sebutannya aja uda keren banget bukan? Kamu yang senang analisis atau meneliti bakalan cocok banget berkarir di bidang ini. Tanggung jawabnya adalah melakukan sebuah penelitian lapangan. Dimana hasilnya akan menghasilkan sebuah analisis bagi klien untuk menghasilkan suatu produk. Sederhananya sebagai pemberi nasihat atau masukan bagaimana sebuah produk diterima oleh masyarakat. Hmmm menarik banget!

Data Scientist

Kamu pasti kepo banget kan kira-kira di balik teknologi yang canggih, di belakang layarnya seperti apa sih. Nah, orang yang berada dibalik kendali tersebut salah satunya adalah Data Scientist. Tugasnya adalah mencari tahu infromasi yang bermanfaat untuk kelangsungan/pengembangan sebuah bisnis.

Tanggung jawabnya cukup besar, pertama kamu harus analisis dengan menggabungkan data dari berbagai sumber, kedua memilih faktor apa saja yang mempengaruhi hasil analisis tersebut, kemudian terakhir membuat sebuah rencana agar para petinggi paham akan data yang telah di analisis. Metode statistika saat kuliah sangat dibutuhkan dalam karir ini.

Programmer (Software Developer)

Kata siapa karir sebagai Programmer hanya lulusan IT saja? Jurusan Matematika juga bisa lho. Tugasnya adalah membuat sebuah program. Tapi tidak se-sederhana itu. Mengacu pada Software Engineering, kamu harus bisa menerjemahkan ke dalam bahasa komputer. Intinya harus memastikan program yang dibuat berjalan dengan lancar.

Kamu nanti akan menemukan bahasa Pemograman, seperti CSS, SQL, JavaScript, XML, Pyhton, HTML, dsb. So, coba kamu tekuni satu persatu ya. Fyi, Programmer salah satu divisi yang gajinya lumayan tinggi lho di perusahaan.

Ahli Statistik

Siapa disini yang suka banget sama Statistika? Jika itu kamu, karir ini bakalan tepat banget Istilah kerennya adalah statistikawan/statistisi. Kamu akan dituntut untuk mengaplikasikan sebuah metode statistik dan juga teori untuk menemukan sebuah sampel dan mengolah data. Pengumpulan data tersebut bisa diakali dengan menggunakan kuesioner. Nah, baru nanti hasil akhirnya dapat kamu presentasikan dalam bentuk diagram, bagan, tabel, ataupun grafik

Setelah mengetahui seluk beluk jurusan Matematika dan karir-nya, itu semua bikin kamu ciut atau tambah bersemangat? Pastinya harus bersemangat yaa, Pahamifren. Jangan pantang menyerah okeyyy. Mungkin terlihatnya sulit, tapi semua itu bisa teratasi apabila kamu ada tekad yang kuat untuk belajar.

Langkah yang harus diambil dalam waktu dekat adalah berjuang untuk UTBK 2022. Bersaing dengan ribuan orang tentu bukan hal yang bisa kamu sepelekan. Ada strategi belajar dll yang harus kamu persiapkan. Mipi doakan semoga cita-cita kamu untuk lolos dan masuk jurusan yang diinginkan tercapai ya. Tetap semangat! Semoga artikel ini membantu.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll