pfy-burger-btn Menu

Belajar “Makhluk Hidup” Di Jurusan Biologi!

Biologi

Mendengar kata Biologi pasti sudah tidak asing lagi kan, Pahamifren? Dari SD – SMA pelajaran yang masuk dalam rumpun Ilmu Pengetahuan Alam ini sudah tidak diragukan lagi eksistensi-nya.

So, siapa disini yang tertarik dengan jurusan Biologi saat UTBK nanti? Jika itu kamu, Mipi kasih applause deh, keren banget! Jurusan ini mungkin terdengar-nya sederhana, tapi jangan salah, di perkuliahan nanti kamu akan mengetahui seluk beluk jurusan dan karir yang ngga pernah terbayangkan sebelumnya.

Biologi di universitas masuk ke dalam fakultas FMIPA. Selain Biologi, yang masuk dalam fakultas tersebut adalah Matematika, Fisika, Kimia, dsb. Keren banget bukan? So, langsung aja yuk Mipi bahas jurusan Biologi lebih dalam.

Who’s exited??? Let’s start it!!!

Apa Itu Jurusan Biologi???

Banyak stereotip di luar sana  yang menyangka bahwa jurusan Biologi adalah turunan dari jurusan Kedokteran. Hmmm buat kamu yang berfikiran seperti itu, salah banget! Di Kedokteran kamu akan belajar ilmu medis pada manusia, sedangkan Biologi mungkin betul belajar tentang manusia, tapi tidak ilmu medis-nya. Melainkan akan mempelajari organ-nya apa saja, fungsi utamanya, cara reproduksi, dll.

For your information, beda banget juga dengan jurusan Pendidikan Biologi yaa. Jika pendidikan tujuan utamanya untuk menghasilkan tenaga pengajar yang berkompetan, sedangkan Biologi murni lebih ke mencetak lulusan handal dalam riset ilmu hayati. Sampai sini paham kan, Pahamifren?

Okeyyy secara istilah Biologi berasal dari kata Yunani. Yaitu “Bios” yang artinya hidup, dan “Logos” yang artinya ilmu. Maka dari itu secara keseluruhan adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup. Nah, makhluk hidup yang kita ketahui apa aja sih? Ada manusia, hewan dan tumbuhan betul?

Intinya Biologi dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Ada ilmu tanaman (botany), struktur organisme (morphology), hewan (zoology), serta fungsi organisme hidup & penyusunnya (physiology). Secara umum yang akan dipelajari adalah segala fenomena yang berkaitan dengan benda hidup tersebut, atau meneliti berbagai jenis organisme dan hubungannya dengan ekosistem. Misalnya sel, pertumbuhan dan perkembangan, asal-usul, struktur dan fungsi, evolusi, fenomena psikologi yang menyangkut organisme, interaksi biologi degan lingkungan, fungsi organ, dsb. 

Jurusan Biologi – Belajar Apa Aja?

Jika kamu memilih untuk mengambil pendidikan Strata 1, maka waktu yang harus kamu tempuh hingga lulus minimal 4 tahun, atau mungkin bisa 3,5 apabila belajar sungguh – sungguh. Dan itu semua tentu bukan waktu yang singkat. So, untuk memaksimal-kan waktu yang ada, kamu harus tahu terlebih dahulu kehidupan akademik jurusan Biologi.

Dari testimoni lulusannya, jurusan Biologi masuk ke salah satu jurusan yang paling asyik lho. Hmmm kok bisa gitu? Yap, kamu akan lebih banyak belajar di alam bebas atau terbuka, karena akan melakukan pengamatan langsung. Seru banget bukan?

Nah, mata kuliah yang akan kamu jumpai di semester awal masih dasar, agar para mahasiwa/i  mengingat terlebih dahulu apa yang sudah diajarkan semasa sekolah. Seperti PKN, Keagamaan, Bahasa Inggris, Biologi Dasar, dan Biologi Matematika & Komputasi. Walaupun terlihatnya mudah, di semester awal ini kamu tidak hanya teori saja, tetapi akan langsung ke lab untuk praktikum.

Lanjut ke semester 2 sampai 4, kamu mulai mempelajari hal yang spesifik tentang sistem Biologi. Misalnya Struktur Fisiologi Hewan, Taksonomi, Ekologi, Struktur Perkembangan Tumbuhan, Mikrobiologi, Keanekaragaman Hayati Tropis, Sel & Molekul, hingga Bioteknologi & Bioinformatika.

Masuk semester 5 sudah mulai harus memilih konsentarasi atau peminatan. Mungkin di universitas lain ada yang tidak di semester ini, namun tentu tidak akan jauh berbeda. Konsentrasi tersebut diantaranya: Biologi Kimia & Analitik, Bioetika, Biosistematika & Evolusi, serta Tata Guna Biologi & SdG’s. Yang perlu kamu ketahui, dari 4 peminatan tersebut harus dipilih satu yaa, dimana nanti-nya ilmu tersebut akan menjadi fokus kamu di semester selanjutnya. Kira-kira tertarik yang mana nih, Pahamifren?

Teruntuk semester 6, 7, dan 8, kamu dihadapkan dengan magang, riset, dan juga skripsi. Jadi tidak akan banyak mata kuliah di semester ini.

Jenjang Karir Jurusan Biologi

Jurusan Biologi masuk ke dalam salah satu jurusan yang memiliki jenjang atau prospek karir yang luas. Seperti yang kita ketahui, jurusan ini ternyata mendalami seluk beluk makhluk hidup, sehingga pasti masuk di segala bidang. Karir-nya apa saja, yuk intip di bawah ini!

Peneliti Bioteknologi

Seiring berkembangnya teknologi, tentu peran Bioteknologi juga akan berkembang pesat. Karir ini termasuk salah satu yang paling diminati lho, Pahamifren. Lulusan Biologi, siapa sih yang ngga mau jadi Peneliti?

Nah, secara singkat profesi ini dituntut untuk menemukan sesuatu yang baru. Tanggung jawabnya adalah meneliti dan mengambil DNA dari tanaman atau hewan, yang nantinya bisa dikembangkan menjadi obat-obatan yang berguna bagi masyarakat. 

Quality Assurance & Quality Qontrol

Di pemerintahan ataupun perusahaan swasta, seorang QA dan QC akan sangat dibutukan. Sehingga karir ini tidak akan tenggelam seiring berkembangnya zaman. Sebagian orang hampir mengira bahwa kedua karir tersebut adalah sama, faktanya tanggung jawab sangat berbeda.

QA bertugas untuk memastikan semua produk yang dipasarkan sudah memenuhi kualitas perusahaan. Sedangkan QC bertugas untuk memeriksa produk sebelum, selama, atau setelah proses produksi mendapatkan kualitas yang diperlukan.

Teknisi Konservasi Lingkungan

Fyi, karir ini sedang marak diperbincangkan lho. Di zaman sekarang masalah kelestarian lingkungan menjadi isu sensitif, apalagi polusi dan kerusakan lingkungan terjadi akhir – akhir ini. Maka dari itu, profesi TKL menjadi sangat dibutuhkan. Tugasnya adalah memantau perkembangan lingkungan, menganalisa, dan juga mencari solusi yang tepat.

Perawat Hewan

Bagi kamu pecinta hewan, karir ini tepat banget! Perawat Hewat dengan Dokter Hewan beda yaa. Dokter hewan harus lulusan kedokteran, sedangkan untuk perawatnya bisa lulusan Biologi. Nah jika kamu memilih karir ini, tugasnya bisa di rumah sakit hewan, kebun binatang, maupun balai karantina. Tanggung jawabnya adalah memberikan perawatan sehari hari pada hewan. Misal dari segi psikologis agar tidak stress, serta melakukan perawatan bagi hewan yang sakit, dll.

Bagaimana, dari mulai kehidupan akademik hingga karir, apa kamu masih tertarik dengan jurusan Biologi? Hmm harus dong! Biologi tuh seru banget, ngga akan terlalu banyak hitung-menghitung disini. So, buat kamu yang cara belajar-nya membaca dan menghapal, jurusan ini kamu banget deh.

Nah, yang paling penting sekarang adalah sejauh mana persiapan kamu untuk UTBK yang tinggal menghitung bulan. Jika mimpi kamu ada di jurusan Biologi, bisa yuk kejar terus sampai dapat. Inget ya, tuhan bersama hambanya yang selalu berusaha. Semoga artikel ini membantu kamu, Pahamifren.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll