pfy-burger-btn Menu

Siapa Yang Mau Masuk Jurusan Manajemen?

Jurusan Manajemen

Siapa sih yang gatau jurusan Manajemen? Hmmm rasanya mustahil ya, pasti hampir semua orang mengetahui jurusan tersebut. Oleh karena itu, banyak juga yang memilih jurusan Manajemen saat UTBK SBMPTN nanti. Karena termasuk jurusan yang paling diminati pada rumpun sosial/soshum lho. 

Biasanya yang memilih jurusan Manajemen itu adalah orang-orang yang hanya melihat dari peluang karir-nya saja. Karena memang lulusan Manajemen terbilang cukup memiliki peluang kerja yang luas, baik di instansi pemerintahan ataupun perusahaan swasta.

Mengacu pada itulah, akhirnya bejibun banget orang yang pengen masuk jurusan ini. Hmmm sebenarnya tidak ada salahnya mengacu pada karir, tapi selain itu kamu juga harus tahu seperti apa kehidupan akademiknya atau paling tidak paham nanti akan belajar tentang apa.

For your information, banyak kasus orang yang dimudahkan untuk lulus jurusan ini tapi masih semester awal sudah mengeluh karena pelajarannya yang susah ataupun ternyata tidak sesuai ekspektasi. Sehingga muncul slogan “Gue kayanya salah jurusan deh”.

Nah, kamu jangan sampai seperti itu yaa, di bawah ini Mipi berikan gambaran singkat untuk jurusan Manajemen. Yuk disimak!

Kehidupan Akademik Jurusan Manajemen

Ketika kamu memilih S1 di jurusan ini, maka waktu yang akan kamu tempuh biasanya 4 tahun atau 8 semester. Dan apabila mengikuti perkuliahan dengan baik hingga selesai, maka gelar yang kamu dapatkan adalah SM (Sarjana Manajemen) atau SE (Sarjana Ekonomi).

So, sebelum lebih jauh, kamu haru tahu terlebih dahulu arti manajemen. Manajemen adalah program studi yang mempelajari hal terkait bisnis ataupun ekonomi. Dalam arti, manajemen ini sebagai pengendali sebuah perusahaan, dimana memastikan semua elemen dalam kondisi lancar.

Misalnya dalam segi manajemen perusahaan, strategi bisnis, manajemen produksi/pemasaran, administrasi dll. Dikarenakan cakupannya yang luas, manajemen akan terus semakin berkembang untuk dipelajari lebih detail.

Jika kamu tertarik dalam mengelola sesuatu atau ada bakat dalam hal tersebut, jurusan Manajemen merupakan jurusan yang sangat cocok lho untuk kamu geluti.

Masuk ke dalam kehidupan akademiknya, kamu nanti akan disuguhkan beberapa mata kuliah. Ada pengantar ekonomi, manajemen strategi, rencana bisnis, perbankan, manajemen resiko, pengantar akuntansi, hingga perilaku konsumen.

Ketika sudah memasuki semester lanjut kisaran semester 6 atau 7 tergantung kebijakan universitas, kamu akan menghadapi pilihan sulit untuk memilih konsentrasi atau peminatan.

Konsentrasi inilah yang nantinya dapat membuat kamu lebih fokus mendalami ilmu manajemen yang diminati.

Ada beberapa konsentrasi yang dapat kamu pilih di Jurusan Manajemen

Manajemen Pemasaran

Pada peminatan ini kamu akan lebih fokus mempelajari bagaimana memasarkan suatu produk dengan baik.

Manajemen Perbankan

Konsentarasi ini mempelajari tentang manajemen khusus dalam dunia perbankan. Dimulai dari bagaimana dana masuk (debit) sampai dana keluar (kredit).

Manajemen Bisnis

Kamu akan mempelajari bagaimana cara memgelola sebuah bisnis dari awal berdiri hingga stabil. Menggunakan analisis bisnis dan strategi yang baik tentunya.

Manajemen Operasi

Di dalam peminatan ini kamu akan fokus mempelajari bagian operasional produksi perusahaan secara efisien.

Manajemen Keuangan

Pada ilmu ini kamu akan difokuskan untuk mempelajari bagaimana cara mengatur dan mengelola keuangan perusahaan dengan baik.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Tujuan dari ilmu ini tentunya agar sumber daya manusia dapat produktif sesuai ranahnya, maka dari itu ilmu yang akan kamu pelajari adalah tentang psikologis dan teknik analisnya. Sehingga pengelolaan SDM pada perusahaan dapat dijalankan sesuai jalurnya.  

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Seperti yang sudah Mipi jelaskan di atas, banyak orang memilih jurusan Manajemen karena prospek kerjanya yang menjanjikan.

Pada dasarnya semua karir pasti menjanjikan, asal kamu tahu cara untuk mengambil kesempatan dan peluang yang ada. Nah, Mipi berikan beberapa contoh karirnya.

Let’s start it!

Bagian Penjualan (Sales)

Pada konsentrasi atau peminatan ada pilihan Manajemen Pemasaran betul ya? Nah, apabila kamu memilih konsen tersebut, karir yang dapat kamu ambil salah satunya adalah bagian penjualan (sales).

Sales merupakan profesi yang cukup dicari oleh semua perusahaan lho, dimana tanggung jawabnya adalah melakukan penawaran barang atau jasa kepada customer.

Sales dibagi beberapa bagian, ada junior sales, senior sales, sales management, dan yang paling tinggi adalah sales leader. Hmmm cukup menjanjikan, apalagi jika perkerjaan kamu mencapai target, maka akan dapat bonus berlimpah. Menarik banget! 

Product Manager

Pada dasarnya seorang PM adalah membuat produk baru yang brilian dan memiliki pasar. Dimana akan bertanggung jawab dari mulai rencana hingga pengembangan produk tersebut.

Tidak hanya itu saja yang difikirkan, kamu juga akan fokus menganalisis daya tarik produk. Dari mulai strategi penjualan, ciri khas, hingga bagaimana cara agar diminati konsumen. Dikarenakan pasti bersinggungan dengan divisi lain, kamu harus memiliki soft skill komunIkasi yang baik dan juga kolaborasi sebagai penunjang.

Pegawai Bank

Nah, kamu yang memilih peminatan Manajemen Perbankan bisa banget untuk meniti karir sebagai pegawai bank. Dengan beragamnya bank di Indonesia, maka profesi ini tidak akan redup sampai kapanpun.

Untuk tanggung jawabnya adalah memastikan adanya pemasukan dana dari masyarakat kemudian dana tersebut disalurkan kembali untuk masayarakat yang membutuhkan.

Tidak hanya itu saja, memastikan obligasi atau investasi keuangan lancar adalah kewajibannya. Walaupun stigma masyaratakat terhadap pegawai bank itu harus cantik/tampan, keren, wangi, atau rapi, tetap saja yang terpenting adalah kinerja-nya ya.

Wirausaha (Entrepreneur)

Siapa yang ingin memilih konsentransi manajemen bisnis? Apabila itu kamu, jadi wirausaha adalah karir yang cukup menjanjikan lho. Membuat usaha sendiri adalah hal yang diimpikan oleh semua orang.

Jika kamu memiliki bekal ilmu, tentu kedepannya akan lebih mudah. Seorang pebisnis akan mengerahkan seluruh keahliannya untuk menghasilkan suatu produk yang bernilai.

Mungkin prosesnya akan lebih terjal, karena di awal kamu harus mengerahkan semua waktu, pola pikir, ide kreatif dll agar produk tersebut mampu bersaing. Tapi tetap, proses tidak akan mengkhianati hasil. Jika dilakukan secara terorganisir, kamu akan mendapat keuntungan yang menjanjikan.

Itulah serba-serbi jurusan Manajemen yang harus kamu ketahui. Bagaimana, apakah cukup menarik?

UTBK SBMPTN tentu adalah hal yang paling krusial, melalui tes tersebut lah ditentukan masa depan kamu ingin kearah mana. Maka dari itu, fikirikan kembali matang-matang ya.

Terkait jurusan Manajemen sedikit banyak kamu sudah ada gambaran seperti yang Mipi jelaskan di atas. Tinggal persiapan-nya saja yang harus lebih ditingkatkan, bersaing dengan ribuan orang yang menginginkan jurusan dan universitas yang sama tentu tidak mudah, Pahamifren.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll