pfy-burger-btn Menu

Mitos Dan Fakta Jurusan Teknik Informatika: Dari Hack Sosmed Sampai Jaga Warnet

Jurusan Teknik Informatika

Halo! perkenalkan saya Ilham Bintang. Saya bekerja sebagai Machine Learning Engineer dan berkuliah di jurusan Teknik Informatika Universitas Mataram serta melanjutkan kuliah di Magister Teknologi Informasi di Bina Nusantara.

Kurang lebih saya menekuni jurusan ini selama 5-6 tahun. Saya sangat tertarik berbagi tentang bagaimana saya berkuliah di jurusan Teknik Informatika. Saya mendapatkan satu kesimpulan: run!

Haha becanda!

Jadi memang teknik informatika yang saya bayangkan sejak SMA sebenarnya berbeda dengan kenyataannya, dan se-seram apa sebenarnya jurusan teknik informatika ini?

Awalnya saya kira Teknik Informatika itu fokus ke penyampaian informasi, telekomunikasi, dan pastinya mengerjakan apa yang bagian IT di sekolah kerjakan (blokir youtube, bikin sistem jaringan, perbaiki wifi) haha.

Selain itu, kalau cerita sama keluarga mereka pasti kebayang jadi penjaga warnet. Yup. Penjaga warnet/tukang service sangat identik dengan Teknik Informatika bagi masyarakat Awam. Malah sering jadi meme kalau orang IT jadi tukang hack akun fb, tukang service, atau si-bisa hack satelit.

Meme Jurusan Teknik Informatika
Source: meme comic ID

Tapi setelah membaca lebih jauh, akhirnya saya semakin pusing karena banyak istilah yang tidak saya mengerti saat itu. Saya yakin temen-temen disini juga pasti hanya terbayang hacking, coding, atau membuat robot seperti di film-film.

Overview Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari penerapan teknologi komputer secara optimal untuk menangani masalah komputasi, transformasi atau pengolahan data dengan proses logika.

Di Jurusan Teknik Informatika ini sendiri, teman-teman akan mempelajari berbagai prinsip terkait Ilmu Komputer mulai dari proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak.

Selama kuliah temen-temen akan banyak mengkaji pemrograman dan komputasi, dan dibekali pula dengan keterampilan merancang perangkat lunak.

Pesatnya perkembangan teknologi termasuk startup-startup perangkat lunak yang sudah menjadi Unicorn, Decacorn dan sebagainya membuat Jurusan Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat.

Pada SBMPTN 2021, Jurusan Teknik Informatika menjadi 5 besar jurusan paling diminati di rumpun saintek. Tidak heran karena Jurusan Teknik Informatika ini menjanjikan jenis pekerjaan yang sangat memungkinkan untuk bekerja pada ranah industri yang luas karena hampir semua bidang membutuhkan tenaga IT untuk pengembangan pada sektor industri terkait.

Yang Dipelajari Di Jurusan Teknik Informatika

Jadi jurusan Teknik Informatika bukan sekedar menginstall perangkat lunak di komputer. Tapi justru teman-teman yang akan merancang perangkat lunak itu sendiri.

Selama 4 tahun atau 8 semester temen-temen akan belajar untuk pengembangan perangkat lunak. Sehari-hari, akan mempelajari bahasa pemrograman hingga kecerdasan buatan dan jaringan komputer.

Selain itu, temen-temen akan belajar bagaimana memecahkan berbagai masalah komputasi, seperti mencari informasi dari miliaran dokumen web, memproses jutaan permintaan secara bersamaan, menciptakan sistem keamanan, dan masih banyak lainnya.

Sederhananya jurusan teknik informatika itu cukup banyak mempelajari matematika komputer. Karena akan banyak sekali hitungan mengenai perhitungan komputer itu sendiri.

Jadi, mahasiswa teknik informatika akan banyak belajar tentang bit-bit komputer, nah untuk mengendalikan bit-bit ini perlu suatu “bahasa” yang dikenal komputer. Disebut dengan bahasa pemrograman.

Beberapa mata kuliah yang bisa teman-teman temui jika mengambil jurusan Teknik Informatika antara lain Sistem Digital, Struktur Data, Pemrograman Berorientasi Objek, Komputasi Numerik, Sistem Basis Data, Organisasi Komputer, Manajemen Basis Data, Kecerdasan Buatan, Sistem Operasi, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Kecerdasan Komputasional, Manajemen Proyek Perangkat Lunak, Pemrograman Web, Keamanan Informasi dan Jaringan, Perancangan Perangkat Lunak, dan sebagainya.

Setelah lulus, kamu akan menyandang gelar Sarjana Komputer atau Sarjana Teknik atau Sarjana Sains tergantung dengan kebijakan kampus.

Yup! Berdasarkan contoh mata kuliah tadi, lebih dari setengah materi di teknik informatika adalah pemrograman dan “matematika komputer”. Memang ada materi tentang jaringan, sistem. Tetapi tidak banyak.

Kalau teman-teman mau fokus ke pengembangan sistem, perlu mempertimbangkan Jurusan sistem informasi. Karena teknik informatika lebih banyak logika komputer dan pemrograman.

Setelah Lulus Jadi Apa?

Teknik Informatika sebenarnya lumayan fokus ke computer science yang artinya banyak materi terkait komputasi, optimasi dan data science. Jadi jika ingin menjadi seorang software engineer, data scientist atau infrastructure engineer teman-teman bisa mempertimbangkan jurusan ini.

Cukup banyak prospek pekerjaan yang berkaitan dengan profesi tadi. Teman-teman bisa bekerja di korporat, startup, ataupun instansi pemerintahan.

Beberapa pekerjaan yang sangat populer bagi lulusan teknik informatika adalah Software Engineer, Data Scientist, Data Analyst, Network Engineer, Infrastructure Engineer, DevOps, Database Administrator, Big Data Engineer, IT Project manager dan lain-lain yang berhubungan dengan development perangkat lunak/project perangkat lunak.

Selain itu juga teman-teman bisa membuka jasa freelance untuk Web Developer, Software Engineer, Computer Researcher, Designer dan lain lain sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Jurusan Teknik Informatika X Sistem Informasi

Jurusan Teknik Informatika sebenarnya sangat erat kaitannya dengan jurusan Sistem Informasi karena sangat beririsan pada beberapa matakuliah-matakuliah yang ada.

Untuk memahami perbedaan kedua jurusan ini, saya akan menyajikan tabel perbandingan utama kedua jurusan ini.

Aspek Teknik Informatika Sistem Informasi

AspekTeknik InformatikaSistem Informasi
Profile LulusanMampu merancang, mengembangkan dan menerapkan algoritma komputasi.Mampu merancang, mengembangkan dan menerapkan sistem informasi dalam organisasi
Cakupan IlmuAlgoritma dan PemrogramanTeori KomputasiBig DataArsitektur komputerAnalisis NumerikBasis datadsbManajemen InformasiData GovernancePerancangan Perangkat LunakAnalisis Proyek Perangkat Lunakdsb
Prospek KerjaSoftware EngineerSoftware ArchitectDatabase EngineerBig Data EngineerNetwork EngineerData ScientistdsbSystem AnalystProject ManagerData AnalystSoftware AuditorSoftware Quality Assurancedsb

Dengan tabel berikut sebenarnya sudah cukup tergambar perbedaan utama dari Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Oh ya, untuk prospek kerja tersebut hanya sebagai gambaran ideal. Sebenarnya jurusan apapun bisa selama memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan ya. Semangat untuk ikut UTBK!!!

Penulis: Ilham Bintang


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Artikel lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2022 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll