Close

March 15, 2022

Taklukkan UTBK, Belajar Jam 6 Pagi Bersama Pahamify!

Hayo siapa di antara Pahamifren yang sering bangun telat atau sering mageran di pagi hari? Situasi pandemi COVID-19 yang bikin kamu mesti ngejalanin Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama hampir 2 tahun ini memang berpotensi bikin kamu bangun siang. Nggak kepikiran tuh buat belajar jam 6 pagi.

Tapi, jangan dijadikan kebiasaan, ya, Pahamifren. Soalnya bangun pagi dan belajar jam 6 pagi itu banyak manfaatnya, loh! Apalagi buat kamu yang lagi persiapan UTBK. Gak percaya? Kamu simak artikel ini sampai selesai, ya!

Kenapa Belajar Jam 6 Pagi itu Penting?

Kamu mungkin selama ini berpikir kalau pagi-pagi, apalagi jam 6 pagi, saat kamu masih ngantuk banget dan super mager, bukan waktu yang tepat untuk mulai belajar. Lah, sekolah aja jam segitu belum mulai, kan? Tapi, ternyata pemikiran kayak gini, tuh, salah, loh, Pahamifren. 

Ternyata pagi hari itu merupakan waktu yang paling tepat untuk belajar. Soalnya di pagi hari, saat tekanan darah kamu sedang tinggi, justru tubuh kamu sebenarnya dalam waktu terbaiknya untuk semangat dan fokus belajar. 

Makanya kalau kamu belajar jam 6 pagi untuk persiapan UTBK, kamu bisa lebih cepat menguasai materi-materi UTBK yang sedang kamu pelajari. Itu karena pada pukul 6 pagi sampai 9 pagi, otak kamu sedang berada di masa keemasannya. Makanya memori jangka pendek otak kamu juga jadi berfungsi lebih efektif kalau mulai belajar jam 6 pagi. 

Kalau kamu gak percaya, coba, deh, kamu pelajari materi-materi UTBK antara jam 6 sampai 9 pagi. Pasti kamu lebih mudah mengingat dan memahami materi-materi UTBK tersebut. Atau kalau kamu suka tantangan, coba kamu kerjain soal-soal HOTS. Pasti kamu lebih lancar ngerjain soal-soal HOTS tersebut di pagi hari jam 6 sampai 9, dibandingkan pada jam-jam di atas jam 9 pagi.

Awalnya mungkin kamu akan mengalami kesulitan untuk membiasakan diri belajar jam 6 pagi karena masih ngantuk dan mager banget. Untuk mengatasi kantuk dan rasa mager ini, kamu bisa berjemur sebentar sebelum kamu mulai belajar jam 6 pagi. 

Sinar matahari pagi yang hangat dan menyehatkan tubuh kamu akan membantu memperbaharui jam biologis tubuh kamu, sehingga kamu bisa lebih bersemangat lagi menjalani aktivitas kamu di pagi hari.

Manfaat Belajar Pagi

Belajar jam 6 pagi itu banyak manfaatnya, loh, Pahamifren. Pertama, belajar jam 6 pagi bisa meningkatkan konsentrasi belajar kamu. Karena pada pagi hari tubuh kamu sedang dalam masa primanya karena sudah beristirahat cukup, otak kamu jadi lebih mudah fokus kepada hal-hal yang penting. 

Makanya kalau kamu mulai belajar jam 6 pagi, otak kamu akan lebih cepat fokus dan lebih mudah berkonsentrasi dalam menyerap materi-materi UTBK yang sedang kamu pelajari. Bukan hanya itu saja, kemampuan analisis dan kreativitas kamu juga sedang berada dalam masa keemasannya pada jam 6 sampai 9 pagi.

Jadi, kalau kamu semangat melawan kemageran kamu dan memaksimalkan manfaat belajar pagi, peluang kamu untuk taklukkan UTBK dan masuk jurusan kuliah impian kamu akan semakin besar.

Manfaat belajar pagi yang kedua adalah saat pagi hari, cahaya sinar matahari pagi hari dapat membantu kamu untuk lebih semangat dan fokus belajar persiapan UTBK, Pahamifren.

Kenapa begitu?

Itu karena cahaya sinar matahari pagi dapat membantu meningkatkan fungsi otak kamu. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menemukan bahwa sinar matahari pagi bisa membantu menstimulasi pertumbuhan sel saraf hippocampus manusia.

Hayo, kamu masih inget, gak, hippocampus itu apa? Yup! Hippocampus adalah bagian otak manusia yang memiliki peranan penting dalam pembentukan, pengaturan, serta penyimpanan memori atau ingatan jangka panjang manusia.

Dengan bantuan sinar matahari pagi yang memicu pertumbuhan sel saraf hippocampus kamu, belajar jam 6 pagi bisa memicu otak kamu lebih aktif dan lebih mudah memahami materi-materi UTBK yang sedang kamu pelajari.

Manfaat belajar pagi yang ketiga adalah pagi hari merupakan waktu yang paling minim kamu mendapatkan gangguan dari sekitar kamu. Karena pagi hari merupakan waktu yang paling awal bagi manusia untuk memulai aktivitasnya, apalagi kalau kamu mulai belajar jam 6 pagi, kamu bisa mendapatkan situasi yang paling ideal untuk belajar.

Dengan badan yang masih bugar, otak yang fresh, dan kondisi mental yang prima, kamu bisa belajar persiapan UTBK dengan maksimal.

Memaksimalkan Manfaat Belajar Pagi

Sekarang kamu udah paham, kan, kenapa belajar jam 6 pagi itu penting dan apa saja manfaat belajar pagi? Nah, untuk memaksimalkan manfaat belajar pagi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, Pahamifren. 

Pertama, agar kamu dapat memaksimalkan manfaat belajar pagi, pada malam harinya kamu harus cukup tidur. Istirahat yang cukup ini penting untuk kamu perhatikan, ya, Pahamifren. 

Soalnya, dilansir dari cnbc.com, ada penelitian dari University of Birmingham yang menunjukkan bahwa orang yang beristirahat atau tidur pada pukul 10 atau 11 malam dan bangun pada pukul 6 pagi, memiliki resting brain connectivity yang sangat baik dibandingkan dengan orang yang beristirahat pukul 01.30 dini hari. 

Dalam penelitian tersebut, orang yang beristirahat terlalu larut malam memiliki tingkat perhatian yang rendah, reaksi yang lambat, dan peningkatan rasa kantuk selama menjalani sesi pengujian yang dilaksanakan antara pukul 8 pagi dan 8 malam. 

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang tidur terlalu larut malam dan kurang tidur, sepanjang hari pikirannya atau otaknya akan mengalami oleh rasa kantuk. Makanya, kalau kamu mau belajar jam 6 pagi dan memaksimalkan manfaat belajar pagi untuk taklukkan UTBK, kamu jangan tidur larut malam dan harus tidur yang cukup, ya, Pahamifren. 

Kedua, saat kamu mau mulai belajar jam 6 pagi, pastikan kamu sarapan makanan bergizi, agar otak kamu lebih siap untuk memaksimalkan manfaat belajar pagi.

Dengan sarapan makanan bergizi, tubuh kamu akan jauh lebih fresh dan kamu akan terhindar dari rasa lapar yang dapat mengganggu proses belajar persiapan UTBK kamu. Jadi, pastikan kamu sudah sarapan makanan bergizi sebelum kamu belajar jam 6 pagi, ya, Pahamifren.

#TaklukkanUTBK dengan Belajar Jam 6 Pagi

Untuk mendukung persiapan UTBK kamu, Pahamify punya program #BelajarJam6Pagi, nih, Pahamifren. Di sesi #BelajarJam6Pagi Pahamify, kamu bisa belajar soal-soal strategis UTBK bersama para Rockstar Teacher Pahamify sekaligus mendapatkan motivasi serta tip dan trik belajar dari para alumni Live Class Pahamify.

Dijamin, deh, sesi #BelajarJam6Pagi ini bakalan bikin kamu semakin siap untuk taklukkan UTBK nanti!

Yuk buruan gabung dengan #LaskarJam6 lainnya dan gapai jurusan kuliah impian kamu! Caranya juga gampang banget, kok! Kamu tinggal klik link ini atau pantau terus kanal YouTube Pahamify. Biar persiapan UTBK kamu semakin matang, unduh aplikasi Pahamify sekarang juga!

Penulis: Salman Hakim Darwadi


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *