Close

April 19, 2022

Makan Enak Tiap Hari di Jurusan Seni Kuliner

Seni Kuliner

Seni adalah sebuah keahlian untuk bisa menciptakan keindahan yang memiliki makna. Pada umumnya, seni selalu dikaitkan dengan Seni Lukis, Seni Pahat, Seni Keramik, dan Seni Grafis. Orang-orang lebih banyak mengenal itu-itu saja. Padahal ada satu lagi yang tak kalah ciamik, yaitu Seni Kuliner. Mungkin bagi orang awam terdengarnya asing, tapi ternyata Seni Kuliner ini cukup diminati saat pemilihan jurusan UTBK lho.

Jurusan ini masuk ke ranah soshum yaa. So, Buat kamu yang memang jurusan IPS dan tertarik dalam bidang ini, cus langsung pilih deh.

Seni Kuliner ini biasa disebut juga Culinary Arts, keren bukan? Kamu yang hobi makan dan juga masak bakalan beruntung banget jadi bagian dari jurusan ini, Kapan lagi coba bisa menyalurkan hobi sambil ngemil-ngemil cantik. Seru banget!

Kalau kamu masih ragu, baca artikel ini sampai bawah yuk!

Tentang Jurusan Seni Kuliner

Disiapkan untuk menjadi tenaga professional dalam bidang memasak tentu tidak mudah, kamu harus mengedapankan 5 elemen penting agar hidangan bisa unggul sesuai proporsinya. Yaitu dari sisi seni, cita rasa, hygiene sanitasi, perhitungan biaya, dan teknik memasak.

Okey, secara pengertian Seni Kuliner itu apa sih? Studi ini pada intinya mempelajari tentang ilmu memasak, menyiapkan, hingga menyediakan makanan. Tapi bukan sembarang menyediakan saja yaa, seperti yang sudah disinggung sebelumnya kamu harus memperhatikan teknik memasaknya, kualitas rasa, kebutuhan gizi, hingga keestetikan hidangan. Dan semua itu membutuhkan seni yang harus dipelajari.

Nah makanan jenis apa yang harus dimasak? Ada bergam makanan yang harus kamu olah, baik itu tradisional ataupun internasional. Untuk tradisonal tentunya makanan khas daerah di Indonesia, misalnya Bali, Jawa, Sumatera, dll. Sedangkan internasional bisa makanan Italia, Timur Tengah, Prancis, dll. Pokoknya kamu akan dibekali ilmu bagaimana cara mengolah makanan dari berbagai Negara. Dan untuk mendalami hal tersebut pastinya membutuhkan riset spesifik, otomatis wawasan kamu juga bakalan ikutan luas. Aaaaaa asyik banget!

Terkait pengolahannya juga bukan sembarangan mengolah yaa, kamu akan mendalami lagi teknik blanching, boiling, roasting, baking, poaching, steaming, dll. Tidak hanya mengolah makanan saja, cara meracik minuman dan menyajikannya-pun akan diajari secara baik. Selain itu, kamu juga harus memastikan makanan atau minuman yang dibuat hygenis, gizinya bagus, dan juga pelayanannya berkelas. Ya intinya apabila pelanggan puas dengan apa yang kamu buat, akan menjadi hal yang paling membanggakan deh.

Kehidupan Akademik dan Mata Kuliah Seni Kuliner

Kehidupan akademik jurusan Seni Kuliner itu menyenangkan, karena teori dan praktik presentasenya akan lebih banyak praktik. So, kamu ngga bakalan sumpek deh belajar diruangan terus.

Ketika matkul praktik pasti semangat banget, karena biasanya akan terjun langsung ke dapur. Hmmm nyium wangi dapur kayanya healing banget ngga sih? Berasa cosplay jadi kandidat masterchef hehehehe.   

Namanya proses, pasti tidak akan langsung tiba-tiba mahir. Di semester awal biasanya akan diajarkan dasarnya terlebih dahulu, agar kamu ada gambaran. Baru di semester atas akan lebih struggle lagi. Nah kamu pasti kepo kan matkul-nya apa saja? Di bawah ini Mipi jabarkan beberapa yaa. Lets start it!

–          Indonesian Culinary,

–          Western Culinary,

–          Asian Culinary,

–          Pastry and Bakery,

–          Food & Beverage Technology,

–          Indonesian Food Entrepreneur,

–          Western Food Entrepreneur,

–          Food & Baverage,

–          Stewarding,

–          Franchise Managemant,

–          Kitchen Managemant,

–          Restoran Managemant & Cost Control,

–          Heatlhy Food & Nutrution, dan

–          Food Aesthetics & Food Photography.

Prospek Kerja Seni Kuliner

Salah satu dunia yang tidak akan perna redup adalah dunia kuliner, otomatis karir ini bakalan memiliki prospek yang cerah untuk kedepannya. Kamu bisa berkarir sendiri, partner, ataupun bergabung di sebuah perusahaan. Beberapa contoh karir yang dapat dipilih setelah lulus dari Seni Kuliner, diantaranya:

Chef

Tugas utama koki adalah memasak makanan yang baik untuk pelanggan, dan matkul Seni Kuliner juga 90% memasak. So, karir ini bakalan cocok banget! Apalagi saat ini ekonomi akan terus berkembang seiring majunya zaman, otomatis seperti hotel, restoran, dan bidang industri kuliner lainnya akan berkembang juga. Jadi ngga perlu khawatir, akan selalu ada wadah untuk berkarir disini yaa.

Quality Qontrol Staff

Jangan salah, karir ini ternyata sangat berperan penting dalam bisnis kuliner lho. Namanya kuliner, pasti yang dijual adalah makanan ataupun minuman yang berkualitas baik. Nah disinlah tugas seorang QC terlihat. Kamu akan bertanggung jawab untuk mengawasi kualitas setiap produk yang dihasilkan. Simplenya, sebelum produk diedarkan ke masyarakat luas harus dicek kembali sudah sesuai SOP atau belum.

Entrepreneur

Yang paham ilmu di bidang Seni Kuliner dan bisnis, pasti ingin memiliki usaha kuliner sendiri. Banyak banget contoh wirausahawan muda yang sukses dengan bisnis tersebut. Kamu jangan mau kalah! Potensi bisnis ini akan terus berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Banyak keuntungan apabila menjalankan usaha sendiri, salah satunya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Selain mencari keuntungan, kamu juga akan mendapat berkah karena menolong sesama.

Bagaimana? Apakah sudah yakin dan mantap untuk memilih jurusan Seni Kuliner di UTBK nanti? Sebagai informasi tambahan, di Indonesia hanya beberapa PTN yang membuka jurusan tersebut yaa. Yaitu UPI, UNJ, UNM, UNY, dan juga UNS. Semoga artikel ini cukup membantu kamu, Pahamifren.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *