Pahamifren, siapa nih di antara kamu yang masih bingung menentukan tempat kuliah? Perlu kamu tahu, selain dari minat dan bakat, menentukan tempat kuliah juga harus mempertimbangkan akreditasi perguruan tinggi dan program studi, lho!

Kamu bisa cek akreditasi kampus yang kamu tuju terlebih dahulu di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebelum memutuskan mendaftar di kampus tersebut.

Lantas, seberapa penting sih cek akreditasi kampus sebelum mendaftar kuliah? Tentu saja sangat penting ya, Pahamifren. Kamu pasti mau masuk kampus dan jurusan kuliah yang memiliki standar bagus, kan? Nah, akreditasi perguruan tinggi inilah yang mencerminkan mutu dari kampus dan jurusan yang kamu pilih.

Mengenal Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu atau penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi. Akreditasi juga diartikan sebagai upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusannya tidak diragukan dan sesuai dengan kebutuhan kerja.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2005, proses penentuan akreditasi perguruan tinggi dilakukan melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Proses akreditasi ini biasanya dilakukan oleh lembaga pendidikan setiap 5 tahun.

Nggak cuma perguruan tinggi saja yang wajib melakukan akreditasi. Program studi pun juga sangat diwajibkan untuk melakukan proses akreditasi ini lho, Pahamifren. Jadi, nggak perlu heran kalau kamu menemukan status akreditasi jurusan dengan status akreditasi universitas yang berbeda.

Misalnya, Universitas Indonesia (UI) telah mengantongi akreditasi A, tetapi untuk jurusan Geologi di UI masih terakreditasi B, sementara jurusan Teknik Sipil di UI sudah terakreditasi Unggul.

Pentingnya Cek Akreditasi Kampus Sebelum Daftar Kuliah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, akreditasi ini sangat penting untuk menjamin mutu suatu perguruan tinggi. Lewat pengecekan akreditasi kampus ini, Pahamifren bisa mengetahui apakah kampus dan jurusan yang akan dituju memiliki mutu pendidikan yang baik atau tidak. Kalau kampus dan jurusan yang dituju sudah memiliki akreditasi yang oke, kamu bisa menjadi lebih yakin deh buat memilih kampus tersebut.

Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa cek akreditasi perguruan tinggi dan program studi sangat penting dilakukan sebelum mendaftar kuliah. Beberapa alasan tersebut adalah sebagai berikut:

Cerminan Lembaga Pendidikan

Akreditasi berkaitan langsung dengan proses penilaian kualitas pendidikan perguruan tinggi dan program studi. Suatu perguruan tinggi maupun program studi yang memiliki akreditasi jelas dan bagus, pasti memiliki kualitas pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi. Dalam artian, lewat akreditasi ini, mutu dan kualitas pendidikannya sudah dijamin oleh pemerintah.

Pernahkah kamu cek akreditasi perguruan tinggi dan program studi yang kamu incar?

Standar Mutu Pendidikan

Alasan ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin sebelumnya, Pahamifren. Semakin tinggi tingkat akreditasi sebuah kampus dan jurusan kuliah, maka semakin berkualitas pula sistem pendidikannya.

Kalau kamu memilih kampus dan jurusan kuliah terakreditasi A atau Unggul, dijamin kamu bakal mendapatkan lingkungan belajar yang bagus dan relevan. Ketika lulus pun kamu akan memiliki kompetensi yang unggul sehingga lebih siap menghadapi persaingan dalam dunia kerja.

Persyaratan Bekerja di Institusi Pemerintahan

Membahas lebih jauh mengenai dunia kerja, akreditasi juga menjadi salah satu persyaratan bekerja di institusi pemerintahan, lho! Buat kamu yang mau bekerja di institusi pemerintahan, kamu harus memilih perguruan tinggi dan program studi dengan minimal akreditasi B.

Lewat akreditasi tersebut, pihak perekrut bisa menilai kualitas pendidikan yang kamu peroleh selama kuliah. Maka dari itu, sebaiknya kamu cek akreditasi kampus terlebih dahulu sebelum daftar kuliah karena hal itu bisa berpengaruh pada pilihan kerja setelah lulus nanti.

Persyaratan Bekerja di Perusahaan

Nggak cuma persyaratan kerja di institusi pemerintahan saja, akreditasi juga sangat kamu butuhkan kalau kamu mau kerja di perusahaan swasta, BUMN, atau multinasional.

Sebagian besar perusahaan-perusahaan tersebut memberi batasan syarat akreditasi perguruan tinggi dan program studi minimal B. Tujuan persyaratan akreditasi ini untuk menjaga kualitas sumber daya manusia di perusahaan tersebut.

Menjamin Daya Saing Lulusan

Perguruan tinggi dan program studi yang berkualitas dan terakreditasi oleh BAN-PT pasti menawarkan proses pembelajaran berstandar global kepada mahasiswanya. Bahkan, saat kuliah, kamu akan menemui beberapa materi pembelajaran berstandar internasional dari pengajar berkualitas dan berpengalaman. Singkatnya, kampus dan jurusan yang sudah terakreditasi akan mempersiapkan mahasiswanya sedemikian rupa agar mampu bersaing secara global.

Cara Mengecek Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi

Akreditasi perguruan tinggi dan program studi mencerminkan kualitas pendidikan yang diberikan.

Sampai di sini, kamu tentu sudah paham pentingnya cek akreditasi sebelum kuliah, kan? Kini, saatnya kamu mengetahui cara-cara untuk mengecek akreditasi kampus dan jurusan yang kamu tuju. Adapun cara-cara tersebut, antara lain:

  1. Buka situs resmi BAN-PT, yaitu www.banpt.or.id.
  2. Setelah masuk ke situs resmi BAN-PT, klik menu Data Akreditasi.
  3. Kemudian, pilih submenu Pencarian Data Akreditasi (histori).
  4. Jika submenu tersebut sudah ditekan, akan muncul kolom-kolom informasi akreditasi perguruan tinggi dan program studi.
  5. Apabila kamu ingin mencari akreditasi universitas yang kamu tuju, tulislah nama perguruan tinggi di kolom Perguruan Tinggi. Kalau kamu mau mencari akreditasi program studi, tulislah nama program studi di kolom Program Studi.
  6. Selesai! Sistem akan menampilkan secara otomatis nama kampus dan jurusan yang kamu maksud, serta informasi akreditasinya.

Sangat mudah kan, Pahamifren? Segera ikuti langkah-langkah di atas agar kamu bisa mengetahui akreditasi kampus dan jurusan impianmu.

Itu dia beberapa informasi mengenai pentingnya cek akreditasi kampus dan jurusan sebelum daftar kuliah yang perlu kamu ketahui. Semakin bagus akreditasi kampus dan jurusan impianmu, maka semakin ketat pula persaingan yang akan kamu hadapi ya, Pahamifren. Maka dari itu, persiapkan dirimu dari sekarang!

Buat kamu yang ngambis masuk PTN dan jurusan favorit, kamu bisa mematangkan persiapanmu dengan mencoba latihan soal UTBK lewat fitur Try Out Online Gratis Pahamify.

Ada ratusan latihan soal UTBK ter-update yang bisa kamu coba. Tunggu apalagi, unduh aplikasi Pahamify di link ini, manfaatkan fitur Pahamify try out sekarang juga!

Jangan lupa, cek juga promo menarik lainnya di sini ya!

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

2 Comments on “Cek Akreditasi Kampus Sebelum Daftar Kuliah, Sepenting Apa Sih? Ini 5 Alasannya

Charles Sianipar
February 11, 2021 at 7:52 am

Akreditasi sesuai UU.Pendidikan no.12 thn 2012 adalah Unggul – Baik sekali – Baik.
BAN-PT tidak melaksanakan perintah UU.Pendidikan.
Dasar hukum Akreditasi A – B – C tidak jelas

Reply
Fitri Dewanty
February 15, 2021 at 4:00 am

Halo Charles, terima kasih atas komentarnya. Terkait peringkat akreditasi atau hasil akreditasi yang dilakukan BAN-PT, berdasarkan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020, terdiri atas:
1. Akreditasi A, B, C, untuk akreditasi yang dilakukan menggunakan Instrumen Akreditasi 7 Standar, dan
2. Akreditasi Unggul, Baik Sekali, Baik, untuk akreditasi yang dilakukan dengan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0.
Untuk saat ini, BAN-PT sudah mulai menerapkan penilaian menggunakan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0.

Kamu bisa baca peraturan tersebut secara lengkap pada publikasi LLDIKTI Wilayah VI, di link ini https://lldikti6.id/wp-content/uploads/2020/02/Peraturan-BAN-PT-No-1-Th-2020.pdf
Semoga jawaban ini bisa membantu ya. Terima kasih.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version