Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Kebijakan Moneter adalah topik yang dibicarakan pada artikel ini.


Kamu pernah mikir ga, di sekitar kita kan banyak kasus kemiskinan. Kenapa ya Bank Indonesia gak nyetak uang sebanyak-banyaknya biar rakyat lebih gampang dapat uang? 

Ets… Gak bisa gitu dong. Kalo uang dicetak sebanyak-banyaknya, trus kita megang uang yang banyak banget, hasilnya adalah kemampuan membeli kita tinggi dan barang yang kita butuhkan lebih mudah berkurang. Kalo uang banyak yang beredar akan beresiko terjadinya inflasi, yaitu kenaikan harga barang dan penurunan nilai mata uang. Nah untuk itu, harus ada yang namanya kebijakan moneter.

Kebijakan moneter adalah kebijakan ekonomi yang diambil bank sentral untuk mengendalikan jumlah uang yang ada di masyarakat. Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, manajemen inflasi dan pengangguran serta pemeliharaan nilai tukar mata uang. Kebijakan ini dilaksanakan oleh bank sentral, atau Bank Indonesia, dengan cara menyesuaikan suku bunga pembelian atau penjualan sekuritas pemerintah dan juga mengatur jumlah uang yang beredar di dalam pasar.

Kebijakan moneter lebih berfokus dalam mengelola jumlah uang yang beredar dan tingkat suku bunga. Dan kita bisa bilang itu adalah peran dari kebijakan moneter. Dari peran kebijakan ini memiliki fungsi yang sepadan dengan tujuannya yaitu:

  1. Menjaga stabilitas ekonomi, supaya uang yang beredar itu seimbang dengan jumlah barang dan jasa yang tersedia. 
  2. Menjaga stabilitas harga, supaya harga makanan kesukaan kamu ga naik. Kan gak asik kalau harga cilok langganan kamu jadi lebih mahal. 
  3. Meningkatkan kesempatan kerja, dengan ada kebijakan ini kesempatan kerja untuk kamu lebih terbuka.
  4. Memperbaiki posisi neraca perdagangan dan neraca pembayaran dengan mendevaluasi mata uang rupiah dengan mata uang asing.

Intinya, kebijakan moneter dilakukan bank sentral untuk mengendalikan inflasi supaya masyarakat lebih sejahtera dengan keadaan ekonomi yang membaik dan stabil. Kebayang gak kalau tingkat inflasi negara kita tinggi? Alhasil ekonomi gak stabil, harga-harga naik. Kita semakin kesulitan buat memenuhi kebutuhan dan akhirnya bakal jauh dari kata sejahtera.

Kamu bisa dapetin materi yang masih berkaitan dengan materi ini seperti instrumen kebijakan moneter, inflasi sampai kebijakan fiskal di aplikasi belajar Pahamify. Yuk download Pahamify di Google Play Store dan Apple App Store sekarang juga karena kamu bakal dapat banyak banget materi pelajaran sesuai dengan apa yang kamu butuhkan di sekolah.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog