Fisika Kelas X IPA: Hukum Gerak Newton

Hukum gerak newton

Dalam kehidupan, ada banyak sekali hal yang sepatutnya kita pertanyakan. Kejadian-kejadian sederhana yang kita lihat dengan mata kita sendiri sesungguhnya memiliki alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi. Untuk mampu berpikir kritis, memang sepatutnya kita memiliki rasa penasaran terhadap fenomena yang terjadi di sekeliling kita. Jadi, pernahkah kalian bertanya-tanya mengenai fenomena yang terjadi di sekeliling kita?

Pernah bermain sepakbola atau futsal? Saat permainan baru akan dimulai, bola ditaruh di tengah lapangan dalam keadaan diam. Ketika kita menggerakan kaki untuk menendang bola, barulah bola itu bergerak. Terkadang bola pun bisa diam kembali dengan kontrol yang dilakukan oleh kaki kamu. Atau bisa juga bergerak secara kencang ketika kamu mencoba mencetak gol dari jarak jauh. Pernahkah kalian mempertanyakan kenapa bola ini bisa bergerak dan diam hanya dengan menggerakan kaki?

Fenomena bergeraknya benda ini diamati oleh ilmuwan asal Inggris bernama Isaac Newton. Berbekal rasa penasaran Newton mempertanyakan dan mempelajari mengapa sebuah benda bisa bergerak. Sehingga pada tahun 1687, melalui karyanya yang berjudul “Principia”, Newton memperkenalkan tiga hukum mengenai gerak, yang kemudian disebut Hukum Gerak Newton.

Kembali ke fenomena bergeraknya bola pada permainan sepakbola tadi. Sampai saat ini Hukum yang dicetuskan oleh Newton ini masih menjadi acuan untuk menjelaskan kenapa bola tersebut bisa bergerak. Penjelasan fenomena ini dijelaskan melalui tiga hukum newton.

Hukum Gerak Newton I

Saat pertandingan sepakbola hendak dimulai, bola yang ada di tengah lapangan masih berada dalam keadaan diam. Ketika peluit ditiup wasit sebagai tanda pertandingan dimulai, bola pun mulai ditendang untuk dioper ke teman satu tim. Bola yang awalnya diam bisa bergerak setelah ditendang. Kemudian pergerakannya akan terpengaruh ketika bolanya terkena benda lain atau kaki kita. Nah, baik dalam keadaan diam maupun bergerak, kondisi bola tersebut berada dalam kondisi inert. Sama seperti benda-benda lainnya yang ada di sekeliling kamu dan kita pun termasuk di dalamnya.

Kondisi inert adalah kecenderungan benda untuk mempertahankan keadaannya, dan kondisi ini adalah inti dari Hukum Gerak Newton I. Benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan yang konstan sampai terdapat gaya lain yang dapat memengaruhi perubahan pergerakannya. Kalau dalam kasus bola, gaya lain itu asalnya dari kaki kamu pas kamu tendang bolanya.

Hukum Gerak Newton II

Untuk mengubah gerakan bola tadi, kita membutuhkan gaya. Ketika hendak melewati musuh, kamu harus mengontrol atau menggocek sehingga bisa terus melaju bersama bola. Ketika kamu menggocek, sebetulnya ada gaya dorong yang kamu lakukan kepada bola. Sehingga bola tersebut bisa melaju bersamaan dengan badan kamu yang bergerak melewati lawan.

Cara gaya mempengaruhi gerakan suatu benda dijelaskan oleh Hukum Gerak Newton II yang menyatakan kalau resultan atau besar total gaya pada suatu benda sama dengan massa benda tersebut dikalikan dengan percepatannya. Atau dalam rumus matematika, ∑F sama dengan m dikali a.

Hukum Gerak Newton III

Pernahkah kamu mendengar hukum yang berbunyi “untuk setiap aksi selalu ada reaksi yang sama besar dan berlawanan arah”? Hukum tersebut masuk ke Hukum Gerak Newton III. Ketika kamu memberikan gaya kepada bola yang kamu tendang, maka bola tersebut sebenarnya akan memberikan gaya yang sama kembali ke kamu.

Gaya normal adalah gaya yang sering terjadi ketika kita ngomongin aksi reaksi. Gaya ini dinamakan normal bukan karena sifatnya biasa-biasa saja. Gaya normal muncul ketika permukaan sebuah benda tegak lurus dengan permukaan benda lainnya. Ketika bola bergerak ke arah kamu, lalu kamu menaruh kaki di arah bola itu berjalan, maka bola itu akan berhenti tepat di kaki kamu. Hal itu karena gaya normal dari bola tegak lurus dengan permukaan bagian kaki kamu yang menghentikan laju bola tersebut.

Penjelasan mengenai Hukum Gerak Newton dibahas lebih lengkap di aplikasi belajar Pahamify. Di sana kamu bisa nemuin video pembelajaran seru tentang hukum gerak newton lengkap dengan rumus-rumus yang dipakai, penjelasan mengenai percepatan pada Hukum Gerak Newton II, penjelasan mendetail mengenai gaya normal dan contoh kasus lainnya yang mudah dipahami. Jadi, tunggu apalagi? Download dan langganan Pahamify sekarang juga di Google Play Store dan Apple App Store . Mau tau gimana videonya? Nih simak di bawah ini ya!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog