Gap Year Bisa Jadi Pilihan yang Tepat! Ketahui Alasannya Disini!

Gap year adalah sumber manfaat

Menunda kuliah atau biasa disebut dengan masa-masa gap year seringkali dipandang negatif. Gengsi juga menjadi hal yang sering muncul dalam diri ketika melihat teman yang begitu mulus melenggang ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Padahal tidak selamanya nasib itu ditentukan dari kapan kita masuk kuliah. 

Gap year merupakan istilah populer yang digunakan untuk menggambarkan siswa yang mengambil waktu kosong sebelum masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau dengan kata lain menunda waktu untuk mengambil kesempatan menjalankan pendidikan di perguruan tinggi setelah jenjang SMA. Biasanya jangka waktunya adalah setahun atau sampai mendapatkan kesempatan untuk masuk kuliah.

Jangan sedih, menjalani gap year justru bisa jadi pilihan yang tepat! Gap year bukan berarti sebuah kekurangan. Menjalani masa “menunda kuliah” gak perlu gengsi. Toh, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan selama menjalani gap year. Cari tahu yuk!

Dengan banyaknya waktu luang yang kamu punya selama menjalani gap year, ada banyak sekali manfaat yang kamu bisa dapatkan. Berikut beberapa alasan bahwa mengambil masa gap year itu pilihan tepat.

  • Kamu jadi terhindar dari pilihan yang salah

Pada masa gap year, kamu memiliki waktu luang sangat banyak yang bisa dimanfaatkan. Kamu bisa gunakan untuk mengkaji ulang pilihan yang telah kamu tentukan sebelumnya. Bisa jadi apa yang kamu inginkan sebetulnya bukanlah sesuatu yang sebenarnya pas buat kamu.

  • Potensi untuk lulus tepat waktu lebih tinggi

Seperti dilansir oleh yearon.com, statistik mengatakan bahwa orang-orang yang menjalani gap year cenderung lulus dalam waktu 4 atau bahkan kurang. Hal ini disebabkan oleh kejelasan dan keyakinan yang lebih kuat tentang studi yang diambil sehingga lebih siap untuk sukses di perguruan tinggi.

  • Dapat mengembangkan skill baru

Saat menjalani gap year, waktu luang yang kamu miliki bisa dimaksimalkan dengan mencari skill baru. Dengan majunya teknologi saat ini, pembelajaran mengenai hal-hal baru bisa didapatkan dengan mudah. Kamu bisa mulai meningkatkan rasa ingin tahu terhadap sebuah skill. Apabila kamu sudah menemukan dan mengembangkannya dengan baik, maka apa yang kamu dapat akan berguna di dunia perkuliahan nanti.

  • Waktu yang tepat untuk menemukan passion

Hari-hari yang kamu lalui bisa dijalani dengan berbagai variasi. Belajar aja gak cukup, kamu juga bisa mengembangkan passion yang baru kamu temukan dan mengasah dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung passion kamu. Passion yang telah kamu kembangkan bisa membuat dunia perkuliahan kamu “gak gitu-gitu aja”.

  • Punya banyak waktu belajar untuk menaklukan ujian masuk kuliah selanjutnya

Mempersiapkan perkuliahan dengan belajar dari jauh-jauh hari tentu merupakan siasat yang tepat. Karena semakin jauh kita membangun diri untuk menaklukan ujian, maka semakin matang pula ketika kita menghadapinya. Salah satu cara persiapan yang mujarab adalah dengan mengikuti Tryout UTBK yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. 

Pahamify sekarang lagi buka pendaftaran Tryout Online UTBK yang bisa kamu ikutin lewat aplikasi. Kamu bisa cari tahu lebih lengkap lewat halaman khusus Tryout Online UTBK Pahamify. Yuk daftar sekarang juga sebelum pendaftarannya ditutup hari Kamis, 17 Oktober 2019.

Nah, buat kamu yang ragu untuk meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, gak ada salahnya loh kalau ambil langkah dengan berani untuk menjalani gap year. Karena prestasi tidak ditentukan dengan siapa yang masuk duluan. Tapi bagaimana kita mengembangkan diri kita di masa yang akan datang. 🙂


Download Aplikasi belajar Pahamify di Google Play dan Apple App Store

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

Home

Karir

Mitra

About Us

Blog