Ikuti Try Out Online UTBK Pada 12 - 15 Oktober 2020

Temen-temen pasti udah bisa nebak, dong, apa itu surat lamaran kerja? Iya, kamu bener. Secara sederhana surat lamaran kerja adalah surat resmi pernyataan kita dalam mengajukan permohonan pekerjaan kepada perusahaan atau lembaga yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Agar kita memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan pekerjaan yang kita lamar, tentu saja surat lamaran kerja ini penting banget, temen-temen. Soalnya surat lamaran kerja adalah hal pertama yang dilihat oleh perusahaan atau lembaga dalam menyeleksi pelamar pekerjaan di tempat mereka. Bila surat lamaran kerja kita menarik dan memberikan impresi atau kesan yang baik mengenai diri dan kemampuan kita atas lowongan pekerjaan yang kita lamar, maka perusahaan atau lembaga pun akan tertarik untuk mengundang kita untuk wawancara menjadi calon karyawan di tempat mereka. Nah, supaya temen-temen kelak bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, yuk, kita pelajari lebih dalam apa itu surat lamaran kerja.

Selain berfungsi sebagai surat resmi permohonan pekerjaan, surat lamaran kerja juga memiliki fungsi sebagai alat komunikasi. Mengapa demikian? Ini karena surat lamaran kerja mengandung informasi diri kita yang dibutuhkan oleh perusahaan atau lembaga tempat kita melamar pekerjaan sebagai bahan pertimbangan mereka untuk merekrut atau mempekerjakan pegawai baru di tempat mereka. Biasanya informasi diri ini berupa data diri kita sebagai pelamar, seperti fotokopi KTP, riwayat hidup kita, ijazah pendidikan kita, dan, bila ada, keterangan pengalaman kerja kita sebelumnya. Semua data dan informasi ini tentu mesti sesuai dengan prasyarat yang diajukan oleh perusahaan atau lembaga yang akan kita lamar. Oleh karena itu, sebelum membuat surat lamaran kerja, kita mesti mempelajari semua prasyarat yang diajukan oleh perusahaan atau lembaga tersebut. Kalau kita memenuhi semua prasyarat tersebut, barulah kita membuat dan mengirimkan surat lamaran kerja ke mereka.

A. Sumber Lowongan Pekerjaan

Untuk mengetahui prasyarat tersebut, kita biasanya akan melihat lowongan kerjaan dari sebuah sumber. Sumber lowongan kerjaan ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Sumber lowongan pekerjaan tanpa adanya sumber tertentu

Artinya kita sengaja mengirim surat lamaran kerja ke sebuah perusahaan atau lembaga, tanpa adanya informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan atau lembaga terkait.

2. Sumber lowongan pekerjaan dari media tertentu

Artinya kita mengetahui adanya lowongan pekerjaan dari sebuah perusahaan atau lembaga melalui iklan lowongan pekerjaan yang mereka buat di media tertentu.

3. Sumber lowongan pekerjaan dari referensi pihak tertentu

Artinya ada seseorang yang merekomendasikan kita pada sebuah perusahaan atau lembaga yang sedang membutuhkan calon pegawai baru.

B. Jenis Surat Lamaran

Berdasarkan jenisnya, surat lamaran dibagi menjadi dua, temen-temen. Kamu simak perbedaannya, ya.

1. Surat lamaran kerja yang digabungkan dengan informasi riwayat hidup (Curriculum Vitae).

Surat lamaran kerja jenis ini menyertakan riwayat hidup pelamar di dalam bagian isi surat, sehingga sering disebut sebagai surat lamaran kerja model gabungan.

2. Surat lamaran kerja yang memisahkan antara isi surat dengan informasi riwayat hidup (Curriculum Vitae).

Dalam jenis surat lamaran kerja ini, CV disertakan sebagai lampiran, sehingga isi surat tidak terlalu panjang. Model ini disebut sebagai surat lamaran kerja model terpisah.

Sekalipun kita memiliki dua pilihan tersebut, sebaiknya kita menggunakan surat lamaran kerja model terpisah. Sekalipun kita jadi harus dua kali kerja, tapi model ini merupakan jenis yang lebih disukai oleh perusahaan atau lembaga karena keringkasannya.

C. Unsur-Unsur Penting Surat Lamaran Kerja

Setelah kamu memahami fungsi, sumber lowongan pekerjaan, dan jenis surat lamaran kerja, sekarang kita pelajari bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Sebelum kita membuat surat lamaran kerja, kita harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:

1. Surat lamaran kerja harus memiliki bentuk dan bahasa yang menarik.

Ini penting karena semakin surat lamaran kita memiliki bentuk dan bahasa yang menarik, semakin tertarik pula sebuah perusahaan atau lembaga mempekerjakan kita.

2. Surat lamaran kerja harus tepat sasaran.

Artinya, sebelum kita mengirim surat lamaran kerja, kita harus memiliki kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang kita lamar, sehingga peluang kita mendapatkan pekerjaan menjadi lebih besar.

3. Surat lamaran kerja harus menggambarkan kemampuan kita.

Ini juga berfungsi sebagai bahan pertimbangan perusahaan atau lembaga yang dituju untuk menilai diri kita sesuai dengan kriteria calon pegawai yang mereka cari atau tidak. Semakin baik gambaran kemampuan diri kita, maka perusahaan atau lembaga akan semakin tertarik mempekerjakan kita.

Selain beberapa hal penting di atas, kamu juga perlu memperhatikan dua hal penting lainnya. Pertama, kamu harus mencantumkan dari mana kamu mendapatkan informasi lowongan kerja. Kedua, kamu juga harus mencantumkan informasi diri secara lengkap sebagai identifikasi identitas kamu. Informasi ini meliputi nama lengkap, tanggal dan tempat lahir, dan nomer telepon atau HP yang bisa dihubungi.

Setelah kamu memahami hal-hal penting di atas, kita pelajari bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, yuk! Kamu perhatikan baik-baik cara-cara berikut ini, ya.

I. Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

Dalam membuat surat lamaran kerja, kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tentu saja karena bentuknya resmi, maka bahasa yang harus kita gunakan juga harus formal, tidak menggunakan bahasa sehari-hari atau bahasa ujaran, serta tidak mengandung bahasa yang tidak patut.

II. Tulisan Dalam Surat Lamaran Yang Padat dan Jelas

Tulisan yang kita buat dalam surat lamaran kerja haruslah padat dan jelas. Kita tidak boleh bertele-tele dalam menulis surat lamaran kerja karena perusahaan atau lembaga yang membuka lowongan kerja pasti menerima banyak surat lamaran kerja setiap harinya. Mangkanya surat lamaran kerja yang padat dan jelas akan lebih disukai dan dipilih oleh perusahaan atau lembaga tersebut.

III. Tulis Dengan Tulisan Tangan

Tulis surat lamaran kerja manual dengan tulisan tangan, karena perusahaan biasanya lebih menyukai surat lamaran kerja seperti ini. Selain itu, perhatikan juga kebersihan surat lamaran kerja kita. Kalau ada salah tulis, lebih baik kita tulis ulang.

IV. Data Diri Harus Jelas

Data diri yang kita isi dalam surat lamaran kerja haruslah jelas. Selain itu jangan lupa lampirkan dokumen-dokumen yang menjadi prasyarat melamar ke perusahaan atau lembaga yang dituju.

V. Lampirkan Dokumen Pendukung

Bila kita memiliki sertifikat pendukung dan referensi pengalaman kerja, ada baiknya kita lampirkan juga.

D. Struktur Surat Lamaran Kerja

Nah, sekarang kalian udah paham kan apa saja yang mesti diperhatikan saat membuat surat lamaran kerja? Selain unsur-unsur di atas, kita juga perlu memperhatikan struktur surat lamaran kerja yang terdiri dari:

1. Kepala Surat
2. Tempat dan tanggal pembuatan surat
3. Nomor surat
4. Hal atau perihal
5. Lampiran
6. Alamat tujuan
7. Salam pembuka
8. Isi surat yang terdiri dari tiga bagian pokok, yaitu:
– Paragraf Pembuka;
– Isi surat (informasi data diri pelamar dan prasyarat yang diajukan perusahaan atau lembaga);
– Paragraf penutup
9. Penutup
10. Tanda tangan dan nama lengkap

E. Contoh Surat Lamaran Kerja

Setelah kamu memahami semua hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum dan dalam membuat surat lamaran kerja, sekarang kamu perhatikan contoh surat lamaran kerja berikut, ya.

Depok, 18 Juli 2018
Perihal
:
Lamaran Pekerjaan
Lampiran : Lima Berkas
Yth. HRD PT Pahami Cipta Edukasi
Jalan Sadewa 1 nomor 1
Bogor
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Jobstreet, saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu dengan posisi
Scriptwriter. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Salman Hakim Darwadi
Tempat/tanggal lahir : Bandung, 10 Januari 1984
Jenis kelamin : Laki-laki
Pendidikan : Sarjana Sastra Indonesia Unpad
Alamat : Jalan Soekarno Hatta No. 185 RT/RW 18/05, Bandung
Telepon : 089729591805
Saat ini saya dalam keadaan sehat dan memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Saya juga memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengolah tulisan, baik fiksi atau nonfiksi. Saya mampu mengoperasikan MS Office (MS. Word dan MS. Excel) dan Final Draft dengan sangat baik.

Sebagai bahan pertimbangan, beserta surat ini saya lampirkan:
– Fotokopi Ijazah S1
– Transkrip nilai
– Fotokopi KTP
– Daftar riwayat hidup
– Fotokopi surat pengalaman kerja
– Pas foto
– Fotokopi sertifikat kepenulisan
Saya sangat mengharapkan Bapak/Ibu memberikan saya kesempatan melakukan wawancara, agar saya dapat menjelaskan potensi dan kemampuan saya lebih rinci untuk dapat bekerja di perusahaan Bapak/Ibu.

Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Salman Hakim Darwadi, S.S

Nah, gimana teman-teman? Membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar itu sebenernya mudah, bukan? Kalau kamu masih pengen belajar banyak mengenai bahasa Indonesia, buruan deh kamu unduh aplikasi Pahamify di Google Play atau App Store. Di sana kamu bisa belajar banyak banget materi menarik apa aja yang mau kamu pelajari. Belajarnya juga sangat mengasyikkan, lo, temen-temen. Ayo cepetan unduh dan langganan bareng Pahamify!

Penulis: Salman Hakim Darwadi


Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tonton video belajar yang asyik, latihan soal, dan dapatkan motivasi dan tips belajar langsung dari smartphone kamu dengan aplikasi belajar online Pahamify.

© 2020 Pahamify. All rights reserved.

Home

Pembelian

Blog